Penonton Tidak Disiplin, Pembalap Road Race Meregang Nyawa

kecelakaan roadrace sidoarjo

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Innalillahi wa inna ilayhi roo ji’uun. Kecelakaan tragis dalam dunia balap nasional kembali lagi terjadi. Kejuaraan ‘Bupati Sidoarjo Cup FDR Honda Supermoto Road Race Challenge 2016’ yang digelar di bekas Jalan Tol Porong Gempol, Kecamatan Jabon, Sidoarjo pada hari minggu 21/02/2016. Kali ini penyebab utamanya adalah penonton yang tidak disiplin, saat balapan berlangsung, nekad menyebrangi jalan yang dijadikan track balap. Dan yang terjadi selanjutnya adalah insiden pembalap menabrak penonton tersebut.

Kecelakaan tragis ini terjadi ketika pembalap kelas bebek standar 110 cc, asal Bulak Banteng, Surabaya, yang bernama M. Andi (21) menabrak seorang penonton yang meyebrang lintasan. Kemudian pembalap menabrak pembatas lintasan hingga mengalami pendarahan di kepalnya. Dan ahirnya nyawanya tak tertolong saat perjalanan menuju RS Pusdik Gasum Porong. Hal ini juga disebabkan oleh kurang sigapnya panitia dalam menangani kecelakaan, sehingga korban terlambat penanganan intensif di rumahsakit.

Seperti kita ketahui bersama, motor balap bukanlah motor harian lagi. Karena kecepatan dan kaselerasinya sudah meningkat jauh. Sehingga jika seseorang menyeberang lintasan balap, dengan perhitungan seperti saat ia menyeberang jalan umum (biasa), maka ia akan salah perhitungan. Karena jika motor harian terlihat 20 meter, mungkin ada kesempatan 5-10 detik untuk mengeberang. Tapi motor balap pada jarak 20 meter akan sampai dalam waktu 1-2 detik saja.

Sayang sekali kajadian seperti ini terjadi disebabkan oleh kesalahan yang berulang-ulang, tidak ada perbaikan. Karena seharusnya, penonton diperlakukan sedemikian rupa sehingga tidak bisa melintasi lintasan balap. Tetapi lihatlah apa yang biasa terjadi di arena balap nasional, penonton sangat dekat/mepet lintasan balap. Apalagi antara lintasan dan pagar tidak terdapat pelindung (bemper) yang memadai, yang akan melindungi pembalap dan penonton saat tercadi crash.

penonton road race

Semoga yang wafat mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan diterima amal ibadahnya, serta yang ditinggalkannya diberi ketabahan. Dan semoga kejadian ini bisa dijadikan pengalaman dan pelajaran untuk lebih baik lagi dalam menyelenggarakan event serupa berikutnya. Sehingga balapan akan semakin aman, baik bagi pembalap maupun penontonnya.

Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

15 Komentar

    • memang ada 2 kejadian, yaitu pada roadrace bebek 110 cc (kejadian ini) dan supermoto yang menabrak pager pembatas+penonton
      btw terimakasih komentarnya, semoga menjadi ralat kejadian yang sesungguhnya

  1. gak di indo, gak di viet, gak di thai.. bukan murni salah panitia sih.. penontonya sendiri SEBAGIAN memang dari kalangan (maaf) kurang smart! (mau ngomong idiot sampah masyarakat kok gak etis)
    ..
    dari yg anak alay, preman pasar, sampai copet pun ada.. pernah tau sendiri cuman ada yg ngatain pembalap lain “woy matane jan***!”.. eehh lngsung tawuran!
    ..
    BTW OM,, GAK PENGEN NGULAS NCBR? TUH HASIL TEST RIDE PARA SUHU DAH KELUAR 😀

  2. Tu org kampung pasti yg nyebrang pas lagi event balapan… Yah maklum org kampung ga berpendidikan… Kampungan biasa balap karung ama maen tanah d sawah ini liat balapan elit yahh gaya kampungannya keluar lagi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.