Dengan Tampilan Fresh yang Lebih Keren, Mampukah R15 Menarik Minat Konsumen

ganti-oli-bloger

yamaha-r15-tahun-2017-full-ls

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Calon all new r15 untuk tahun 2017 sudah ramai spyshot nya di blog otomotif nasional. Hal-hal yang merupakan aspek penting penampilan sebuah motor sport banyak mengalami perbaikan. Beberapa diantaranya adalah velg, suspensi depan diganti usd, headlamp berubah menjadi lebih proporsional, dan juga perubahan stoplamp.

Secara style, jelas sekali bahwa all new r15 akan sangat berbeda dengan old r15. Pastinya lebih keren, dan hal ini sudah menjadi tradisi yamaha membangun motor keren. Bahkan bisa saja membuat owner r15 lama sedikit masgul (pengen ganti r15 yang baru). Dan dengan perubahan ini, menjadikan r15 tahun 2017 motor sport 150cc (menurut motogokil) paling keren di Indonesia, apalagi nantinya ditunjang dengan cet, warna serta striping yang keren, jos dah.

Hanya saja, ada beberapa yang cukup menggelitik dari penampilan spyshot tersebut yaitu …

  1. Ban dan velg nya sekilas sangat mirip dengan klan all new cb/cbr150r. Barangkali yamaha bisa mempertimbangkan mengganti model velg dan kembangan bannya, supaya bisa lebih meningkatkan confident dari ridernya.
  2. Lampu belakang (stoplamp) sangat mirip dengan suzuki gsxr150, kalau ini sih gampang dimodifikasi, pakai skotlet cukup.

all-new-yamaha-r15-tahun-2017

Dan yang paling menarik bagi motogokil, katanya engine dari r15 versi 2017 ini mengalami banyak perubahan. Bocoran yang santer terdengar adalah :

  1. Mengadopsi halfcut nmax, sehingga bagian silinder dan ruang bakar serta head-nya merubah drastis.
    • Bagian head mengadopsi vva dan
    • bagian silinder pengadopsi boring dan piston yang lebih besar
  2. Power-nya meningkat dari 16.5 ps menjadi 18.4 ps, wuiih naik banyak. Mirip dengan kenaikan power saat old vixion berubah menjadi nvl. Dan kenaikan power ini sepertinya menjadi hal yang wajib, untuk mengimbangi style yang semakin keren dan mengoptimalkan volume silinder yang semakin besar (sekitar 155 cc)

Dengan kombinasi upgrade di sisi tampilan dan performa ini, menjadikan r15 menjadi kandidat kuat untuk menjadi pilihan utama rider yang ingin tampil stylish. Performanya yang diusung enginenya (jika benar 18.4) jelas jauh lebih besar dibandingkan all new cbr150r meskipun masih di bawah gsxr150 (19.2 ps). Dengan power sebesar itu menjadikan r15 kandidat kuat untuk menumbangkan an cbr150r dan kembali menguasai pangsa pasar motor sport full fairing 150cc.

Barangkali yang akan menjadi sedikit hambatan dalam penjualan r15 adalah image engine nya (yang katanya) masih sohc dan over stroke. Karena hal ini berlawanan dengan pengembangan engine high performance di dunia balap. Tapi fby sudah punya dalih untuk menepis anggapan minor ini, yaitu dengan dua alasan :

  1. Memangnya beli motor harian untuk balapan ? Untuk motor harian yang penting keren, irit, nyaman dinaiki dan performa secukupnya (kalau bisa di atas rata-rata)
  2. Toh kalaupun diperlukan dioprek untuk balapan, terbukti r15 (engine klan vixion) sangat handal dan menjadi jawara di banyak kejuaraan balap tingkat nasional.

Oleh karena itu jangan ragu dengan r15 tahun 2017 nanti. Semoga motor sport yamaha kembali berjaya, bersaing dengan honda. Sehinga baik honda maupun yamaha akan saling adu teknologi dan style untuk memperebutkan pasar di Indonesia. Konsumen akan semakin dimanjakan dengan banyak pilihan motor bagus.

Lho suzuki kemana ? Barangkali untuk sementara mereka (honda dan yamaha) akan sedikit mengabaikan suzuki, karena minimal 3 alasan :

  1. Pangsa pasarnya kecil, jadi bukan merupakan ancaman
  2. Infrastruktur nya masih terpuruk (banyak dealer+bengkel resminya tutup), sehingga untuk bangkit membutuhkan waktu yang cukup lama
  3. Teknologi dan performa motor suzuki (menurut motogokil) terlalu tinggi untuk diikuti, sehingga jika honda dan yamaha mengikutinya bisa-bisa keluar duit banyak. Jadi untuk sementara teknologi dan performa engine dibuat rata-rata secukupnya saja (konsumen juga nggak protes)

Sementara itu dulu mas bro pemirsa motogokil yang tercinta, lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

21 responses to “Dengan Tampilan Fresh yang Lebih Keren, Mampukah R15 Menarik Minat Konsumen

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan