Balada Motor Ban Kecil dan Jalanan Rusak di Indonesia

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sebelumnya yamaha telah memasarkan nmax dengan diameter roda 13 inchi, sementara skuter matik lainnya masih menggunakan roda 14 inchi. Beberapa hari yang honda juga mengeluarkan skuter matik yang beroda lebih kecil lagi yaitu 12 inchi. Dan tidak perlu kaget dengan ukuran roda ini, karena sebelumnya (bagi rider generasi lawas) sudah terbiasa dengan roda vespa yang juga 12 inchi.

Dan skuter matik dengan ukuran roda 12 inchi sudah umum di luar negeri sana, terutama di eropa. Di sana dengan diameter roda sekecil ini tidak menjadi masalah berarti, karena memang jalanan nya beraspal mulus. Selain itu transportasi umum (massal) cukup tersedia, sehingga kebanyakan rakyat disana tidak menggunakan motor untuk bepergian jarak jauh, apalagi menggunakan skuter dengan roda 12 inchi.

Lain halnya dengan negara kita tercinta, jalan-jalan banyak yang rusak, apalagi setelah hujan deras dan banjir. Jangankan jalan di pinggir kota atau pedesaan, jalam dalam kota besar pun banyak yang rusak dan berlubang. Kalaupun di tambal, yang sering terjadi tambalan tidak rata, sehingga jalan menjadi bergelombang. Penggunaan kendaraan beroda kecil tentunya akan memberikan efek guncangan yang lebih besar ketimbang roda yang lebih besar. Jangankan roda dengan diameter 12 inchi, yang 14 inchi saja masih merasakan guncangan yang cukup keras ketika (terpaksa) harus menerabas lubang-lubang tersebut. Barangkali untuk jalan seperti ini cocoknya menggunakan motor tril/adventure.

Lalu dijelaskan bahwa dengan tapak lebar, roda 12 inch akan terasa seperti 14 inch. Apa memang demikian ?

Benar, jika jalanannya mulus, maka getaran yang dirasakan oleh sepeda motor dengan roda 12 inchi dan 14 inchi, tidak akan jauh berbeda, sama-sama halus getarannya. Tapi ketika melibas lubang yang ada di jalan atau polisi tidur, baru bisa dirasakan perbedaannya. Sekarang mari kita hitung berapa diameter terluar dari sebuah roda (ban terbasang) dengan diameter berbeda.

  • velg 14 inch, ban 80/90 maka diameter luar roda adalah = 14 x 2.54 + (2 x 8 x 0,9) cm = 49.96 cm, atau dibulatkan 50 cm
  • velg 12 inch, ban 100/90 dimeter luar = 12 x 2.54 x + (2 x 10 x 0,9) cm = 48.48 cm atau dibulatkan jadi 48.5 cm
  • velg 13 inch, ban 110/70 dimeter luar = 13 x 2.54 x + (2 x 11 x 0,7) cm = 48.42 cm atau dibulatkan jadi 48.4 cm

Dari perhitungan di atas ternyata diameter luar roda 12 inch lebih kecil dibandingkan 14 inch, dengan selisih sekitar 1.5 cm. Tapi tidak jauh berbeda dengan yang memiliki diameter 13 inch, bahkan sedikit lebih besar. Jadi tepatnya (mungkin) jika dikatakan 12 inch rasa 13 inch.

Meskipun demikian, motor dengan diameter roda sekitar 50 cm, tetap saja bermasalah ketika melibas jalan rusak, di kebanyakan jalan di Indonesia. Hanya saja masalah dapat diminimalisir dengan jok yang empuk, shockbreaker yang empuk dan ban yang cukup lebar. Dan masalah semakin minim jika dikendari dengan baik (saat melibas lubang) yaitu dengan kecepatan rendah dan keseimbangan yang tinggi. Jadi motor-motor ban kecil ini tidak cocok untuk jalan rusak, akan tetapi cocok untuk jalan bagus dan mulus.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

17 Komentar

  1. Memang kodratnya skuter itu untuk jarak pendek muatan ringan, moped juga. Di Indonesia skuter & moped dipaksakan menyalahi kodrat, berperan seperti truk atau bis.

  2. Aku kali pertama naek motor matic di jakarta merasa ngeri krn waktu melalui jalan yang ada “jeglokan” nya motor berasa mau jatuh ke jurang. Itu satu alasan kenapa nggak pernah mau beli motor matic..

  3. velg 14 80/90 dengan velg 12 100/90
    itu seperti membandingkan antara xenia 13 inci dan xenia 14 inci

    justru yang 13 inci dengan ban tebel itu lebih lembut jika nrabas lubang

    atau kalo di sport, bandingkan ban tiger 18 inci 100/80 dengan ban cb 17 inci 130/70

    lebih enak yang rim kecil tapi tebel

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan