[DIY] Mudah Mengganti LAT (Tensioner Rantai Keteng) All New CB150R

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam artikel sebelumnya motogokil membahas bagaimana bunyi klotok-klotok (glodog-glodog), engine bagian kiri menjangkiti “black-ant”, all new cb150r facelift. Dan solusinya adalah dengan mengganti tansioner (LAT) dengan yang tensioner sejenis yang memiliki tekanan lebih kuat. Motogokil menggantinya dengan tensioner kw milik tiger.

Tentunya sebelum mengganti, harus beli dulu tensioner baru, dan harus diyakini memiliki tekanan yang lebih kuat. Performa part ini bisa diketahui lewat info berbagai forum, jadi jangan sampai beli part sia-sia, karena performanya sama saja atau bahkan lebih jelek. Setelah itu diperlukan beberapa alat, minimal 2 alat yaitu obeng min kecil dan kunci pas/ring no-8.

Berikut ini langkah-langkah melepas lat tersebut…

Untuk all new cb150r karena terbuka lebih mudah menemukan lat, sedangkan pada motor lain yang tertutup fairing, harus dibuka dulu fairingnya. Kemudian mulai membuka baut-baut dengan kunci pas-8. Harus imbang antara yang satu dan yang lainnya (sedikit-sedikit)

Dan setelah semua baut dikendorkan, biasanya tekanan lat, akan memberikan dorongan sehingga seiring dengan kendornya baut, lat akan terlepas dengan sendirinya. Hati-hati jangan sampai jatuh, bisa mengakibatkan cacat. Berikut penampakannya setelah lepas.

Jika sebelumnya sempat dibuka penutup pengaturnya, dan diberikan pin pengganjal, maka stud (batang penonjok) tidak akan maju. Dan kita bisa tahu, sepanjang apa stud dari lat menonjok kamprat. Ternyata majunya cuma sedikit jika dibandingkan panjang keseluruhannya, yaitu sekitar 1 cm.

Selanjutnya pasang lat yang baru dengan cara berikut :

Atur stud lat sampai yang paling pendek, putar ke kanan dengan obeng minus, stud ditahan supaya tidak maju.

Setelah itu ganjal dengan pin pengganjal. Biasanya pin ini diberikan saat membeli lat baru. Jika tidak ada bisa membuat sendiri dengan menggunakan plat nomor.

Setelah itu pasang lat ini dengan tetap menjaga, pin pengganjal jangan sampai lepas. Kalau lepas ulangi langkah di atas. Setelah kedua baut 8 terpasang kuat, maka pin bisa ditarik lepas. Setelah lepas maka stud akan maju sepanjang yang diperlukan untuk menekan kamprat.

Setelah itu pasang tutup lubang adjuster nya. Kencangkan dengan menggunakan kunci ring-8. Dan selesai, penggantian lat ini tidak sampai 10 menit dan bisa dilakukan di rumah.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh

 

10 Komentar

  1. Nah ini artikel yg di tunggu2 saban hari,.. Kang pami kanggo sonic kmha eta lat kw tigerna efektif moal kang… Kira2 ngolotrok deui oalnya kang,..

    • Motor udh 1taun lebih kang,. Awal kerasa nya pas sktr mtr 5-6bulanan, smpe skrng sy biarin aja hehehe.. Tp ttp kaga enak klo kambuh kang,..udh diservis jg gda prubahan kang,..

  2. Gak usah pake pengganjal juga bisa
    Putar aja pake obeng min ke kanan sampe mentok tar ke tahan sendiri (sekuat mungkin)
    Untuk melepas putar ke kiri dikit, lalu lepas obeng

    Untuk mengecek apakah tensioner bermasalah, saat muncul klotok2 putar2 dikit baut stut ke kiri apakah klotok2 bisa sembuh (mesin nyala, tensioner dibuat lebih menonjok secara manual)

1 Trackback / Pingback

  1. [DIY] Cara Mudah Mereparasi LAT (Tensioner) All New CB150R Facelift (K56) | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan