Meskipun Jangkung, CRF250 Rally Cocok Buat Pemula


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Hari ahad kemarin, 19 maret 2017, honda resmi merilis motor trilnya yaitu crf20 rally, di beberapa kota besar di pulau jawa. Kebetulan motogokil bersama rekan-rekan jatimotoblog juga ikut icip-icip (test ride tipis-tipis), motor jangkung ini di bukit Jaddih bangkalan, madura. Gimana nggak jangkung, rider yang tinggi badannya 170 cm saja masih jinjit balet, gimana yang di bawah 170 cm.

Sangkin jangkungnya nih motor, motogokil yang tb-nya cuma sekitar 165 cm, musti ekstra waspada saat awal naik crf250 rally ini. Bahkan awalnya, motor musti dipegangin dulu, tapi setelah jognya didudukin seat height menjadi agak turun, lumayan 2 ujung jempol masih bisa menyentuh tanah. Dan setelah masuk gigi…dan gas, tidak ada masalah, hampir sama dengan motor sport lainnya.

Dari pengalaman test ride, dan juga penampakan rekan-rekan blogger yang belum pernah nyemplak (mengendarai) motor tril, alias newbie, sepertinya tidak ada masalah. Karena beberapa sebab :

  1. Pengendaliannya cukup mudah
  2. Ergonominya pas buat kebanyakan rider tanah air
  3. Suspensinya sangat nyaman, alias empuk
  4. Tenaganya lumayan gahar, tapi tidak meledak-ledak sehingga tidak membuat rider gagap

Buktinya, hampir semua blogger yang mencobanya sukses melibas tanjakan dan turunan, serta medan becek+licin tanpa masalah yang berarti. Bahkan ada yang minta tambah test rider nya, seakan-akan belum puas menikmati crf250 rally yang hanya sekejap. Memang ada beberapa blogger yang terkendala, akan tetapi umumnya mereka sukses menggunakan crf250 rally di medan offroad yang memeng sesuai dengan karakternya. Ini salah satunya

Tapi memang bagi motogokil dan rider yang seukuran dengan motogokil, agak susah awalnya. Hal ini terkait langsung dengan seat heigh yang mencapai 895 mm, seperti tinggi cb150R tambah 10 cm, wiiih tinggi banget. Makanya ketika diam, hanya ujung jempol yang terkena tanah, dan motorpun harus tegak. Begitu motor miring, maka crf250 rally dengan bobot 155 kg bakalan ambruk beserta ridernya.

Jadi usahakan jangan pernah berhenti/diam, atau ketika berhenti posisi benar-benar tegak. Jika terpaksa harus berhenti, maka cari pohon, tiang, tembok untuk pegangan. Bisa juga cari sesuatu yang tinggi (trotoar) untuk pijakan/injekan kaki yang tak sampai. Cara lainnya adalah pakai sepatu off road yang memiliki sol agak tebal, yang seperti ini sangat membantu.

Dengan dirilisnya crf250 rally, ahm berusaha memenuhi semua line-up nya dengan motor yang diinginkan konsumen. Ada bebek, matic, sport touring, sport full fairing dan juga sport off road serta bigbike. Dengan semikian konsumen terutama fbh tinggal pilih motor yang diinginannya.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

11 responses to “Meskipun Jangkung, CRF250 Rally Cocok Buat Pemula

  1. jooosss
    bawa egrang apa dingklik apa kursi buat naik???

  2. Josss…
    Motor2 honda eklusif jgn dlokalkan…

  3. Bawa kedalam kota, ketemu lampu merah….
    wassalaam….

  4. saya nggu crf 150L lokal pak..kl tryt yg hadir model honda XR y wasalam

  5. minta dong
    aku nggak punya nih

  6. wah… kok ada kalimat ‘Buktinya, hampir semua blogger yang mencobanya sukses melibas tanjakan dan turunan, serta medan becek+licin tanpa masalah yang berarti.’ jangan-jangan… hehehehehe

  7. pakailah oli sesat Meditran SX

    Dibikin supermoto + oprek ala CBR 250 juoss

  8. Hati2 dengan berat dan tingginya. Rider 170cm saja masih jinjit…..apalagi ditambah beratnya yang super. Kalau tidak terbiasa dengan gandling motor berat dan tinggi….
    Dijamin tiap belok pasti tumbang jatoh…….

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting