GSX R150 Gabungan Antara PWR dan TWR yang Paling Top

ganti-oli-bloger

gsx-r150-twr-pwr

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru saja lihat video dari blogger kondang (iwb) yang menunjukkan bahwa torsi gsx r150 lumayan ganas untuk motor 150cc. Dalam vidoe tersebut  gsx r150 dengan bobot 126 kg, dengan rider yang tinggi besar, terlihat menunjukkan ledakan torsinya. Motor agak liar, dan begitu mudah untuk diajak wheelie.

Terlepas dari skill sang rider, rasio transmisi dan lainnya, video tersebut mampu menyampaikan pesan bahwa torque to weight ratio (twr) gsx r150 yang overbore, cukup mumpuni. Hal ini sedikit berlawanan dengan kebanyakan motor sport overbore, seperti cb150r (k15) dan cbr150rr (k45). Dan hanya mampu disamai oleh motor-motor overstroke seperti klan vixion/r15.

Sebelumnya, kita sering menyaksikan bagaimana pendahulu gsx r150, yaitu satria fufi (k12) menunjukkan powernya di rpm tinggi. Capaian topspeed di rpm tinggi paling unggul di kelasnya dalam kondisi standar. Apalagi jika dilakukan ubahan di sektor knalpot, ecu dan lainnya, powernya akan mudah di-upgrade ke level yang lebih tinggi.

Nah…apalagi jika engine yang identik yang telah di-upgrade powernya menjadi 19.2 ps diaplikasikan pada gsx-r150. Keunggulan lainnya adalah lekuk body gsx r150 memiliki sifat aerodinamika serta handling yang jauh lebih baik dibandingkan satria fufi. Tentunya dengan kombinasi power besar di rpm atas dan aerodinamika yang lebih baik, topspeed gsx r150 sangat mungkin lebih tinggi dibandingkan satria fufi. Wajar sih, masa motor sport kalah kencang dibandingkan motor bebek ?

Kombinasi twr dan pwr inilah yang nantinya akan diusung oleh suzuki gsx r150 untuk mendobrak pasar motor sport 150cc. Motor sport baru suzuki ini seakan ingin menggabungkan keunggulan dari kedua kompetitornya, twr tidak kalah dengan r15 dan pwr terunggul dibandingkan ncbr150r dan r15. Entah bagaiaman insinyur suzuki meracik kombinasi ini, yang terpenting keinginan rider motor sport full fairing 150cc bisa terpuaskan, yaitu gesit di lalulintas padat dan kencang di jalan lurus dan panjang.

Kira-kira bakalan laku nggak gsx r150 ???

Mohon maaf kalau ada kesalahan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

22 responses to “GSX R150 Gabungan Antara PWR dan TWR yang Paling Top

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan