"POWER NINJA-250 BENER-BENER MUBADJIR"….Jika Hanya Dipakai Buat Mejeng

ninja merah putih

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Hampir semua motor sport premium dari semua merek telah kita bahas, kecuali produk kawasaki, yaitu ninja 250fi. Memang mengenai performa dan tampangnya, ninja 250fi tidak perlu diragukan lagi, karena eksistensinya menjadi acuan bagi motor sport lainnya, ibarat kata semua berusaha berkiblat pada ninja 250fi ini. Akan tetapi tidak lengkap kiranya kalo tidak membahasnya sebagaimana motor sport lainnya. Dan jika tahu potensi kawasaki ninja yang terkebiri (oleh jalanan di Indonesia), maka kita cuma bisa geleng2 kepala:

“Tenaga ninja250 yang se-dahsyat ini cocoknya buat balapan, bukan buat harian”

Tapi apa ayal, jalan di Indonesia pendek2 dan jelek, mana sering macet lagi, pengguna jalan sering nggak tertib membahayakan pengendara motor. Ninja 250fi dengan power dan topspeed yang begitu dahsyat akhirnya hanya sering dipakai santai, buat mejeng dan lain-lain. Ok….yuk kita bahas sebenernya seberapa besar performa ninja250 sesungguhnya..

Dengan spek seperti ini, kita aka coba menggali performa ninja250, baik std maupun hasil oprekannya.

ninja250fi spek

Yang pertama kita perhatikan adalah stroke-nya yaitu 41.2 mm, dengan stroke ini maka piston-speed maksimumnya (21 m/s) berada pada 15292 rpm, hmmm tinggi banget ya. Artinya pistonnya masih aman jika putaran mesin di-upgrade sampai 15000 rpm, akan tetapi belum tentu dengan komponen lainnya seperti klep, per klep, bos klep, noken as, bearing2 dll.

ninja250 pistonspeed

Itulah rpm maksimum yang bisa dicapai piston ninja250, dengan data piston-speed dan reduksi dari girnya diperolehlah data m top-speed maksimum yang mungkin dicapai dari setiap gigi-nya.

ninja topspeed

lalu bagaimana dengan powernya? Power std nya memang sudah joss, top tiada tanding di kelas nya (untuk saat ini di Indonesia). Perhatikan gambar berikut

ninja250 std

Terlihat bahwa masih ada (minimal) 2 variabel yang bisa dioptimalkan, yaitu efisiensi volumetrik (VE) dan posisi rpm dimana terletak peak-power nya. Ok kita mulai dari up-grade yang paling gampang, yaitu meningkatkan VE dari 85% jadi 95%. Kenaikkan VE jalas langsung maningkatka power engine ninja250 menjadi 35.26 hp.

ninja250 VE 95

Memang std ninja250, posisi peak-power nya di 11000 rpm, akan tetapi melihat dari redline (13000 rpm) dan limiternya, maka peak-power bisa digeser menuju 14000 rpm. Dan powernya langsung melonjak menjadi 44.88 hp, bener2 dahsyat.

ninja250 VE 95 14000rpm

Tapi dengan tenaga sebesar itu, tanggung rasanya kalau tidak sekalian men-tune engine sampai VE 100%. Pada tingkatan ini engine telah memasuki kasta “fully tuned” dan tenaganya melonjak lagi menjadi 47.24 hp. Dah setara dengan engine-nya nsf250 (47.8 /13000 rpm).

ninja250 fully tuned

Jika ninja 250fi dipakai di jalan umum dengan bobot 174 kg dan wheelbase 1400 mm justru sangat membantu menstabilkan dan memantabkan handling-nya. Karena dengan power sebesar ini topspeed 200 kpj pada 15000 rpm akan mudah dicapai. Akan tetapi jika dibuat balapan dimensi se”bongsor” ninja250 malah justru menjadi hambatan, bandingkan dengan nsf250 yang memiliki bobot cuma  84kg dan wheelbase 1219 mm.

Mengenai bagaimana meningkatkan VE, sebagiannya sudah kita diskusikan dalam artikel sebelumnya mengenai filter udara, noken-as dan pengaruh suhu dingin. Akan tetapi masih ada beberapa lagi yang bisa kita diskusikan, sehingga mampu menjawab pertanyaan :

“Bagaimana VE bisa tingkatkan di atas 85% bahkan bisa lebih dari 100% ?”

Sedangkan usaha menggeser peak-power menuju rpm yang lebih tinggi, lebih rumit lagi, mungkin akan kita diskusikan dalam beberapa artikel. Karena kajian ini berisi teknik menggeser VE-maksimum ke rpm yg lebih tinggi, memperlebar powerban di rpm tinggi dll.

Sementara sampai disini dulu diskusi kita mengenai ninja250 ini. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

62 responses to “"POWER NINJA-250 BENER-BENER MUBADJIR"….Jika Hanya Dipakai Buat Mejeng

  1. Ini artikel yg ane tunggu2 mas bro.. Mantab.. Akan lbh baik diulas cara mngubah VE 85% jd 95 % itu caranya gmn n ubahan klep(titanium mungkin) dll.. Dtunggu artikel brikutnya..

  2. Mending vixi pa nmp.
    fungsional

  3. Reques cara mengatasi p200ns biar gak jinjit (bisa gak kalo gak ganti segitiga atas?

  4. Mantep bs dicobain tuh resepnya… Makasih mas brow… 😉

  5. Mas sehat kayanya artikelnya telat keluarnya sibuk,ya ninja memang paling jooos tapi sangat kurang cocok untuk jalanan kota yang macet,ditambah jalanan yang jelek banyak lobang kalau misalnya moge bisa lewat tol mungkin ada untungnya yang punya ninja 250

  6. nih motor untuk ukuran 250cc emang keren bgt buat mejeng dibanding rival sekelasnya, btw om lain kali bahas motor murah yg lemot2 untuk di upgrade biar ketauan potensinya trims.

  7. Harga ni montor memang sesuai dgn hasil yg di dapat

  8. MUBADZIR POL

    • dgn kata lain Ninja 250 karbu dan Fi sdh lebih dr cukup utk harian dan hobby ya Bro HRS. Selain masalah teknis dan performance, ada ‘sisi laen’ di rentang harga 50-55 jeti..hehehehe..

  9. om Iwan,kasi artikel ttng N-150RR 2tak jg ya.terus ‘peluang hidupnya’ bila udah berlaku euro 3.ak tunggu ya om.kl beli N-250 4tak di Pontianak sini mubajir dah(lagian ak ga sanggup beli om D; ).mau jalan 60kpj aj susah.jalan sempit n rusak.

  10. Beh…sangar emang ninja power 32 ps aja udah mubadzir ko kalo disini pake ninja emang buat mejeng doank sama pamer knalpot…..apalagi ini tembus sampe 47 HP dg limiter 14ribu pasti suaranya bisa meraung lebih seksi dr sekarang…

  11. mantabbb ulasanya…..kawak mmg josss
    tp syg ni motor sring disebut “celeng” ,,,lha beloknya susah…

  12. bro klo bahas ninja 2tak ada 2 model lho,,,yg ss/R beda sm RR soalnya beda di bagian karbu,frame,kruk as…gk byk org yg tau sih wlpn klaim tenaga dr pabrik sm tp ttp beda kl real nya.
    jd saran aja,kl req ninja 2tak y jd 2 artikel.

    #ane jg stuju sm ente kl bahas ninja 2tak…

  13. Pasang turbocharger, VE bisa tembus 120%. Power bisa tembus 50 dk sepertinya.

    Hayoo, tips saya bener kan?

  14. Peningkatan sektor ve ini kayanya yg paling kenceng duitnya ya Min????

    • bisa jadi karena sifatnya hand-made, dan bener2 menuntut kesabaran, keteraturan sistem data logging dan waktu yang lama. makanya nggak ada tuh hasil dari tuning jenis ini di-publish.
      Itu rahasia dapur tuner

  15. Akhirnya muncul juga artikel terbaru dari mas bro ini..
    Mau tanya itu kalo VE nya dinaikin berarti campuran udara dan bensin yang masuk harus 95% dari total keseluruhan silinder y?

    5% nya lagi terbuang untuk fase overlap dan fase dimana setelah fase intake piston dari TMB menuju TMA sementara klep in belum menutup sempurna, apa mungkin y dapet sampe 100% VE?

    • betul.
      5% sisa nggak sempat masuk, karena saat rpm tinggi buka-tutup klep hanya sekejap, jadi silinder belum penuh klep in dah keburu ketutup.
      ve bisa mencapai 100% jika dibantu dengan overlap camshaft yang memungkinkan efek scavenge. kemudian dengan desain knalpot yang pas, backpressure akan mampu mendorong balik campuran udara segar+bensin kembali masuk ke silinder, sebelum klep-ex tertutup.

      • sama kayak 2 tak y dimana campuran udara dan besin segar, keluar ke exhaust kemudian balik lagi ke ruang bakar?

        Kalo overlap itu nambah ato ngurangin VE ya?

  16. Benarkah bisa sampe 200 kpj??? pntes aja rider ninin250 byk yg ugal-ugalan dijalan

  17. Bro IWF…ane mau nanya nih:
    Ane pernah baca di tabloid otomotif ttg kanlpot racing (backpreasure). Katanya cara paling gampang tuk ngetes tendangan balik dari knalpot adalah dengan meletakan selembar daun didepan knalpot dalam kondisi mesin hidup.

    Apabila tu daun mental-nempel-mental-nempel ke lubang knalpot katanya backpreasurenya bagus. Tapi ane coba di R9 ane lakok daunnya malah terbang jauh, he..he..he..piye kuwi..?

  18. Makasih bri IWF…kalo bolehj request nih…tlng buatin artikel yg ringan tapi bermanfaat banget, misalnya ttg knalpot racing, soalnya banyak biker yg pasang knalpot jenis ini di motor kesayangannya yg notabene justru mereka gk tahu apa dan bagaimana ttg knalpotnya, taunya knalpot racing bikin $motor eyecating dan tambah ngebut.

    Padahal banyak dijumpai kanlpot yg suaranya menggelegar jebule motore kesalip bebek peking…he..he..yg ada malah ditilang polisi.

    Tolong ulas ttg kpn harus ganti glasswool…dari baha seperti apa..karakterisitik knalpot freeflow seperti apa, efeknya bagaiman…

    Pasti banyak banget yg terbantu kalo bro IWF sudi buatin artikel seperti ini. Matur nuwun.

    • alkhamdulillah sudah ane buatin bro
      coba buka halaman/page : “SIE” (spark ignition engine)
      buka sub page “exhaust (knalpot)”, nah disitu ada banyak artikel tentang knalpot, baca dah semuanya sampe punyeng, he.he.he.
      selamat belajar

  19. kalau RPM tinggi mubazir , gmn caranya memajukan puncak powernya di RPM rendah jadi gas dikit aja motor dah jalan..

    TQ

  20. berarti ferrox recomended ya… he3… baru make nih buat n250 karbu nih 🙂

  21. Om broh..tlg jelasin langkah konkritnya teknik upgrade power ninin 250..misal utk menaikkan VE bs dengan penggantian air filter dll..utk menggeser peak power di rpm tertentu bs dengan piggyback..dan seterusnya..

  22. joooss bermanfaat banget

  23. yang penting gaya bung
    kalo perlu di protoli 🙁

  24. motor kenceng bisa buat jalan pelan
    motor lemot ga bisa ngebut..

  25. semangat,mencerdaskan artikel2nya,terus berkarya,ada banyak y suka jg ada y banyk y benci itu biasa Rasul aja dalam menyampaikan kebenaran punya banyak musuh,semoga jadi amal baik y dihitung Allah SWT amin 🙂

  26. Pingback: Jika Sport 250cc Yamaha Berbasis WR250X, Maka yang Lain Harus Waspada | motorgoodness

  27. Auk Masdin Setiawan

    Anda ahli dalam mengumpulkan artikel, tp tidak ahli dalam sesungguhnya perihal teknik otomotif… sungguh menyesatkan

    • coba anda tulis sesuatu yang meluruskan, tunjukkan kebenaran anda !
      jangan2 anda yang sedang tersesat

      • faisal habibie

        halo, salam kenal..
        saya Faisal H. mahasisma T. Mesin & Ninja 250 rider juga..
        saya sudah baca bbrp lembar buku 4stroke tuning alexander graham bell..
        di motor bakar 4 tak kunci utama modifikasi nya di Volumetric efficiency, & Timing ignition.
        tapi penggantian part racing itu belum tentu bikin motor tambah kenceng loo, karena biasanya modifikasi part racing akan menggeser peak power ke rpm lebih tinggi, misal ganti filter Knn, power mesin baru lebih besar dari stock setelah 9000rpm, modifikasi knalpot juga banyak perhitungannya bukan asal bising..
        jadi kalau mau modifikasi itu harus cerdas, kalo spec competition tapi dipake dijakarta.. namanya menurunkan OEE. Overall Equipment Effectiveness.. motor jadi lamaan di bengkel daripada di jalan 😀

        btw Indonesia itu bukan gak bisa buat motor kenceng, buat pesawat canggih aja bisa (N250), tapi ada bbrp faktor yang gk mendukung engineer untuk bisa berkembang.. contohnya ya kaum tidak terpelajar seperti anda dan kaum tidak terpelajar di pemerintahan.. LOL

        • salam juga, terimakasih dah mampir
          semoga cepet lulus ya bro, sehingga bisa berkiprah di dunia otomotif Indonesia
          dan jadi orang yg terpelajar, tidak seperti ane
          btw ente beneran mahasiswa ?

          • Artikel cara menggeser peak power ninja sampai 14rb itu mana om? Trs block head CBR yg dulu mau dipasang buat CS1 jg mna? Semua teori yg sampean tulis slma ini sudah di aplikasikan blm buat motor sendiri?? Artikelnya sampean udah tak praktekkan spt PnP n filter Ferrox, hsilnya memuaskan.. Klo spt artikel ferrox emang jelas n gampang belinya, klo untuk artikel PnP kyk e krg jelas portingnya yg model gmn.. Tiap tuner pnya cara n filosofi msg2.. Sampai artikel sampean tak ksh liat ke si tuner, tp malah ketawa.. Ane mau tnya target PnP itu Flow apa Power??

          • Sepertinya ane perlu klarifikasi dulu nih,
            ane bukan tuner, bukan juga bengkeler, tapi ane cuma seoran pns yang waktunya banyak dihabiskan di kantor.
            Mengenai artikel porting dan lain2, kesemuanya merupakan landasan teori yang sering digunkan tuner2 manca negara, jadi sifatnya umum dan sudah di kenal di hampir seluruh dunia. Jadi teori2 yang ane tulis, bukan karangan ane, tapi merupakan rumusan yang dihasilkan oleh tuner2 sebelumnya melalui praktek yg berulang2. Ane hanya menuliskan kembali, baringkali ada yang belum pernah tahu.
            Harusnya ente tanya ke tunernya, dia ketawa karena meremehkan artikel2 tsb atau nggak ngerti tulisan dalam artikel tsb.
            Sebelum ane jawab pertanyaan ente, ana minta penjelasan dulu nih, apa pengaruh flow dan power thd performan mesin.

          • Klo ane ngerti ya g bkl Tanya ente om.. Ane jg bkn orang teknik.. Klo ente tnya mslh hukum bkl ane jwb.. Dr dl pernh ane sampaikan klo ane pngn nguji kebenaran terori ente kan.. Tuh udah ane aplikasikan n hsilnya jg memuaskan.. Jd untuk ferrox n berkendara dimalam hari terbukti benar.. Klo mslh PNP sudah pastilah, tp secara teknisnya spt apa agar mndapatkan hasil yg baik itu blm mengena alias blm bs diterapkan.. Ane skrg menunggu cara geser peak power ke 14rb cara gamblangnya gmn, soalnya limitnya di 13500.. Klo bs ngoprek ecu scra aman n bs diterapkan ane bkl samperin n cium tangan ente deh.. Dngn catatan tnp piggyback atau ganti ecu… l

          • Seperti yg sudah ane tulis daam beberapa artikel sebelumnya, jika kita ingin menggeser peak power pada rpm yang kita kehendaki, maka sebagian desain ukuran yang ada di kepala silinder dan sekitarnya mengacu pada patoken “rpm” tersebut. Misalnya :
            1. Panjang dan diameter leher knalpot
            2. Panjang, diameter dan profil saluran intake beserta diameter venturi/TB
            3. Profil nokenas nya
            4. Diameter klep nya
            Kebetulan kesemuanya sdh ane tuliskan, dan terus terang belum ane coba (nggak sempat bro). Silahkan saja calon2 tuner mencobanya, itu teori2 dari tuner2 luar negeri, bukan dari ane.
            Kalo mau ngoprek ecu, ya ecu-nya harus dibuka dari casing-nya dan cukup berisiko, ane nggak berani kalo bukan punya sendiri. Setelah dibuka beberapa komponen di bagian limiter di non aktifkan dengan cara mem-bypass-nya, kemudian ditutup lagi, dan pasti jadi nggak ori lagi alias cacat. Sepertinya di FB sudah ada yang bisa (mungkin VJ racing)

          • Ane jg mau tnya tntg 2 artikel ente mslh cbsf dengan power 27hp yg diuji oleh otomotifnet.com .. Apakah itu sebuah hasil perbandingan lurus teori ente??yg mnanya? Mohon dijelaskan.. Klo ulasan otomotifnet.com kn ada bocoran ukuran piston yg digunakan, durasi lift camshat, ECU, sampai knalpot merk leovince pun disebutkan scra gamblang.. Walau Ada bbrp yg dirahasiakan tp stidaknya pembaca sdh pnya gambaran.. Mohon dikoreksi klo Ada yg salah..
            Trs mslh artikel analisa n teori ente yg mengatakan klo CBR lbh kencang n powernya lbh gede dr rr mono( sm2 standar) ane g bicara potensi… Stelah diuji oleh otomotifnet.com trnyata fakta berbicara lain kn, berbanding terbalik dgn teori ente.. Dengan hormat, mohon dibikin artikel klarifikasi.. Terlepas dr itu semua, mngkin entah kapan ane akan mrasa terhormat klo bisa duduk semeja dgn ente dlm suasana ngopi om..

          • Sebenernya apa yang diutarakan di majalah otomotif, masih jauh dari gambalang, masih banyak yang disembunyikan. Sedangkan dalam artikel ane, ane mencoba menulis semua yang memang tercantum dalam (bayak) referensi. Jadi nggak mungkin bisa dibandingkan secara lurus, kecuali jika tuner-nya menjelaskan secara detil semuanya, dan ini yang tidak mungkin, karena hal tersebut adalah rahasia dapur mereka.
            Mengenai perbandingan antara cbr250 dan ninja rr mono, sepertinya ente harus baca lagi (secara teliti) artikel ini
            https://motogokil.com/2014/02/17/ada-yang-tersirat-dengan-spek-ninja-250-sl-gentar-terhadap-cbr-250/.
            Dalam kondisi std power rr mono lebih besar dari cbr250, ya wajar toh ketika diuji oleh otomotifnet, rr mono yg menang.
            Wah ane seneng banget kalo bisa ngobrol2 sama ente bro, tambah teman, tambah silaturahim itu yang paling penting

  28. wah…tampilan nya sangar bro, tapi tunggu dulu “cocok buat balapan” ‘_’? bukannya ini motor abis kena gebukin CBR250R di sentul? ya udah buat mejeng aja nih motor gak usah turun di sentul lagi lah, malu nanti cuma bisa ngeliat buntut CBR250R di garis finish

    • Cbr memang motor balap bro, digeber gmn jg kuat, jgn dibandingin sm ninja250 yg lbh ke arah fashion, kalo drag ya lain cerita, r25 pemenangnya.

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan