[KKK] Gambar Ini Mengingatkan Kembali Kecelakaan yang Pernah Motogokil Alami

Diposting pada

nvl vs bak truk2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ya, gambar di atas menunjukkan telah terjadi kecelakaan, sebuah motor sport menabrak bak truk dari belakang. Peristiwa yang sama pernah motogokil alami, dulu banget sekitar tahu 1994 atau 1994 di area perempatan pasar kebalen malang, jawa timur. Kejadiannya bisa dikatakan hampir sama, tapi beda hasil akhir.

Kaejadiannya yang ane alami, semata-mata karena kesalahan ane sendiri. Truk dengan bak besi plat logam (warna kuning) berjalan di depan kecepatan standar. Ane dengan mengendarai honda grand93 tepat di belakangnya sekitar 2 meter, juga jalan perlahan (standar). Tiba-tiba truk ngerem mendadak (mungkin menghiindari orang menyeberang jalan), cieeettt.., langsung berenti. Tapi ane di belakang dengan bobot lumayan (nggonceng temen) kaget, hanya sempet ngerem sedikit (atau mungkin tidak ngerem sama-sekali), langsung , brakkk. Motor bagian depan masuk kolong bak truk bagian belakang. Untungnya kaca spion masih lengkap, sehingga 2 besi kaca spion berhasil menahan motor untuk tidak masuk sepenuhnya ke kolong truk.

Tapi tetep aja muka ane langsung kehantam bak truk dari logam yang tentunya cukup keras jika diadu dengan kepala. Ungtungnya lagi, alhamdulillah, ane pakai helm fullface, sehingga tidak cidera sama sekali, hanya helm nya saja yang beset. Jadi kondisinya mirip dengan gambar di atas, hanya saja 2 besi kaca spion menjadi penahan/ganjel di bak truk.

Pesan yang bisa diambil dari kecelakaan tersebut adalah :

  1. Hati-hati terhadap kendaraan besar
  2. Jika dibelakangnya jangan terlalu dekat, karena kendaraan besar dibekali rem yang sangat pakem, sehingga jika dalam kondisi jalan santai jika direm bisa langsung berenti. Sedangkan motor kita terkadang masih butuh jarak tertentu
  3. Ternyata besi kaca spion yang cukup panjang punya fungsi lain, yaitu menahan motor agar tidak masuk terlalu dalam ke kolong bak truk (belakang). Dengan catatan kecepatan relativnya tidak terlalau kencang.
  4. Apapun permasalahannya, ketika dijalan, buanglah semua masalah-masalah tersebut, fokus kepada suasana di jalan, pengendalian motor dan sigap terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi secara tiba-tiba.
  5. Pakai helm fullface, insya Allah lebih aman, ane sudah membuktikannya

Semoga kita semakin berhati-hati ketika riding di jalan raya. Dan semoga Allah SWT selalu menyelamatkan kita semua. Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

9 thoughts on “[KKK] Gambar Ini Mengingatkan Kembali Kecelakaan yang Pernah Motogokil Alami

  1. Member club ya itu, kyak pernah loat model sticker nya, tp kok g ati” ya?
    Ah namanya juga khilaf, mudah”an ridernya selamat dan sehat aja dah.

    Kejadian ini mengingatkan anggota saya yg meninggal, kronologinya truk ngerem, eh almarhum yg ngebut g smpet ngerem, nah, almarhum g pke helm. Itu lah intinya, selain nasib, antisipasi jga g ada salahnya kan. Motornya pdhal NVA bru brpa mnggu dr dealer 🙁

    Semoga g terjadi pada kita. AMIN

  2. Klo kita rider R2 berada di belakang kendaraan besar( bus/truk dll) usahakan jangan dibelakangnya pas , tapi agak menyudut/pinggiran buat antisipasi rem angin yg super pakem.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan