Maxi Skuter Elektrik BMW Terbaru CE 04

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Baru saja pabrikan otomotif raksasa jerman BMW meluncurkan skuter listrik terbaru mereka, yaitu CE 04 (C Evolution 04). Penampakan sekilas dari CE 04 ini langsung mempresentasikan sebagai skuter maxi, yang tampil praktis. Beberapa spesifikasi teknis utama menunjukkan bahwa selain praktis, bmw ce 04 juga cukup powerful, bahkan jauh pebih bertenaga dibandingkan kebanyakan motor sport dengan engine 250 cc, mantab kan.

Berikut spesifikasinya…

BMW CE 04 memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Menggunakan motor elektrik dengan power  41,4bhp dan torsi 45,7lb-ft (sekitar 62 Nm)
  • Memiliki jangkauan lebih dari 80 mil dengan kecepatan tertinggi sekitar 75mph
  • Kecepatan pengisian daya baterei mode fast charging dari 20% hingga 80% hanya dalam 45 menit. Sedangkan pada mode biasa, dari 0%-100% membutuhkan waktu 4 jam 20 menit.
  • Ditenagai oleh baterai lithium-ion (yang biasa digunakan oleh mobil listrik) dengan pendingin cairan. Sistem pengisian daya baterai akan terjadi saat kondisi “pengereman mesin” secara otomatis saat berkendara, mirip kers-lah di f1.
  • Menggunakan rangka baja tubular dengan suspensi depan teleskopik 35 mm dan lengan ayun (swing arm) satu sisi dengan shock yang dapat disesuaikan preload.
  • Mengaplikasikan pengereman bagian depan dengan cakram kembar 265 mm dengan kaliper empat piston dan kaliper satu piston pada bagian belakang.

Selain spesifikasi utama di atas, bmw juga menyemetkan beberapa fitur yang canggih dan fungsional pada ce 04 ini, yaitu :

  • Kompartemen penyimpanan di samping dan depan ditambah kompartemen ponsel tahan air dengan port pengisian USB-C dan pannier opsional.
  • Dasbor TFT 10,25 inci dengan navigasi peta terintegrasi dan konektivitas smartphone penuh. Resolusi HD layar dan proporsi ekstra lebar dan mampu menampilkan berbagai kombinasi tampilan. Info pada dasbor juga terhubung dengan telepon untuk musik, panggilan, dan navigasi (dapat dipilih mode berkendara normal atau navigasi).

  • Ada gigi mundur, karena CE 04 berbobot sangat berat yaitu 231 kg, dan fitur ini sangat bermanfaat saat bermanuver di tempat parkir pusat kota yang sempit.
  • Performa dan jangkauan kemungkinan setidaknya setara dengan C Evolution; Kecepatan tertinggi 70mph dan jangkauan 100 mil.

Skutik maxi elektrik bmw ce 04 ini merupakan versi terakhir dari C Evolution yang telah dibuat dan dipasarkan oleh bmw, dalam rentang 2014 sampai 2020. Skuter maxi cukup praktis, akan tetapi penyebarannya di pasar terhambat oleh harganya yang mahal yaitu sekitar 200-jutaan rupiah. Sempat tersendat saat akan masuk tahap produksi, akhirnya sekarang siap diproduksi di Berlin.

Disain skuter maxi elektrik CE 04 sebenarnya sangat sederhana, yaitu :

  • Menggunakan sasis perpaduan antara elemen yang dicor secara radikal yang juga berfungsi ganda sebagai kotak baterai
  • Final drive yang sangat spesial.
  • Motor yang dipasang di sasis yang menggerakkan gearbox reduksi yang dipasang di dalam lengan ayun dengan menggunakan belt.

  • Rangka baja berbentuk tabung, dengan disain melengkung ke atas dan berada di atas baterai yang tergantung rendah di sepanjang lantai. Disain ini menjadikan ce 04 memiliki lebih banyak ruang penyimpanan barang, di bawah kursi, yang dapat digunakan untuk menyimpan helm. Disain ini sekaligus memberikan banyak ruang kaki dan ruang duduk. Ini juga sangat menurunkan pusat gravitasi, membuatnya lebih mudah untuk bermanuver.

  • Gearset reduksi berada di sebelah motor, dengan disain baru yang mempu mereduksi bobotnya. Sprocket depan konsentris dengan poros lengan ayun, sehingga ketegangan belt tetap konsisten.

Terkait dengan semangatnya bmw dalam mengembangkan skuter masxi elektrik ini, Edgar Heinrich, Kepala Desain di BMW Motorrad mengatakan :

“Mobilitas listrik adalah sistem penggerak utama untuk BMW Group dan kami secara konsisten mengandalkan teknologi ini dalam strategi keberlanjutan kami,”

“Penggerak listrik juga menjadi topik terkini untuk BMW Motorrad, terutama untuk lingkungan perkotaan. Sejak 2013, kami telah menjadi pelopor di bidang ini dengan skuter evolusi BMW C. Definisi BMW Motorrad CE 04 adalah kelanjutan logis dari strategi elektromobilitas untuk konurbasi perkotaan dan memberikan gambaran konkret tentang seperti apa kendaraan produksi kontemporer itu.”

Perusahaan otomotif raksasa termasuk bmw menyadari bahwa 25% dari penjualan kendaraan mereka akan disumbangkan oleh kendaraan elektrik (Electric Vehicle-EV). Sehingga investasi mereka dalam mendukung pengembangan kendaraan elektrik (termasuk ce 04) juga dituangkan dalam pengembangan teknologi baterai. Dan mereka akan mampu mulai memproduksi baterai lithium mereka sendiri dalam waktu 12 bulan ke depan.

Itulah visi dan misi serta tujuan yang sudah mulai dirintin oleh perusahaan besar otomotif elas dunia seperti bmw. Bagaimana dengan kita pengemban amanat pembangunan nasional ? Entahlah, masih terlalu banyak korupsi, kolusi, gratifikasi, monopoli dan birokrasi yang dibuat ruwet, sehingga jangan terlalu berharap dengan kondisi seperti ini bisa ikut bermain di sektor ini. Paling-paling hanya mampu menjadi pasar dari produk pabrikan-pabrikan besar tersebut baik dari eropa maupun jepang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Maxi Skuter Elektrik BMW Terbaru CE 04 | Jatimotoblog
  2. Sepeda Motor Elektrik Konsep Terbaru dari BMW : CE-02 - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan