Bore x Stroke Kawasaki ZX 25R 50 mm x 31 mm. Berapa Top Speed dan Potensi Pengembangan Performanya ?

speedometer new ninja 250 4-cyl-motogokil

Assalamu’alaikum wa rochamtullohi wa barokatuh
Semoga Allah selamatkan kita semua dari segala wabah penyakit dan mara bahaya di manapun kita berada.

Cukup surprise iwf mendapatkan bocoran dari media otomotif online papan atas [artikel], bahwa ukuran bore x stroke dari kawasaki zx 25r adalah 50 mm x 31.8 mm. Dari perhitungan sederhana yang cukup mudah, diperoleh kapasitas per silindernya adalah 62,46 cc dan kapasitas mesinnya tinggal kali epat saja diperoleh 249,86 cc. Jadi ukuran bore x stroke tersebut, sepertinya memang valid untuk engine 4-inline dari kawasaki zx 25r, tinggal memperkirakan seberapa besar potensi top speed-nya.

Pada artikel sebelumnya berdasarkan gambar blok silindernya, iwf pernah memprediksi ukuran bore x stroke dari zx 25r ini [artikel]. Akan tetapi karena hanya bermodalkan penampakan luar, prediksi iwf sedikit melseset. Pada artikel tersebut iwf memprediksi ukuran bore x stroke zx 25r adalah 48 mm x 34.7 mm, jadi ukuran bore-nya meleset 4%. Mungkin karena iwf kurang teliti mengukur panjang garis-garis yang iwf sendiri buat pada engine tersebut.

bore x stroke engine zx25r predict rev2-motogokil

Kalau diukur lebih teliti, panjang garis merah (stroke) dari engine zx 25r ternyata lebih panjang sedikit, yaitu sekitar 15 satuan. Dengan ukuran ini maka akan diperoleh ukuran stroke-nya 30,9 mm (dibulatkan jadi 31 mm), masih salah juga sih jika dibandingkan bocoran. Akan tetapi akurasinya mendekati 97.3 persen.

Nah dengan konfigurasi bore dan stroke 50 mm x 31.8 mm, berapa kira-kira top speed kawasaki zx 25r yang bisa dicapai ?

Jika melihat perbandingan stroke antara zx 250r (2 silinder), zxr 250 (4 silinder-lama/old) dan zx 25r (4-slinder new), maka akan terlihat dengan semakin pendeknya langka stroke-nya, semakin tinggi pula posisi putaran engine saat power maksimum. Karena memang batas aman piston speed semakin tinggi, perhatikan tabel berikut

piston speed zxr250 zx250 zx25r

Tapi secara umum kawasaki menempatkan motor sport clan zx 250 cc pada posisi aman. Yaitu power puncaknya di bawah 20 m/s dan limiternya di sekitar 21 m/s. Untuk sport premium batasan 21 m/s biasanya tidak masalah terlampaui sedikit, karena teknologi dinding silinder dan ring piston saat ini sudah sangat maju dibandingkan beberapa belas tahun yang lalu. Jadi meskipun kawasaki zx 25r di gas pol sampai 20000 rpm, sepertinya tidak masalah, alias fine-fine saja.

Seperti prediksi sebelumnya, jika gear box dan reduksi awal dan akhirnya sama, maka kecepatan yang bisa dicapai seperti yang pernah iwf tuliskan pada artikel ini [artikel].

kawasaki ninja zx 25r speed calculation

Pada artikel tersebut mengulas sedikit mengenai tampilan speedometer zx 25r saat test ride. Tampak pada gigi-6 putaran kira-kira 15750 rpm kecepatannya 162 kpj (realnya sekitar 155.5 kpj dipotong error speedometer sekitar 4%). Dengan bobot rider yang ringan, dan jalan lurus yang cukup panjang topspeed 200 bisa tampil di speedometer pada putaran 19000 rpm.

Karena stroke yang hanya 31.8 mm menjadikan zx 25r dapat membangkitkan power yang lebih tinggi, di putaran yang lebih tinggi lagi. Dan yang penting masih “aman” dengan piston speed sekitar 21 m/s.┬áJika sesuai dengan bocoran bahwa power puncak zx 25r berada di putaran sekitar 16000 rpm, maka power maksimum 45 hp sangat mudah untuk dibangkitkan.

kawasaki zx25r performance

Perhatikan yang iwf beri kotak merah, nilainya masih standar sekali (standar setingan motor harian), yaitu :

  • Evisiensi volumetrik 85%
  • Piston speed 16,96 m/s
  • Rasio kompresi 11 : 1
  • AFR cukup kering 13,96

Untuk spesifikasi seperti ini tuner tidak perlu bekerja banyak untuk meningkatkan performanya. Naikin sedikit semua variabel di atas, power bisa langsung njengat. Misalnya :

  • Evisiensi volumetrik naikkan jadi 88 %, dengan sedikit porting, ganti filter udara racing dan ganti knalpot racing
  • Power puncak digeser ke 17000 rpm (piston speed masih sangat aman di sekitar 18 m/s). Penggeseran power puncak dan seting AFR dapat dilakukan dengan bantuan ECU racing.
  • AFR agak basah 12.6 untuk mengurangi panas ruang bakar.
  • Rasio kompresi dinaikkan menjadi 12:1 dengan menggunakan piston jenong

Dari perubahan yang sederhana ini, powernya dapat meningkat lumayan signifikan yaitu menjadi 56 hp (sebelumnya sesuai banyak bocoran 45 hp). Artinya dengan ubahan yang sederhana powernya naik 25%. Perhatikan ubahan varibel dan pengaruhnya terhadap performa zx 25r.

kawasaki zx25r performance semi-race motogokil

Dengan power sebesar ini, zx 25r sudah masuk dalam jajaran superbike kalau dijadikan 1000 cc. Tinggal kali empat saja powernya sudah tembur 200 hp. Dengan performa ini, rasanya aplikasi gear-box standar akan cepat kehabisan nafas. Paling tidak reduksi akhir harus diperberat, agar napas menjadi agak panjang. Tentu saja akselerasinya jadi seperti zx 25r standar, akan tetapi topspeed bisa naik signifikan. Prediksi iwf jika reduksinya diperberat menjadi 15:45, topspeed versi speedometer bisa mencapai 240 kpj, sepertinya dah cukup kencang untuk motor sport 250 cc.

kawasaki zx25r speed semi-race motogokil

Jadi dengan stroke yang paling pendek di kelasnya, kawasaki zx 25r punya kans untuk mendapatkan power paling tinggi di rpm yang paling tingi pula dengan kondisi tetap aman (di bawah piston speed maksimum). Spesifikasi standanya saja sudah cukup mengancam eksistensi honda cbr 250rr apalagi yamaha r25. Apalagi jika dioptimalkan, bisa tewas mereka semua.

Akan tetapi tentu saja kesemuanya yang berlatar belakang pada power yang besar, harus dibayar dengan fuel konsumption (fc) yang tidak irit lagi. Karena besarnya performa selaras dengan besarnya bahan bakar yang dibakar di ruang bakar. Dan ubahan yang cukup ekstrim harus mempehatikan beberapa hal penting yang terkait dengan pelumasan dan pendinginan. Untuk ubahan di atas minimal menggunakan radiator yang sedikit lebih besar (lebih lebar sekitar 25%), dan oli yang lebih tahan panas.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat wassalamu’alaikum warochmatullohi wa baroaktuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan