Kaderisasi Jangan Dilupakan, Penting Untuk Keberlangsungan (Sustainability)


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Barangkali kita pernah melihat suatu organisasi, atau perusahaan atau bahkan negara yang dulunya maju/jaya kemudian sekarang hancur musnah. Kejayaannya bisa singkat beberapa tahun bisa juga lama sampai ratusan tahun. Lama tidaknya kejayaan tergantung dari keberhasilan kaderisasi yang dilakukan. Jika kader yang dihasilkan selelu yang terbaik maka kejayaan bisa berlangsung lama. Tapi sebaliknya jika kaderisasi gagal, kejayaan hanya terjadi pada saat dipimpin oleh pendirinya, sesudah itu hancur.

Begitu pula kita dalam merintis suatu usaha, baik yang hubungannya dengan dunia apalagi akhirat, juga perlu kader alias penerus perjuangan. Nah kebetulan kok motogokil mulai merasa perlunya peng-kader-an dalam menjaga keberlangsungan kegiatan yang selama ini mogogokil lakukan. Salah satunya adalah nge-bengkel, alias bongkar-pasang mesin (sepeda motor).

Saat bongkar mesin bajaj pulsar 180 ug4, si sulung ternyata tertarik mengikutinya. Ya sudah sekalian saja disuruh memperhatikan dan bantu-bantu mengangkat mesin dan buka baut. Sambil dijelaskan beberapa komponen beserta fungsinya

Kegiatan ini bukan ditujukan agar si sulung jadi mekanik. Akan tetapi sekedar menurunkan ilmu tentang permesinan motor agar tidak sia-sia terbawa mati. Berguna bagi dirinya sebagai penyaluran hobi, atau malah bisa berguna bagi prang lain, karena bersedekah meberikan perbaikan.

Dan harapannya suatu saat hal ini mampu memotivasi agar mejadi yang terbaik. Terbaik bagi dirinya, juga bagi orang lain yang membutuhkan. Karena sesungguhnya bekerjanya suatu engine adalah sebagai bentuk sinergi dari berbagai elemen dalam sebuah sistem dengan satu tujuan yaitu “bergerak”. Sehingga ketika prinsip kerja engine difahami dengan baik, maka ia akan juga dengan mudah memahami prinsip kerja sebuah sistem lainnya dalam kehidupan nyata.

Dalam kehidupan akhirat lebih penting lagi. Karena ada suatu ganjaran yang tidak terputus meskipun orang tersebut sudah mati yaitu “doa dari anak yang sholeh”. Dan hal ini besar pengaruhnya terhadap nasih manusia di akhirat kelak.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

One response to “Kaderisasi Jangan Dilupakan, Penting Untuk Keberlangsungan (Sustainability)

  1. setuju banget om gokil. josss

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting