Triple Clamp Honda CB150R Patah…Aneh ???


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Ramai jagad dunia maya membicarakan patahnya triple clamp honda all new cb150r. Kejadiaanya di sekitar daerah medaeng perbatasan anatara surabaya dengan sidoarjo. Yang menjadi sangat menarik untuk diamati, adalah bagian triple clamp tersebut adalah termasuk bagian yang sangat kuat, tidak mudah rusak, sementara (hasil pengatan foto) tidak terjadi kecelakaan berat.


Jika patahnya part tersebut karena kecelakaan yang parah/brutal, seperti terlindas tronton atau tertabrak kereta api, tentu tidak akan menjadi bahasan yang menarik. Akan tetapi penyebab patahnya part tersebut bukanlah karena kecelakaan fatal. Dan ridernya pun hanya luka ringan, sehingga kejadian ini menjadi misteri (asyik untuk dianalisis, dijadikan bc oleh rival atau bahkan hanya dijadikan guyonan).

Mari kita perhatikan part yang patah tersebut dari data sheet…

Jadi bagian ini sangat kuat. Bahkan ketika terjadi tabrakan hebat sekalipun,  jarang sekali (motogokil belum pernah lihat) bagian ini patah. Mari kita lihat beberapa kejadian (kecelakaan) bahkan ada yang cukup berat, yang terjadi pada cb150r (old and new) juga cbr150r, dimana bagian segitiga bawah dan stem stirnya masih utuh.

Begitu juga dengan motor-motor lainnya, jika terjadi kecelakaan parah, paling-paling soknya yang patah, bukan bagian stem dan lower yoke nya. Mengenai kejadian patahnya sok motor ini bisa dilhat di artikel ini. Dan gambar kerusakan parah honda cb di atas bisa dibandingkan dengan gambar ini

Sepertinya kecelakaan tunggal, dan alhamdulillah ridernya selamat hanya mengalami luka lecet ringan. Terlihat roda dan batang sok teleskopis masih lurus normal, menandakan roda bagian depan tidak mendapatkan tumbukan yang berarti. Dan disinilah anehnya, apakah mungkin bagian yang seharusnya sangat kuat bisa patah dengan mudahnya ?

Dilain sisi, bagian ini sangat fital bagi keselamatan rider. Akankan honda mengabaikan hal ini ? Tentu saja tidak, bahkan bisa dikatakan mustahil sebuah pabrikan tidak memperhatikan hal ini. Sehingga bisa mencelakakan konsumennya, baik itu honda, yamaha, suzuki, kawasaki dan juga yang lainnya. Apalagi honda dikenal sangat concern terhadapa masalah kelematan rider (konsumennya) dengan beberapa programnya seperti cari aman dan safety riding.

Dari beberapa paparan, mungkin bisa ditarik beberapa statement :

  • Honda (ahm) sangat perhatian terhadap keselamatan konsumen
  • Lower/bottom yoke dan hubungannya ke stem (an steir) sangat kuat, bahkan pada tubrukan yang sangat parahpun, bagian ini seringkali didapati masih utuh (tidak pecah)
  • Ada kejadian, lower yoke pecah, sampai mangakibatkan upper yoke juga pecah dan bagian depan (roda+stir) lepas. Padahal tidak terjadi kecelakaan (tabrakan atau terjeblos lubang). Ridernya pun hanya luka ringan.

Dari 3 statement di atas maka bisa diambil kesimpulan (menurut motogokil) beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab patahnya lower yoke honda all new cb150r di kasus ini, yaitu :

  • Pernah mengalami kecelakaan sebelumnya yang cukup berat yang menyebabkan yoke cacat. Kemudian yoke direkondisi dan digunakan kembali, dimana materialnya telah mengalami perubahan struktur dan kekuatan. Atau
  • Pernah dilakukan modifikasi (terlihat dari pemasangan tabung “usd like”). Yang mana saat mengembalikan bagian ini tidak/kurang presisi, yang menyebabkan kendor. Adanya akselerasi, deselarsi, dan benturan akan memberikan gaya impact pada daerah sekitar sambungan stem dan yoke (terutama yang bawah) yang besarnya bisa berlipat-lipat dan berulang-ulang dari kondisi biasa. Bagi mekanik yang biasa menggunakan impact driver pasti faham masalah ini.
  • Kualitas material yoke atau sambungan yang dibawah spec yang ditetapkan oleh qc honda.

Jika penyebabnya bukan itu, entahlah, mungkin sudah taqdir Allah. Karena kejadian ini juga pernah penimpa motor yang lebih mahal, dikenal dengan standar kualitas tinggi dan lebih punya nama. Dan juga sempat viral dikalangan blogger otomotif beberapa tahun yang lalu.

Pastinya ahm sudah mencoba menyelidiki kejadian kasus ini (masih diinvestigasi). Harapan motogikil, semoga permasalahan ini bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya dan tidak ada yang dirugikan. Dan juga ditemukan penyebab yang pasti berdasarkan analisis yang logis, sehingga kejadian ini tidak terulang.

Mohon maaf, jika ada salah dan kurangnya. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

Advertisements

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan

  1. Kita tunggu saja kabar langsung dari ahm tentang kasus ini. Menurut ane ini kasuistis aja alias trjadi di motor ini saja. Lah yg laen ane jg blm pernah nemuin kasus serupa jg. Mudah2an segera ada kabar lanjutannya. Buat fansboy merk lain, bc boleh asal sebab akibatnya jelas. Nah ini blm jelas kronologisnya alias msh ngambang. Hanya pemilik motor dan Allah SWT lah yg paling tau.

  2. Dibilang aneh boleh om..
    Tapi secara keseluruhan cbsf nyata nya banyak masalah di area sadiZ eh.. sosis eh..
    Cari aman wajib TRX Sukro om.. nation clas helmet
    Ngah Ngah Ngah..

  3. Setau saya malah bagian bottom yoke/under bracket/segitiga terbuat dari material dengan perlakuan forging/tempa bukan casting/cor sehingga hasil akhir material jadi dapat lebih kuat. Sangat aneh jika masih dalam keadaan standar bisa patah

  4. Kalo menurut pendapat saya yang patah bukan yang bawah

    Tapi clamp atas yang dari aluminium

    Bisa jadi bearing rusak lalu clamp bawah menekan atas dan hancur kena tekanan
    Karena pengunci atas yang hancur jadi clamp bawah terlepas dari sasis

    Setahu saya kalo clamp bawah patah itu hampir gak mungkin, tapi kalo clamp atas ada banyak kemungkinan