Suzuki GSX R150 Terbukti Sebagai yang Tercepat


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Tiga motor ini bisa dianggap sebagai hulubalang masukan motor sport 150cc dari 3 pabrikan di Indeonsia. Suzuki gsx r150, yamaha all new r15 vva dan honda all new cbr150r major facelift. Dan ketiganya sedang berjuang memperebutkan hati konsumen motor sport 150 full fairing di tanah air.

Yang namanya motor sport, ya pastinya memunculkan faktor yang paling dominan yaitu “tanaga”, karena sport identik dengan energi atau tenaga. Sedangkan full fairing identik dengan kecepatan atau speed. Jadi sangatlah wajar jika para calon konsumen menginginkan motor sport full fairing memiliki tenaga yang besar dan yang tercepat di kelasnya. Begitu pula dengan yang terjadi pada gsx r150, r15 dan cbr150.

Mengenai komparasi pengukuran dyno 3 motor ini sudah banyak bertebaran di internet, silahkan browsing. Atau bisa lihat versi motogokil di sini. Nah sekarang mari dilihat hasil test drag ketiga motor tersebut, simak videonya…

Hasil test drag ini sangatlah wajar, begitupula kesimpulannya, yaitu :

  • Yamaha all new r15 menag start, karena power maksimumnya paling besar dan berada di putaran yang lebih rendah yaitu 10000 rpm
  • Suzuki gsx r150 finish duluan, karena power maksimumnya beda sedikit dibandingkan yamaha all new r15, dan bobotnya lebih ringan (menang PWR). Serta power maksimumnya diletakkan di putaran yang lebih tinggi yaitu 11000 rpm, sehingga jika lintasan lurusnya mencukupi ia akan menjadi yang tercepat.
  • Honda all new cbr150r major facelift, paling belakangan, karena bobotnya lumayan berat tapi powernya paling kecil, dan posisi power maksimumnya jjuga paling rendah.

Jadi kalau mau cari motor sport full fairing 150 cc yang paling kencang, suzuki gsx r150 pilihannya. Kalau mau yang paling lengkap fiturnya dan juga cukup kencang serta paling keren, pilihlah yamaha all new r15. Dan kalau mau paling irit dan lumayan keren pilihlah honda all new cbr150r major facelift.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Baca juga artikel komparasi lainnya tentang gsx r150 vs all new r15 dan all new cbr150

Advertisements

15 responses to “Suzuki GSX R150 Terbukti Sebagai yang Tercepat

  1. om dosen, coba tonotn deh video ini, itu gsxr nya kok kalah sama k45a standart(cuma ganti knalpot aftermetket) ya ? padahal gsxr sama k45a beda tenaganya menurut brosur sekitar 2hp, harusnya knalpot recing tetep ga bia ngejar ? (gsxr 18.9hp dan k45a 16.8hp)

    • nama video youtubenya “warming up”, punyanya dewantara motovlog, race ada di menit 09:58 dan 11:40

    • sama ini om, kalo k45a sama k45g di brosur kan tenaganya sama2 17.1 ps, tapi kenapa pas di dynotest di dynojet250i punya sportisi motorsport rawamangun k45g cuma dapet 14.77 sedangkan k45a bisa dapet 16.05 hp, mungkin bisa jadi bahan analisis buat om dosen, karena selama ini belom pernah ada yang usik tentang masalah ini, kenapa loss powernya k45a dari crank ke roda kecil banget jika dibandingkan dengan motor2 lain ?(rata2 power yang hilang harusnya +-15%)

      untuk sumber dyno cbr k45a, bisa googling artikel otomotifnet: “Knalpot All New cbr 150r,bisa buat balap nih!” dan sepertinya untuk data cbr k45g om dosen udah punya sendiri, terima kasih

    • di video nya dewantara imbang katanya… ada dia video gsxr-150 vs cbr 150 k45a.. yg video warming up kayanya udah dimacem2in lagi, di komentarnya dia bilang udah dimaksimalin semua part standar,

      • bisa jadi om, tapi coba cek di menit ke 10:00, yang punya senidir bilang semuanya full standart, cuma ganti knalpot doang

        • Gearnya udh diubah kalo gk slh

          • itumah beda motor om, itu video yang dulu, coba cek video dewantara yang paling baru terus skip ke menit 10:00, k45a kalo gear diturunin kaya video yang dulu malah lemot atasannya dan buat nyari top speed butuh waktu lebih lama.., sebaiknya gearnya standart saja atau kalo mau turunin turunin 1 mata aja, soalnya gear rationya cbr udah berat makanya dikompesassin sama gear set yang ringat(15:46)

  2. Awas fanboy pada ngga terima pak dosen wkwkw

  3. Dan kalau mau paling irit dan lumayan keren pilihlah honda all new cbr150r major facelift….

    “lumayan keren”….
    “lumayan keren”…

    sedih dengernya. 😀

  4. Artikel berat sebelah… Karena owner punya slah satu motornya.. Terlalu di dewakan… Motor fairing kok rangkanya pake underbone.. Yo di guyu bebek… Handling bak celeng hutan..
    Masih mndingan cbr rangkanya rigit…
    Biasanya owner memihak yg dia punya.. Wasalam

    • apa benar begitu ?

      • Ngimpi wong ndeso

        Yg komen ga tau kalo pak dosen jg punya cbr150 dan cb150..hadeh

        Ane jg rider cbr cbu, dan ane anggap hasilnya wajarlah..diatas kertas cbr udah jelas kliatan kalah..nah kalo next cbr jg 19 ps, fbh boleh cakar2an lg…

  5. gk usah heran,sama halnya dengan satria fu150 carbu,walau speknya paling atas saat itu,nyatanya di lapangan tetap aja ada yg hasilnya kebalik saat di test dengan motor yg sama2 standart.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting