Engine YZF R15 V3 Lebih OK Dibandingkan 1PA


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Sebagai mantan rider nvl tentunya motogokil langsung bisa mengkomparasikan antara nvl (new vixion lightning) dan r15 v3 saat pertama kali melaju di atasnya. Motogokil merasa ada yang sangat berbeda dibandingkan motor yamaha yang pernah motogokil miliki. Bukan masalah ergonomi dan bentuknya, karena jelas beda, r15 ini full vairing racy style sedangkan nvl naked bike touring style. Perbedaannya juga bukan pada performa karena memang kubikasi dan konfigurasinya beda.


Perbedaanya justru berdasarkan informasi telapak tangan yang berada di stang. Karena posisinya racy (nunduk abis), maka tekanan telapak tangan di handle bar sangat kuat. Sehingga indra peraba pada kulit telapak tangan semakin sensitif. Dan motogokil menyimpulkan (untuk sementara) bahwa kualitas engine r15 v3 ini jauh lebih baik dibandingkan engine nvl (yang juga merupakan engine r15 v2 dengan beberapa perbedaan).

Peningkatan kualitas engine r15 v3 ini terasa pada getaran yang sampai di telapak tangan. Terasa lebih halus, padahal tangan menggenggam erat stang. Menurut motogokil hal ini disebabkan beberapa settingan yang pas pada :

  1. Derajat offset silindernya
  2. Komposisi bobot balancernya
  3. Rasio kompresi, bobot crankshaft dan power yang dihasilkan
  4. Koefisien gesek antara ring piston dan silinder serta bearing crankshaft sangat kecil.
  5. Juga peran beberapa part lain di luar mesin seperti balancer pada stang, redaman suspensi depan usd dan lain-lain

Alhasil, pada engine r15 v3 / bg7 (juga dipakai all new vixion tipe r) menghasilkan beberapa keunggulan dibandingkan engine nvl / 1pa, yaitu power, torsi, minimnya getaran dan tentunya kenyamanan ridernya sebagai imbas dari minimnya getaran tersebut. Karena getaran yang besar bisa meningkatkan level kelelahan pada tangan, telapak kaki dan juga pangkal paha yang sering bersentuhan dengan tangki bensin.

Itulah sekilas inpresi motogokil berdasarkan informasi telapak tangan pada stang yanaga yzf r15 v3. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

Advertisements

$where = 0;

10 responses to “Engine YZF R15 V3 Lebih OK Dibandingkan 1PA

  1. Cb di tes pake gsx punya sendiri

  2. Tku sam…nambah koleksi

  3. Satu lg…. faktor engine mounting yg baik kualitasnya.

  4. Apakah sifat “haus oli” sdh hilang?

  5. Kalo engine msh jauh lbh bagus gsxr 150

  6. Jiwa vixionnya masih tetap terasa, dengan beberapa peningkatan tentunya, seperti yang telah disebutkan di atas.

  7. masih keluar asep tifis gak ?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan