Konsekuensi Motor yang Tenaganya Bertambah Besar

ganti-oli-bloger

yamaha-r15-power-upgrade

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rumor tentang power r15 versi 3 tahun 2017 nanti, yang sebesar 18.4 ps, sangat dinantikan kebenarannya. Peningkatan power yang cukup besar (sebelumnya hanya 16,59 ps) menjadi suatu daya tarik yang signifikan bagi sebuah motor sport full fairing (racy style). Maklum saja, pride rider akan naik seiring dengan kenaikan power motornya.

Akan tetapi ada yang penting yang harus diperhatikan, bahwa peningkatan power dari sebuah engine menuntut upgrade bagian lainnya. Karena power sebuah engine berasal dari proses pembakaran, maka peningkatan power selaras dengan peningkatan energi hasil pembakaran dalam ruang bakar (combustion chamber). Artinya ruang bakar akan semakin panas, dan inilah yang perlu diwaspadai dan diantisipasi.

Seperti yang pernah motogokil bahas pada artikel sebelumnya [artikel] bahwa combustion chamber memiliki suhu kerja tertentu (misalnya 700 derajat selsius). Tentunya dalam aplikasinya suhu ruang bakar sering memelibihi dari suhu kerja ideal tersebut. Oleh karena itu, pada bagian yang penyerapan panasnya besar diberlakukan sebuah sistem pendingin, salah satu komponennya adalah sirip-sirip udara (air fin), pendingin oli (oil cooler) atau radiator (liquid cooler).

Suhu yang terlalu tinggi pada bagian engine (biasanya di sekitar silinder dan head) akan mempengaruhi kinerja komponen-komponen disekitarnya. Bisa meningkatkan gesekan antara piston+ring pistondengan dinding silinder [artikel] juga bisa meningkatkan gesekan antara batang klep dengan bosh nya [artikel]. Bahkan bisa secara langsung mempengaruhi perubahan fisik suatu part yang signifikan pengaruhnya terhadap performa, misalnya kepresisian klep [artikel].

Oleh karena itu, jika suatu engine ditingkatkan powernya secara siginifikan, maka jangan dilupakan bahwa engine akan menghasilkan panas lebih besar. Untuk menjaga agar engine bekerja optimal pada suhu kerjanya, maka kemampuan sistem pendingin harus juga ditambah. mari kita bandingkan sistem pendingin pada engine klan vixion. Kondisi sistem pendingin standar

mesin-vixion-sistem-pendingin

Tapi karena power di-upgrade dengan menaplikasikan boreup kit, sehingga tenaga semakin besar dan silinder semakin panas, maka jalur liquid cooler-nya di bypass tidak lagi melewati termostat, tapi langsung ke water jacket. Seperti yang tampak pada bore-up kit vixion ini.

yamaha-r15-boreup-kit-bypass

Atau seperti yang dilakukan mas triatmono, saat mengupgrade power r25nya, radiator juga ikut di-upgrade [artikel]. Dan hal seperti ini bahkan lebih dilakukan oleh pabrikan suzuki saat mengupgrade power satrai fu dari 16 ps menjadi 18.5 ps. Suzuki merubah sistem pendingin dari air+oil cooled, menjadi liquid cooled (radiator) + volume oli mesin menigkat menjadi 1.3 liter [artikel]. Itupun masih terasa sangat panas saat melaju tersendat-sendat di kemacetan.

Nah sekarang mari kita lihat radiator dari spyshot r15 versi 3 2017. Silahkan dikira-kira ukurannya

yamaha-r15-radiator-spyshot

Kalau melihat sekilas, ukuran diameter di atas masih mirip dengan yang diaplikasikan di klan vixion sebelumnya (semoga saja salah). Harapannya sistem pendingin all new r15 ikut di-upgrade selaras dengan kenaikan powernya. Minimal mirip seperti yang dilakukan suzuki pada satria fu fi. Karena jika tidak, bisa gawat.

Bayangkan, engine vixion saat ini dengan cr 10.4:1 dan power 16.59 ps sudah sangat panas. Bahkan bisa pempengaruhi kuantitas pelumas mesin. Apalagi dengan power 18.4 ps (sesuai bocoran) dan kemungkinan besar cr akan meningkat, akan lebih panas lagi. Barangkali uji coba di jalan saat ini (yg terjepret kamera spy) juga merupakan langkah untuk mendapatkan setting/konstruksi sistem pendinginan yang optimal. Sehingga nantinya tidak menimbulkan masalah bagi user.

Kurang dan salahnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

 

$where = 0;

30 responses to “Konsekuensi Motor yang Tenaganya Bertambah Besar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan