Power All New R15 Memang Paling Besar, Tapi Bukan yang Paling Gesit

gsx-r150-vs-satria-fufi-vs-all-new-r15-2

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Iseng-iseng motogokil mencoba membandingkan spesifikasi motor 150/155 cc bertenaga besar. Kebetulan yang sangat menyita perhatian adalah all new r15 yang memiliki power paling besar. Kemudian menyusul gsx r150 dan pendahulunya satria fu 150 fi. Mohon maaf untuk sementara motor yang powernya di bawah 18 ps, tidak ikut dibandingkan.

Dari spesifikasi masing-masing pabrikan sudah jelas bahwa all new r15 yang terkuat. Dengan power maksimum yang paling besar, apakah menjadi yang paling kencang ? Nanti dulu, periksa dulu bobotnya, karena truk fuso dengan power 280 ps masih kalah kencang dibandingkan ninja250fi yang bertenaga 32 ps. Hal ini disebabkan bobot yang harus dipikul truk fuso jauh lebih berat mencapai ribuan kilo, sedangkan ninja250fi tidak sampai 200 kg.

Mari kita lihat perbandingan power to weight ratio dari motor-motor kencang ini…

gsx-r150-vs-satria-fufi-vs-all-new-r15

Dan ternyata satria fu 150 fi masilah menjadi motor 150 cc dengan pwr dan twr terkuat. Disusul kemudian oleh gsx r150 dan yang paling buncit adalah all new r15. Lalu apakah data ini cukup untuk menjadi rujukan, siapa yang paling kencang ? Masih belum sepenuh nya benar, karena masih ada minimal dua faktor teknis yang mempengaruhinya, yaitu :

  1. Power band (gelap)
  2. Koefisien drag, pastinya motor sport full fairing (gsx r150 dan all new r15) akan memiliki koefisien drag yang lebih kecil saat kecepatan tinggi. Sehingga bisa lebih menungkinkan mencapai topspeed yang lebih tinggi dibandingkan satria fufi.

Tapi kalau urusan gesit-gesitan ngacir di lampu merah, atau di kemacetan, satria fufi masih yang tergesit. Karena selain pwr dan twr nya terbesar, bodinya juga ramping/pendek dan stir nya lebih mudah digerakan untuk bermanuver. Tapi kalau urusan ganteng, r15 memang yang terganteng.

Sementara itu dulu pemirsa motogokil yang terhormat, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

43 responses to “Power All New R15 Memang Paling Besar, Tapi Bukan yang Paling Gesit

  1. Ada yg tau berat All new CBR 150 & All new CB 150?

  2. Kok bandinginnya sama bebek, ya gk sesuaila. Kalau mau bandingin sama sport fairing kayak cbr150. Mana cbr150nya kok gk ada?? Mala di bandingkan sama fu aneh la. Paling tidak sama naked 150. Lebih mendekati.

    • kan sudah ane tulis tuh di alinea depan yang di bawah 18 ps nggak ikut
      bearti salah satria fufi kenapa powernya bisa mengalahkan motor sport

      • Power tidak mengalahkan cuma karena bobotnya lebih ringan, wajar aja namanya bebek cungkring beda sama sport bike yg tegap.

      • Dengan teknologi masa depan,harusnya sih berani dibanding dengan motor apa saja…bahkan dengan engine 2 strokes..
        dohc honda yang lemot aja ada yang membandingkan dengan 2 tak…

  3. Klo cm ganti knalpot freeflow kira2 brp ya naiknya power masing-masing?

  4. Om boleh dibandingin sama cbr 150 r karbu ga? *malu2

  5. Andai GSX-R150 harga 27,9 juta itu harga r3guler, peluang dia bagus nih

  6. walopun r15 plg gede power n tosinya tp twr (gsx klh dikit alias imbang) n pwr nya msh klh sm gsx…..kemungkinan top speed msh menang gsx… hrsnya cbr dimasukin sekalian walopun klh power n torsinya… biar kliatan inferiornya cbr…n buka mata ngahaem n akhirnya di upgrade …konsumen yg akhirnya diuntungkan….

  7. Oalah pakbro…si gepeng ra melu tanding gesit ..mesakno kae…tim sewot do nangis gero gero…Nang jamban..duh..melas aku..

  8. Saking cerdasnya bandingin truk lawan ninja…kerennn bingits

  9. untuk koefisien drag, kyknya R15 baru yg paling besar, blm ada news lubang udara di moncongnya itu ad gunanya atau tidak.
    pdhal fitur” nya sudah d bahas smua.
    cmiiw

  10. saran aja kang, jgn terlalu berpatokan pada data power on brosur, soalnya akan lbh fair jika yg tercompare power on whellnya, soalnya alat pengukurnya pun lbh pasti karna alatnya sama dan metode pengukurannya pun jugak sma, berbeda dengan power on brosur masing2 pabrikan.. masih inget kan kasusnya AHM yg salah ngukur power on cranknya, hehehe.. makanya setiap di tes dyno power yg dihasilin motir2 AHM berasa ganjil seperti pengurangan powernya (loss powernya) yg teramat kecil dibanding motor lain, dan memang sudah di konfirmasi sm TMCblog kalok memang benar AHM salah ngukurnya..

  11. Fu fi jossss…Kotozzz

  12. Secara teori GSX-R dan R15 beda tipis PWR dan TWR.. tapi faktor slippery clutch r15 juga berperan penting kah dalam akselerasi? Masalah top Speed tergantung perbandingan gigi akhirnya.. kemungkinan besar sih di atas 155 kph baik GSX maupun R15.

  13. Gsx-s ga masuk ya..
    Comot hl fufi bakal mantep lagi tampilannya..

  14. pak dosen gak salah ngitungnya beratnya itu ??
    berat kosong GSX 150 126kg loh
    coba tambah 11 liter pertamax , 1.3 liter oli , 1 liter air radiator yang total perkiraan saya 10kg masa berat isi GSX cuma 131kg

    mohon dikoreksi kalo salah

  15. lubang idung buntu? ato wadah klakson itu?
    kandang jangkrik jg oke tuh…

  16. kalo urusan gesit bukannya lebih ke panjang pendeknya wheelbase ya om?
    torsi juga sih…
    kalo ane ngeliatnya new R15 ini stabil buat jalan lurus, tikungan bersudut besar dan panjang, racy 70%, tourer 30%, good looking 80%, big bike wanna be, bisa irit krn slipper clucth, speedometer digital keren…

  17. old CBq tak mggir wae pak nek ktmu motor2 iki ngeriii

  18. tiggi juga seat nya r15 815 mm

  19. buat para mbek, biar kata DOHC keok ama SOHC nyang penting DOHC Coi…

    :v

  20. udah pke filter ferrox.knlpot prospeed shark fullsystem sm koil usr itu saja sdh ckup om..sesekali lari 140 bs lah diraih hehe

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan