TVS Tormax Motor Bebek Venomenal dengan Teknologi Mesin Paling Advance


tvs tormax 150 2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Sudah 3 tahun tvs tormax meng-aspal di tanah air, dengan penjualan yang relatif stagnan wajar kalo diantara kita jarang yang lihat nih motor di jalanan. Meskipun demikian jarangnya rider yang berminat terhadap tormax ini, bukan berarti mesinnya inferior, akan tetapi lebih karena marketingnya yang kurang gencar berpromosi, sebaran deler tempat servis yang masih kurang dan mindset rider tanah air yag sudah “keracunan” , kalo nggak jepang nggak oke. Dan ketika bro2 semua mulai membuka hati dan pikiran saat memperhatikan konstruksi engine tormax ini, pastilah akan berdecak kagum, “Teknologi yang dibenamkan di mesin tormax memang di atas rata2 motor bebek jepang”.

Mengenai feature dari engine-nya dah sangat banyak dibahas oleh bloger2 papan atas di awal kemunculannya. Nah sekarang mari kita lihat seberapa jauh potensinya baik dalam kondisi standar, maupun setelah di-oprek. Dari beberapa testimoni power tormax ini begitu mumpuni, mampu melibas sebagian besar motor sport 150cc produk jepang, mungkin hanya takluk oleh satria fu dan cb150r. Yang mengherankan ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian yaitu :

  1. Topspeed maks nya bisa mencapai 133 kpj (nanti kita cocokkan dengan spek transimisinya)
  2. CR-nya 11.3 : 1, tapi masih bisa minum premium ???
  3. FC-nya saat kecepatan 100 kpj bisa 30-35 km/liter, pada kecepatan 60-80 kpj bisa 40-45 km/liter, irit apa boros nih ?
  4. Topspeed untuk 200 m  86 kpj, kenceng nggak bro ?
  5. Ini yang terakhir yang bikin banyak pertanyaan, dengan cr=11.3 : 1 (lebih tinggi dari satri fu), dan volume engine 150 cc, kenapa tenaganya cuma 13.54 hp / 8000 rpm, wajar nggak sih bro ??

Ok bro semua, mari kita bahas bersama2 hal2 yang terkait dengan potensi yang terkandung dalam engine TVS Tormax ini…Konstruksi bore x stroke 59.3 mm x 53.5 mm menghasilkan volume 148.7 cc. Denga stroke yang lumayan pendek maka mesinnya bisa berkitir dengan aman sampai 11500 rpm, lumayan mantab.

00 tormax piston speed

Dengan rasio transmisi

  1. Reduksi awal; (58/21) 2,762
  2. Reduksi akhir : (41/13) 3,154
  3. Tinggi ban belakang 80/9-17
  4. Dan rasio gigi;

Gigi 1: 2,916(35/12)

Gigi 2 : 1,857(26/14)

Gigi 3: 1,333(24/18)

Gigi 4: 1,050(21/20)

Gigi 5: 0,880(22/25)

Diperoleh topspeed maksimum (yang mungkin)/gigi/rpm 01 tormax topspeed

Tapi kok topspeed maksimum yang sempet tercatat di speedo cuma 133 kpj, walaupun cuma segini Jupiter MX, CS1 std bisa kocar-kacir, karena speedometer motor tvs dan bajaj lebih akurat.

speedo

[Sumber]

Hal ini wajar kok bro karena memang kurva torsi dan powernya mengindikasikan bahwa setelah melewati 8000 rpm, aka drop/turun, sehingga akan semakin sulit mencapai topspeed, meskipun rpm max (saat jalan) mencapai 10000 rpm. Dan lagi saat di jalanan riil-nya hambatan angin menjadi kerugaian yang sangat besar bagi motor2 dengan ergonomi reguler/umum. kurva_power dan torsi [Sumber]

Jadi menurut prediksi ane kecepatan 133 kpj, mungkin dicapai pada gigi-5, 9500 rpm. Jadi terjadi penyimpangan sekitar 1.6 kpj atau kurang dari 1 %.

Mengapa kurva yang dirancang menempatkan power puncak pada rpm yang rendah ? Hal inilah yang menjadi kelebihan TVS Tormax ini, yaitu dengan kombinasi torsi besar – rpm rendah – dan reduksi gigi yang berat menghasilkan motor yang kencang dan irit. Jadi wajar jika tenaganya cuma 13.4 hp, lha memang diperolehnya di rpm rendah 8000 rpm, dan lagi memang setinggannya dibuat irit. Mari kita tinjau variabel penentu power dari tormax.

02 performa tormax

Terlihat bahwa efisiensi volumetriknya cukup rendah yaitu cuma 80% sedangkan lambda-nya lumayan irit mendekati satu. Jadi pantas saja powernya cuma 13.4 hp/8000, dan hal ini merupakan potensi yang sangat besar untuk di-oprek mendapatkan power yang jauh lebih besar lagi. Dari informasi ini juga dapat diketahui CR-dinamisnya yaitu Volume combustion chamber,

Vc = Vs(cc)/(CR-1) = 148.8 / (11.3-1) = 14.448 cc

CR-dynamic = (Vc + Vs x VE)/Vc = (14.448 + 148.8 x 0.8) 14.448 = 9.24

Pantas saja masih tetap aman minum premium, lha wong Cr-dynamic nya cuma 9.24 :1.

Begitulah kondisi mesin TVS Tormax 150 standar, sudah lumayan mumpuni. Topspeednya untuk kelas bebek cuma satria fu yang bisa ngalahin. Sedangkan efisiensi penggunaan bbmnya lebih irit dari CS1 apalagi satria fu…

Jadi inilah yang ane bisa katakan dengan berbagai fitur yang dijejalkan dalam mesin TVS tormax, seperti rra, 3 valve, turbo-tune, dual-muffler, menjadikannya kencang dan irit. Dan marilah kita lihat potensinya ketika perfroma tormax kita optimalkan…

03 performa tormax racing

Dengan power sebesar ini sudah waktunya ban diganti ukuran 120/80 degan rasio akhir diperberat, gir depan naik 1 mata, sehingga topspeednya bisa mencapai 181 kpj/11000 rpm, wiiiiih ngeriiii

04 topspeed tormax racing

Jadi bagi yang ingin punya motor bebek kenceng dengan harga terjangkau bisa pilih TVS Tormax 150. Masalah mesin nggak usah ragu, motor tvs sangat minim keluhan, dan lagi garansi yang diberikan juga mantab bro, 5 th.

Sekian semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

57 responses to “TVS Tormax Motor Bebek Venomenal dengan Teknologi Mesin Paling Advance

  1. Cari second nya pun hampir jarang ditemukan apalagi bengkel resminya..

  2. oalah ini to tormax ?..kenceng juga .kalo speedo cs1 penyimpangannya gmana pak ? sayalihat diyutub kok smpai 144pkj 😯

    Bosan dengan tampilan CB150R mu ?
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/03/22/modifikasi-ganti-shroud-honda-cb150r/

  3. Waduh, keren abis ki thormax

  4. manteb nih motor soal kestabilan lebih dari MX kencangnya pun beda2 tifis sama cbsf atau malah lebih kencang

  5. jos jos,.
    next artikel semoga mengulas potensi apache,.
    baik yg 160 cc dan yg 180 cc,.
    2 varian ini cuman beda di stroke bore nya sama seinget saya,.
    😀

  6. Anjrit…bebek edan ki

  7. Wiiii, Ngerii si tormax ini..
    kalo CS1 gak mampu nandingi, lha kalau Sonic gimana om motogokil???

    • gausah gtu lu, fanatik amat ama ymh

    • Lucu ya, blogger yang cukup senior kok bisa memberikan komentar se-tendensius ini? 😀
      Mirip MX ya? Mirip banget atau mirip karena sama2 bebek? Sama2 monoshock? Sama2 pake radiator?
      Emangnya speedo MX digital ya? Emangnya monoshock MX tiduran ya? Emangnya radiator MX ditaruh di sasis, di balik tebeng depan ya? Emangnya MX ada bagasi ya? Emangnya MX mesinnya tiduran ya?
      Silahkan dijawab… :mrgreen:

  8. sayang gak ikut balap ya masbro…
    iso nambah penjualan..
    maayan lah iso ngalahin cbsf r15 ntar, untung2 Fu dilibas hehe

  9. wah promosi buat pndapatan sampingan nih. wk.k.k.k
    Jadi bagi yang ingin punya motor
    bebek kenceng dengan harga
    terjangkau bisa pilih TVS Tormax
    150. Masalah mesin nggak usah
    ragu, motor tvs sangat minim
    keluhan, dan lagi garansi yang
    diberikan juga mantab bro, 5 th.

    • ha, ha, ha, pak bro ngak terasa kalau promosi

    • sparepart nya susah om…
      dikaskus juga gak ada yang jual sparepart tvs…

      gw pernah utarakan ini ke salah satu member tvs tapi gak di gubris…

      • silahkan ke grup Solusi Sparepart di FB.
        https://www.facebook.com/groups/solusisparepart/

        Atau bisa juga langsung hubungi adminnya:
        Evoel – 081311536342

        Segala jenis sparepart motor TVS jenis apapun, sebanyak apapun, selangka apapun, pasti ada. Karena bro Evoel terkoneksi langsung ke pabrik. Dan enaknya ongkir Jabodetabek gratis.

        Klo di bengkel umum emang ga ada sparepart. Tapi subtitusi juga masih bisa kok. Tormax ane ganti kabel kopling Supra XX dan rantai Satria 2tak ga ada masalah. Baru 2 itu aja part yang ane ganti. KM udah 18xxx.

  10. oh, ada yang namanya comrpression dynamik tho… pantesan banyak motor yang kompresi standar tinggi tapi masih aman minum premium…

    sip mas, tambah ilmu ane…

  11. penggemar speeds

    begitulah, Tormax 150, motor asli riset Indonesia walopun TVS yg buat, tp motor ini cuman ada di INA aja…. special for Indonesian rider… cuman sayang orang INA msh sulit melirik ke brand India, padahal sy akui brand india utk produk massal dah setara sm produk massalnya Nippon… coz produk Nippon skrg terkesan menurunkan quality demi harga murah, sdgkan India malah terus mengembangkan quality produknya…
    lihat aja P200NS, dibanding P200 lawas, kelihatan bgt qualitynya meningkat pesat…

    Btw, skrgpun pabrikan Nippon pake sparepart India kok, contoh komponen kunci set NVL, shock Ninja250 mono, dll, pake merek MINDA, ENDURANCE, dll yg merupakan produk India….

    • yup. tormax asli indonesia tapi juga diekspor ke negara tetangga, bahkan sampe ke amerika latin. salah satu member fanspage Tormax berasal dari Kolombia dan sering juga memposting foto Tormax beliau yang menerjang salju.

  12. tvs emang kenceng mas.. apache aja kenceng.

  13. KAMEN RIDER GAIM

    gile topspeednya

    tp tenang cebong belum terkalahkan

    krena topspeed cebong terus bertumbuh,

    dr 132kpj, 149kpj n terakhir cebong diklaim ahm bsa 151kpj

    wow

    wkwkwk

  14. Tvs memang mantap.

  15. 133 kpj tormax ga usah heran… pernah jejerin fu.. 120 kpj tormax =129 kp di fu.. test akurasi vs gps 100 kpj speedometer =98 kpj gps, 130 kpj speedimeter = 127,6 gps

  16. Posisi di lampung boss,…

  17. hehehe tormax motor kenceng bro, cuma yg ngerti mesin kaya bro motogokil yang tau potensi tormax. kemaren kena recall karena tidak lulus kadar emisi, blum ada kabar tormax yang baru.

  18. 13,4 hp ngak pake tipu2 sukses 130kmh versi gps, standar pabrik (efisiensi volumetriknya cuma 80%), kalo brand jepang 16ps versi dyno doang……

  19. Bro pengamat, kaya nya user tormax jg ya.. dari medan ya.. hehehe?
    @bro motogokil Untuk bensin pake bensin bro, lebih ajiib pake pertamax… sayang nya,.. konsumsi bbm standarnya agak boros,..

  20. @max rider, ane yg ditangerang bro. jadi begini motogokil, mesin tvs masih mempertahankan teknologi suzuki jaman dulu, konfensional silinder, krukas + balancer dan magnet berat shg menghasilkan gaya sentrifugal yang lebih besar pada setiap rpm. ditopang rasio gear yang berat menghasilkan racikan yg sempurna. maka irit dapet kenceng dapet.
    hal ini berbeda dengan pengembangan motor jepang semakin kesini kruk as+magnet dibuat ringan, mungkin untuk mengurangi cost produksi, namun mereka punya teknology yang membuat akselerasi lebih cepat seperti offset silinder, roller roker arm, evisiensi volumetrik mendekati 100% dan muffler yang lebih advance. power mesin versi dyno bikin kita wah….
    pengembangannya ya di motogp, makanya mesin prototipe tim pabrikan performanya keteteran sama speck open class.
    tp yakinlah setingan mesin seperti itu untuk motor performance misal overbore, DOHC, rasio gear ringan, 6 speed dan kompresi >10 serta rpm mesin 12rb-an akan lebih boros bbm meskipun sudah injeksi. makanya percuma FU atau cb150 di injeksikan 1) akan tetep boros.2) pake pertamax tambah mikir .3) topspeed standar ngak akan lebih superior dari tormax ane….hehehehe

  21. wih… sy jd bingung mbacanya.. top dah pokok nya..ciamso

  22. Halo. Ane pengguna Tormax dari Medan. Berikut sekelumit kesan2 saya selama memiliki Tormax setahun belakangan ini…

    Secara visual, mungkin lebih cakep MX karena serba meruncing dan ban belakang gede. Tapi berhubung Tormax “amat sangat jarang” yang punya, jadinya punya WOW FACTOR yang jauh lebih besar dibanding MX. Ke manapun ane pergi, di setiap perhentian lampu merah, Tormax ane selalu jadi perhatian. Dan orang2 selalu berbisik2 sambil melototin Tormax ane. Berasa jadi artis dah.

    Ga jarang, ane dapat pujian dan jempol dari rider lain. So far, ane belum pernah dapet komentar negatif/miring dari orang2.

    Nah, klo soal larinya, hmm… tenaga emang ngisi terus dari bawah ke atas. Power pickup joss klo kata om IWB. buat nanjak eces ga ngeden. Nariknya cepet sampe ke 9000 RPM tapi di atas itu mulai kerasa turun performanya. Namanya juga peak powernya di RPM 8000… 😀

    Tapiiii… klo diadu sama motor 150cc lainnya, ga kalah bro. Ane pernah sengaja head2head dengan temen pemilik Old Vixi yang udah pasang half fairing + setel CO + knalpot R9. Dari 5x run di trek 500M secara bolak-balik, cuma sekali ane kalah. Btw bukan karena temen ane bego bawa motor ya. Doi jago cornering dan sering main di sirkuit, otomatis doi tau dong cara drag race yang baik dan benar… B-)

    Ane juga sering sparing sama NVL. Terkadang ane kalah, tapi biasanya kalah nekad aja. User NVL bener2 gila2an bawa motornya di jalanan umum dan ga terima bila disalip, apalagi yang nyalip bebek “motcin”. Xixixi.

    Sama FU, baru sekali ane bisa sparing, karena rata2 pemilik FU di Medan bawanya kalem. Dan yang paling alay tu user NVL + Old Vixi. Well… hasilnya, dari putaran bawah ke atas sampe ke speed 120 kmh, ane ga bisa nyalip FU dan FUnya juga ga bisa menjauh. Ane 1 meter di belakang FU. Di saat FU shifting ke gear 6, tetep aja doi ga bisa menjauh sama sekali, dan Tormax malah makin mendekat. Cuma udah red light ya berhenti lagi.

    Klo CB150R baru deh lawan yang berat. Karena ane pernah buntutin CB150 pake knalpot racing, tarikannya bener2 nampol. Rasanya lebih dahsyat tarikan CB150 dibanding FU sekalipun. Ane ga pernah sparing sama CB150, tapi engine CBR ga bohong, Tormax pasti kerepotan mengimbanginya.

    Oh ya, mengenai FC, Tormax itu ga irit lho. Konsumsi mirip2 CB150R, di kisaran 35 km/l untuk normal riding. Klo high rev pernah tembus rekor 28 km/l. dan paling irit cuma 37 km/l dengan super econo riding, speed 40 kmh di gear 5 haha. 😀

    Topspeed sendiri baru nyenggol 127 kmh. Tapi sumpe deh bro, 127 kmh di tormax itu udah ngeri banget. berasa blur tuh jalanan. padahal ane pernah 130 kmh di shogun SP boreup, tapi ga sekencang ini feelnya. mungkin karena akurasi speedo Tormax yang ga banyak korupsinya kali ya. Ane pernah jejerin sama Karisma ane juga, Karisma udah 100 kmh, di Tormax baru 88 kmh. :mrgreen:

    Overall, ane puas make motor ini. Rasanya ada kerinduan yang membuncah klo beberapa hari ga riding make Tormax. Dan perasaan bangga dan eksklusif ketika semua mata memandang, it’s priceless. You know… because your bike is so rare. And so fast too.

    Untung ane ga jadi beli MX… hahaha.

  23. Mantap sharing nya bro Dxxxy… wkwkwkwk…. hehehehe… memang begitulah adanya… kebo langka… yang punya cuma segelintir orang yang bisa dianggap aneh… yah memang user tormax rata2 adalah orang yang punya pendirian sendiri, ga mau ngekor… dan orang yang ngerti kualitas… n memang tvs kualitas dunia… saya bangga jadi bagian dari mereka…

  24. saya tormax rider udh 3th…lg nyari keranjang belanjaan kyk di bebek jadul buat pasang di tormax biar mirip mtr ibu2…begitu gaspol tambah kesel tuh motor laen disalip motor ibu2 wakakakakkk….pokoknya percayalah sm tormax klo utk di jln raya speed dan power ni mtr udh lbh dr cukup…mau tanjakan, turunan, tikungan, trek lurus hayukk ajah. aplg klo iseng ngintil dibelakang vixi atau fu yg diatas kertas katanya lbh superior, swich turbotune posisi on biar yg didepan brisik dan kesel denger suaranya…biasanya mrk lsg betot gas…hbs itu kt matiin lg turbotune biar suara alus hahahahaaa yg didepan bingung nyari motor yg brisik td kemana ya….tormax is FUN

    • wakakaka betul banget. ane sering ngacir pake turbotune OFF, biar pas nyalip tenang menghanyutkan. otomatis orang yang disalip panas dan menyalip balik. ane biarin aja dia di depan untuk beberapa saat.
      turbotune ON, ane gaspol, eh dia minggir, mungkin dikiranya motor balap mau lewat kali yak? :mrgreen:
      pas tau ternyata ane lagi yang nyalip, dia keheranan, “ini motor yang tadi ane salip bukan?” wkwkwk.
      bahkan mereka sampe menganggap ni motor pake NOS, abisnya knalpot biasa tapi kok perubahan suaranya drastis banget?
      bangga pake tormax.

      • sama kek supra ane pas lawan tvs rockz…

        ane gak bisa balap si rockz dan si rockz juga gk bisa ngejauh.. udah nunduk abis-abisan.. top speednya 123kmh

        spek supra ane sih msi std.. tpi udah knalpot bobok dan Porting n polish

        dan spek si rockz udh knalpot racing juga..

        dari tarikan awal.. ane menang telak..
        tpi pas trek 400m.. ane mulai disalip sm si rockz

      • ada komunitas tormax di medan ?

  25. Cari blok mesin samping kana ada nggak ya, dan brp harganya?

    • +62 877-7788-8616 Ini nmr WA online shop tvs…cb tanya lesana via WA om…gratis ongkir seluruh indonesia, kmrn sy order body part dan spare part tormax…bayarnya via indomaret

  26. analisa super lengkap minta formulanya exelnya gimana kirim donk ke @ .buat nambah pengetahuan

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting