ganti-oli-bloger

Yang Nyata-Nyata Saja, CBR 250RR atau GSX-R150 ?

Diposting pada

cbr-250rr-and-gsx-r150

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bagi rider yang selalu ingin meng-update tunggangannya, tentunya menjadi suatu godaan jika ada motor baru. Dua motor yang terpampang di gambar judul di atas, adalah dua motor sport beda kelas yang baru saja dirilis pabriknya. Karena beda kelas makanya motogokil tidak menulisnya dengan “vs”. Hanya saja cukup menarik untuk dibandingkan, karena bisa jadi referensi bagi calon konsumen untuk meminangnya.

Dua motor ini, benar-benar menarik perhatian motogokil. Bukan dari tampang dan fitur-fiturnya, akan tetapi dari engine dan performanya. Konstruksi engine dan potensinya cukup menggoda, dan kebetulan untuk saat ini (perhatikan per 13-02-2017), performanya di atas semua rival-rivalnya. Jadi tentunya akan menarik perhatian juga bagi para rider motor sport untuk menjadikannya pilihan yang tidak mengecewakan.

Barangkali nanti ada pembaca motogokil yang bertanya, mengkritik atau bahkan mecibir, “Kok motor sport full fairing 150 cc dibandingkan 250 cc, kan tidak setara, alias tidak ‘apple to apple’ ?”. Pertanyaan tersebut wajar saja, karena dua motor ini beda kelas juga beda harga. Oleh karena itu motogokil bukan membandingkan harganya dan juga performanya secara head to head, akan tetapi sisi lain yang mungkin berguna bagi calon konsumen. Mari kita lihat sisi lain tersebut

Untuk saat ini (lain waktu bisa beda, karena harga gsx r150 masih promo), beberapa spesifikasi yang pas untuk dikomparasikan adalah sebagai berikut

cbr-250rr-vs-r150

Lho kok cuma sedikit spesifikasi yang dibandingkan ? Menurut motogokil, inilah spesifikasi motor beda kelas yang cukup memadai untuk bahan perbandingan. Dan setelah diolah akan menjadi seperti ini

cbr-250rr-vs-r150-value

Jika hanya melihat besarnya power, maka lebih baik membeli cbr 250rr. Akan tetapi jika ingin motor yang powerfull tapi duit cekak, maka pilihlah gsx r150. Karena meskipun powernya kecil, gsx r150 ternyata punya value for money yang lebih di sisi power dibandingkan cbr 250rr. Yaitu dengan uang 1 juta bisa mendapatkan 0.68 ps, sedangkan cbr 250rr hanya mendapatkan 0.612 ps.

Akan tetapi bagi rider yang tidak mempedulikan harga, pokoknya gue bisa kenceng, maka cbr 250rr menjadi pilihan yang tepat. Karena meskipun berat, ternyata PWR cbr250rr masih jauh lebih besar dibandingkan gsx-r150. Artinya, jika rider sama berat, saat adu drag, cbr250rr akan tetap unggul dibandingkan gsx r150, meskipun bobot gsx r150 lebih enteng 31 kg.

Dan ternyata optimasi pembangkitan tenaga cbr250rr memang jauh lebih besar dibandingkan gsx r150. Perhatikan nilai power/volume nya, cbr250rr 0.155 ps/cc sedangkan gsx r150 0.13 ps/cc. Jadi memang kalau urusan power, sepertinya cbr 250rr sudah mendekati limit power maksimum untuk motor harian.

Kemudian dilihat dari tinggi jog dan bobotnya, seorang rider harus mawas diri. Jika badannya kecil, kurus dan pendek (mohon maaf), maka meskipun tajir dan bisa membeli cbr 250rr, membawa motor ini cukup menyulitkan. Karena bobot cbr250rr sangat berat yaitu 172 kg, dan jika tinggi, kekuatan rider pas-pasan, tentunya saat atret ataupun selap selip di jalan macet akan menyulitkan. Apalagi wheelbase nya cukup panjang, lebih panjang sekitar 9 cm, sehingga untuk bermanuver membutuhkan radius putar yang lebih besar. Jadi kalau rider tingginya di bawah 160 cm, dengan bobot 45 kg dan sering lewat jalur macet, saran motogokil mending pilih gsx-r150, lebih menyenangkan untuk dibawa.

Sedangkan untuk urusan power gsx-r150 yang jauh lebih kecil dibandingkan cbr 250rr, ya wajar, karena beda kapasitas/cc juga beda harga. Tapi jangan khawatir, karena jika mengacu pada capaian cbr 250rr dengan nilai 0.155 ps/cc, maka power gsx r150 masih aman untuk ditingkatkan lagi mencapai 0.155 x 147.3 = 22.83 ps. Pada tingkatan ini, menurut motogokil mesih gsx r150, masih sanggup mencapainya tanpa perubahan yang banyak, dan pwr-nya naik menjadi 0.174 ps/kg. Lumayan tambah gesit dibandingkan sebelumnya.

Sementara itu dulu komparasi yang tidak apple to apple dari cbr250rr dan gsx r150. Kalau ada salah dan kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.