Beberapa Informasi "Tersirat" dari Komparasi R15 VS New CBR150R oleh Otomotif


duel k45g vs r15

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Beberapa hari yang lalu, tabloid otomotif merilis hasil komparasi antara new cbr150r dan r15. Kemudian beberapa blog me-reply berita tersebut, dan disambut hangat oleh para komentator. Ada yang biasa-biasa saja tanggapannya, ada yang lebay dan ada pula yang sifatnya profokatif, yang menyinggung kredibilitas tabloid.

Bagi motogokil sendiri, hasil komparasi ini biasa saja dan agak sedikit di luar kebiasaan otomotif. Biasanya untuk performa sering terjadi penyeimbangan, jika yamaha menang di atas mesin dyno, maka honda menang di jalanan, atau sebaliknya. Tapi kali ini honda new cbr150r performanya menang mutlak dibandingkan r15, baik di atas mesin dyno maupun di jalan raya. Tumben ???…Silahkan beritanya bisa dilihat di sumbernya langsung blog nya iwb.

Dan seperti biasanya produk baru mengunguli produk sebelumnya, baik itu satu merek atau merek lain (rival). Jadi dari apa yang dicatatkan dan disimpulkan oleh otomotif, biasa saja, ya memang lazimnya seperti itu. Kesimpulan-kesimpulan tersebut hanya bisa diterima, jika kita mengganggap otomotif kredibel dalam melakukan komparasi, karena jika tidak maka akan percuma untuk dibahas.

Begitu pula dengan beberapa informasi “tersirat” dari komparasi tersebut bisa kita peroleh, juga dengan catatan, otomotif bisa dipercaya dalam menyampaikan data hasil komparasinya. Berikut ini beberapa informasi tersiratnya

New cbr150r lebih powerfull, tapi konsumsi bensin lebih irit

Adalah sesuatu yang kurang serasi hubungannya antara spesfikasi, performa dan konsumsi bahan bakar dalam perbandingan new cbr150r dan r15.

k45g vs r15 spec

Jika dilihat dari spesifikasi teknis resmi dari masing-masing pabrikan, maka akan tampak wajar jika engine dengan stroke yang lebih panjang akan memiliki torsi yang lebih besar di rpm yang lebih rendah, seharusnya r15 lebih irit dibandingkan ncbr150r.

k45g vs r15 test

Akan tetapi ternyata hasil pengukuran menunjukkan sebaliknya. Justru ncbr150r yang lebih irit, padahal dari tabel test di atas, terlihat performa ncbr150r lebih tinggi. Menurut motogokil ncbr150r bisa lebih irit karena,

  1. Aplikasi cr yang mencapai 11.3:1, meningkatkan efisiensi pembakaran. Sehingga dengan menggunakan jumlah bbm yang lebih sedikit bisa menghasilkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan engine yang cr-nya 10.4:1
  2. New cbr150r lebih aerodinamis

 

Limiter Engine New CBR150R Pistonspeed-nya Lebih Tinggi

Perhatikan gambar kurva hasil dyno ini

k45g vs r15 limiter dyno

Limiter r15 diletakkan pada 9900 rpm sedangkan new cbr150r 10800 rpm. Jika mengacu pada panjang stroke masing-masing, 58.7 mm (r15) dan 57.8 (ncbr150r), maka piston-speed masing-masing adalah :

  • R15, limiter 9900 rpm, panjang stroke 58.7 mm, piston-speed = 19.37 m/detik
  • New CBR150R, limiter 10800 rpm, panjang stroke 57.8 mm, piston-speed = 20.81 m/detik

Kekalahan r15 dalam profil powernya ada pada nilai juga dan juga jangkauannya (lebar band). Power r15 mulai kalah ketika potaran mesin mencapai 7750 rpm terus sampai mentok limiter. Untuk menghadapi performa new cbr150r tentunya yamaha mudah saja meningkatkannya, baik untuk mengimbangi ataupun untuk mengalahkan new cbr150r.

Akan tetapi ada beberapa kejanggalan pada realita r15 :

  1. Sudah mengaplikasi forged piston yang lebih keras dari piston biasa, tapi belum mau mengambil resiko untuk mengaplikasikan cr = 11:1 (keatas). Padahal jika cr ditingkatkan power akan meningkat dan lebih efisien. Toh rider vixion rata-rata sudah smart, dalam menggunakan bbm, seringnya pertamax bahkan dengan oktan yang lebih tinggi, jadi tidak ada masalah jika cr ditingkatkan.
  2. Sudah mengaplikasikan diasil pada dinding silinder dan ring piston sekeras intan (diamond-like), tapi tidak berani menempatkan limiter di atas 10500 rpm. Padahal jika yamaha mau, tentunya power yang bisa dikail akan lebih besar dengan band yang juga lebih lebar.

Aneh kan ? Dalam brosur iklan-nya menunjukkan potensi besar, tapi potensinya tidak dioptimalkan demi kepuasan konsumen. Sedangkan rivalnya, honda  dengan new cbr150r-nya, hanya berbekal piston dan silinder seperti motor umumnya, tapi berani bermain pada piston speed 20.81 m/det (mendekati ambang batas pistonspeed motor harian 21 m/det), juga berani bermain di cr=11.3 :1.

Maka dari data-data ini bisa disimpulkan :

  1. Jika ternyata silinder dan piston new cbr150r banyak yang rusak setelah 1-2 tahun, maka dapat dianggap honda memaksakan performa di luar batas daya dukung komponen. Alias salah design engine, mau performa tinggi tapi kualitas part-nya rendah.
  2. Tapi sebaliknya jika masih awet dan sehat, maka itu membuktikan bahwa komponen piston-ring piston dan silinder new cbr150r lebih kuat dibandingkan komponen rival yang sudah forged piston dan diasil silinder. Karena mampu dipekerjakan pada batas performa yang lebih tinggi.
  3. Jika komponen piston-ring piston dan silinder dari r15 awet dalam waktu 1-2 tahun bahkan lebih, maka hal itu adalah wajar. Karena part-part tersebut memang sudah “dikatakan” dalam brosurnya memiliki kualitas dan ketahanan lebih tinggi dibandingkan part motor umumnya, dan dipekerjakan “di bawah” ambang batas kerja maksimalnya.
  4. Sebaliknya jika part-part tersebut bermasalah, maka apa yang diklankan tidak sesuai dengan kenyataan.

Intulah informasi “tersirat” yang dapat ane sampaikan, dengan asumsi data dari otomotif dapat dipercaya, pengujiannya kredibel. Jika bro n sis tidak percaya dengan data-data tersebut, maka anggap saja semua analisis di atas hanya sebagai angin lalu. Sekarang tinggal para pembaca menyimpulkannya menurut persepsi masing-masing.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

34 responses to “Beberapa Informasi "Tersirat" dari Komparasi R15 VS New CBR150R oleh Otomotif

  1. Jadi inget sonic “mleduk”.. Maaf ya bukan BC, tp kan berdasarkan info tersirat diatas bahwa pada dasarnya mesin new cbr150 itu kan satu paket dgn sonic & ncb150 (ya semoga durability nya gak brmasalah) .. AFAIK CMIIW

  2. Masuk akal banget, ditunggu aja dalam setahun dua tahun ini, jika banyak komplain ncbr150r anyar brarti emang bener

    Electric vehicle fined for emisions??
    https://motorrio.com/2016/04/17/electric-vehicle-fined-for-producing-co2-emissions/

  3. maaf ente mbahas sonic mana bro? pisahkan motor buat valap sama harian .. yg dibahas motor harian bukan oprekan….

    https://m.bukalapak.com/p/handphone/memory-card/18cve9-jual-otg-sandisk-original-32g

    OTG TERMURAH sebukalapak

  4. diasilit silitder kok membuat banyak pigson ngeboel dan rakus oli yak???
    payah

  5. sygx data akselerasi untuk r15 data lama yg dipkai….awal 2015 z udh punya data akselerasix…

  6. Cuman sesendok tok…

    Muosok AHM gak tertarik kesuksesan NMax: http://wp.me/p1eQhG-1Ep

    • tertarik jg pasar big scooter tp mgkn ijin dr honda jepunnya yg blm dpt mgkn krn alasan tertentu. spt halnya klas 150 dohc, yakin yamaha indonesia jg bs buat tp kembali lg masalah perijinan dr pusat, yamaha jepun yg blm keluar, jg mgkn krn alasan tertentu.
      Kita tunggu, smoga ahm cpt dpt ijin dr honda jepun utk rakit big scooter. Begitu jg yimm dpt lampu hijau dr yamaha jepun utk bikin dohc 150.

      • kaisar jepun tau klo yamaho diinjek” honda di indonesia…

        😀

        jd sebagai sesama jepun maka kaisar mengultimatum klo honda jangan dulu bikin maxi scooter yg lg dijadiin andalan yamaho, biarkan dulu dia berkembang, kasian katanya…

    • Sesendok? Yakin??
      Kalo konsumsi bensin disamakan
      Ncbr 42,4 km/ 1 liter
      R15 42,4 km/ 1,1 liter

      Bedanya 0,1 liter, atau 100ml atau 100cc

      Setengah gelas bro

  7. Kalo cbr k45 berat 143, itu berat kosong/berat isi ?

  8. Cepetan fu fi ku limit rpm 13 rbu ngoahahahah apalagi pake gear 14/43 wuih serasa jambak2 banget akselerasinya

  9. belum pernah dengar cb turun.mesin di kurun waktu 2 tahun keatas.

    • Kalo kurun waktu d bawah 2 tahun sering ya? Haha

      • ya sering klo merek sebelah, baru 6 bulan aja udah ngebul, gak dikontrol???
        ya ambrol…

        😀

        capek deeeeehhh…

        • Teman kantor bukan fby. Beli motor yg penting ganteng. Eh sekarang ngeluh tiap 2 minggu mesti cek oli. Kalo kelihatan kurang diisi lagi. Kasihan banget ngeluh mulu di kantor. Motor apakah itu.. tanya fby ngakuin tidak mereka coba

  10. ane selaku fby mau berbagi tips jika membeli motor yamaha dan tolong dicatat ya…
    – kalo beli motor yamaha, belilah yg mesinnya baru rilis artinya belum ada diedisi sebelumnya
    contoh: nmax & r25, itupun dgn catatan saat baru rilis…
    – jangan beli motor yamaha generasi ke 2 dst…
    contoh: nvl, nva, mio smile, mio soul, mio j, mio gt, mio m3, mio z, xride, xeon rc, aerox, r15, xabre, mt25
    karena bukan generasi awal, kualitas menurun boss… maklum nyari untung….

    wek wek wek

  11. masih lebih cepat akselerasix old cb pak tmbg ncbr ini

  12. Bukannya r15 limiternya ada di angka 10500rpm kaya vixion ya mas?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan