Harga CBR 250RR 80 Juta-an, Apakah Sebanding ???

cbr250rr

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sesungguhnya rumor harga cbr 250rr sudah lama dirumorkan. Versi tertinggi (repsol-abs) diprediksi mencapai Rp. 83 juta. Harga ini terlihat paling mahal di kelasnya, motor sport 250 cc. Bandingkan dengan harga ninja 250 fi kelas tertinggi (abs se lmt) yang mencapai Rp. 68,6 juta, jauh di atasnya.

Tapi sebelum memandang harga honda cbr 250rr “kamahalan”, marilah kita bandingkan dengan apa yang ditawarkannya. Baberapa fitur yang hampir pasti disematkan pada cbr 250 terlihat lebih “mahal” dibandingkan ninja 250 fi misalnya : 

  1. Die cast swing arm
  2. Up side down front fork
  3. Full LED

Bagi yang sudah terbiasa memodifikasi style motor, silahkan diprediksi berapa harga/biaya yang harus dikeluarkan dari selisih harga part tersebut. Perkiraan motogokil selisih harga dari 3 part di atas mencapai 6-8 jutaan. Kemudian beberapa part lainnya yang masih merupakan “kemungkinan”, yang juga akan mempengaruhi harga cbr 250rr, yaitu :

  1. Power paling tinggi (kemungkinan besar di atas 35 hp)
  2. Aplikasi riding mode + ride by wire

Bagi yang menyenangi modifikasi performa, silahkan diprediksi berapa biaya menaikkan power dari 32 hp menjadi lebih dari 35 hp, versi pabrikan (dipastikan kehandalannya). Untuk yamaha r25, power bisa di-upgrade 8-10% dengan aplikasi :

  1. Knalpot sakura seharga Rp 4,9 juta, knalpot daytona seharga Rp. 3.32 juta
  2. ECU daytona seharga Rp. 3.9 juta
  3. Belum lagi dengan part-part kecil lainnya untuk mendukung power besar di putaran mesin yang tinggi (13000 rpm ke atas).
  4. Aplikasi sistem ride by wire, akan banyak part yang harus diganti termasuk ECU (no.2). Karena sistem ini harus didukung oleh sensor di throttle (handle gas), actuator (motor stepper) di butterfly valve, switch perpindahan riding mode dan memori di ECU yang sangat besar untuk meng-handle puluhan maping untuk setiap kombinasi riding mode, bukaan throttle, durasi injector dan waktu pengapian. Sepertinya komponen ini akan sangat mahal harganya.

Menurut prediksi motogokil, untuk merubah ninja 250 fi menjadi motor sport dengan spesifikasi di atas, dibutuhkan biaya lebih dari Rp. 10 juta. Bagi penggemar fitur canggih dan upgrade performa mungkin bisa lebih tepat prediksinya, monggo di-share hasil perhitungannya.

Jadi selisih harga antara ninja 250 fi abs se lmt dan cbr 250 rr grade tertinggi (prediksi) yang mencapai Rp. 14.4 juta, menurut motogokil masih sebanding. Apalagi pada cbr 250rr masih ada beberapa kelebihan lainnya, yaitu :

  1. Desain paling sporty (stang under yoke) dan paling agresif.
  2. Dan seharusnya cbr 250rr sudah disematkan standar euro yang tertinggi, yang jika akan memberikan ketahanan terhadap batasa regulasi.

Jadi bagi rider tajir yang kelebihan duit, silahkan ditunggu penampakan wujud aslinya. Bagi motogokil pribadi, belum terlalu tertarik, karena kemahalan (belum maqomnya). Selain nggak sanggup beli, juga nggak sanggup miara.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, monggo yang lebih ahli dan lebih tahu untuk mengoreksi dan menambahkan. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

25 responses to “Harga CBR 250RR 80 Juta-an, Apakah Sebanding ???

  1. cari er6 seken…

    Asiknya syawalan sambil spotting pesawat: http://wp.me/p1eQhG-1QW

  2. Kurang sependapat dgn njenengan motogokil, harga prediksi diatas sebetulnya bisa direduksi mengingat ini kan parts motor massal ( mulai dr molding, minimum order, serta grade quality ) & peruntukan slow / fast moving sudah ready min u/ 10thn kedepan .. Ya kalo kita bandingkan dgn part modifikasi umum tentunya jauh sekali cost down nya ( ecer ). Jgn lupa (maaf), untuk kualitas lampu led nya yg sejenis di CB, vario jg gak terang2 amat, malah redup. Bandingkan dgn kualitas lampu led modifikasi macam COB, CREE, Luxeon, xml, dll. Terangnya beda.. Ya ini sih menurut pendapat pribadi ya mas motogokil.. 🙂

  3. Ini baru motor canggih ga ketinggalan sampai 10th ke depan

  4. Katanya untuk pembeda akan pake 2 silinder V, tapi ongkos produksi bakal mahal, tapi kalo 80 jutaan 2 silider segaris apa namanya? Kemahalan!!!.

  5. Mungkin cbr 250 r masih lanjut dijual. Jadi yah harus dibuat jarak harga yang cukup.. tapi seandainya cbr 250r dibuat lokal, jarak harganya bisa jauh bgt.. imho

  6. buat saya sangat kemahalan……

  7. Ini kan masih sebatas prediksi, ya semoga saya salah.. Hehe. Yg pnting kita lihat launcing nya aja nanti, semoga tdk mengecewakan.. Kalo sy sih setuju aja kl harga bisa ditekan di rentang 70 s/d 75jtan.. Kalo 80jtan sih masih ragu 🙂

  8. yg penting gak.ngibul kayak yg ngaku 36 ps produk masalnya.

  9. Kang saya penasaran sam posisi box filter udaranya..
    Macam mtor supersport kah??atau kaya r25??

  10. Yang dinantikan akhirnya Tiba,,

  11. membandingkan biaya modif dgn stock ya gak imbang.. beli ngeteng sama beli banyak ya beda jauhlah.

  12. Kalau kita perhatikan bagaimana perluasan segmen market utk Kawasaki N250 (sinetron effect) bahkan hingga kepasar second hand-nya, maka fitur (dan harga) bukan segala-galanya.
    Disini faktor design masih memegang peran penting, kalau memang ingin merengkuh jumlah konsumen seluas2nya.
    Lain halnya kalau hanya ingin mengambil hati para bike enthusiast (niche market)

  13. Mahal, murah, trlalu mahal, trlalu murah, atau apa saja istilah yg diucapkan,,,sbnarnya sederhana saja jk mampu beli ya murah jk yg lain bilang dasar bodo hrg kmahalan dibeli,, sdgkan bagi pembeli itu kpuasan hati jd gk bisa dinilai dr uang, jk msh mikir mahal murah itu krn kantong yg cekak dan byk kbutuhannya, shg ada istilah mahal atau murah

  14. periweldotcom

    klo ane udh ngga sanggup make, udh ada anak ngga cocok pake motor sprot 😀

  15. Pingback: Bocoran Liar…. Power All New CBR 250RR Tembus 45 DK | motorgoodness

  16. Kalo make emosi memang ambil cbr 250
    Kalo make otak gw ambil er6n atau cb500x seken..toh sekennya moge odonya ganas amat

  17. Pingback: Jika Harga CBR250RR Di Bawah 70 Juta, Maka … | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan