Sepeda Motor Listrik dengan Roda Tipe Hubless, Lebih Efisien ?

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Suatu tampilan yang tidak umum selalu saja menimbulkan ketertarikan tersendiri. Seperti halnya yang disajikan oleh pembuat motor RMK Vehicle. Sebelumnya sempat bentuk prototipe-nya diperkenalkan di tahun 2019 dengan model RMK E-2, dan tahun ini diwujudkan dengan model yang tidak jauh berubah menjadi Verge TS.

Yang menarik dari motor listrik ini adalah, ia mengadopsi roda belakang tipe hubless. Yang mana pada rangka hubless tersebutlah disematkan motor listrik pada bagian statornya. Ini artinya bagian rotor (yang berputar) dimana ditempatkan ban, berada di bagian luar mengelilingi stator.

Dengan roda model seperti ini menurut penggagasnya memberikan beberapa keuntungan yaitu :

  • Memiliki efisiensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan sepeda motor listrik model lain yang masih menggunakan motor listrik terpisah dan menggunakan gearbox dan belt/rantai sebagai penghubung anatara motor listrik dengan roda belakang. Bayangkan motor listrik yang langsung menghantarkan gerakan di roda belakang mampu menyemburkan power sampai 107 BHp dengan torsi maksimum yang mencapai 1000 N.m.

    Jadi jelas ya dengan penggerak motor listrik bertenaga besar yang langsung menggerakkan ban belakang jelas rugi-rugi akibat gearbox dan rantai/belt-gir depan-gir belakang ditiadakan. Sehingga penyaluran tenaga dari motor listrik ke roda belakang menjadi jauh lebih efisien.

  • Hubless juga bisa difungsikan sebagai penghasil tenaga regeneratif (regenerative braking) saat terjadi pengurangan kecepatan (deselarasi).
  • Unsprung weight lebih ringan bagi stang (steer) dan juga pengereman, karena motor listrik dengan kemampuan sebera itu tentulah sangat berat, akan tetapi bobotnya diletakkan di roda belakang. Sehingga bobot motor listrik yang berat tersebut tidak membebani suspensi depan, belakang dan tentu saja handling.

Tentu saja kelebihan-kelebihan tersebut juga membawa beberapa konsekuensi, yaitu :

  • Roda belakang yang digunakan menjadi sangat lebar
  • Pada ukuran tertentu bobot ban menjadi bagian yang krusial dalam menentukan massa giroskopis, yang dapat mempengaruhi kelincahan motor.
  • Disain dan fabrikasi roda belakang menjadi sangat rumit, karena harus memastikan roda tersebut memiliki presisi dan sentralitas yang tinggi.

Jadi memang benar aplikasi motor listrik yang ditempatkan langsung di roda belakang dengan konstruksi hubless akan memberikan efisiensi yang jauh lebih tinggi ketimbang motor listrik yang menmpatkan penggeraknya terpisah dari roda belakang. Dengan performa yang dimiliki oleh verge ts ini, ia mampu :

  • Mencapai kecepatan 60 mph (96,56 kph) dalam waktu di bawah 4 detik. Kecepatan maksimum yang bbisa dicapai dibatasi pada angka 111 mph (atau 178,6 kph)
  • Dengan kapasitas batere yang dimilikinya dapat menempuh jarak 300 km dalam kota dan 200 km jika melaju kencang di jalan tol, untuk sekali charging

Yang pasti baik penampakan dan performanya bikin mata yang memandangnya takjub, dah kaya motor-motor di film fiksi ilmiah. Berikut ini penampakan venomenalnya

Mengenai bagaimana prinsip kerja motor listrik penggerak roda belakang tipe hubless ini, in sya Allah akan iwf bahas di artikel sendiri, di artikel berikutnya.

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya mengenai motor listrik :

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Sumber : Verge

2 thoughts on “Sepeda Motor Listrik dengan Roda Tipe Hubless, Lebih Efisien ?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan