Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine Sepeda Motor [ Bagian 2]


exhaust step

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semog kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Menyambung artikel sebelumnya bahwa performa engine motor dipengaruhi oleh suhu saat bekerja. Performa nya akan tidak maksimum jika tidak berada dalam range suhu optimalnya, khususnya pengaruh suhu terhadap gaya gesek piston + ring terhadap dinding silinder. Nah pada artikel ini akan kita bahas pengaruh suhu terhadap perubahan fisik klep, khususnya klep buang (exhaust valve), yang pada akhirnya juga akan mempengaruhi performa engine.

Klep buang bertugas sebagai pintu keluarnya gas bakar sisa pembakaran yang sangat panas. Otomatis sebagian energi panas akan diserap oleh bagian payung dan gagang klep yang ada di port keluaran. Akibatnya

klep menjadi sangat panas, coba perhatikan distribusi panas yang ada di klep buang dalam gambar berikut ini

Valve+temp1262911519

Gimana klep nggak memuai kalo panasnya sampe 700 derajat selsius. Karena memuai, otomatis batang klep manjadi semakin panjang dan semakin tebal, coba perhatikan perbedaan panjang klep ex yang berubah saat engine panas (run) dibandingkan saat hangat (idle).

Pemuaian akibat panas

Clearance/celah klep saat dingin 0.09 mm saat panas jadi 0.01 mm, semakin menyempit. Karena tahu klep buang akan panas dan memuai, maka celah klep buang selalu lebih longgar dari klep masuk (intake valve). Sebenernya klep masuk juga menerima dampak panas dari ruang bakar, hanya saja karena selalu di lewati oleh gas segar yang dingin, maka kenaikan suhu di klep masuk tidak sebesar klep buang.

Penyetelan kerenggangan klep yang baik adalah berdasarkan standar pabrik, dengan menggunakan fuller gauge. Karena pabrik sudah megukur pada saat suhu optimal, panjang klep akan bertambah “beberapa mm” sehingga pada saat noken-as (camshaft) bebas/free, bagian base circle tidak menekan klep, sehingga tidak terjadi kebocoran kompresi melalui celah2 klep.

rocker_clearance    kemInEx

 

Bayangkan jika penyetelan klep terlalu rapat (baik untuk klep in maupun ex), maka diawal kerja engine akan terasa mantab powernya, tenaga ngisi terus, hal ini karena klep terbuka lebih lebar dari standarnya. Namun ketika panas, batang klep mulai memanjang, (karena setelan awal lebih rapat dari std) maka saat noken-as seharusnya free, malah menekan klep sedikit. Meskipun sedikit, karena gas dalam ruang bakar bertekan tinggi, maka akan terjadi kebocoran kompresi. Nah saat itu tenaga mesin terasa ngempos, drop.

Untuk mesin dengan suhu ideal yg lebih rendah, umumnya penyetalan lebih rapat, sedangkan engine yang suhu idealnya tinggi penyetelan klep lebih longgar. Hal ini untuk mengantisipasi pertambahan ukuran klep yang lebih panjang daripada engine dengan suhu kerja yg lebih rendah. Oleh karenanya engine jenis ini pada saat stasioner suaranya berisik karena klep nya di-stel longgar, dan performanya maksimum-nya belum bisa muncul. Tapi saat mesin sudah panas mencapai suhu ideal, maka bukaan klepnya akan sesuai dengan std pabrik, sehingga tenaga yg keluar juga sesuai. Perhatikan contoh celah klep std pabrik dari dua motor yang berbeda.

valve clearance cbr150

valve clearance vixion

Panasnya klep buang juga bisa berdampak pada kerusakan, seperti batang klep terjepit di bos klep, hal ini terjadi pada mesin modif yang saat membuat lubang klepnya tidak presisi dan terlalu rapat. Kejadian lainnya adalah sitting klepnya aus, karena penggunaan klep racing. Sehingga payung klepnya mendem, dan batang klepnya menjadi naik. Ini juga bisa mengakibatkan kebocoran kompresi.

klep mendem

Jadi masing2 engine sepeda motor punya karakter sindiri2 dan punya kelebihan dan kekurangan masing2. Jika penyetelan kerenggangan klep sesuai std pabrik, maka muntahan power yg keluar dari engine akan sesuai dengan yg dijanjikan, selama engine bekerja pada ” kondisi yang disyaratkan”. Jika tidak, maka tenaga yang keluar tidak akan maksimal.

Mungkin sampai disini dulu obrolan kita mengenai pengaruh panas terhadap beberapa komponen yang pengaruhnya sangat signifikan terhadap performa engine. Lebih kurangnya mohon maaf.

Semoga berguna wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

107 responses to “Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine Sepeda Motor [ Bagian 2]

  1. Mpodiom lesehan…

  2. Yang gak cocok jam yg mana yak,kok komeng ane muncul jam 10.11am pdhal skg kan jam 05.13pm!

  3. Baca dlu ah biar pnter(smart) kyak FBY…wkwkwkwk

  4. Ah…ini kan cuma teori di kertas buram!

    #maaf ya FBY komeng ente ane pake

  5. Prinsipnya paham, jangan tanya kalo suruh praktekkin kekeke…
    Kalau di udara dingin, tarikan jossss, pasokan udara segar bin padet…

    http://kobayogas.com/2013/12/09/full-report-jfc-goes-to-tasik-peresmian-jfc-chapter-tasik-part-1/

  6. kalo di siang hari, mesin panas berasa loyo…
    sedang kalo pagi & malam, mesin panas terasa ganas…
    bgitu yg saya rasakan jika touring pake jupiter z 2007 dari kota atambua-kupang yg jaraknya -+ 350 km.
    berlaku juga buat teman2 yg pake supra !
    weeenak jozzz.

  7. Oalah…. Jadi ngeh ane knp klep out sll longgar. Btw stel klep ane in ane longgarin 0,02 diabding sutandar,sedang out tetep sutandar. Adakah efek negatifnya Min???? Mumpung pak ngADiMIN nya berelmu tinggi,ane numpang tanya mohon dijawab

    • kalo celah diperbesar/dilonggarin (catatan kondisi mesin std ting2), maka bukaan klep akan semakin kecil, efisiensi volumetrik akan turun, konsumsi bensin juga akan turun (lebih irit), tenaga juga turun. Suara berisik tambah kenceng.
      Efek jeleknya adalah, ruang bakar akan cepet overheat (jika untuk perjalanan jauh non-stop), karena fungsi gas segar+ bensin, bukan hanya sebagai bahan bakar, tetapi juga berfungsi sebagai pendingin.

  8. Ya bener bener jentre masa udah gini masih blom ngerti juga kebangetan lo semua

  9. @ bro motogokil
    mbok ya dijelaskan skalian untuk penyetelan klep menggunakan mur/baut penyetel berlaku untuk type SOHC. klu DOHC ya pakai bantalan (jgn2 nanti yg belum jelas DOHC nyari mur/baut stelan kerenggangan klepnya) jd tinggal pilih tbal tipisnya bantalan yg akn dpasangkan, smakin tipis bantalan smakin lebar clearance bantalan trhadap cam. lbh baik bantalan dsesuaikan std pabriknya aja krn kan sudah diuji

  10. juooozzzz…..
    duh ane msh penasaran sm bang HRS….blh gk bang mnt contact person nya?
    biar newbie ini bs merguru sm sampeyan.

  11. Om ada pendapat yg bilang kualitas klep ex thd panas lebih baik dari in, jadi kalau setel klep tidak perlu pincang, karena material klep sudah sesuai dg kemampuannya menahan panas.

    • kualitas lebih baik ok
      tapi tingkat pemuaian, adalah masalah lain, terkait dengan jenis logamnya
      buktinya baik honda maupun yamaha tetap memberikan selisih o.1 mm terhadap celah klep in dan ex nya

      • Ternyata 2 hal yang berbeda antara kualitas dan tingkat pemuaian, sip. selisihnya 0.05 mm om kalau yamaha scorpio z di manual servicenya.

    • mmg klep out lbh thn panas n material beda dg klep in, ktebalannya klep out lbh tbal krn untuk meminimalisir efek merugikan dr suhu yg tinggi. makanya bro jgn kaget jk beli klep ori yg out lbh mahal dr yg in pdhl kan kecil?? contoh aja klep megi primus/tger yg ori lho ya??? 1set krg lebih 500rb. yg out krg lbh 315rb…mahal ya??? honda pun spare nya jg mahal asal yg ori bawaan motor. klu yg kw klepnya 70rb dpt 1set.

  12. saya punya cs1 2012 kang baru jalan 9000km tapi panas banget jalan 6 km aja dah 4 bar…gmna gak sedeng tuh…..seal mechanical dah minta ganti…..akhirnya saya jual…
    Udah stel klep sampai ukuran rapet, ukuran standar dan renggang gak ada hasil…karbu dah diborosin gak ada hasil….thermostat dan jalur waterpump msh lancar…..

    Cuma yg masih penasaran apa ada kebocoran klep?

    • Jangan2 kipas radiator mati. Terus biasa pakai rpm kisaran berapa? Biasa jalan pada kecepatan berapa?

      • Itu biasa’a, Kipas radiator’a mati masbro. .. Kyk cs1 temen ane, overheat! ane check kipas’a udh nga fungsi lg alias koit..

        • kipas, thermostat mah lancar mas bro……cuma mesinnya cepet overheat….tarikan berat gila, suara knalpot jd rendah gitu

          • Kalau sudah dijual, susah juga cari penyebabnya. 😉 Pernah sampai 4 bar, tapi itu gara2 tanjakan ekstrim yg panjang sambil boncengin orang. Jadinya rpm tinggi terus menerus dlm kecepatan lambat. Tapi ya cuma sekali itu.

  13. Pingback: Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine Sepeda Motor [ Bagian 1] | motorgoodness

  14. Maaf mas ini menyimpang dari judul mau tanyain perbandingan diameter dan langkah tiger vs pulsar 220 kan sama 63,5 x 62,2 tapi kok vol silinder beda mas itu pengaruh apa ya? Sebelumnya terimakasih semoga sehat selalu aminnn.

  15. Bro IWF…ane mau nanya nih…: Knapa di CBSF sering dijumpai suara Klotok-Klotok yug konon berasal dari Noken As/Camshaf..

    Kasus yg banyak dijumpai suara tsb timbul pd saat mesin msh dingin sementara pd saat mesin sudah panas suara hilang dg sendirinya.

    Ada yg bilang itu terjadi karna Olie belum naik, sementara ada yg bilang karna camshaf yg longgar. Kalo karna camshaf bukannyua suara Klotok2 tersebut harusnya permanent..?

    Sementara ini kalo klaim ke AHAS maka akan diganti Camshaf baru, namun ada temen yg mengakalinya dengan Olie Mahal..

    Mohon pencerahan (kalo bisa dibuatin artikle khusus ya mas IWF…) Matur nuwun.

  16. keknya ada yg baru dpt cobaan…
    hhe

  17. HRS itu Haji Asep Hendro juragan AHRS?
    wah mantap nih, semoga bisa diajarin ilmu bisnisnya.. hehe

  18. Request dong bro,. Memilih Jalur oil cooled yg baek dan benar! Coz sering terjadi selisih paham/pendapat ttg hal ini.. Trims sebelum’a.

    • yg dmaksud jalur yg bagaimana ya bro??
      jk pakai oil cooller ya seharusnya oil stelah dtekan/dsemburkan oilpump (didlm calter mesin) disalurkan masuk k oilcooller dulu (inlet oil cooller) selanjutnya setelah keluar (outlet oil cooller)disalurkan k saluran menuju head (lubang noken as). kenapa oil yg ddinginkan dsalurkan ke head??? kan head ini panasnya berlebih krn pembakaran ddalamnya. meski mesin dg system pendingin air cooller + oil cooller ini masih krg optimal pendinginannya k mesin jk dbanding dg radiator. tp lbh bagus drpd air cooller saja. mk seharusnya kisi2 cooller hrs tetap bersih biar pelepasan panasnya tetap optimal sesuai fungsinya.

  19. Mas klo boleh arsipnya dari warung ini pertama muncul apa bisa diakses semua maturnuwun

  20. Wa’alaikumsalam, wr,wb

  21. kang bikinin artikel tntang pnp dong..

  22. wah jadi paham nih, kenapa motor ane loyo n suka mati2 klo mesin udah kepanasan, padahal kompresinya cuma 9,3 tapi cepet panas. tapi klo suhu mesin masih kondisi normal sih enak.

  23. ♥♡ MB@H D@RMO ♡♥

    ini baru joss gak ada kata hondonya .

    😀

  24. munglulusanplaygroup

    Mengalami radiator bocor menyebabkan ‘gembrebeg’ diperparah kecapekan yang tidak dirasakan akhirnya teror jantung dan stroke mengancam raga si motor

  25. ok bangets
    ikut nyimak az biar ngarti masalah mesin

  26. nambah ilmu maning….

  27. jumlah busi pengaruh ke peningkatan suhu ruang bakar ga bro? contoh motor bajaj

    • sampean itu aneh bgmn cara bandingkannya ya???? wg bajaj itu dah dari sononya pakai 2 busi ttp jk ptaran rendah cuma 1 yg fungsi, klu motor pada umumnya mnggunakan 1busi trus sama bro dmodif dtambahin busi n perangkat pengapian lainya? bisa jg panas mningkat. sbenarnya busi 1 dah cukup kq, sberapa besarnya ruang bakarnya? yg plg bagus busi brada d atas (tengah2) krn sgt mmbantu pmbakaran krn searah dg gerakan piston jd bang/ledakan pas center piston n merata

      • Bro hrs ane ada masalah nih sama nvl ane
        NVL ane mati pas di rumah nih, kondisi mesin dingin, aki ane periksa tegangan 12 v
        lampu MIL nyala panjang 1x pendek 1x, bro hrs mungkin tau knapa ?
        barangkali bisa nyala, supaya bisa dibawa ke bengkel.

        • bro moto gokil ini bagaimana sih???
          mbahnya engine kq mlh tanya k saya wah2, apa aq hrs ujian dulu biar lulus skolahnya ya???

        • bgmn bri Motogokil??? motornya dah bereskan???? trnyata kdipan sinyal MIL nya vixi lbh galau dr kdipan si susi ya??? wk.k.k smoga ECU gkpp, itu plg cuma injection unit (systemnya error) bawa k beres resmi dah kelar kq

          • beres cuma low bat
            tukeran sama aki nya CS1, NVL langsung greng
            CS1 -nya gantian low bat, tapi nggak masalah, engkol 2 x greng juga.
            Sekarang pake CS1 berharap aki keisi dikit.

          • Wah, ternyata perkiraanku salah. Ternyata aki. Apa sudah pakai alat2 listrik tambahan? Setahuku nvl lampu utama masih ac, jadi seharusnya drl nggak pengaruh ke aki. Selama ini pakai idling stop manual (matiin mesin waktu lampu merah) nggak pernah akinya sampai lemah. Mungkin ada yg nggak normal di pengisian nvl-nya. Mumpung masih garansi, diurus saja.

          • Kayaknya salah satu Penyakit Laten Yamaha dari dulu di AKI bro…knapa ya..? (Gk mio, gk vixion, gk bebeknya)

          • ternyata aki NVL lebih kecil dari akinya CS1
            aneh aja, soalnya daya yang dibutuhkan komponen elektroniknya lebih banyak dari CS1, tapi kapasitas akinya lebih kecil
            Kayaknya NVL 4Ah dan CS1 5Ah

        • wah2 katanya dah ditest tuh accu nya tegangannya normal 12v

        • P = E X I
          P = I^2 X R
          E = I X R

          P = Daya (watt)
          E = Tegangan (Volt)
          I = Kuat arus (Ampere)
          R = Resistant (Ohm)

          Jd kan bisa dikalkulasi berapa daya yg dbutuhkan jk dah ditest pakai tester berapa tegangan ma arus accu n berapa resistant motor starternya. bereskan? ntar timbul lagi jenis kedipan yg lain. masih byk bro jenis kedipan MIL NVL, enak dikedipin cwek kali ya?

      • wah berarti posisi busi yang menentukan sempurna atau tidaknya bang/ledakan pembakaran ya bro hrs..berarti bajaj bikin sensasi aja nih.. hihi..

        • tdk bro…bajaj tdk cari sensasi, karena busa brada dsisi head maka busi ada d dua sisi segaris maka lbh mnguntungkan drpd 1 busi dsisi head. krn dg 2 busi tsb pembakaran akn benar2 tuntas krn partikel bbm yg blm terbakar tuntas akn dtuntaskan busi yg ke2 jd kdua busi ini tdk mnyala bersamaan. efeknya dr 2 busi ini pmbakaran lbh efisien dr 1busi dsamping, shg lbh irit dg power lbh bgus. jk dsuruh mmilih saya pilih 1 busi dtengah/top head aja.

  28. HONDA MAKIN PANAS UEDAN.

  29. coba dreset om nvl nya cabut btre m soket yg ke ecm hehehe tes tes aj

  30. Maaf mas ini permintaan yang lucu bin bodoh apa bisa mas keluarin artikel sistem kerja motor lagi mas,cara cdi kerja dan untuk pengisian accu yang katanya ada fullwave yg satu fase dan tiga fase boleh mas

  31. Trims ilmunya

  32. mantep suhu……izin nyimak

  33. mas req FU dong, motor dohc tpi kok bawahnya galak

  34. mas, bisa req FXR, walau gak diproduksi lagi, tapi ane masih wow sama ini motor, soalnya di speknya bisa 20dk/13.000rpm, dan limiter di 13.500rpm… udah kayak spek balap… apakah itu diset emang maksimal?

    dan juga kalo bisa bahas juga fungsi 2 exhaust di thunder250…

    terima kasih

  35. Juragan, mau bertanya nih..
    Dapet semua angka2 diatas darimana y?
    Kalo memang suhu tertinggi ruang bakar itu 700 derajat celcius itu dapet darimana referensinya? Mas ngukur sendri kah ato ada sumber lain?

    Kalo ada daftar pustaka, mohon bisa dicantumkan biar yang lain juga bisa belajar..

    Soalnya blog ini satu2nya blog otomotif yang bikin betah bacanya karena bahasannya dalem ilmiah, dan menguak fakta2 yang orang otomotif pada umumnya belum tentu tau/belum tentu ngasih tau..

    Blog kedua setelah http://www.mototuneusa.com..

    Terima kasih banyak gan..

    • dari literature, ada yang jurnal ilmiah ada yang berasal dari forum otomotif luar negeri.
      itu sekedar buat gambaran saja, kalo benar2 mau dijadikan tinjauan pustaka memang seharuanya ane tampilin kajiannya secara lengkap.
      tapi takut yg baca pada puyeng, ntar malah kabur…dan informasi jadi tidak tersampaikan

  36. Mas halamannya habis apa gimana?

  37. mas, sampean punya CS1 kan?
    ukuran stel klep yg enak brp mas?
    trus stel’a kondisi dingin atau pas panas???

  38. Ikut baca dan menyimak,thanks bro info nya

  39. Pingback: Semakin Panas Mesin CBR150, Performanya Semakin Optimum, Semakin Ngacir | motorgoodness

  40. mo tanya ne….mx ane kepala kelepnya melebar atau dower gitu. apa pengaruh setingan celah kelep yg terlalu rapat ya? aku pake uukuran celah mx stadar 0,6….in,ex. skrg udah aku ganti kelep baru ukuran celah kelepnya aku buat 0,10 in,ex. soalnya mx ane dah make cam punya vixion serta bloknya juga…kira2 aman ga ya….aku takut nanti dower lagi tu kepala kelepnya.

    • karena pakai cam vixion, lift nya lebih tinggi, momentum tumbukannya payung klep ke seating klep nya lebih keras, makanya klepnya dower

      • jadi bro motogokil, kalo jupiter mx pake noken dan blok+piston vixion bagusnya pake setelan klep punya vixion (in. 0.10-0.14 mm, ex. 0.20-0.24 mm) atau punya jupiter mx (in. 0.10-0.14 mm, ex. 0.16-0.20 mm)?

        kalo orang rata2 bilang vixion in. 0.10 mm, ex 0.20 mm, sedangkan mx in. 0.12 mm, ex. 0.16 mm.

  41. Pingback: Konsekuensi Motor yang Tenaganya Bertambah Besar | motorgoodness

  42. mas v ixion goe ketika jalan lampu depan di mati akan tiba tiba mesin lemas kaya gak ada api mas, dan kalau lampu depan di nyala kan mesin normal gak lemas lagi, kira kira apa ya masalah nya mas…????

    • kayaknya ada yg konslet tuh, kalau konslet ya tegangan ke ecu dan busi langsung drop. ati2 ada yang terbakar
      dan lampu depan yg terkait langsung, bisa dijadikan indikator untuk mencari posisi mana yang konslet

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting