Satu Lagi yang Menarik dari Suzuki GSX-R150…Spare Part-nya Murah Tapi Sangat Kuat


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Beberapa hari yang lalu motogokil mempablis artikel mengenai “value for money” dari gsx-r150. Yang mana value ini tentunya sangat dipengaruhi oleh value dari rival-rivalnya, antara lain all new cbr150 facelift, juga all new r15 155 vva. Dan memang berbicara tentang kebutuhan sebuah sepeda motor, kadang aspek ini menjadi sangat penting, apalagi ketika mendekati lebaran, dimana banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk berbagai macam kebutuhan, prioritas menjadi sangat penting.

Menyambut puasa romadhon, suzuki memberikan bonus tambahan berupa event “Suzuki Semarak Romadhon”. Event ini memberikan value tambahan bagi motor-motor suzuki. Karena suzuki memberikan beberapa bonus tambahan diantaranya berupa jaket bomber (seperti yang dulu dipakai pak presiden) untuk pembeli satria fu150 fi. Lumayan membuat rider tambah keren di hari lebaran nanti.

Tentunya calon konsumen sangat tertarik dengan penawaran ini. Akan tetapi, (mungkin) masih banyak konsumen yang dibayangi ketakutan yang lain untuk meminang produk suzuki. Rasa takut konsumen yang paling sering diutarakan adalah harga sparepart motor suzuki yang mahal. Karena sparepart suzuki terkenal dengan part ori dan hampir tidak ada part kw-nya.

Akan tetapi anggapan ini, sudah waktunya berubah, karena ternyata saat ini anggapan itu salah. Sebahagian besar part ori suzuki (khususnya gsx-r150) ternyata lebih murah, bahkan jauh lebih murah dibandingkan harga part cbr150r dan juga all new r15. Mari kita lihat perbandingan harga pada list sparepart berikut.

Biasanya yang sering diganti, saat mesin bermasalah adalah piston, ring piston, kampas kopling, klep dan rante keteng. Sedangkan jika mesin sampai rusak parah dan harus turun mesin part tambahan yang rusak adalah stang piston, kurk-as, blok silinder dan noken as. Hal ini bisa terjadi jika oli mesin sampai kering (sangat minim). Silahkan bandingkan harga part-part tersebut.

Ada part suzuki yang sangat mahal yaitu blok silinder. Tentunya ada sebabnya, yaitu dinding silinder motor-motor suzuki terkenal sangat kuat. Karena telah di-treatment dengan SCEM yang menjadikannya sangat kuat dan licin, jadi wajar jika lebih mahal jika dibandingkan blok silinder rival-rivalnya.

Ada lagi yang menarik, yaitu harga radiator gsx-r150 yang paling murah. Harganya 50% dari harga radiator cbr150 dan 35% dari harga radiator r15. Padahal sirip pendinginnya paling banyak, dan paling luas penampangnya. Jadi kalau merasa pendinginan cbr150 ataupun r15 kurang optimal, silahkan pakai radiator gsx-r150.

Dan part-part yang lain juga demikian yaitu terkait dengan frame, silahkan dilihat tabel berikut

Pada bagian ini yang menarik untuk dibandingkan adalah harga velg dari ketiga motor ini. Untuk gsx-r150 dan cbr150 lebih dekat, karena kedua motor ini menggunakan produk enkei. Perhatikan harganya…jauh sekali selisihnya, yang depan selisih 500 ribu dan yang belakang selisih 600 ribu.

Mantab ya bro murahnya, lalu bagaimana dengan velg all new r15 ? Harganya velg gsx-r150 tetap lebih murah dibandingkan velg r15, padahal velg r15 made in china [artikel].

Harga part kelistrikan juga sangat bersaing dan banyak yang lebih murah. Perhatikan list berikut ini

[sumber : zona motor]

Fokus pada ECM mas-bro, harganya paling murah. Padahal pekerjaan yang dilakukan oleh ecm milik gsx-r150 termasuk paling berat. Selain harus mengolah sinyal dari banyak sensor (paling lengkap), juga harus mengolah sinyal yang terkait dengan keyles ignition system. Dan juga speedoemeter dengan tampilan yang sangat lengkap juga paling murah.

Tapi jangan sampai ada anggapan, bahwa jika sparepart murah maka murahan. Malah sebaliknya justru sparepart suzuki termasuk yang paling alot, alias paling kuat dengan durabilitas yang sangat tinggi. Terbukti dengan uji ketahanan yang selama ini diandalkan oleh suzuki sebagai sarana promosi produknya [artikel].

Monggo jika kurang percaya silahkan diverifikasi ke alamat situs yang dicantumkan di bawah tabel. Atau langsung ke nara sumber yang motogokil rujukkan (zona motor). Atau bisa langsung cek di sini, suzuki, honda dan yamaha.

Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wabarokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

28 responses to “Satu Lagi yang Menarik dari Suzuki GSX-R150…Spare Part-nya Murah Tapi Sangat Kuat

    • halah …artikel lebayy….!! aku jg pernah punya sijuki… beli seker stang seker ring seker dll…. mahalnya ga ketulungan…. setelah dipasang… msh aja ngebul …kamprettt…!! durabilitas sijuki kok bagus…??? cuma mitos…!!! tuh motor semua diserahkan dibengkel resmi sijuki… part asli sgp!!!
      terpaksa dijual murah….!!! harganya terjun bebas….. mending beli merk sebelah skrg…merk sijuki ga pernah aku lirik aplg aku beli sori….!!

      mknya skrg sijuki terpuruk…. kualitas abal2!!

  1. Bahkan speedometer digital gsxr150 ada yg jual new di toped cm 300rb, nah loh…sembako modif tuh…:)

  2. udh z buktikan kualitas mesin satria fu karbu thn 2009 akhir…digeber full gas berboncengan dr palu sampai mamuju utara, sulbar (perjalanan skitar 2 jam dan top speed on speedo 108-115 km/jam), gas turun pas tikungan dan ramai lalin aja slebihnya full gas lg, berat z wkt itu skitar 72 kg dan tmn z skitar 65 kg.

  3. barangkali dari bahannya mas bro, yang satu baja ringan yang satunya lagi pipa baja

  4. benar benar value to money

  5. CBR gila gilaan harga spare partnya

  6. Biasanya yang sering diganti, saat mesin bermasalah adalah piston, ring piston, kampas kopling, klep dan rante keteng. Sedangkan jika mesin sampai rusak parah dan harus turun mesin part tambahan yang rusak adalah stang piston, kurk-as, blok silinder dan noken as
    _________________________________________________________&________________________________
    Padahal jika ditotal penggantian bila turun mesin,suzuku jauh lebih mahal kan

  7. Hukuman denda bagi pelaku kartel hanya akan menaikkan harga barang, ujungnya konsumen setia yang dihukum. Seharusnya harga diturunkan.

  8. Harga sparepart nya suzuki mirip2 sparepart pulsar 180/220, sparepart pulsar jg murah berkualitas padahal import. Lokal mestinya wajar murah

  9. Keren ya.. Murah karena mereka ambil untung tipis dari harga asli parts nya, kalau merk sebelah mungkin harga dari pabrik parts ga terlalu mahal, tapi karena sudah diberi label AH* & Y@m@h@ langsung harga jauh lebih mahal.

  10. Secara umum, harga spare part cbr mahal banget. Coba liat velg yg sama2 enkei. Harganya beda jauh

  11. jd lebih value mana
    r155 atau GsxR pak de?

  12. jadi teringat
    kasus kartel
    yg udah
    ketuk palu itu

    terbukti jika
    pabrikan sebelah
    sedot untung banyak
    dari kantong konsumen

    dimana harga
    yg ditawarkan
    berbanding terbalik
    dgn kualitas produk

  13. windscreen honda paling mahal, padahal paling pendek dan tipis

  14. Keren!!!

  15. Artikel pedas-pedas nikmat. Terbukti, yang bilang part suzuki mahal cuma BC para sales merk sebelah. Mantap artikel nya Pak Dosen!!!

  16. suzuki secara kualitas paling unggul setara dengan kawasaki. kedua brand yamaha dan ketiga honda. ane telah buktikan sendiri dengan pernah punya shogun 125, z130, nsr jupiter mx, supra x 125 dan sekarang vario 125 led dan scoopy. profesi ane karyawan swasta. urusan harga sparepart sejak shogun 125 harga part suzuki termasuk murah (lebih murah dari supra x 125)kecuali shogun 110.

  17. Dah pernah pake 3 merek ini, suzuki mmg paling mantep. Mesin paling oke.
    Tp tiap pabrikan ada produk yg lebih oke dibanding kompetitor tuk jenis yg sama.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan