Memahami Tujuan AHM Menghadirkan PCX 150 Hybrid


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Siang tadi, 9 agustus 2018, tepatnya di surabaya, MPM Resmi Pasarkan All New Honda PCX Hybrid di jawa timur. Karena motor ini sudah diperkenalkan oleh AHM sejak april yang lalu, maka segala penampakan luar dan dalam sudah ramai di internet. Karenanya motogokil coba fokuskan pada visi dan misi ahm menghadirkan motor ini.

Kebetulan motogokil bisa hadir dalam pers conference di surabaya tersebut. Dan akhirnya tahu jawaban mengapa motor masa depan ini dihadirkan saat ini. Karena untuk melawan kompetitor (yamaha nmax dan aerox) sudah dihadirkan pcx 150 (lokal), lalu apa gunanya menghadirkan pcx 150 versi lain (hybrid) yang lebih canggih dan tentu saja jauh lebih mahal (selisih harga hampir 10 juta).

Jika ingin merebut hati konsumen di kelas skutik gambot, maka sudah ada yamaha nmax yang bercokol lebih dahulu. Lamanya nmax menduduki zona ini menjadikannya cukup kuat dan sukar dikalahkan. Apalagi sebelum pcx 150 lokal eksis, yamaha sudah menyandingkan aerox di sisi nmax sebagai pengawal untuk kelas skutik gambot sporty.

Honda pcx 150 datang di zona skutik gambot, dalam kondisi kompetitor sudah sangat kuat. Meskipun pcx 150 hadir dengan model yang lebih stylish, akan tetapi secara global perbedaan antara pcx dan namx tidak terlalu signifikan bagi kebanyakan calon konsumen. Karenanya menurut honda (ahm) pcx 150 lokal ini membutuhkan penguatan merek (brand gaining). Dan kehadiran pcx 150 hybrid inilah merupakan salah satu langkah paling jitu dari ahm.

Dengan hadirnya pcx 150 hybrid, maka calon konsumen jadi tahu bahwa :

  • Honda pcx 150 adalah skutik gambot (big scooter) yang mewah, karena fitur-fitur yang disematkan didalamnya adalah fitur-fitur mewah yang ada pada pcx hybrid.
  • Honda pcx 150 dibangun dengan teknologi tinggi, buktinya honda mampu menghadirkan skutik dengan teknologi hybrid yang pertama di tanah air.

Jadi posisi honda pcx hybrid memang bukan untuk menghadang yamaha nmax dan aerox. Karena dilihat dari harga dan teknologinya tidak aple to aple, alias tidak sebanding. Akan tetapi pcx hybrid dapat difungsikan sebagai flag ship big scooter honda untuk kelas 150cc. Yang dengan demikian pamor, aura dan gengsi pcx 150 lokal akan naik di mata calon konsumen.

Dan mpm juga seakan tidak menyangkal asumsi ini. Karena target penjualan pcx hybrid ini memang tidak besar, hanya berkisar 30 unit saja untuk jawa timur. Karena konsumen yang menjadi targetnya pun sangat sempit yaitu konsumen yang menyukai motor yang high tech/canggih dan juga berpendidikan tinggi.

Makanya harga yang mencapai Rp. 41.195.000,- (otr Surabaya), harapannya bukan menjadi penghalang. Akan tetapi justru menjadi daya tarik bagi konsumen tertentu (kelas A), karena sebanding dengan teknologi, fitur, kenyamanan, tampilan yang elegan dan eksklusifitas yang didapatkan dalam pcx hybrid ini. Apalagi pada pcx hybrid ini dengan disematkannya motor listrik, rider akan merasakan sensasi performa yang melebihi kemampuan skutik biasa dengan kapasitas engine yang sama.

Presiden direktur ahm, Toshiyuki Inuma mengatakan :

“All New Honda PCX Hybrid ini merupakan salah satu bentuk konsistensi AHM untuk terus berusaha menyuguhkan kendaraan dengan inovasi terbaru seiring dengan berkembangnya bermacam gaya hidup masyarakat Indonesia. Berbagai macam fitur yang disematkan pada model ini kami dedikasikan untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan kebanggaan saat berkendara”

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Memahami Tujuan AHM Menghadirkan PCX 150 Hybrid

  1. Pingback: PCX Electric Hadir Sebagai Bentuk Penguasaan Teknologi Motor Litrik dari Honda | MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan