ganti-oli-bloger

Dampak Psikologis Dari Munculnya Harga NJKB YZF R15 yang Cuma 18.1 Juta

Diposting pada

R15 vs NVL

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru saja tersiar dari blog-nya mas Taufik (tmcblob.com) bahwa harga njkb yamaha yzf r15 cuma Rp. 18.1 juta. Para komentator baik fby maupun fbh langsung geger. Ada yang bersyukur ada juga yang sangsi, bersyukur karena¬† ada harapan dapet motor dambaan hati yang mantab dengan harga murah. Sangsi karena kebayang dengan sebuah ungkapan “Ono Rego Ono Rupo” (harga ngga bakal bohong), kira2 dengan harga segitu (mepet2 dengan NVL) apakah akan terjadi downgrade pada komponen2-nya?

Motor sport yamaha satu ini (r15) memang cukup fenomenal, selain performanya yang menjanjikan, tampangnya juga merupakan dambaan hususnya bagi fby, “Full Fairing Bro”. Bahkan ke-fenomenal-annya semakin meningkat ketika pembesar YIMM tidak bersedia menurunkan NVL pada ajang balap IRS 2014 dan hanya akan turun dengan YZF R15, seakan2 r15 begitu superiornya sehingga nvl dilarang untuk menodai citranya.

Dan memang setelah diperiksa detil dari speknya, ternyata untuk urusan balap r15 jauh lebih mumpuni dari nvl, (lihat artikelnya di sini). Dengan beberapa perbedaan yang ada tentunya bisa dikalkulasi (secara kasar) berapa minimal perbedaan harganya. Jika estimasi harga mengacu pada perubahan part yang lebih detil [lihat artikelnya ] maka harganya nggak mungkin di bawah 29 juta. Nah jika njkb-nya cuma terpaut 600 ribu, bisa dibayangkan part apa saja yang akan diganti.

Dengan njkb yang cuma sedikit dari nvl, bisa jadi common partnya mendekati 99% dengan part nvl, mungkin yang beda cuma fairing dan gigi transmisinya. Kira2 rincian harga fairing dan tanbahan gigi transmisinya sebagai berikut

  1. Harga full fairing Rp.5.500.000,- [sumber], jika headlamp nvl Rp. 530 rb, maka selisihnya Rp. 4.970 ribu.
  2. Ganti transmisi 6-speed Rp. 4 jt [sumber], jika tranmsisi 5-speed nvl Rp.1.952 ribu maka selisihnya Rp. 2.048 ribu

Jadi dengan hanya berubah transmisi dan fairing saja bedanya Rp. 7 juta-an (munggo dikoreksi kalu keliru), jadi bisa dibayangkan harga yang realistis untuk R15 versi Indonesia yang sangat minimalis dengan beda Rp.600 ribu dari nvl.

Sehingga pemunculan njkb dari 2pk alias r15 ini benar2 memberikan dampak psikologis yang sangat besar bagi rider calon konsumen/pembeli motor sport 150 cc. Dan dampak yang tampak di permukaan adalah :

  1. YZF R15 ramai diperbincangkan sehingga secara tidak langsung ter-blowup, dan ini sangat menguntungkan YIMM karena bisa sedikit menutup berita tentang promosi dan prestasi dari kompetitor.
  2. Sounding yang sehat dan masuk akal akan memberikan masukan bagi calon konsumen motor sport 150 cc untuk menahan diri dari membeli produk ” selain r15″, dan ini dapat merusak market share motor sport baik kompetitor (cb150r) maupun saudara sendiri (nvl)

Kalau menurut ane sebagai penyemplak nvl, kehadiran r15 nggak begitu pengaruh. Karena kelebihan r15 memang dikhususkan untuk speed-lover (balapan) bukan daily use. Ada beberapa sebab dari perbedaan 2 komponen di atas (gigi transmisi dan fairing) yang menyebabkan r15 sangat cocok buat balap tapi kurang cocok buat harian.

  1. Gigi 6 dari transmisi r15 sangat overdrive, berguna sekali buat balapan, tapi tidak berguna buat harian
  2. Penambahan fairing memang sangat penting untuk meningkatkan aerodinamika untuk balap, tetapi tidak bermanfaat buat harian, bahkan cenderung merugikan karena akan menambah bobot dan menjadikn FC (fuel consumption) nya semakin boros. Meskipun tampilan semakin mantab, resiko rusak juga semakin besar akibat gesekan saat di parkiran dan juga jika terjatuh.

Jadi bagi yang speed-lover, r15 versi Indonesia memang layak untuk ditunggu, apalagi harganya sangat murah. Masalah kualitas sparepart nggak perlu hawatir dan sangsi dengan YIMM. Apalagi r15 akan diturunkan dalam ajang balap nasional IRS, sehingga calon konsumen bisa mengetahui dan melihat langsung kualitas dari part2 yang ada di r15.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.