[Modifikasi] Sederhana Tapi Keren Bebek Monocoque Scrambler

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Modifikasi emang nggak ada matinye. Motor bebek jadul dengan rangka monokok (monocoque) pun bisa disulap menjadi motor yang apik dan mengasikkan untuk dipakai. Motor bebek varian ini memang termasuk jadul banget, meskipun demikian masih banyk kok yang pakai, seliwerandi jalan raya.

Motor bebek dengan mesin tidur dan rangka monokok memang sempat jadi trend setter di tahun 1980-1990 an. Oleh karena itu banyak sekali keberadaannya di tanah air Indonesia tercinta. Sehingga tidak terlalu sulit untuk mendapatkan bahannya untuk kemudian dibangun menjadi bebek scrambler. Di antaranya adalah, honda bebek c-series mulai dari star sampai legenda, kalau mau yang 2 tak bisa pakai suzui rc-100 dan semua variannya dan yamaha v80 juga beserta variannya.

Berikut ini gambar-gambar yang bisa dijadikan acuan modifikasi bebek monokok bermesin tidur scrambler…

Bagian mesin hampir bisa dikatakan tidak ada ubahan sama sekali. Hanya ada ubahan di bagian intake dan exhaust. Bagian intake disederhanakan dengan melepas kotak filter udara (box air filter) dan menggantinya dengan filter udara variasi yang lebih simple. Sedangkan bagian knalpot (exhaust) diganti dengan model panjang khas scrambler, sepertinya ubahan ini membutuhkan ketelitian dan kerapihan saat membuatnya, karena merupakan bagian yang paling terlihat pada modifikasi ini.

Modifikasi bagian belakang, merupakan kelanjutan dan konsekuensi aplikasi tempat duduk/jok (seat) model single seater. Akibatnya bagian belakang menjadi sangat terekspos (terlihat). Untuk memperbaiki penampakannya dibuatlah sebuah rak besi dari pipa baja yang didisain dengan apik dan sederhana, yang bertumpu pada as sok belakang dan baut lampu sen belakang (sepertinya dibuat kokoh dari loham).

Modifikasi bagian depan dilakukan penyederhanaan yang sangat frontal, hampir semua perangkat yang ada disekitar speedometer dan lampu depan dilepas, kemudian digantikan dengan stang motor tril (atau mungkin juga bisa stang sepeda bmx). Selain itu suspensi depan (termasuk segitiga atas-bawah) diganti dengan model motor sport, jika tidak menginginkan yang terlalu tinggi bisa mengadopsi suspensinya satria fu atau sonic. Tapi jika mau tampil lebih tinggi bisa mengadopsi suspensinya honda win atau yang sejenisnya.

Sepertinya modifikasi mesin justru tampil paling sederhana. Dengan hanya melaburnya dengan cat hitam agar tempil lebih garang. Untuk spesifikasi standar sepertinya bisa menggunakan spesifikasi mesin dengan kapasitas dia atas 100 cc (110cc – 125 cc). Sekalian saja ambil basis mesin standar bawaan pabrik seperti mesin honda suprax125, suzuki shogun kebo 110, smash 110, shogun 125, pilihnya yang stroke nya panjang agar bisa mengail torsi yang besar di putaran bawah.

Kalau dirasa kurang nendang, tidak perlu modifikasi mesin, cukup rasio gir depan-belakang dibuat lebih ringan lagi. Entah itu dengan menggunakan gir depan yang lebih kecil, atau menggunakan gir belakang yang lebih besar, atau kombinasi keduanya. Kalau merasa masih kurang juga, ya barulah modifikasi mesin, paling sederhana ya boreup, tapi kalau mau mengutamakan torsi dan crankcase mendukung yang strokeup lebih sesuai.

Selain motor jepang, banyak juga motor bebek mesin tidur dengan sasis/frame monokok buatan cina yang bisa dijadikan basis modifikasi dengan biaya yang lebih murah. Ada merek happy, jialing, ktm dan lain sebagainya yang justru terkadang suratnya lengkap dan pajaknya hidup. Dan dengan konstruksi sederha seperti itu, sepertinya banyak bengkel modifikasi atau bahkan tukang las mampu menanganinya.

Baca juga modifikasi motor bebek jadul lainnya :

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Sumber : BikeExif

1 Trackback / Pingback

  1. [Modifikasi] Sederhana Tapi Keren Bebek Monocoque Scrambler - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan