Power TVS Apache 310 RR Kok Cuma 34 PS ? Tenang, Gampang Di-Upgrade Kok


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Harga resmi otr jakarta tvs apache rr 310 sudah keluar, cukup mengejutkan. Hanya 49 juta-an untuk motor dengan kubikasi 310 cc, luar biasa murah. Apalagi sebahagian besar komponen motor ini identik dengan motor bmw gs 310, tentunya tawaran dari tvs ini sangat menggiurkan pencinta motor sport.

Sudah banyak sekali blogger yang mereview terkait dengan style, finishing dan part-part yang digunakan yang memang bermerek. Harga 49 juta benar-benar cukup membuat hati bergetar, untuk motor keren dengan aura eropa ini. Akan tetapi tentunya ada yang masih mengganjal, yaitu dengan kubikasi 312 cc mengapa hanya mampu menghasilkan power 34 ps. Kalah jauh dengan motor-motor sport full fairing di tanah air dengan kubikasi yang lebih kecil (250 cc) yang mampu menyemburkan tenaga 39 ps.

Tentu saja akhirnya tvs apache ini terbentur pada performa dan topspeed, meskipun tampangnya sangar dan mantab. Sekarang mari dilihat spesifikasi engine, mengapa powernya relativ kecil;

  • Bore x stroke : 80 mm x 62.1 mm
  • Rasio kompres : 10.6 : 1
  • Power : 34 ps @ 9700 rpm
  • Torsi : 27.3 Nm @ 7700 rpm
  • Fc dalam kota : 31 km/l
  • Fc luar kota : 35.9 km/l
  • Ergonomi : sport comfort (sport agak santai)

Ternyata dari data di atas, memang tvs apache 310rr bukan sport murni. Di seting sebagai motor sport harian yang santai. Makanya konsumsi bensinya diseting irit, jauh lebih irit dibandingkan sport full faring 250 yang ada. Sekarang mari diperiksa sejauhmana kontribusi variabel tersebut terhadap performa, dan apakah masih bisa dioptimalkan …

Jika melihat dari efisiensi volumetriknya jelas apache 310rr sengaja dicekik agar irit. Sedangkan melihat posisi peak powernya yang berada di 9700 rpm (sangat rendah untuk sebuah motor sport full fairing). Memang sudah mendekati limit, karena piston speednya sudah mencapai 20 m/s. Begitu pula dengan cr dan afr masih belum optimal, karena mungkin performa yang diberikan (akselerasi 0-100 kpj dalam 7 detik dan topspeed 145 kpj) dianggap sudah memenuhi ekspektasi konsumen (di india).

Nah jika merasa performa tvs apache 310 ini dirasa masih kurang maka ada beberapa variabel yang bisa diupgrade yaitu :

  • posisi rpm saat power puncak naik menjadi 10000 rpm
  • afisiensi volumetrik naik jadi 85%
  • afr jadi 12.6 dan
  • rasio kompresi jadi 11.5:1

Ubahan ini masih cukup aman, karena piston speed nya  masih di bawah 21 m/s. Begitu pula dengan rasio kompresi yang masih bisa didukung oleh bensin dengan ron 98 (pertamax turbo). Tapi dipastikan lebih boros lebih dari 16%, dan fc nya pasti turun, kira-kira jadi 26.7 km/l.

Mari dilihat hasilnya

Nah kalau sudah diupgrade begini, power maksimumnya bisa mencapai 40 ps, nggak malu-maluin badan yang gagah. Tentunya harus ada biaya tambahan untuk mendapatkan upgrade performa ini. Kalau menurut motogokil beberapa bagian yang perlu dioprek adalah

  1. Menaikkan ev dengan ganti filter racing, dan sedikit korek jalur intake. Untuk mencapai ev 85% sepertinya tidak perlu oprek noken-as dan ganti klep lebar, tapi kalau mau ganti y atambah jooss.
  2. Meningkatkan cr dengan piston dome tinggi sekaligus cari yang lebih kuat untuk menahan gempuran power 40 ps
  3. Penggeseran posisi peak power terpaksa harus menggunakan ecu programmble.

Buat mekanik speseialis balap, ngoprek untuk level street performance macam gini mah eces, alias gampang. Silahkan kunjungi mekanik balap terdekat. Jangan lupa siapkan dana untuk hal tak terduga untuk part pendukung lainnya seperti knalpot racing, kampas+per kopling, per klep dan busi+koil racing.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan