Suzuki GSX R150 Motor Sport 150cc yang Kencangnya Asli


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Satu bulan yang lalu, seorang blogger dan juga vlogger telah sukses mengkomparasikan performa 3 motor full fairing di kelas 150cc. Tentunya semuanya dilakukan dengan aman, bukan di jalan umum, tapi di landasan pacu sebuah lapangan terbang yang masih belum difungsikan. Dan memang ketiga motor ini telah dipacu sampai puncak performanya masing-masing, karena track nya cukup panjang.


Videonya bisa dilihat di sini…

Beberapa catatan dari masing-masing motor ini yang bisa motorgokil tuliskan adalah sebagai berikut :

Honda All New CBR 150R Mayor Facelift

Motor sport honda ini memiliki akselerasi paling mantab, dan mampu memimpin sampai (menurut perkiraan motogokil) sekitar 200 meter. Artinya jika adu kencang di lampu merah jakarta bisa melesat duluan di depan dantak terkerjar sampai lampu merah lagi. Maklum jarak lampu merah di jakarta seringnya tidak terlalu jauh.

Akan tetapi performa tersebut didukung oleh penggantian part gir belakang yang diperbesar. Sehingga pada putaran awal sampai menengah akselerasinya paling mantab. Akan tetapi ketika putaran mesin sudah menyentuh limiter justru topspeednya lebih rendah dari kondisi standar. Apalagi limiternya juga paling rendah sekitar 11000 rpm, maka pantas saja selepas 200 meter mulai terkejar oleh r15 v3 maupun gsx r150.

Pemilik cbr150r tak perlu berkecil hati. Karena dengan aplikasi ecu racing, performa cb150r langsung meningkat. Hal ini karena (biasanya) ecu racing akan memberikan afr yang lebih kaya dengan limiter yang lebih tinggi. Dan performanya bisalah tidak jauh tertinggal diabndingka rival-rivalnya.

Yamaha YZF R15 V3 VVA 155cc

Sesungguhnya di atas kertas power motor sport yamaha ini paling besar. Tingginya performa r15 ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan yamaha terhadap motor sportnya ini. Yaitu dengan :

  • manaikan kubikasinya dari 150 cc menjadi 155 cc.
  • meningkatkan rasio kompresinya
  • aplikasi vva sehingga power nya merata
  • serta limiter yang dibuat tinggi melebihi batas piston speednya

Akan tetapi karena bobotnya juga paling berat, serta ban yang digunakan paling besar, maka hal ini menjadi penghambat akselerasinya. Ditambah lagi (menurut motogokil) reduksi total gigi transmisi memang dibuat berat, untuk mendapatkan top speed yang tinggi. Kalau saja tracknya lebih panjang lagi mungkin r15 bisa jawara.

Suzuki GSX R150

Namanya pendek sesuai dengan bodinya yang paling pendek, paling kecil dan paling ringan. Tapi jangan tanya konstruksi mesinya, paling sangar, karena bore-nya paling besar. Dan ternyata powernya juga sangat besar, sedikit di bawah power maksimum r15 v3. Kombinasi antara power besar dan bobot ringan inilah yang menjadikan suzuki gsx r150 sangat kencang, dan susah ditaklukkan.

Sesungguhnya konfigurasi bore x stroke gsx r150 sama persis dengan satria fu 150 (karbu). Sehingga kapasitasnya juga sama, sekitar 147. 4 cc. Peningkatan pewernya murni karena upgrade beberapa variabelnya, tanpa perubahan konstruksi yang signifikan, yaitu :

  • rasio kompresinya dinaikkan, karena suhu engine naik signifikan, maka sistem pendingin diganti menjadi sistem liquid cooled.
  • power puncaknya di geser ke putaran yang lebih tinggi 11000 rpm
  • efisiensi volumetriknya ditingkatkan dengan memperbesar tb dan juga diameter klepnya

Jadi performa suzuki gsx 150 diperoleh dengan tetap menjaga kubikasinya 147.4 cc. Dengan membatasi bobotnya seringan mungkin (paling ringan di kelasnya). Dan juga bentuknya yang aerodinamis untuk meminimalisir hambatan udara di kecepatan tinggi. Makanya motogokil mengatakan kencangnya gsx r150 asli, bawaan motor, dan juga bawaan mesin, tidak perlu banyak tambahan komponen lagi.

Spesifikasi performanya bisa dilihat di tabel berikut

 

 

Jadi memang wajar sih kalau saat adu drag urutannya adalah gsx r150 kemudian r15 v3 dan terakhir cbr 150r. Karena sesuai dengan perhitungan pwr (power to weight ratio) yaitu gsx r150 : r15 v3 : cbr150r = 0.146 : 0.141 : 0.12 (ps/kg). Ternyata spesifikasi di atas kertas nggak bohong, ya begitu adanya.

Sampai disini dulu ulasan hasil drag 3 motor sport full fairing 150 cc ini. mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

Advertisements

$where = 0;

10 responses to “Suzuki GSX R150 Motor Sport 150cc yang Kencangnya Asli

  1. mantap pak, ijin comot hasil komparasinya ya..

  2. Tukang awut-awut

    Nah.. setuju lah.. gsx terkencang di trek lurus

  3. kan adem kalo kaya gini. disebutkan semua kelebihan dan kekurangan dari masing2 motor. jgn kaya warung sebelah, biased abis sama geseksnya.

  4. Y emang begitulah adanya
    Kalo track lurus pasti gsx jawaranya
    Kalo d lintasan balap y trgntung kombinasi spek motor (suspensi, frame, mesin, dll) plus skill joki

  5. oke gsx-r150 unggul ditrek lurus.

    btw ada yang tahu durasi camshaft satria fufi atau gsx series…??

  6. gsx 150r dengan k45a kok selisihnya tipis ya,padahal speknya jauh,di tambah perbedaan bobot yg lumayan.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan