Top Speed Sport Suzuki 150 CC 190 KPJ. Sangatlah Mungkin, Bahkan Mudah Dicapai

Diposting pada

sport suzuki 150cc new

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tersebar rumor, bahwa suzuki telah melakukan pengetesan sport 150cc berbasis engine 12k (satria fu 150 fi). Menurut rumor tersebut, top speed yang bisa dicapai adalah 190 kpj, entah itu versi speedometer atau versi racelogic. Banyak yang mengharapkan menjadi kenyataan tapi banyak yang sangsi. Tapi menurut motogokil topspeed tersebut sangat mungkin, jika memang suzuki mengiginkannya.

Bagaimana bisa ? Tentu sangat bisa, mengingat performa standar satria fu 150 fi sudah cukup tinggi. Dengan power 18.5 ps, topspeed yang diraih mencapai 150 kpj, maka wajar jika motor sportnya bisa lebih tinggi lagi performanya. Apalagi beberapa part yang disematkan pada satria fu 150 fi sudah sangat mendukung, sehingga untuk mencapai performa yang lebih tinggi bisa dikatakan mudah saja.

Mari kita lihat alasan logisnya…

Top speed standar satria fu 150 fi bisa dilihat di tabel ini

satria-fu-fi-topspeed-gear-rpm std ok

Jika sport suzuki 150 cc keluar tentunya, akan menggunakan ban seperti rival-rivalnya. Bahkan dengan power yang jauh lebih besar, tidak akan masalah (kedodoran) jika menggunakan ukuran ban belakang yang lebih besar. Misalnya mrnggunakan ukuran ban gixxer150 (versi india) dengan ukuran 140/60. Dengan hanya mengganti ban belakang satria fu 150 fi 80/90-17 dengan ban gixxer150 140/60, top speed langsung naik, lihat tabelnya.

sport suzuki 150cc topspeed

Jika menggunakan rasio ahir 15/40, top speed pada gigi-6, pada putaran engine 13000 rpm mencapai 182 kpj. Jika dianggap error speedometernya sekitar 8%, maka pada speedometer akan tertera 195 kpj.

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, “Mampukah sport suzuki pada gigi-6 rpm-nya mentok sampai limiter (13000 rpm) ? Jawabannya ada dua kemungkinan :

  1. Jika powernya masih sama dengan satria fu 150 fi, dan versinya naked, akan sulit mencapai top speed tersebut.
  2. Bisa dicapai jika sudah mengadopsi full fairing, dengan power diatar 20 ps, dan bobot yang tidak terlalau berat (di bawah 140 kg).

Untuk mendapatkan power di atas 20 ps tentunya sangat mudah bagi suzuki. Karena potensi sudah tersedia seperti :

  1. Throttle body yang terbesar
  2. Lebar klep paling besar
  3. Radiator paling besar

Suzuki tinggal melepaskan “belenggu” power pada engine 12k, yaitu dengan :

  1. Melebarkan porting in dan ex nya
  2. Tunning panjang header knalpot, intake runner
  3. Filter udara diperluas areanya
  4. Camshaft di-upgrade profilnya
  5. Finalisasi remap timing pengapian dan durasi injector di ECU

Dengan ubahan tersebut sangat memungkinkan powernya di atas 20 ps, seperti prediksi dalam tabel ini

sport suzuki 150cc power

Kalau masih belum puas, tinggal dongkrak VE ke efisiensi yang lebih besar lagi, misalnya 90%. Kemudian geser power puncak ke 12000 rpm, dan cr naikkan ke 12:1. Upgrade seperti masih dalam katagori street performance, dengan power 25.6 ps. Kayaknya sudah cukup untuk menurunkan gir belakang menjadi 38, sehingga topspeednya menjadi 190 kpj, versi speedometer sudah tembus 206 kpj.

Yang sudah punya satria fu 150 fi, silahkan mencoba. Kalau ane mah ngeri…

Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

76 thoughts on “Top Speed Sport Suzuki 150 CC 190 KPJ. Sangatlah Mungkin, Bahkan Mudah Dicapai

  1. nggk usah muluk2 laahh kalau cm 150 cc 4 tak, wkwkwkwk.. semua motor bisa aja pas standar 2 atau on paddock dpt top speed setinggi mungkin on rationya.. tinggal diperberat aja rasio sekundernya..
    tp bisa kagak tuh motor dibuat segitu real on roadnya ?? si fu fi aja ngos2 an juga lari diatas 145 kpj.. dapet 145 kpj pun lama.. lihat di youtube aja daahh πŸ˜€ rasio berat cm bakal menang di gear bawah, tp final gear cm jd pemanis..
    dan suzuki memang bisa bikin itu dengan cara2 yg om motogokil bilang, tp apakah langkah itu akan diambil suzuki ?? mengingat peruntukan motor ini cm buat harian bukan race.. mngkin bisa aja kalau race, kalau buat harian ?? mngkin suzuki nggk akan berpikir hanya pada speednya, namun pada fungsional, durability, dan efisiensinya jugak.. yg pntg top speed lbh unggul walau tipis dari kompetitornya jg udah cukup.. yg pntg unggul..kalau unggul mutlak tp kagak efisien, dll gua jamin bakal sulit laku… blm lagi main dealernya udh banyak yg gulung tikar.. karna rata2 di segmen ini konsumen mencari motor yg paling kencang dikelasnya namun tetep irit bbm.. dan keunggulan tipis di speed pun namun bbm tetap dlm rentang normal udh akan mndapat nilai plus dari calon konsumen, nggk harus unggul mutlak tp bbm ngocor, ya tetep aja sulit laku.. beda lagi kalau race oriented yak πŸ˜€

    1. @vixioner
      Puasa2 gak usah lebay…!!!!
      Fu 145 kpj sampeyan ngimpi…???
      Standar asli baik versi karbu indo / thai sami mawon…Real spido ngibul aja bangga…!!!! Motor 150 cc lari segitu omdo kaum fanatik hoax….
      Lha dibawa 70 kpj kena angin aja ngleyang….!!!!
      FU PIKSEN CBR FXR 150 cc bisa 120 kpj bener2 real aja gak ada…!!!
      BULLSHIT MAH…!!!!
      Liat spido ngibul aja percaya BULLSHIT…!!!!
      Yg punya warung juga sama alay dah tua kepala 3 masih aja kebut2an.
      Ingat anak bini bro…!!!!

      1. he he he ane alay? sok tahu ente
        tahu dari mana ane kapala 3 ?
        tahu dari mana kalau ane suka kebut2an ?
        ane lebih senang ingat Tuhan daripada ingat anak bini ?
        tahu dari mana kalau ane punya anak bini ?

        kayaknya komen ente dah yg lebay
        he he he peace bro

    2. tapi bagus kalau suzuki nggak ikut-ikut honda atau yamaha
      yang penting paling kencang dan paling powerfull, lebih boros sedikit tidak mengapa
      asalkan sebanding dengan “kesenangan” yang diberikan
      kalau bilang motor sport murni (full fairing) pastilah orientasinya power dan kecepatan
      kalau mau adu irit, suzuki sudah pasti kalah dengan honda verza

          1. mayan untuk ukuran ayago nmbus segitu.. tp udh kliatan efek dari rasio beratnya.. gear 6nya sulit ngangkat.. 150 kpj keatas udh mulai berat.. tp untuk uk. ayago udh joozz tuh nmbus segitu std.. hampir bisa ngimbangin top speed cbr 150 lokal k45a dan cbu fi

        1. ini yg saya mentok 183 bos cek di instagram rifaldi256 mangga mau di cek dirumah juga bisa πŸ™‚ saya make satria fu injeksi , gini aja bos masa udah canggih spedo digital masa masih boong

  2. haha…dg rentang harga yg hampir sm…tp power lbh besar…pasti bbm boros plus durability yg dikorbankan alias lbh cpt jebol!!! coz dg harga yg mirip2 pastinya material part mesin juga ga akan jauh beda itu pasti… pabrikan lainpun yakin bs bikin motor yg lebih powerfull. klo material mesin bagus otomatis harga pasti mahal…mo dijual berapa????
    dijual 50 jt…yo mending beli mt25 sekalian…

  3. kenceng di mulut suzuki doang. Mp5 sama mp1 aja KO lawan meking. Sama sonic palagi. Jauh. Hahaha. Clan mesin CBR emang lebih unggul.

  4. Kencang diatas kertas,.klu dirace dg spec mesin sama” full korekan,,alah gk jauh beda,.sering gk podium iya

    1. Klo 4tak meragukan bsa sampe segitu.. klo rgr150 ane bru percaya bsa segitu didukung power n torsi yg nampol..

  5. Fu Fi aja lebih boros daripada sonic. Palagi versi fairing yang katanya bisa 190. Haduuuh ampun ampun.

  6. Cr 12 ngeriii om, pertamax plus di daerah langka. Tpi ane setuju jika calon sport suzuki lebih powerful dr kompetitor krna itulah identitas suzuki. Smoga sja kualitas ga bnyk downgrade kya yg lain.

  7. @jacobs
    yg lebay kliatannya ente bro, santai aja bro.. sloowwww πŸ˜€ emg yg ane maksut speed on speedonya.. ane kagak bilang speed 140 an kpj itu realnya.. dan kata siapa cbr, fxr realnya kgk nyampe 120 kpj ?? dah ada kok yg buktiin.. bisa nmbus lbh dari 120 kpj on gps, on ratio lbh dari 130 kpj malah.. lihat aja di youtube dan gearringcommander.. diyoutube ada yg ngetes org thailand pake GPS.. kalau pakai gearingcommander bandingin aja top speed yg diraih motor tsb ada d rpm brp, dan cantumin tuh d gearingcommander biar ketahuan speed on rationya..

  8. 150 ae ora mungkin opo maneh 190
    ..
    dikala bicara kecepatan motor kita harus punya skill dulu buat joki.. bener gak nyampe segitu?
    yang buktiin motor itu kenceng kagak mah joki, bukan teknisi. teknisi tugasnya duduk manis, ngamati analisa data,, dah itu aja.
    ..
    klo cuman dari mekanik doang mah,, mau 200kpj kek jg bisa ditulis, bisa diomong.. sedang dyno jg gak bisa bicara banyak – banyak hambatan yg gak bisa disimulasikan di dyno. Dyno hanya bantu verivikasi performance motor, masalah nanti hasilnya valid on track nah itu joki yg bicara.
    Apalagi klo cuman itungan di atas kertas,, sangat sangat belum mewakili!
    ..
    faktanya MOTOR SERATUS JETIAN 600CC DUAL CYL ITUPUN SUSAH BUAT NGAIL ANGKA 190kpj on touring!
    ..
    jangan” nanti mau di adu drag sama F1 nya RIO HARYANTO, cz gak satupun motor yang bisa jabanin di 200m.. wakakakakakkkk!

  9. ngeri dah kalo bisa nyampe speed segitu, terlepas versi speedo atau gps. dan kalau memang sijuki mau ngeluarin motor dengan spek segitu, sijuki bakal dapet gelar pahlawan karena membantu mengurangi jumlah penduduk diIndonesia, ngoahahahaha . sekarang aja dengan speed rata2 80 kmph udah banyak yang pecicilan, sruntulan, offense riding. just imagine how if they could get more powerfull bike with cheap price but no attitude in the road? kayaknya malah merupakan bumerang bagi sijuki. makin banyak yang kecelakaan gara2 coba top speed = muncul diberita = orang tua yang beliin motor bakal mikir, daripada anak ane mati sia2 gegara terhasut mengejar “speed” mending ane beliin sepeda aja.

  10. ane ngerasa motogokil punya perhatian lebih ke suzuki drpd blog lain..

    inti ny sih Jualan.
    pabrik sekelas Honda,yamaha,suzuki mungkin bisa aja bikin motor “batere” tembus 200kpj.
    tp menjual gk?

    bikin motor paling superior,paling canggih,paling mewah,paling murah itu Gampang,tp bikin motor yg (paling) LAKU itu susah.

    contoh gampang PULsar 200NS.

    dengan pengetahuan ny ane kagum sama motogokil.
    tp mungkin perhitungan tiap pabrikan gk se simpel itu.

    1. biar beda aja
      banyak blogger kondang rame-rame bahas motor honda dan yamaha
      silahkan check berapa artikel yang mereka gelontorkan perhari untuk honda

      ane coba ngimbangin dengan bahas suzuki, biar adil

  11. kalo pun bener bisa mencapai 190 km/jam,,,

    keknya terlalu kenceng deh,,,

    versi mass product cukup 160 km/jam pada 12rb/13rb rpm itu sdh cukup

    toh lumayan speed bisa mepet motor kelas 250cc

    sport itu kencang,,,,klo irit yaa pake matic 110cc saja

  12. yonyon@ yakin sport harus bros ?? mngkin bener sport boros itu biasa.. tp lihat peruntukan dan ccnya jg.. ini cm 150 cc lho πŸ˜€ motor harian, dan memang diperuntukkan untuk daily use.. kalau memang race oriented ya monggo2 aja tagline sportnya dipakai.. ini cm buat harian bung πŸ˜€ orang yg beli SPORT 150 CC BULLSHIT kalau kagak mikir efisiensi bbmnya.. karna memang mereka beli kalau cm 150 cc ya buat harian rata2.. kecuali kalau 250 cc, 600 cc atau 1000 cc, rata2 penikmatnya yg dipikirkan prestise dan performance enginenya.. efisiensi bbm udh ditaroh dinomor sekian.. kalau baru 150 cc sport dibuat boros ya tinggal nunggu aja kpn matinya.. kecuali 2 tak loh yak πŸ˜€ kalau 2 tak memang dari sononya udh boros kemana2 walau cc kecil..

    1. Ah.. gw aja bebek 125cc gak pernah mikir irit boros, ada kesempatan hajar blas, soalnya jarak 300 meter ke depan dah ditunggu ekor kemacetan, irit boros beda berapa sendok sih?

      1. raza@ kalau bebek ya nggk usah mikir irit ya tetep aja irit om, org kompressi nggk nyampe 10, cc kecil, bore x stroke jg gedean uk.strokenya.. coba aja daahh motor 150 cc yg dibuat boros borosnya kyk gmn yg pure mntingin performa πŸ˜€
        ada temen pake fu karbu udh ganti karbu sunworld 28 mm konsumsi bensinnya jauh lbh ngocor dibanding pake karbu stdnya, namun performa memang terdongkrak.. itu cm modal karbu sm seher tiger loh yak, blm main kompressi, cdi/ecu dll loh yak πŸ˜€ dan selain itu untuk power kecil segitu mau gerakin rasio berat mustahil om nyentuh speed segitu.. r25 yg powernya jauh lbh gede aja rasionya masih lbh enteng kok dariini.. apalagi yg cm 150 cc an, mngkin iya masang rasio seberat itu tp ya bakal wasalam gear atasnya, dan top speed jg bakal jadi 11 12 sm motor 150 cc lain.. buktinya si fu fi..

    2. maaf mas..saya dikasih titipan motor 250cc dual cyl sama AllΓ₯h..dan say pake buat harian..bukan soal prestige aja kok…boros?irit?cmon boy ini hobi saya… simple kan?

  13. dan jangan lupa sempatin ngebagusin aspek dan perangkat pngereman

    kasi tau ridernya kalau uda dapet speed sgitu amannya braking point sbelum collision sebaiknya sudah dimulai sejak jarak berapa meter.
    kasian ridernya atau pngendara lain yg jadi korban keganasan mesin di tangan oknum orang2 yg mikirnya pendek

  14. Aduh pak dosen,,motor standar gigi Ahirnya bisa nyentuh limiter,belum pernah tau pak..
    Yg 2 tak aja sulit…

    1. kalau kondisi standar memang setting-an pabrik begitu
      supaya tidak terlalu kencang/boros
      maklum pada reduksi terberat (gigi puncak) maka torsinya paling kecil
      ketika pada kecepatan tertinggi, drag force nya maksimum, makanya topspeednya susah naik

  15. Dapet power darimana bisa mutar primary gear 3.28 dan secondary gear 15:40, final gear ratio 8.6 ? R25 power 36 ps aja cuma berani pasang primary gear 70/23, secondary gear 14/43, final gearnya 9.3. Yakin cuma 22 ps kuat mutar final gear 8.6? Yaudah ane percaya aja sama pak dosen deh power cuma 22 ps bisa mutar final gear 8.6, sampe dia sendiri bilang sangatlah mudah di capai –”
    (Ga semua anak sma bolos fisika dasar :p)

    1. Plis deh pak dosen, yakin motor 150cc 4T bisa narik final gear 8.6? Habis gugling bentar tadi, yg final gear 8.3, powernya 45 ps (Yamaha FZR250R), terus yg final gear 8.6 cuma 22 ps? Hellowww paling ngga butuh 40ps narik final hear segitu. Coba jelasin ke ane biar paham logikanya final gear segitu bisa di tarik motor 150cc 4T? Ane tunggu yaa ciaoooo

      1. logikanya sangat mudah
        performanya bukan cuma di total rasio bro
        trek yang panjang, bobot ringan dan koefisien drag kecil juga sangat berpengaruh

        kalau nggak percaya silahkan pasang engine (cukup c90) di sepeda pancal, pasang full fairing, rider tiduran

        1. “R25 power 36 ps aja cuma berani pasang primary gear 70/23”

          R25 bobot mati berapa bang ?
          power puncak (standar pabrik) berapa ?

          nah klo ada motor bobot mati cuma 100-120kg power puncak 22 ps ?

          PWR masbro,,,PWR,,,,

          1. R25, 36ps/166 kg = 0.2168ps/kg, puncak 12.000 rpm final rasio 9.3. Calon gsx 150 22ps @11.500 rpm /120kg (bobot optimis, perkiraan ane 135kg setara cbr/r15) = 0.183ps/kg. PWR segitu mau muter final rasio 8.5? Ente yakin? Pake logika bro, semua tentang motor itu bisa diitung hehe. Koefisien drag ane anggap sama karna sama2 full fairing. R25 cuma sanggup tembus 170-180 kmh (dengan rasio lebih ringan dan power lebih gede), masa ente percaya gitu aja gsx tembus 190 kmh dengan power lebih inferior, mentang2 di kasih final gear berat ;p

          2. sepertinya dari awal ente telah terjebak pada paradigma yang keliru
            pernyataan mencapai 190 kpj adalah versi trial, bukan versi produksi masal
            tentunya pengujiannya akan dilakukan untuk mencapai performa maksimal
            mungkin bisa dijadikan perbandingan :
            jika satria fu 150 fi versi produksi masal sebanding dengan satria 150 karbu versi omr
            maka dalam versi trial sport suzuki 150cc berbasis engine 12k sebanding dengan engine 150 tuneup dengan power 30 hp
            apa ini bisa diterima ?

            mengenai versi produksi masal, ya wallohua’lam, kita tunggu saja keputusan suzuki mau diberi power berapa si sport 150 cc ini

        2. menurut saya analoginya ngga bisa gitu pak, ngga sekalian mesin hayabusa ditaro di sepeda pancal trus kasih ratio paling berat agar nyampe 500kpj!

          pertanyaan apa mungkin part sepeda pancal bisa nyampe 500kpj, 100kpj saja ane anggap sudah luar binasa πŸ˜€

          1. waw,,lebih hebat dari prototipe moto3 NSF 250 ddan RC yang hanya mampu 220km/jam padahal power udah 60hp

  16. Ra usah banter”an po.. Lha dalane wae ra enek lo. 140 kwi wes bianterrr. Lha opo enek sing wani gas poll ko rong menit wae.. Paling yo ndlosor ngisor bak truk… Mending gae sing realistis.. Torsi d gedein. 0-100kpj d bwah 5 dtk.. Ngunu lagi josss

  17. ane bawa motor 250cc lari 140kpj aja udh ngeri, padahal rem, suspensi dan, body udh mendukung lebih diatas itu. lah ini motor bebek 150cc mo coba diatas 140kpj πŸ˜€

    1. Diluar sono emang buat daily use aka buat harian kek kita naek motor bebek cuman harus bisa digunakan di jalan tol (kalo diluar kurang lebih ya 60 mil).
      Disini kita bilang moge disono dibilang mocil (buat yg belajar motor)

  18. ilmunya belum sampe udah pada galau, ngak mungkin lah dsb. mendingan wait n see, buka mata, buka telinga, open mind.

    Pernah lihat video old cbsf stroke 47,2mm tembus 20rb rpm? Coba hitung berapa kecepatannya.

    Satria fu fi stroke 48,8mm baru 13rb rpm gear 6 sudah 170,93kmh, dituning lagi 14600 rpm tembus 190kmh.

  19. mungkin treknya butuh 500 km straight, ngga ada angin sama sekali, itupung tanki kudu fulltank +cadangan.
    n kalo bisa bikin speed nyampe segitu n cc cm 150 itu engineering sama mekanik sijuki motoGP bakal dipecat semua . analoginya “noh di Indo bisa bikin 150cc speed nyampe 190, ente2 ngapain aja disini?”
    ngoahahahahaha. -bercanda doang

    1. widiiih
      kenapa banyak yg protes yang menyangsikan ?
      namanya juga motor trial, masih dalam pengujian,
      sangat mungkin semuanya dikondisikan ideal, misalnya
      – trek yang digunakan panjang dan bebas hambatan, nyewa sentul besar
      – power di tune sebesar-besarnya, tidak mempertimbangkan fc dan durabilitas
      – bobot ditekan sekecilmungkin
      – koefisien drag dibuat sekecil mungkin, tanpa mempertimbangkan faktor keindahan dll

      baru setelah itu untuk produksi masal dilakukan ubahan untuk optimasi

      1. Karena suzuki berhasil membuat motor yg lebih hebat dari prototipe moto3 NSF 250 yang hanya mampu 220km/jam padahal power udah 60hp. Ini 150cc4t bisa 190km/h. 250cc tembus 260 km/h kali ya

        1. coba ente pelajari lagi orientasi orang bikin motor
          kayaknya ente salah persepsi lagi, karena motor balap dibangun nggak semata-mata buat topspeed, tapi untuk balapan di trek yang banyak tikungannya. kalau dibangun untuk topspeed yang paling tinggi kebanyakan akan kalah, contohnya ducati gp16
          motor balap bukan motor drag
          sedangkan motor trial suzuki menurut ane di test di trek lurus alias drag

  20. komen2 nya lucu, banyak yg kegerahan, wkwkwk.. yg namanya prototype mah wajar sih sekitar segitu, paling nanti versi masspro 160km/h

  21. @beno asli

    memang bener bro,,,komennya lucu

    padahal ini motor trial/prototipe,,,bukan produksi massal

    tp keknya banyak yg gak terima klo ni motor trial tembus 190 km/jam

    mungkin berpikir klo produk massalnya yg tembus 190km/jam,,,,yo ora mungkin masbero

    padahal dari blog sumbernya cuman menyebutkan “speed tembus 190km/jam”

    gak ada keterangan bobot saat uji coba brp, bla bla bla

    nunggu saja bocoran selanjutnya

    1. Karena suzuki berhasil membuat motor yg lebih hebat dari prototipe moto3 NSF 250 yang hanya mampu 220km/jam padahal power udah 60hp. Ini 150cc4t bisa 190km/h. 250cc tembus 260 km/h kali ya

      1. Bro dlm balapan untuk menjadi yg tercepat best lapnya yg paling banyak dibutuhkan adalah akselerasi.

    2. Btw NSF 250 itu ga nyampe 110 kg lho. Kurang DEWA apalagi suzuki ngasih motor yg lebih hebat dari Moto3 ke konsumen Indonesia, apalagi harganya 20jt (MABOK SUZUKI) :V

  22. 150cc mau lari 190km/j. ? …..ΟŽΞΊΟŽΞΊΛšβ€’β™§β€’ΛšΟŽΞΊΟŽΠŒΟŽβ€¦β€¦
    r25, r3, cbr250, cbr300, MT25, MT3. 60jta’an muka lo mau taro dimna .. ?

  23. Setiap mesin terutama valve tegak bisa di maksimalkan performanya.

    Jika mesin 150cc bisa tembus 190kmh
    Mesin 250cc keatas juga bisa tembus 190kmh bahkan lebih. RataΒ² >21m/s
    Bedanya kecepatan segitu lbh cepat diperoleh oleh mesin yg power/torque to weight ratio besar.

    Kebanyakan kita pemahamannya salah, “jika powernya besar maka larinya kencang”. Coz kencang ada 2 pengertian
    1, jika <21m/s maka akselerasinya yg cepat
    2, jika >21m/s maka topspeednya yg tinggi.

  24. Salut ma pak dosen sama perhitungan nya…apa yg gak bisa diraihsaat ini..teknologi udah mendukung…apalagi buat balap…50cc aja bisa meraih 192km/jam bikinan jepang tp 4pisto jaman gp dulu…hehe..setuju ma pak dosen…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan