GSX R150 Gabungan Antara PWR dan TWR yang Paling Top

gsx-r150-twr-pwr

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru saja lihat video dari blogger kondang (iwb) yang menunjukkan bahwa torsi gsx r150 lumayan ganas untuk motor 150cc. Dalam vidoe tersebut  gsx r150 dengan bobot 126 kg, dengan rider yang tinggi besar, terlihat menunjukkan ledakan torsinya. Motor agak liar, dan begitu mudah untuk diajak wheelie.

Terlepas dari skill sang rider, rasio transmisi dan lainnya, video tersebut mampu menyampaikan pesan bahwa torque to weight ratio (twr) gsx r150 yang overbore, cukup mumpuni. Hal ini sedikit berlawanan dengan kebanyakan motor sport overbore, seperti cb150r (k15) dan cbr150rr (k45). Dan hanya mampu disamai oleh motor-motor overstroke seperti klan vixion/r15.

Sebelumnya, kita sering menyaksikan bagaimana pendahulu gsx r150, yaitu satria fufi (k12) menunjukkan powernya di rpm tinggi. Capaian topspeed di rpm tinggi paling unggul di kelasnya dalam kondisi standar. Apalagi jika dilakukan ubahan di sektor knalpot, ecu dan lainnya, powernya akan mudah di-upgrade ke level yang lebih tinggi.

Nah…apalagi jika engine yang identik yang telah di-upgrade powernya menjadi 19.2 ps diaplikasikan pada gsx-r150. Keunggulan lainnya adalah lekuk body gsx r150 memiliki sifat aerodinamika serta handling yang jauh lebih baik dibandingkan satria fufi. Tentunya dengan kombinasi power besar di rpm atas dan aerodinamika yang lebih baik, topspeed gsx r150 sangat mungkin lebih tinggi dibandingkan satria fufi. Wajar sih, masa motor sport kalah kencang dibandingkan motor bebek ?

Kombinasi twr dan pwr inilah yang nantinya akan diusung oleh suzuki gsx r150 untuk mendobrak pasar motor sport 150cc. Motor sport baru suzuki ini seakan ingin menggabungkan keunggulan dari kedua kompetitornya, twr tidak kalah dengan r15 dan pwr terunggul dibandingkan ncbr150r dan r15. Entah bagaiaman insinyur suzuki meracik kombinasi ini, yang terpenting keinginan rider motor sport full fairing 150cc bisa terpuaskan, yaitu gesit di lalulintas padat dan kencang di jalan lurus dan panjang.

Kira-kira bakalan laku nggak gsx r150 ???

Mohon maaf kalau ada kesalahan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

22 responses to “GSX R150 Gabungan Antara PWR dan TWR yang Paling Top

  1. Iya mas,kamarin liat di FB juga terlihat enteng bgt sih gsx R150 diajak whellie…

    http://bmspeed7.com/2016/12/26/bahaya-menaruh-helm-pada-tangki-motor-berikut-penjelasannya/

  2. midah mudahan laku
    tanpa persaingan dunia roda dua nggak akan ada kemajuan,,,apalagi kalau di kuasai satu pabrikan ,,,ya sudahlah.

  3. Bodi enteng bikin akselerasi bagus. tenaga kuat bikin top speed bagus.

    Tapi hati hati jangan sampai di black campaign seperti satria FI. Masa ya mesin dyno sama tapi hasilnya beda.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/12/24/aditif-oli-semacam-lupromax-atau-nano-energizer-itu-berguna-tapi-tidak-bisa-menggantikan-minyak-goreng/

  4. Laku pasti. Laris? Belum tentu

  5. Nyimak dulu….

  6. berat kosong gsx-r150 nya 131 kg pak dosen

  7. Pak tanya, apakah motor ini karakternya mirip dengan ocb/ocbr yg “ndredek” di rpm rendah atau lebih stabil seperti ncb/ncbr?

    • Jadi ingat di saat awal awal pengembangan pro capacitor. Ada yang coba di ocb dengan modif knalpot, dari asalnya motor dijalankan tanpa digas nyentak nyentak, jadi bisa jalan mulus. Efek pro capacitor itu mirip kalau bensin ditambah tenaganya, Jadi solusinya kalau ndredek di rpm rendah rasanya tinggal diatur pembakaran atau pakai bensin yang enak.

    • kalau yg ane rasakan
      di rpm rendah kaya nvl (1pa)
      di rpm tinggi kaya cbr150r (k45)
      Bedanya adalah getaran mesinnya minim, lebih halus

  8. iya, diakalin pake koil racing, filter freeflow kyk ferrox plus busi iridium ilang tuh lemot di rpm bawahnya, RPM atasnya makin gila, apalagi pke pertamax turbo

    produk ga ada yg sempurna, n tidak ada owner yg cepet puas 😀

  9. kyknya layu sebelum berkembang…….awal kemunculan safufi heboh…..adu drag ma gsxr1000…..akhirnya penjualan nyungsep…msh larisan sonic n mxking… komentator diblog2 bilang jas jes jos….tp ga beli….dikritik bengkel tutup dealer tutup ga boleh……3 s g mslh… tp konsumen diluar sono pasti pertimbangkan 3 s itu pasti…beli motor klo merepotkan ya wasalam…..!!! sm kyk dl waktu pulsar 200ns…bilang jas jes jos…e dkritik 3s jg ktnya ga mslh…kenyataannya ga pd beli….3s itu penting bro……smpe diobral 15 jeti tetep ga laku…….!!!!!

    selain itu desain katrok jelek…emang org beli motor cm pengen mesin kenceng????? byk yg dipertimbangkan…………………. mending sijuki main skutik pasarnya besar……motor bebek n motorsport pasarnya kecil….dah mulai ditinggalkan…liat jepang cina taiwan eropa indo…semua lari ke skutik …ada pasarnya bebek n motorsport tp kecil bgt!!! aplg liat taiwan 99% skutik…..jmn skrg pilih yg praktis nyaman….

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan