Dampak Psikologis Dari Munculnya Harga NJKB YZF R15 yang Cuma 18.1 Juta

R15 vs NVL

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru saja tersiar dari blog-nya mas Taufik (tmcblob.com) bahwa harga njkb yamaha yzf r15 cuma Rp. 18.1 juta. Para komentator baik fby maupun fbh langsung geger. Ada yang bersyukur ada juga yang sangsi, bersyukur karenaย  ada harapan dapet motor dambaan hati yang mantab dengan harga murah. Sangsi karena kebayang dengan sebuah ungkapan “Ono Rego Ono Rupo” (harga ngga bakal bohong), kira2 dengan harga segitu (mepet2 dengan NVL) apakah akan terjadi downgrade pada komponen2-nya?

Motor sport yamaha satu ini (r15) memang cukup fenomenal, selain performanya yang menjanjikan, tampangnya juga merupakan dambaan hususnya bagi fby, “Full Fairing Bro”. Bahkan ke-fenomenal-annya semakin meningkat ketika pembesar YIMM tidak bersedia menurunkan NVL pada ajang balap IRS 2014 dan hanya akan turun dengan YZF R15, seakan2 r15 begitu superiornya sehingga nvl dilarang untuk menodai citranya.

Dan memang setelah diperiksa detil dari speknya, ternyata untuk urusan balap r15 jauh lebih mumpuni dari nvl, (lihat artikelnya di sini). Dengan beberapa perbedaan yang ada tentunya bisa dikalkulasi (secara kasar) berapa minimal perbedaan harganya. Jika estimasi harga mengacu pada perubahan part yang lebih detil [lihat artikelnya ] maka harganya nggak mungkin di bawah 29 juta. Nah jika njkb-nya cuma terpaut 600 ribu, bisa dibayangkan part apa saja yang akan diganti.

Dengan njkb yang cuma sedikit dari nvl, bisa jadi common partnya mendekati 99% dengan part nvl, mungkin yang beda cuma fairing dan gigi transmisinya. Kira2 rincian harga fairing dan tanbahan gigi transmisinya sebagai berikut

  1. Harga full fairing Rp.5.500.000,- [sumber], jika headlamp nvl Rp. 530 rb, maka selisihnya Rp. 4.970 ribu.
  2. Ganti transmisi 6-speed Rp. 4 jt [sumber], jika tranmsisi 5-speed nvl Rp.1.952 ribu maka selisihnya Rp. 2.048 ribu

Jadi dengan hanya berubah transmisi dan fairing saja bedanya Rp. 7 juta-an (munggo dikoreksi kalu keliru), jadi bisa dibayangkan harga yang realistis untuk R15 versi Indonesia yang sangat minimalis dengan beda Rp.600 ribu dari nvl.

Sehingga pemunculan njkb dari 2pk alias r15 ini benar2 memberikan dampak psikologis yang sangat besar bagi rider calon konsumen/pembeli motor sport 150 cc. Dan dampak yang tampak di permukaan adalah :

  1. YZF R15 ramai diperbincangkan sehingga secara tidak langsung ter-blowup, dan ini sangat menguntungkan YIMM karena bisa sedikit menutup berita tentang promosi dan prestasi dari kompetitor.
  2. Sounding yang sehat dan masuk akal akan memberikan masukan bagi calon konsumen motor sport 150 cc untuk menahan diri dari membeli produk ” selain r15″, dan ini dapat merusak market share motor sport baik kompetitor (cb150r) maupun saudara sendiri (nvl)

Kalau menurut ane sebagai penyemplak nvl, kehadiran r15 nggak begitu pengaruh. Karena kelebihan r15 memang dikhususkan untuk speed-lover (balapan) bukan daily use. Ada beberapa sebab dari perbedaan 2 komponen di atas (gigi transmisi dan fairing) yang menyebabkan r15 sangat cocok buat balap tapi kurang cocok buat harian.

  1. Gigi 6 dari transmisi r15 sangat overdrive, berguna sekali buat balapan, tapi tidak berguna buat harian
  2. Penambahan fairing memang sangat penting untuk meningkatkan aerodinamika untuk balap, tetapi tidak bermanfaat buat harian, bahkan cenderung merugikan karena akan menambah bobot dan menjadikn FC (fuel consumption) nya semakin boros. Meskipun tampilan semakin mantab, resiko rusak juga semakin besar akibat gesekan saat di parkiran dan juga jika terjatuh.

Jadi bagi yang speed-lover, r15 versi Indonesia memang layak untuk ditunggu, apalagi harganya sangat murah. Masalah kualitas sparepart nggak perlu hawatir dan sangsi dengan YIMM. Apalagi r15 akan diturunkan dalam ajang balap nasional IRS, sehingga calon konsumen bisa mengetahui dan melihat langsung kualitas dari part2 yang ada di r15.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

85 responses to “Dampak Psikologis Dari Munculnya Harga NJKB YZF R15 yang Cuma 18.1 Juta

  1. Citra piye to om?napak di jln aj blm ko udh pngen pnya citra…laah dr dlu yg sy tangkap citra yamaha ya penabur serbuk mimpi ke fby..
    Skrg hrga matok sgtu.. Yg jls ad hrga ad kualitas..
    Ditabur lagi deh serbuk mimpinya…
    *terlelaplah kembali dalm buaian mimpi indahmu wahai fby ku trsyg..

    http://prestigesotomobile.wordpress.com/

    • wk wk wk, bisa aja ente bro

      • Om itu hitungan beda fairing dan tranmisi kan kalo b3li putus diluar …lain klo bikinan pabrik cm nsmbah gigi satu jdi ngk beli rasio lgi dan fairing 5jt juga beli satuan lah ini bikinan pabraikk om ribuann unitttt ….

        pinteran dikit on itungnya jgn itung begitu…..so 26

        • ya silahkan dikoreksi, itu kan berdasarkan harga yang sekarang ada (riil bisa di cek), mengenai produksi secara masal ya jelas beda, tapi siapa yang tau ???
          jadi harga2 tersebut bisa dijadikan referensi awal
          jelas masih jauh di atas 600 ribu, padahal belum mempertimbangkan banyak komponen lainnya
          kalo ente pinter coba dihitungin dong…

      • R15: 25jt tidak berpengaruh pd penjualan NVL..?

        Kok ane kurang sepakat.
        – kita liat dulu segment pasar dari NVL…. Berapa % rider NVL berdasarkan Usia, Pendidikan, pekerjaan…?
        – banyaknya NVL dimodif Fairing menunjukan banyak pencinta motor fairing (segment R15)
        – banrol harga yg mepet antara R15 dan NVL
        – fakta AISI Pebruari penjualan NVL disalib CBSF (disinyalir banyak pottential buyer NVL yg melakukan pending pembelian )

        Jadi menurut Inyong, justru yg akan terpukul ya NVL. Kalo CBSF/Honda mereka memang punya Fans Fanatik tersendiri.

      • Harga Fairing + gear kurang lebih 7jt. Kalo R15 dibandrol selisih 3jt dari NVL, artinya YIMM harus menghemat 4jt…?

        Ini berarti secara bisnis, jauh lebih untung jualan NVL ketimbang R15..!!

        Nampaknya yamaha lagi main Gambling nih.

        • om.
          kita sebagai konsumen gak perlulah sok sok an bicara ms dan untung ruginya produk yg di keluarkan oleh pabrik
          sebagai konsumen kita cukup tau ada banyak pilihan untuk motor yg bisa kita pilih sesuai selera kita
          komen ini bukan untuk om gokil
          tapi untuk para komentator yg sibuk mikirin ms dan untung rugi sebuah produk
          sorry om gokil komen saya kepanjangan

          • nggak apa2 bro, santai aja
            masalahnya dulu ada yang menyangsikan kualitas NVL dibandingkan dengan old vixion, karena dengan upgrade yang begitu banyak, bedanya cuma 1 juta-an
            apalagi ada beberpa kasus, aki soak, mesin ngebul, pelek pecah dll, sehingga mungkin membuat hawatir bagi fby dan cemoohan bagi fbh.
            kalo nvl ane sih aman2 aja, soalnya jarang dipake.

  2. pgennya mtor rare, biarpun ga mhal yg pntg jrang yg punya,

  3. Hmmm.. kalok dihargai segitu ngga papa deh R15 cv CB, toh dipasar juga bakal tabok2an sama CB dan NVL

    Sorry kalok judulnya rada propokatip.. hehe ๐Ÿ˜€
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/03/08/fak-yamaha-r15-cuma-18-100-000-saja/

  4. kayaknya yg pengen nvl pada beralih ke r15 kalo segitu harganya, banyak yg pengen terlihat lebih racing

  5. wakaka rame lagi… anggap aja harga perkenalan, sdkit demi sdkit akan naik.. untuk r15 kayakna akan lbh sreg dbndingkan dengan old vxion coz basicnya lbh dkt ke old vxion daripada nvl. dl njkb old vxion brp? kayakna lbh murah sejuta dari nvl. dan harga jual trtinggi old vxion kl g salah sktar 21 jt. brarti tinggal lepas velg, gnti lebar, sama nmbah speedometer n firing. kl arm r15 indo kan kyakna emg bukan almu. sama lepas gir gnti yg 6 speed. kl part vixion sy kira dah tau smua lah kualitasnya gmn, dan ingat, bnyak part jg mnggnakan vendor lokal. g impor so g kena pajak tmbahan, logisnya gini aja, sama2 pesen nasi rawon dengan bmbu yang sama, domisili d mlg, pesennya d mlg sama pesen msalnya d semarang, rawonnya sama, bumbunya sama, kira2 lbh murah mana bila nanti nasi rawon tersebut dmakan d malang… ahaha analogi yg ngawur… yah anggap aja sekarang fby lg seneng, sapa tau ntar kl cbr dlokalin (katanya g mgkin) atau cb150 dbuat versi firing gilirah fbh yg seneng, kasusnya sama aja, ketika honda jual firing murah, psti fby akan mmpertanyakan kualitas prduk jg, aahahaha…

    • ya begitulah
      ono rego ono rupo,
      duit nggak bohong

      • wah giliran yamaha bisa jual murah bnyak yg mmpertanyakan, ahihihi, wktu kawasaki rilis r mono dengan harga yg miring kenapa adem ayem bro? saya kira inilah kekuatan prduksi lokal, tidak melulu kualitas part jd amburadul. cntoh lg bro, cbr 150 thailand kalo d kurs rupiah jg g smpe 30 jt, tp karena masuknya sini impor jd harganya melambung. makanya td saya analogikan dengan nasi rawon…

    • Rangka R15 v.2 beda bro ama Old vixion.. Bagian buritannya dibuat agk nungging.. Jd scra produksi bkal buat cetakan lg ga’ pk yg produksi lama, ga’ tau jg scra cost beda ato tetep.. Cb search ulasan media india.. Beda rangka R15 V.1 ama V.2 dmn V.1 mirip ama old vixion..

      • iya bro, kl bgian buritan apa iya nyetaknya jadi satu sama deltaboxnya? itu kan dsambung pake las bro, so cm ngubah sudut sambungan aja, cmiiw. klpun harus buat baru sy kira g akan sulit2 amat coz bntk rangka blkang kayakna cm pipa gt y bro. sama bro admin kayakna blm dsbutkan lg bedanya vxion sm r15, yaitu ecu.. bnr g bro admin, d artikel seblmnya kayakna blm dsinggung apa ecu r15 sama kayak vxion…

  6. vixion komatsu

    Dngan harga segitu meski gw ga suka fairing (tapi suka aura racing nya), siap 2 beli dan di telanjangi,,, headlamp apa yang paling cocok buat R15 naked ya?

  7. klo emang selisih harga minim justru ane kepikirannya lain pak dosen. gimana klo harga NVL yg memang diset ketinggian. jadi harga R15 emang harganya pas n ga ada penurunan kualitas part (sama dengan NVL)

    *cuma opini

  8. Kayaknya harga fairing dan gear gak segitu deh. Kan belinya partaian, mesti dapat diskon gede ๐Ÿ˜€

  9. Om …analisa nya payah itungan kasarr ….lupa om rasio kan yamaha tgl suru vendor ganti ke 6 speed buka beli lgi loh otomatis produksi rasio di ganti aja …. trus fairing plg 2jt om kan produksi ribuan unittt…..comonpart 90 percen vixion ligthing……

    beda sexmen om….lupa yah jaman rx king dan rzr/rxz….. laku mana rx king 5 speedc…lohh

    • ente betul bro, itungannya kasar, makanya harganya dihitung berdasarkan selisih, coba baca dengan teliti
      tapi cukup membuktikan bahwa beda harga NVL dan r15 lumayan jauh dari Rp. 600 rb

  10. Tega bener yakampret bikin mumet fby dan bikin ayan fb tetangga. Baguslah, sudah seharusnya konsumen indonesia dapat barang bagus dgn tidak overpret. Hidup konsumenโ€ฆ

  11. mas motogokil…kalau boleh tanya.. berapa rpm sih…maximal putaran gear transmisi 1 – 6. Apakah part gear tersebut di balancing ?(statis atau Dinamis). Apakah part gear transmisi menggunakan material ST 90 / ST 60 /ST 40. (atau yang setara)? dan apakh juga di hardening? tolong di jawab dari pengalaman mas moto gokil bongkar gear/ gigi transmisi. Trims

  12. tinggal nunggu CIBI 150RR moga aja harganya mepet juga

  13. plus 1 rasio up 100rb
    plus fairing up 350rb
    arm model banana up 150rb

    beja njkb jadi 600rb imho kl dibandingkan harga produksi,
    kalo komparasinya berdasar harga jual yo njomplang,
    emang pabrik kalo mau upgrade motor beli partnya di dealer?!

    gak masuk akal…

  14. Ada dua kemungkinan..
    Promo kayak dulu awal kemunculan vixion..
    Atau penurunan kualitas material misal gampang rompal.. xixi

  15. share opini dimari ya om motogokil..
    1. jika tidak salah, r15, r25, dan beberapa line sport global yamaha nantinya akan di supplay dari indonesia (tag line produk global sport yamaha), jadi harga akan melihat potensi pasar dan kompetitor ke depan secara global. penempatan sebagai price breaker minimal cukup mencuri perhatian dengan luas dan gratis.

    dalam 3 tahun kedepan seluruh olahan tambang harus diolah dulu di indonesia (smelter) jadi bahan baku untuk komponen akan jadi sangat mahal bila dibangun di luar indonesia, para pabrikan mw tidak mw harus mengintegrasikan seluruh produksinya di indonesia, jika tidak salah juga yamaha dan seluruh motor jepang umumnya sudah investasi pabrik baru maupun replacement pabrik dari luar indonesia.
    faktor kesepakatan pasar bebas ASEAN, pasar bebas cina-asean, pasar bebas asia pasifik, jika tidak salah mencakup hampir 4 milyar manusia. mw tidak mw persaingan akan semakin berat, jadi faktor harga pasti harus kompetitif. harapannya produk R2 maupun R4 indonesia bisa jadi komoditas ekspor unggulan di pasar bebas kelak.

  16. Sebenarnya semakin murah R15 ya konsumenlah yg akan senang…yo opo ora..?

    Apakah kalo R15 dibandrol 25jt trus merk lain akan ketar ketir…?

    Nampaknya justru Yamaha lah yg harus ekstra hati2 bro..

  17. sakit hati mak jleb banget yang udah terlanjur beli nvl mending di recall trus kasih 6 sipit biar gak terlalu sakit hati + bisa ikut nyentul

  18. heran dg penempatan harga yamaha?munculnya r15 dg selisih harga segitu,sudah jelas akan sangat berpengaruh dg penjualan nvl?dan yg lbh parah lg bagaimana nasib sang scorpio.

  19. Mnrtku, memang benar R15 yg dijual dipasaran nanti ber NJKB segitu krn mgkn pihak YIMM ingin menghindari omongan publik “R15 vs CB150R (thn depan) = motor hrg 29jt an vs 23 jtan).
    tetapi jika thn dpn pihak YIMM menurunkan R15 utk tampil di IRS apakah kualitas materialnya sama dengan R15 yg dijual dipasaran?
    untuk mengetahui kebenarannya kualitas R15 yg diturunkan YIMM sama dengan yg dijual dipasaran adalah jika ada tim privater (berstatus bebas tanpa campur tangan YIMM) ikut menurunkan R15 di IRS. kita bisa membandingkan gimana hasil racikan tim privater dan YIMM, apakah selisihnya tipis atau jauh.
    Mohon maaf itu hanya analisaku saja ๐Ÿ™‚

    Note: hrg 29jt an hanya perkiraan jika mnrt hitungan om motogokil (selisih fairing dan transmisi)

  20. Kalau jadi murah kok malah jadi curiga yak, kecuali emang untung yang diambil mepet banget yang penting target tercapai….

    http://kobayogas.com/2014/03/08/vespa-primavera-definitely-hard-to-resist/

  21. Kalau melihat karakter anak2 muda kita yg kebanyskan tak terlalu peduli peruntukan motor, lihat harga yg selisihnya cuma seuprit, pasti lebih memilih R15 dibanding NVL.

  22. sepertinya memang cocok” ono rego ono rupo”…

  23. Waktu cebong muncul, dibikin artikel potensi tenaga smp 32 hp diatas kertas burem, dan yg muncul mlh potensi rompal partnya.
    giliran r15 muncul bikin artikel komparasi harga dg material, meskipun msh burem spt warna kertasnya.

    • kalo menurut ente, sesuai dengan feeling komentator motor kelas kakap, kalo NVL harganya 22.55 juta,
      r15 dengan kualitas di atas nvl karena akan diturunkan di IRS, seharusnya harganya berapa bro ?

      • soal harga r15, gue tak ambil pusing, orang gue tak da rencana beli, jg gue bkn sales, gue cm end user yg bsnya pengin value 4 money.
        Skr kl dibalik, dg harga cbr150 skr, hrsnya cebong dibandrol brapa? Jk kualitas setara cbr150 sesuai omongan orang ahm bhw cebong bkn ploduk downgrade dr cbr150.

  24. Apakah bisa disebut R15 = “RACING LOOK” ๐Ÿ˜›

  25. Pastinya karena harganya murah mas peyek mau borong 10 unit

    …..untuk di BAKAR……

    NB. aku bukan fb fban lho mas….wkwk

  26. wkwkwkwk yg nulis artikel yg kena dampak psikologis wkwwkwk pemikirannya cangih masa iya bikinan pabrik di samain sama harga pinggir jalan ngasih sumber si ok tpi haaaaaaaaaaaaa
    org yg bodohnya bodoh bgt pasti suka ni sama blog beginian, di suapin itung2an sederhana pada manut klo masalah itung2an begituan anak STM kelas 2 juga bisa

    sebenernya kalian lagi di doktrin ni sama si empunya blog biar suka HONDA, coba dah baca judul arikel kemaren2 judulnya aja yg di baca jgn isinya ntr bisa2 ketawa sendiri liat komentarnya heeheheh, di blog ini semua motor parbikan salain HONDA ga ada yg bagus, kalo motor honda kalah spek di atas kertas pasti di bikin itung2an yg bisa bikin tu motor HONDA

    • tu motor honda menang

    • nah ini dia contoh saudara kita yg sombong, ngatain orang lain bodoh, jangan2 dia sendiri yg bodoh, belum baca artikel langsung komentar
      anak stm kelas 2 dah pasti bisa ngitung yg beginian, bahkan anak smp aja bisa, dan tahu maksud dari itung2an tsb
      tapi kayaknya ente bukan anak stm ya bro?, dan mungkin ente sama sekali nggak ngerti matematika apalagi mesin, masa itung2an sederhana kayak gini aja nggak ngerti?

      setiap motor ” ada kurang dan lebihnya, itung2an tsb berdasarkan spek pabrik jadi sangat fair
      kalau kebetulan merek idola ente ada kekurangan ya jangan “dengki” bro, biasa aja, merek lain juga sama ada kekurangannya

    • @copo
      Wkwkwkwk obat ny d minum sis..nyolot bgt sis lg dtg bulan y, pil cop(l)o ny d makan y xixixi

  27. emang r15 kudu dipake ngebut ya? :v
    perasaan motor mw dipke ngbut/pelan tuh trgantung ridernya… hahahaa….

  28. emang bener gan…

    ๐Ÿ˜€

    semua jadi bikin sanksi, mungkin bisa disimpulkan R15 ini = nvl dipakein baju dan ditambahin 1 gigi…

    ๐Ÿ˜€

  29. diatas ada beruk lepas tuh…

    ๐Ÿ˜€

    geng pantat merah emang suka bikin ulah aja tuh dimana-mana…

    ๐Ÿ˜€

    bro gokil siapin pisang aja yg banyak tar juga pada diem tuh…

  30. cbr 150 = 42,5 jt => cb150r = 23 jt. …… potensi 32hp yg timbul.
    nvl = 22,5 jt => r15 = 26jt (estimasi) ….. keraguan akan kualitas.

  31. yg pnya nevil pd galau.. yg mw bli r15 pd senang..

  32. dah ada nevil ” real made in indonesia”….hehehe.,,,,gak galau masbro…..galau kalo R25 keluar kali…..galau mo jual apa yah buat nebus…wakakakka

  33. Hancur dunia persilatan om,, dr motor full fairing 250cc harga 40juta,, skrg full fairing 150cc harga deket/nyaris sama dgn yg naked 150cc.1 pabrikan lg.to harusnya full fairing atau naked masing” ad peminatnya.tp kebanyakan mind set kita ya full fairing harusnya lbh mahal dr naked..

  34. YIMM tidak bersedia menurunkan NVL pada ajang balap IRS 2014 dan hanya akan turun dengan YZF R15, seakan2 r15 begitu superiornya sehingga nvl dilarang untuk menodai citranya.

    ini logikanya kebalik bro.. harusny kl R15 dianggap segitu fenomenalnya,. pake NVL udh cukup bwt ngeladenin di IRS.. gituu.. kl NVL gk diturunin n musti nurunin R15, brarti NVL gk bs jabanin CB150 n musti nurunin R15 yg ‘dianggap’ lebih superior..

  35. kenapa yamaha ga pernah rilis DOHC -.-
    bosen uy SOHC trus ๐Ÿ˜›
    masih bilang Mau Balapan Dimana lagi ?
    Penjualan nvl disalib tu sama cb150r
    #unek-unek ane hehe

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan