Rider Harus Faham Mesin Motor ……..Apa Memang Perlu???

0 mesin motor

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Tulisan ini terinspirasi oleh sebuah kejadian, seorang teman pengendara njmx baru yang meyatakan bahwa tunggangannya sudah injeksi. Wah ane kaget juga, apakah njmx keluaran terbaru sudah injeksi? Ternyata temen salah faham, karena njmx merupakan upgrade dari mx, yang mana engine-nya jadi mirip banget dengan vixion yg udah injeksi, jadinya dikiran njmx juga sdh injeksi.

Dan ternyata banyak juga rider bahkan komentator, yg kurang faham dengan permesinan motor, terutama tunggangannya masing2. Nggak peduli rider tersebut jadi FBH, FBY, FBS, FBB, FBK dll, sama aja. Apa memang memahami mesin kedaraan sendiri bukanlah sesuatu yang penting? Sehingga terkadang mereka mengeluarkan statement yang menggelikan, lucu dan kadang menghibur.

Kalo menurut ane nih “perlu”, tapi ada tingkatannya, dimulai yang paling rendah

1. Tingkat pertama, sekedar tahu bagaimana memperlakukan motor harian yg kita pakai, makanya pabrikan membuatkan user manual atau petunjuk pengguna. Tapi sayangnya buku yang sederhana ini pun jarang yg baca.

mobilmotordijualdotcom

2. Tingkat kedua yang lebih tinggi, mungkin cocok untuk tingkat komentator yang tahu lebih banyak daripada hanya sekedar menggunakan motor. Sehingga saat memberi komentar benar2 “berisi” tidak asal komen, yang kadang menimbulkan kerusuhan.

honda cb150r vs yamaha new vixion

3. Tingkat ke-3, sepertinya tingkat ini merupakan tingkat terendah yang harus dimiliki seorang blogger otomotif, yang memiliki pemahaman yang lebih baik. Pada tingkat ini telah dicapai pemahaman secara detil terhadap “suatu” permasalahan dibidang permesinan sepeda motor, sehingga mampu memberikan jawaban yang lebih mendalam terhadap pertanyaan mengenai masalah yang dibahasnya.

ymjet

4. Tingkat ke-4, merupakan tingkat yang lebih advance lagi, yang mana hanya dimiliki oleh segelintir orang yang bisa dikatakan sebagai “mekanik”, bahkan bisa jadi dimiliki oleh blogger papan atas. Yang mana pada tingkatan ini permasalahan permesinan yang dikuasainya mendekati keseluruhan dari bagian mesin, sehingga jawaban yang diberikan terhadap suatu permasalahan lebih komprehensip, karena ditinjau dari berbagai aspek.

magnet flywheel

5. Tingkat ke-5, merupakan tingkat yang bisa dikatakan tingkatan mendekati sempurna. Karena pada tingkatan ini pengetahuan dan praktek yang dikuasai sudah bisa dijabarkan dalam persamaan2 empiris yang merupakan hasil percobaan, baik hasil pribadi maupun orang lain. Sehingga rumus/persamaan itu bisa memberikan arah bagi pembaca untuk melakukan riset atau modifikasi yang benar, dan pada akhirnya riset yang dilakukan bisa menghasilkan keluaran/hasil yang memuaskan.

ECU vvt

6. Tingkat ke-6, dengan menggunakan bahasa  alay bisa dianggap sebagai “tingkat dewa”, karena pada tingkatan ini telah dikuasai berbagai keilmuan tentang sepeda motor, mulai dari metalurgi, aerodinamik, power generation, transmission, electricity, ergonomi, dll. Bahkan sampai tahap pengembangan ke tingkat yang sangat ekstrim, seperti yang diterapkan pada motogp dan pada motor drag 400 mil/jam.

01 exstreem motorsport

Lalu posisi kita di mana ? Ya disesuaikan dengan kebutuhan dan ke-minatan/hoby.

Jika hanya sekedar menggunakan motor untuk harian yang selalu dalam kota, dimana manyak terdapat bengkel motor, cukup tingkat-1.

Jika termasuk biker yang seneng turing, minimal tingkat-2, karena dapat memberikan minimal 2 keuntungan, yaitu:

1. Jika terjadi kerusakan di tengah perjalanan bisa diatasi sendiri secara darurat, sehingga motor tetep bisa jalan sambil mencari bengkel.

2. Jika kebetulan ada orang yang membutuhkan pertolongan karena motornya rusak di tengah jalan, kita bisa membantu. Nah yang ini bisa panjang ceritanya, jika orang tersebut kebetulan “cw kece” yang sedang menjomblo, barangkali bisa sekalian kenalan. Artikel2 berikut bisa berguna, mengenai bongkar2 mesin [1,2,3,4,5,6]

Jika ingin lebih tinggi tingkatannya, ya harus rajin belajar, rajin bongkar motor, kursus mekanik, magang di bengkel, ikut mekanik balap dll. Artikel ini berguna bagi yang mau naik ke tingkat-3 yaitu tentang intake [1,2], noken-as [1,2,3], ruang bakar [1,2,3,4,5], knalpot [1,2,3,4,5,6].

Kiranya sampai disini aja pikiran-liar yang sempet ane tuliskan sebagai artikel, dan pasti banyak nggak cocoknya atau banyak kelirunya, mohon maaf dan monggo dikoreksi.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

“Setelah artikel ini, insya Allah akan ane coba tuliskan tahap2 pengenalan sepeda motor standar, mulai dari mesin, rangka, kelistrikan dll. Do’a in ye, semoga tetep sehat dan semangat untuk menulis. “

Advertisements

42 responses to “Rider Harus Faham Mesin Motor ……..Apa Memang Perlu???

  1. solar oplosan….
    dapet podium ik

  2. anda terlalu cepat mengetik
    pelankan….
    moco sek ah

  3. klo yg pny warung udah level 5 nih…
    ngerti itung2an yg jlimet ttg mesin.
    klo ane baru sbatas ecek2 kang,yg penting ngerti kelebihan&kelemahan motor,sdkt ttg trouble2 ringan jd sblm beli mtr bnr2 harus tau sgala sesuatu ttg mtr tsb,biar dikemudian hari tdk gelo (menyesal boso planet e)
    hehehehehe….. :mrgreen:

  4. Bro.. artikel bongkar mesin honda grand-nya dilanjutin dong. ane lagi belajar bongkar mesin,, artikelnya sangat bermanfaat

  5. ane sdkt tdk setuju dgn level 3 kang,,,nyatanya byk blogger yg tdk spt itu,biasanya cm buat artikel yg mengundang hits&saling caci doank kang. sampe2 ada blogger yg anti merk laen (u know lah) atau blogger yg smua motornya hny 1 merk (fanatik pastinya)
    stau ane blogger yg bnr2 paham mesin:
    1. pemilik warung ini
    2. kang aziz horee
    3. bengkelsepedamotor
    4. blogger yg sering review mesin motornya sndr,baik pas bongkar,servis/memaparkan minus motornya sndr.
    5. blogger2 laen yg tdk kesebut atu2,byk je

    IMHO
    CMIIW

  6. Ikut sinau di blog ini, ditunggu terus artikel selanjutnya…. salam.

  7. Assalamu alaikum wr salam kenal Pak bro
    Kulo bade nunut sinau nggih…. ( klo bhsa jawa kurang pas harap maklum, wong musi)

  8. Kebanyakan emang nggak paham sih,
    sering ketemu beda 2-tak sama 4-tak aja nggak tahu,
    ada yang punya FU, ke bengkel servis rutin sekalian minta ganti air radiator.
    sekolah di smk otomotif pun belum tentu paham tipe mesin motornya, vixion di tulis punya 4 klep eh dikira DoHC.
    wajar kalo soal teknis dimana orangnya emang nggak ada tertarik sama sekali tentang mesin.
    Tapi yang perlu dipahami minimal tahu bagaimana merawat dan memperlakukan mesin motor

    • Oleh karena itu, bagus sekali kalau blogger maupun komentator saling mengingatkan agar pencerdasan otomotif bisa lebih cetar-membahana.
      btw makasih bro boboho dah mau mampir di marih

    • jujur aja, soal 2T dan 4T masih meraba raba perbedaannya dan kinerjanya, yang ay tahu cuma si 2 stroke ini pembakarannya hanya dalam 2 kali langkah sedangkan 4 tak ya 4 langkah, jadi saat si 4T baru mau langkah ke 4, 2T dah di depan hehe.

      Tapi dari sisi jeroan, gak paham, kenapa 2T gak ada SOHC dan DOHC atau OHC, dan gada klep serta sejenisnya, kalau begitu bagaimana cara kerjanya? Kak Gokil mungkin bisa bantu buat bikin artikelnya atau mungkin sudah ada? Thanks

  9. saya nomor dua

  10. cukup di level 2 aja,kalau level atas takut botak pikirin mesin.

  11. perasaan follow ini blog deh, tapi kok di wordpress suka gak muncul ya..hiksss (WP Android maksudnya)

  12. oia memang buat ay sih paham sedikit mesin wajib hukumnya, mengenali kendaraan sendiri dulu terutama, sehingga saat ada truble at least bisa tau dimana atau apa yang harus dicek, jangan sampai letak busi gak tau, letak aki ga tau, sikring dimana ga tau, header posisinya dimana, air filter letaknya sebelah mana dlsb…

    Tapi jaman SMA kelas I pernah konyol, Alfa II R mati mendadak, disela-sela gak mau, starter lancar tapi gak nyala, cek busi, cek aki, nyerah…akhirnya dituntun…pas udah dekat rumah baru ngeh, lom cek bensin, dan bener aja, bensinya kosong wkwkwkw…padahal itu simpeeellll banget kan.

    http://kobayogas.com/2013/11/02/diy-merawat-rantai-motor-pakai-gzox-teflon-chain-lube/

  13. Kalau yg dimaksud disini adalah rider khusus pria saya rasa istilah “tak kenal maka tak sayang” berlaku juga disini. Akan tetapi seperti yg kita lihat sekarang tidak sedikit wanita yg menjadi rider bahkan biker “touring’an”. Mungkin kesibukan dan rutinitas juga yg membuat sebagian rider tidak sempat belajar mengenai otomotif mas. Bukan begitu mas Dosen? Eh maksud saya mas admin?

  14. Bener tuh..paling gak..rider tau bagaimana memperlakukan motornya disaat terjadi masalah mesin..
    Pak mau minta saran ya
    Tiap hari saya kerja PP prigen-purwosari sekitar 50km..setiap weekend prigen-malang..dan prigen daerah tanjakan curam
    Mending pakai cb150r atau nvl kyk punya anda?
    Klo matic?
    Thanks sebelumnya

  15. I just couldn’t go away your web site before suggesting that I actually enjoyed the standard info
    an individual provide in your guests? Is going to be back
    regularly to check out new posts

  16. Harapan saya, warung ini tetap bersih dari komentar dan komentator sampah. Biar orang bodoh seperti saya bisa tercerahkan..semangat mas..
    Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat untuk orang lain, demikian sabda Nabi kita mas..hihihi..

  17. pak dosen mmg plng perhatian sama pengunjung……huebat!!
    saya cukup nomer 2 sj……hidup xeon

  18. Sip ditunggu artikel2 selanjutnya bos…

  19. Pingback: Jangan Abaikan! Filter/Saringan Udara Penentu Tenaga Mesin | Otomotif iToday

  20. I’ll right away take hold of your rss as I can not in finding your e-mail subscription link or e-newsletter service.
    Do you’ve any? Kindly permit me recognize so that I may just subscribe.
    Thanks.

  21. thanks for this awesome web page, i like it because the article is very unique and easy to understand

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan