ganti-oli-bloger

Harga All New R15 Akan Tetap Kompetitif Dibandingkan All New CBR150R

Diposting pada

r15-2017-red

Assalamu’alaiikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dari kemarin membicarakan style, performa dan fitur-fitur r15. Nah sekarang ayo kita diskusikan masalah harga all new r15 (r15 v.3). Apakah dengan banyaknya tambahan fitur serta naik performa secara drastis akan juga menaikan harga r15 secara signifikan ?

Tentunya kita masih ingat bahwa saat yamaha men-launching new vixion lightning (NVL) menggantikan old vixion. Dengan berbagai kelebihannya, mulai dari seluruh bodi (selain deltabox), roda, speedometer, kunci kontak, selisihnya sekitar 1.5 jutaan. Dan hal yang sama bisa jadi akan dilakukan saat upgrade dari r15 v.2 ke r15 v.3.

Saat ini r15 harganya sekitar 31.05 juta sedangkan all new cbr 32.55 juta, ada span untuk upgrade part. Dengan selisih 1.5 juta dapat digunakan untuk upgrade beberapa part berikut :

  1. Ukuran roda belakang (naik dari 130 ke 140)
  2. Silinder, piston+ring piston (boreup)
  3. Head VVA (baru, mengadopsi milik nmax)
  4. Performance (power dan torsi naik)
  5. Radiator (lihat perbedaannya dengan NVL/R15 di sini)
  6. Disk brake bagian depan tambah lebar
  7. Suspensi depan USD (baru)
  8. Speedoemeter full digital (baru)
  9. Assist and slipper clutch (baru)
  10. Lampu full led (baru)
  11. Fairing tambah keren
  12. Ada upgrade kelistrikan lampu hazard

Wuiih banyak banget upgradenya, apa yakin harganya bisa mepet all cbr150r, yang hanya selisih 1.5 juta ?

Ada kemungkinan, untuk mengkompensasi harga part-part upgrade di atas, maka  harga part lain di tekan. Ingat lho bro, harganya yang ditekan/diturunkan, bukan kualitasnya yang diturunkan. Bebrapa part yang tampak nyata, yang harganya bisa lebih murah dibandingkan kompetitor adalah :

Sistem pengereman

komparasi-rem-depan

Apa bedanya ? Bedanya cuma sedikit, kalau di cb150r/cbr150r ada embos nissin, di master rem satria fu (mungkin juga gsx r150-belum lihat langsung) ada tulisan bybre (by brembo). Sedangkan pada kaliper r15 polosan, nggak ada mereknya. Inget lagi bro,  cuma masalah “tulisan” merek di part-part tersebut, bukan masalah fungsi dan kualitasnya. Karena sesuai pengalaman motogokil punya nvl dan nmax, pengereman motor-motor yamaha lebih mantab dibandingkan motor honda.

Velg

komparasi-velg

Tidak perlu dijelaskan, gambar di atas bisa langsung bercerita. Inget lagi bro, ini cuma masalah embos merek, bukan masalah fungsi dan kualitas. Karena kenyataannya banyak handphoe/smart phone/motor buatan china, tapi mereknya eropa atau jepang atau korea, ternyata kualitasnya juga bagus. Hal seperti ini biasa dalam sebuah pabrik pembuatan/perakitan motor/mobil. Seperti yang diceritakan seorang teman di nissan, bagian penyerapan local content (komponen lokal), tujuannya jelas supaya lebih murah.

Sementara itu dulu pemirsa motogokil, mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.