Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Salah satu parameter yang mejadi acuan sebahagian calon konsumen motor sport adalah power dan topspeed. Honda kali ini menghadirkan motor sport baru new cbr150r dengan power dan topspeed di bawah satria fu 150 fi (kebetulan rilis hampir berbarengan). Sehingga di banyak kolom komentar, hal ini menjadi bully-an para fansboy. Lalu pertanyaannya adalah :
Apakah honda dalam membangun motor sport, tidak pernah berorientasi pada topspeed ?
Kalau menurut pengalaman ane, jawabannya adalah pernah. Tentunya ingatan kita masih segar dengan motor-motor berikut : nsr150, sonic125rs dan cbr150 (old thai). Bagi yang beruntung bisa meraskan sensasi 3 motor ini, tetunya tidak akan menyangsikan kecepatannya. Dan kebetulan ane (admin motogokil.com) punya motor down grade dari sonic125 (cs1) dan cbr150 (all new cbr150 2014) juga pernah merasakan sensasi nsr150, dulu sekali pada tahun 90-an. Dan saat ini motor-honda yang kencang tersebut di-matikan, dan diganti dengan motor-motor yang lebih torqie.
Sepertinya menurut honda, motor-motor kencang sudah tidak layak hidup di Indonesia, makanya di matikan. Apalagi sudah terbukti saat honda (ahm) membuat motor kencang seperti cs1, yang ada ..sebahagian besar fans boy nya malah kurang bisa menerima. Penyebabnya bisa karena terlalu mahal dan atau terlalu boros untuk sebuah motor “bebek” keluaran honda. Akhirnya yang laku justru suprax 125, abs revo, beat dan vario.
Karena ahm memang membangun cs1 bukan buat jalan pelan-pelan, lihat logonya : “Build for speed”. Jadi pasti kencangnya, tapi jangan tanya konsumsi bensinnya, (kadang lebih boros dari tiger revo). Bagi yang sangsi dengan topspeed cs1 bisa lihat video ini :
Padahal engine cs1 adalah downgrade dari engine sonic 125rs. CR sonic 125rs adalah 11:1 sedangkan cs1 turun menjadi 10.8:1. Dan engine cs1 pada video di atas masih ori, dengan penggantian knalpot, busi iridium, 9power, oli motul dan cdi. Mungkin karena bobot ridernya hanya 55 kg, topspeed bisa sampai 144 kpj. Kalau seperti ane (75 kg) topspeed (cs1 standar ori) cuma sampai 120 kpj.
Dan perlu juga diingat bahwa kapasitas silinder cs1 hanya 124.75 cc (bore x stroke = 58 mm x 47.2 mm, dan cuma dilayani oleh sistem SOHC 2 klep. Jika dibandingkan dengan motor-motor terbaru yang baru rilis, performanya tidak akan kalah. Apalagi jika cc dan cr-nya disamakan kayaknya motor baru kalah semua. Tapi apakah jika honda membangun motor seperti ini akan laku/laris di pasaran ?
Ternyata, terbukti motor kencang honda kurang laku. Justru yang laku adalah motor irit honda. Makanya jangan heran jika akhirnya motor sport yang bernuansa “kencang” pun akhirnya dibangun dengan tetap membawa fitur irit. Tentunya agar konsumen tidak kecewa, diberikan beberapa kompensasi yaitu tampil lebih sporty, lebih ganteng dan lebih futuristik.
Makanya bagi calon konsumen, kalau motor honda yang sekarang dirasa kurang kencang (dibandingkan kompetitor), harap maklum karena bukan dibangun untuk adu kencang (balap). Speed lover yang termasuk “golongan minoritas”, harus ngalah dengan slow lover yang mayoritas. Kalau ngotot mau kencang, ya silahkan di-oprek sendiri, karena ahm sudah menyediakan potensi pada engine-nya yaitu dohc, semi downdraft intake, 4-klep, 6-speed. Atau cari saja engine cs1 karbu, atau cbr150 overbore fi. Silahkan di-upgrade, sedikit colek sudah pasti kencangnya.
Apa benar begitu ? Monggo yang punya pengalam panjang dengan produk motor sport honda beebagi dengan kita-kita.
Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wb.
belom pernah punya motor sport dari honda… dari honda cukup punya bebeknya 100cc aja buat motor gledekan…
Honda Sonic 150 VS New Satria FU Injeksi: http://wp.me/p1eQhG-1zQ
Kyanya bgitu udh jargon..
http://sebarkan.org/2016/02/21/kondisi-saipul-jamil-di-tahanan/
dan ternyata
motor kencang itu GA HARUS DOHC
😀 😛
betul itu
apalagi kalau dohc
dohc bengek ?
buat apaan ?
bakar aja mah dohc gitu
😛
kayaknya yang harus dibakar duluan yang biasa bakar oli mesin
karena menjadi bahaya laten bagi rider, tidak disadarinya, tahu-tahu oli motornya telah minim
hebat
https://penggemarmotor.wordpress.com/2016/02/21/nasib-r15-pasca-peluncuran-cbr-baru/
mau tanya pak guru…
kl ban depan diganti dr 70/90 jd 90/80 brarti angka spido jd turun ya?
trus ban blkg dr 80/90 jd 90/90 brarti pd saat rpm yg sama bs nambah speed?
jd angka di spido balik ke semula ky pake ban standar?
ya begitulah’tapi speed riil nya naik
simpangan speedo hampir nol, jadinya speedo hampir sama dengan gps
silah dibuktikan
Tanya lg pak guru dan om” sekalian…
Kl pasang kamkop, kamkop paling luar/terakhir itu di pasang beda sendiri ya? Ada yg bilang buat ngunci..
Efeknya apa kl di pasang sama semua? Soalnya pas ganti kamkop kmaren pasangnya sama semua. Ga ada yg bwt ngunci..
ya itu lah yg dibuat di youtube” kebanyakan.. makanya anak alay berasa dg mengganti roda depan lbh cacing akan pede berkali lipat bahwa motornya kencang.. padahal cuma speedo nya aja yg berantakan..
..
cuman klo buat motor yg speedo didasarkan basis rpm (bukan roda depan) ya gak ngefek..
Emang beda perhitungan dari roda depan sama mesin apaan ya ?
Kl di roda spido bisa di akalin biar kliatan cepet. Misal ganti ban lebih kecil.
Jd ibarat gear kecil pasti muternya lebih banyak dr gear besar. Itu menurutku sih..
motor yang spidonya berbasis rpm gimana bro?
everyone can go fast in straight but not everyone can go fast in corner
fast on straight is great ride
fast on corner is great rider
..
salam satu tikungan! 🙂
Cs one juga kencang ditikungan bos, sasis bagus punya
Istilahnya sasisnya overkill. Apalagi kasih ban agak gede, Manchappp…
Nah !
Ekekek cs1 gak laku…yakin karena mahal ngawur ahhh,,,tanya aja yg awam ,,karena model yg nggilani ituuu coyyy
nah lebih kesini, wong modelnya kek gitu… ayago bukan bebek bukan, model nanggung.. meskipun idenya sih bagus, kenceng kek sport tapi ergonomi masih senyaman bebek
http://kobayogas.com/2016/02/21/kelas-sport-150-cc-kelas-dewa-dimana-konsumen-banyak-maunya/
memang rata-rata orang awam akan bilang motor dengan model nggak jelas
tapi coba tanya sama yang punya jiwa seni, ada modifikator fairing, kemungkinan besar pendapatnya beda
Brrti ane punya seni ? Wkwk
Masalah nya calon pembeli mayoritas bukan orang seni,, coba new cbr dibikin 21Hp,, pasti bkl jadi paket sempurna yg sulit ditolak.. ane melihat Ahm yg galau di angka 17PS..
Makanya suruh tanya yg berjiwa seni
Pembeli sekarang liat tampangnya mas, soal jeroan nomor sekian setelah keiritan…wkwkw
http://anangcozz.com/2016/02/20/yamaha-r15-facelift-2016-kubikasi-naik-menjadi-155cc-mungkinkah-pakai-vva/
setuju, coba aja tanya org2 awam, mrka yg bukan bike enthusiast, gak mikirin sampe detail tuh misal sohc/dohc, powernya brpa, atau hal2 teknis lainnya. tapi lbh kpda hal2 umum dan kasat mata, misalnya harga dan desain.. cs1 banyak yg gk suka modelnya makanya gk laku..
Mungkin kalo yg jiwa seni.dan pairing2an juga akan menganggap keren itu megaproh, ekekekkeekek
Jadi faktor mahal dan boros bukan? Bukan
Udah tanya si awam aja kenapa gak laku,,,waktu itu satria dohc udah duluann, dan.kenapa saya waktu masih bocah memilih satria f dibanding ini,,
Dan tanyain aja ke angkatan temen2 yg lain di jaman itu, bukan boros bukan mahal,,satria f pilihan tepat..
mungkin segmennya nggak jelas
padahal sudah punya lawan tangguh, di bebek ada mx di ayago ada fu
Tadi krn mahal dan boros.sekarang mungkin segmentnya gak.jelas,,,tar mungkin apa lg tuh,,hadeeeewww,
Ini yg sedikit giring2 gak jelas, kagak laku krn tampang tp dibengkokin ke yg laen.
Heheh seni…seniii…
Lucu bapak ini
Kalau saya sih positif aja cbr gak lagi overbore, dg peak power dan torsi puncak di letakkan di rpm lbh bawah, itu justru lbh bs terexplore seluruh potensinya di jalanan kita pd umumnya. Beda sm overbore, potensi max bs digali hnya jika ada jalanan lempeng yg panjang, dan gak cocok bwt stop n go. Maaf pak dosen, jangan menanamkan mindset utk kebut2an di jalanan…krn yg saya terima dari setiap artikel njnengan skrng seolah2 mnggiring ke arah situ. Lagian kalau utk balap, faktanya R15 dg stroke yg lbh pnjang msh bs superior, memang trgantung risetnya jg. Jadi mesin generasi k15g, k56a dan k45g itu jutru mnurut saya bagus. Apalagi konsep all new cbr150 r ini total control, bawah mnengah atas dapet smua, jg lbh irit pastinya. Speed lovers pun ttep mmperhatikan konsumsi bbm jg, mski duit banyak irit jg jd poin penting. Logika aja, jika engine generasi ini dioprek dan dibikin seboros generasi overbore k45a, jg bakal bgus performanya. Intinya near square ini gak masalah, toh misal oversize 50 aja udh pas square. Ini justru konfigurasi ideal, yg gak hrs ngeden smpe rpm tinggi biar kenceng. Soal dohc dg rra, kok aneh ada yg bully. Dohc dg satu bubungan kem itu justru memudahkan mekanik buat setel klep lbh persisi. IMHO
beat -address menang beat
supra 125 – mx king menang supra 125
vixion – cb150r menang vixion
cbr150 vs R15 menang cbr
ninja 250 – R25 menang ninja 250
model memang no 1
Beli honda itu banyak untungnya
(+)
1.Harga jual kembali tinggi.
2.Kalo kepepet,bpkb bisa digadein(diatas merk lain)
3.model mewah&keren
4.irit(mindset),irit ya honda
5.makin panas makin joss(kata orang ndeso).
(-)
1.cat bunglon
2.body tifis
3.pasaran/banyak kembarannya.
4.sparepart mahal(ori),kualitas biasa aja,,bahkan untuk kmpas rem,,silahkan bandingkan dengan choho.entah kalo part yg lain,,menang mahal doang.
5.inceran maling dan begal.(terutama beat&hsx125).
~sekian~
Model honda.keren..menurut anda selera.ga sama…..mode.honda.wagu
Wah ternyata saya ga’ punya jiwa seni, tapi seandainya desain CS 1 diperlihatkan ke desainer-nya brutale apa H2 kira2x mereka akan komen apa ya? Tapi ya mana mungkin-lah #ngawurtenan
He..he..he
Kalau saya sih positif aja cbr gak lagi overbore, dg peak power dan torsi puncak di letakkan di rpm lbh bawah, itu justru lbh bs terexplore seluruh potensinya di jalanan kita pd umumnya. Beda sm overbore, potensi max bs digali hnya jika ada jalanan lempeng yg panjang, dan gak cocok bwt stop n go. Maaf pak dosen, jangan menanamkan mindset utk kebut2an di jalanan…krn yg saya terima dari setiap artikel njnengan skrng seolah2 mnggiring ke arah situ. Lagian kalau utk balap, faktanya R15 dg stroke yg lbh pnjang msh bs superior, memang trgantung risetnya jg. Jadi mesin generasi k15g, k56a dan k45g itu jutru mnurut saya bagus. Apalagi konsep all new cbr150 r ini total control, bawah mnengah atas dapet smua, jg lbh irit pastinya. Speed lovers pun ttep mmperhatikan konsumsi bbm jg, mski duit banyak irit jg jd poin penting. Logika aja, jika engine generasi ini dioprek dan dibikin seboros generasi overbore k45a, jg bakal bgus performanya. Intinya near square ini gak masalah, toh misal oversize 50 aja udh pas square. Ini justru konfigurasi ideal, yg gak hrs ngeden smpe rpm tinggi biar kenceng. Soal dohc dg rra, kok aneh ada yg bully. Dohc dg satu bubungan kem itu justru memudahkan mekanik buat setel klep lbh persisi. Imho lho ya.
Dulu overbore dipuja
Sekarang overbore dihina
Entahlah
Tidak konsisten atau mencari pembenaran.
Biarlah kutanya velg yg bergoyang.
Tapi itu takkan merubah
Bahwa ini adalah kendaraan paling sempurna
Dunia akherat
Dimata epbeha.
Karena cinta membutakan logika.
Kena modeltrasi
Seperti nya ada satu hal yg anda lupa
Ingat kompresi engin basi k56 itu di atas 11… Masa kompresi segitu powernya cuma 16ps.. Dohc ko takut rpm tinggi… Dohc bosok. Ngoahaaa
Hussssttt ntar di plototin sampeyan mas
speed lover juga ngejar irit?? memang tapi ngejabananin stroke 57 di peak power 9rb kompresi 11 yakin kuat?? bumbungan satu neken 2 klep ?? yakin durable?? ini ngomongnya soal maen peak power terus lo.. klo maen max 5rb rpm mendingan cari bebek aja 😀
bagi ane yg awam, bukan karena kenceng atau boros nya. tp karna modelnya nggilani. asli nggilani. any kuesyen ?
ane dulu pernah punya..
cs1 memang motor kentjang…. cessss
turunan sonic rs/ cbr125r
Tiap liat cs1 ga pernag ga jatuh cinta eh om, mgkin radiator kompresi ajib tapi mesin supri juga enak tuh kayanya
pernah “dulu” baca status,
modifikator bingung, cs1 mau diapain lagi, sudah bagus, out of box. Nggak ada yang nyamain
mungkin menurutnya dah kaya ducati multistrada
Mungkin kalau mau nyoba, imho kurangnya cs1 itu bagian depan ngeliat garis desainnya geregetan, ya tapi jadinya long lasting sih. Kalau ada yg sudi ngubah garis desain depannya lebih macho dikiit aja
Spakat. Apalagi stangnya itu ampyunnn bebek bgt. Mungkin ini sporty kemayu AHM generasi pertama
:v
hehehhehe….
Coba dikasi braket buat clipon atau stang bplang macam xride ya walaupun garpunya garpu bebek, atau sekalian full garpu ya wkwkwk
Setuju soal stang.. tp overall saya suka cs1. Diluar spareparts yg susah.
Mungkin karena terlalu bagus untuk pasar jadi ndak laku eh .
Saya pribadi owner dari Honda CS1 sejak 2009 .
Klo masalah engine bisa dibilang superior lah, seperti bahasan pak dosen .
motor ini dipilih krn berfikir, 5-10 tahun kedepan modelnya gak akan kuno (ever lasting)
Terbukti sih, kalo diliat dari kaca mata dan juga hati yang bersih,
Model CS1 malah lebih fresh dari bebek super dizaman nya .
(lihat sekarang satriaf ’09 + jupimx ’09, kalo disandinkan dengan CS1 ’09 kelihatan kuno jupimx2009 dan satriaf 2009)
setuju…..
Untuk cs 1 saya sepakat gak laku krn modelnya yg wagu. Modif? Oke, tp biaya modifnya juga ga sdikit, ganti stang jepit aja bs abis jutaan dan ga smua org doyan Modif ampe seextrem itu. Fungsi extra yg ditawarin juga ga kena, bagasi gede tp yg bs masuk cm tangan. Coba kl bagasi jd tangki macam athetle mungkin lain crita.
Wah udah rame aja nih… Xixixixixixixi
Setahu ane strategi Ahm tidak pernah all out kencang dan irit dalam satu paket. Seperti nunggu next update.
Jika camshaft adalah jantungnya mesin maka crankshaft & balancer bisa diistilakan nyawanya mesin coz keduanya penghasil torsi.
F= M massa x A percepatan
1,cbr150 thai torsi 12,66nm pake sproket gear 15/43, silincer tipe short peak power termasuk dirpm menengah. berbeda dgn cbr150lokal torsi 13nm sproket 15/46 (ada “indikasi downgrade” coba cek crankshaftnya), tipe silincer long, ditunning lbh advance jd bisa mengimbangi Cbr150 thai.
#harusnya cbr150 thai, overlap 0°, Bore 63,5mm pakai tb 32-34mm Limiter 13300rpm, pake knalpot cbr150 lokal.
Kalo cbr150lokal jangan deh pake sproket 15/43 gear 6-nya terlalu overdrive
2.NCB dan NCBR kompresi 11,3:1 klaim bolehlah torsi 13,7nm dibandingkan cbr150thai yg cuma 12,66nm tp pakai sproket 15/45?? Ukuran ban lbh besar tp velg tipe palang ringan, jadi ini juga ada “indikasi downgrade” coba cek crankshaftnya.
jadi masalahnya tinggal di kruk as dan balancer ya om?? dia pake yang berat untuk awalan dan berat untuk top speed gitu bukan om??
itu benar
besaran torsi tergantung dari berat crankshaft+balancer, yang besarannya (gaya sentipletal/ momen puntir) akan semakin tinggi seiring tingginya putaran.
semakin kuat torsi maka semakin besar pula power yang bisa dihasilkan.
sedangkan besaran power itu menentukan percepatan.
jadi akselerasi dan topspeed tergantung dari peak power & torsinya.
honda cs1 itu ibarat cinta pertama saya. motor pertama sya, dr gak bisa motor sampe bisa belajar pake si cs1 ini. overbore kencang!. dalam perjalanannya, banyak yang ‘ngehina’ cs1 saya. modelnya aneh lah, lelet lah. urusan model nya aneh, ane gak masalah. karena itu selera. karena, sejatinya ane beli cs1 ini semata2 liat mesinnya. yang bilang cs1 itu lelet adalah orang2 yg rata2 gak bisa ‘perfect shift’ biasa naek motor overstroke atau matic yg shifting di 5000-7000 rpm (max). ya pasti jelas lelet klo bawa cs1 kaya gtu. mx 135, itu buakn tandingan cs1, tandingan cs1 itu klan vixion, meski kalah di torsi awal, top speed mampu jabanin.
ane itu pecinta motor standar, gak pernah pake knalpot, busi, koil, filter atau part2 racing lainny; semua full standar dan raihan top speed max yg pernah ane raih slama pake cs1 ini 134 kpj. benar2 jatuh cinta sma mesin overbore ini.
ibaratnya, mesin overbore itu mesin yg tdk sombing dan rendah hati, slalu dihina dan ditinggalkan di awal, tpi pelan2 dia membuktikan diri dan menyusul dan bahkan meninggalkan para penghina nya. this is the true power of overbore!
bicara mesin overbore itu mesin yg membuat orang untuk tdk safety riding itu salah! jangan kategorikan speed lover sbg rider pecicilan. ane sbg rider overbore, di dalam kota ‘sulit’ untuk ngebut. gmna mau ngebut, torsi putaran bawah aja lemah, setelah lampu merah kalah sma matic atau mtr overstroke. atau pas macet yg suka selap-selip membahayakan itu mtr2 dengan torsi bawah besar spt matic dan mtr2 overstroke. justru yg membahayakan tipe2 mtr yg spt ini. mentang2 torsi bawah kencang, lampu merah langsung ngacir, tanpa liat kanan kiri, tba2 dilibas mobil dr arah berlawan. atau mtr2 yg suka selap-selip yg sejujurnya bikin jengkel saya karena membahayakan rider lain.grrr
sebaliknya, speed lover sejati itu akan menunjukan perfroma sejatinya saat pergi keluar kota yg jalannya luas dan panjang sehingga bisa mengail top speed dengan aman dan tdk membahayakan.
begitulah kisah cinta ane dengan cs1 ini, yg membuat ane jatuh cinta sedalam2 nya dengan mesin overbore hingga skrng sbg penerus cs1, cbr150r fi thai. emang lelet sih awalnya, cuma gan, jangan kaget ya klo uda bicara top speed lewat smua motor 150 cc! (maknya ane penasaran dengan performa satria 150 fi ini klo dibandingin dengan cbr150r fi thai)
oh ya, spt cerita ane, ane gak pernah ngebut2 dalem kota. ngeri. padet santei aje. meskipun bnyak yg bleyer2 gas di lampu merah, gak pernah ane layanin. karena ane tau pasti ane kalah..wkwkwk..wong trek nya klo pun kosong, tpi pendek dan padet. justru klo ane kegida dan ikut, rugi 2 kali. kalah dan membahayakan.
ane selalu geber motor tiap keluar kota. kbtulan jam terbang luar kota ane sering..hehee
salam overbore!
ane demen banget nh komen…. ane ngerasain juga soalnya. jadi kalem pas pake stroke 50.6 .. maunya malah pelan terus.. kalo lowong ya puter titik josss… klo tanjakan kelok kelok ya harus high rev.. sering di bully lemot?? ah sudah biasa.. 😀
kayaknya CS1 itu dewa banget ya mesinnya. sepanjang gw pake tornado GS belom pernah tuh kesalip CS1 5 speed 134kph.
sering ketemu CS1 pecicilan di cibitung cikarang tp gw salip kok gak nyalip balik.
aneh… sungguh aneh…
:v
tornado gs itu 2 tak 13 dk bore x stroke : 54 x 48, sama2 overbore gan (artinya berpotensi top speed tinggi). cma uda beda kelas gan jangan disamain, tornado 13 dk itu dicapai di rpm rendah (khas 2 tak) torq nya jg besar 1,25. vs 1,04 (cs1). jelas kalah cs1. klo mau bandingin dengan 2 tak lagi baru fair.
:v
kekurangan cs1 adalah torsinya kecillll…. untuk jalanan pegungan ampunn.. berat. Begitulah overbore 1 silinder..
menurut ai yg mantan pemelihara cs1…. ini motor cc kecil yg dipaksain kenceng…. bs kenceng sih… tp buruh trek pwanjang dan lurus…. begitu dapet tanjakan atau jalan belok2…. mringis dah……
Betul, pengalaman ngejar cs1 pake jupiter z thn 2004 dari arah subang menuju tangkuban perahu, secara jalanannya banyak tikungan dan nanjak terus. Tuh cs-1 ngos-ngosan
selama cs1 nggak bisa main di 9000 rpm, pastinya loyo, karena torsinya kecil, maklum stroke nya cuma 47.2 mm, nggak sampai 5 senti
Berlebihan bgt sih wkwk CS1 emg kencang ya? Iya kenceng kalo dibandingkan supra 125 😀 tapi gaungnya ini motor wow bgt (blogger) sampe katanya bisa ngalahin Vixion. Sesama std mah jauh.
Top speed jg cuma 120 ane dah coba BB 55 kg. Itu jg trek panjang
Akselnya jangan ditanya lelet puoool.
Top speed tinggi ga mesti kencang. Tapi seberapa cepat dapet top speed tsb. ga cuma 0-100 juga
kalau mau mbandingin kenceng tidaknya, coba bandingin dengan yang setara, misalnya sama motor harian, bebek standar 125 cc
kalau mbandingin dengan vixion, adilnya vixion dijadiin 125 cc (bore down), atau cs1 dijadiin 150 cc (bore up), baru kehuan mana yang lebih kenceng.
Enaknya memang langsung saja dicari lewat persamaan power/cc, atau topspeed(gps)/cc
Vega R di bore up 150cc juga kenceng om.
itu Mio boreup 300cc bisa nabokin moge 800cc di 200m. emang bisa itu DOHC nabokin moge 800cc 200m?
he he he
pertanyaan yang aneh…
dicoba aja, belom liat soal nya
😀
bukti yang berbicara. cs1 vs nvl
Wah ini ngomongin motor kecil kencang, emangnya motor under 250cc seberapa sih kencangnya ? Paling mentok 110an kpj kalo di jalan umum. Gw dah pernah nyoba macem macem motor 150cc semua juga gitu gitu aja, nothing special. Dah lah ga usah ngomongin kencang kencangan. Safety riding aja bro. Salam!!
Boleh om di coba sama megapro 160 cc setandar abis taon 2003 sekarang udah os 100 sih knalpot cuma bobokan gk jelas suaranya n karbu original bawaan pabrik,masih pake filter lho…! Klo sampean mo sparing di juanda aja motor ente std kan ?
Klo bisa tinggalin motor ane 2 meter ane ngaku kalah
Klo cs1 gak laku bukan karna kencang & boros,tapi tampilanya itu loh yg aneh bin ngaco sumpah aneh banget kaya mocin
Tapi buat tampilan body ok fiture nya jg ok,cuma headlamp sama setangnya model aki aki kebelet kondangan
Trus di kelas yg gak ada pesaingnya itu salahnya,konsumen motor sport kalangan anak muda ngalay,ribed,kebelet gaul,tapi tau model
Coba klo cs1 modelnya ayago asli gk pake aneh body nya cc jadi 140,145,150,155-20000 pasti laku parah
Catatan honda terlalu pelit semua motornya itu itu lagi mesinnya rata2 satu mesin di cangkok 10 motor berbeda cuma beda stroke doang sama embel embel new,fit,x,xx,win,revo, itu lgi itu lagi
Memang bener sih mesin honda gampang di grayangin mo bikin torsi gede bisa,mo power nya di rpm tinggi juga gampang tinggal ganti karbu n porting polish udah signifikan bgt seher masih nol,tergantung tangan ahli bro megi 160 jadul ninin std nganga hikhikhik gw barengin di juanda depok