Power GSX R150 Lebih Besar dari Satria FuFI, Inilah Penyebabnya…

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Motogokil pernah mengulas mengenai perbedaan performa antara satria fu 1150 fi dan gsx r150 [artikel]. Meskipun dibekali engine yang identik (klan k12) akan tetapi performanya sedikit berbeda. Secara posisinya dalam merebut pangsa pasar sangat jelas, karena gsx r150 adalah tipe sport maka sudah selayaknya powernya lebih besar dari pada satria fu 150 fi yang cub (underbone) ayam jago.

Nah sekarang motogokil akan berbagi sedikit informasi, mengenai apa yang menyebabkan power gsx r150 dan satria fu berbeda. Jika melihat dari posisi power puncak sangat jelas perbedaannya. Power puncak gsx r150 di 11000 rpm sedangkan satria fu 150 fi di 10000 rpm. Perbedaan ini dihasilkan dari perbedaan konstruksi beberapa bagian yang menjadi penentu performa diantaranya :

  • Ukuran header knalpot
  • Durasi/profil camshaft
  • Debit injector
  • Luasan filter udara
  • Waktu pengapian dan durasi injector pada ECU

Untuk sementara, motogokil baru mendapatkan gambaran yang gamblang tentang header knalpot. Meskipun demikian dari ukuran header, sudah bisa diprediksi apa pengaruhnya terhadap performanya. Mari sekarang lihat perbandingan headernya.

Nah dari penampakan header knalpotnya, jelas bahwa desain dari header gsx r150 lebih besar. Hal ini berkaitan dengan posisi power puncak yang lebih tinggi pada gsx r150. Semakin tinggi posisi rpm power puncak, maka diameter header knalpot akan semakin besar dan akan semakin pendek.

Selain itu seperti yang motogokil tuliskan dalam artikel megenai perbedaan type injector satria fu 150 dan  gsx r150 [artikel]. Sepertinya perbedaan besarnya power juga disebabkan oleh perbedaan volume efektif campuran udara+bensin yang dibakar. Berarti selain disain yang terkait dengan tuning knalpot, ada bagian lain yang menyebabkan power gsx r150 sedikit lebih besar dibandingkan satria fu 150 fi….nantikan artikel berikutnya.

Sementara sekian dulu mas bro. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

6 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan