New Suzuki Smash FI, Menjawab Tantangan Sepeda Motor Fungsional yang Dahsyat Tarikannya

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Barangkali kita terlalu lama membicarakan motor performa tinggi, sehingga terkadang lupa bahwa kita sesunggunya lebih membutuhkan motor yang fungsional. Karena dalam kesehariannya, dalam aktifitas kerja, belajar (mahasiswa) kita sering dihadapkan pada kondisi jalan raya yang padat bahkan macet. Dan hal seperti ini menjadi kendala jika kita menggunakan motor sport, apalagi yang performa tinggi (racing style). Selain lengan, pundak dan punggung yang terasa cepat pegal, paha juga terserang hawa panas mesin dan konsumsi bensin menjadi lebih boros, juga perjalanan tidak bisa lincah karena bobot yang berat dan radius putar stang yang sangat terbatas.

Nah untuk kondisi seperti ini, motor yang lebih fungsional akan terasa lebih efisien dan menyenangkan. Salah satunya adalah motor bebek yang baru saja dirilis suzuki, yaitu new smash FI. Motor bebek keluaran suzuki ini bisa menjadi jawaban atas masalah kemacetan di atas. Karena bentuknya yang ringkas dan ramping, bobotnya juga ringan, bahkan paling ringan di kelasnya. Selain itu performa yang dimuntahkan engine 113 cc adalah yang terkuat di kelasnya, sehingga menjadikan new smash fi menjadi motor paling lincah dan paling powrfull, untuk kelas 110 cc.

Mengenai konsumsi bensinnya, jelas lebih irit dibandingkan versi karbu. Yang versi karbu saja irit, apalagi sekarang versi injeksi jauh lebih irit. Jika new smash fi ini merupakan motor dengan basis yang sama dengan suzuki shooter fi, tentunya segala kelebihan shooter fi juga dimilikinya termasuk efisiensi bahan bakarnya.

Menurut pengujian konsumen dalam kota, jika pakai harian dengan kondisi sering full throttle konsumsinya sekitar 44 km/l, sedangkan jika kecepatan dijaga pada maksimum 60 kpj, maka konsumsinya menjadi lebih irit, sekitar 59.4 km/l [sumber]. Dan jika dilakukan dengan tujuan adu irit, maka konsumsi bensinya menjadi jauh lebih irit yaitu sekitar 98.5 km/l, padahal jalur pengujian banyak tanjakan [sumber]. Hal ini disebabkan motor new smash ini dibangun sebagai suatu kesatuan body dan engine dengan konsep LEaP (Light Efficient and Powerful), jadi wajar jika “gesit dan irit” sesuai dengan slogan smash di masa lalu.

Berikut beberapa informasi penting tentang spesifikasi dan fitur suzuki new smash fi

Dan jika benar dugaan motogokil (bahwa new smash fi ini adalah shooter fi yang terlahir kembali), maka performanya sama dengan performa shooter fi, yaitu :

  • Power 9.3 ps/ 8000 rpm
  • Torsi 9.1 N.m / 6000 rpm

Dan dengan spesifikasi yang diberikan new smash fi tersebut, diharapkan mampu menghadirkan kembali salah satu model sepeda motor legendaris yang powerfull di kategori low underbone. Selain fungsional untuk jalan di kota besar yang sering dilanda kemacetan, suzuki juga berharap mampu memenuhi permintaan motor yang masih cukup tinggi di berbagai daerah yang pembangunan dan perekonomiannya sedang meningkat. Daerah-daerah tersebut meliputi daerah  di  pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia bagian Timur.

Di kota-kota besar di pulau jawa new smash fi sangat cocok untuk kendaraan fungsional komuter, gesit mebelah kemacetan. Bahkan juga bisa untuk jarak jauh, karena posisi ridingnya yang nyaman dan tidak mudah lelah. Sedangkan di daerah-daerah di luar jawa, new smash fi cocok untuk rider yang berprofesi sebagai pekerja atau wirausaha, dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Suzuki new smash fi siap memuaskan rider dalam menemani aktifitas harian, dengan konsumsi bensin yang efisiensi dan perawatan yang mudah.

Selain itu suzuki new smash dilengkapi beberpa fitur menarik yaitu bagasi penyimpanan di bawah jok sebesar 8,0 liter, sangat fungsional untuk membawa barang. Juga terdapat safety shutter key yang memberi perlindungan tambahan lubang kunci dari tindak kejahatan maling motor. New smash didukung oleh sasis dan rangka yang sangat kuat dan telah teruji di ajang Suzuki Jelajah Negeri (test ride dengan berbagai kontur jalan sejauh ribuan kilometer).

Suzuki menyediakan 2 tipe New Smash FI dengan berbagai warna dengan tampilan yang stylish bagi konsumen. Dan dengan banderol dengan harga yang sangat kompetitif, diharapkan sangat terjangkau bagi konsumen mengengah ke bawah. Berikut type dan harganya

Suzuki kembali melahirkan New Smash FI dengan mempertahankan keunggulan performa, ketangguhan serta konsumsi bahan bakar yang irit dengan tagline baru

Tarikannya Dahsyat!.

Semoga menjadi motor penggerak kebangkitan suzuki di Indonesia. Sehingga konsumen bisa memperoleh yang terbaik dari buah persaingan yang sehat antara pabrikan motor.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

 

15 Komentar

    • sepertinya begitu
      dan menurut ane, nama “smash” lebih menjual, karena sudah familiar dengan telinga orang Indonesia, berhubungan dengan kencang dan mematikan dalam istilah bulutangkis (olah raga yang sangat dikuasai Indonesia)

  1. bore Up pasang Piston Thunder 125 jadi brapa ya kapasitasnya? manteb nih motor klo buat acara Bore Up -an karna Strokenya cukup panjang, cc bisa naik cukup significant. Semoga diameter klep in nya masih cukup besar kayak Shogun 110 dan Smash 25 mm.

  2. motor ini memang mantap kok tarikannya.
    sama bebek 115 injeksi sebelah yg spek di atas kertasnya 10ps malah enakan shooter kemana-mana tenaganya.
    buat boncengan juga gak ngeden blas.
    cuma desain tebeng & headlampnya nggilani.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.