Pertentangan Fans SOHC dan DOHC Didamaikan Honda


sohc-dohc

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Dipicu oleh pernyataan Pak Abidin petinggi YIMM, kemudian dikompori oleh mbah dukun satar, perdebatan fans sohc dan dohc kembali menghangat. Aslinya untuk masing pabrikan baik yamaha maupun honda punya jagoan-jagoan yang mengusung engine sohc maupun dohc yang diakui oleh rimba anak jalanan. Di yamaha ada vixion (sohc) dan r25 (dohc) sedangkan di honda ada cs1 (sohc) dan cb150r (dohc). Jadi keduanya sama-sama mengembangkan engine sohc dan dohc, harusnya tidak ada masalah.

Yang kemudian menjadi sumber perselisihan adalah karena sohc (vixion) dan dohc (cb150r) sedang bersaing memperebutkan pasar motor sport yang paling gemuk, yaitu 150cc. Karena masing memiliki pendukung fanatik yang cukup besar, yang mana sebahagian besar tidak faham engine motor 4tak. Sehingga dipicu sedikit saja langsung langsung terbakar dan berkobar.

Sesungguhnya motogokil sudah pernah membahas hal ini lama sekali [artikel]. Tapi tapi karena blog motogokil.com kurang dikenal, jadilah artikel tersebut kurang mendapat perhatian. Silahkan dibaca artikel tersebut, barangkali bisa memberikan kontribusi positif dalam memahami engine tipe sohc dan dohc.

Karena menyadari keunggulan dari dua tipe tersebut, yaitu :

  1. Engine sohc cenderung bertorsi besar di rpm bawah (overstroke)
  2. Engine dohc cenderung berpower besar di rpm atas (over bore)

Maka dibuatlah suatu engine yang panjang stroke mirip dengan engine vixion. Yang disempurnakan dengan disematkan cylinder head dohc (yang mirip cbr250) yang mampu melayani rpm tinggi. Dan engine itulah yang sakarang ada di sonic150r dan new cb150r, yaitu k56.

Jadi fans yang menyanjung engine sohc dan dohc, paling tidak, bisa berdamai dengan adanya engine k56. Jika ingin irit, biarkan dalam kondisi standar. Dan jika menghendaki power di rpm tinggi silahkan di-oprek potensi sudah disediakan pada head dohc [artikel]

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

Advertisements

$where = 0;

119 responses to “Pertentangan Fans SOHC dan DOHC Didamaikan Honda

  1. ngger dino kok do paduu ae… ha mbok mending ngopi hitam cap angkringan…

  2. insinyur bikin dulu ukuran bore-stroke, digali potensinya, baru mikirin mau pasang dohc apa ngga… bukan bikin dohc terus digali potensinya

    • Wah ada insinyur komen nihh
      Woii di tanggepin donk,,masa insinyur komen di cuekin

      • yac h ngak selalu gitu juga pak,

        engineer khan bekerja berdasarkan konsep apa yg dimaui,

        atau buat sesuatu yg baku terus di improve

        ngak mesti dgn satu jalan yg sudah baku,

        itulah kerja engineer

  3. Kacang.. kacang…. Mizon..mizon… Yang haus yang haus… #bukalapak dulu sebelum panas 😀

  4. Motorsport Division

    Padahal DOHC sudah lama dipakai dan juga SOHC. Lantaran masyarakat yang telat tahu karena baru mampu, jadilah pertikaian. Karena silindernya satu jadi performanya gak keliatan berasa hahahaha. coba Silindernya 8 pasti berasa :v Gimana kalo DOHC nya gak pake Spring, makin mumet ndase buat ngerti wkwkwk. Pak dosen bisa aja nih wkwk

  5. semuanya ribut SOHC vs DOHC.. apalah dayaku cuma bisa naek yang bermesin OHV 🙁

    konsep modif NMP jadi street tracker
    http://wp.me/p4SkTo-7v

  6. Supra 2002 ku Awet Rajet

    Jadi intinya berbahagialah para penyemplak Sohc sebelah. Krn ada Dohc honda yg pny paket lengkap antara dohc dan sohc.

  7. Engine sohc cenderung bertorsi besar di rpm bawah (overstroke)
    Engine dohc cenderung berpower besar di rpm atas (over bore)

    Inget dohc overbore inget satria fufi
    Real dohc.bukan dohc town square
    Mau kenceng kok harus oprek lagi,.???,
    Besok beli viar lah,trus di oprek

    Wadehel,,madafaka

    • tergantung setingan mesin bro.

      overstroke bisa diseting topspeed bisa disetting akselerasi, begitu juga dgn overbore

      ya udah diadu aja real dohc lawan merek sebelah akselerasi dapet berapa? 201m, 402m.
      topspeednya berapa? 1km
      gitu aja kok repot….. xixixixixixixi

  8. Gampang kok bro.
    Merasa SOHC paling top, turun disentul.
    Merasa DOHC paling top, turun disentul.
    Kalo dah nyentul bareng2 kan tau mana yang top dan hebat.
    Debat argument Ъªк habis2 bro. ini kan masalah teknik. bawa donk ilmu teknikny buat didebatin.

    Jangan kemakan yang namanya SALES.

  9. Ngomong masalah potensi dan ngoprek mesin,emang ada berapa persen pembeli motor yg mau melakukanya dibanding make motor dg mesin standar?jd menurutku enggak logis klu selalu ngomong potensi dan ngoprek

  10. Bapak2 dijelasin sampe berbusa2 oleh sales mengenai sohc dohc overbore overstroke rangka tralis ala ducati. Si bapak2 cm melongo sambil bilang ooo bbrp kali. Setelah masuk ke dp dan cicilan baru trlihat antusias dan nyambung. 😀

  11. kenapa bandinginnya selalu di sentul sih… tuh dragbike kenapa ga diambil contoh. dragbike adalah balapan dimana oprek mesin menjadi yg paling utama…lain halnya balapan sirkuit. saat ini adakah drag bike 150-200cc 4t ada jawara pake mesin sohc??????
    kalo untuk performa/adu cepat tetap dohc pilihan yg lebih baik dibamding sohc yg lebih untuk efisiensi. so motorsport sebaiknya pake dohc
    IMHO

    • Saya juga ga pernah denger dohc overstroke bisa menang lawan dohc overbore di drag race. Karena dasarnya overstroke diperuntukkan buat torsi…

  12. Dr awal tujuan dohc kn buat ngejar power pd rpm atas..
    Tp itu kn duluuuuu..
    Skrg kn ga melulu soal power,tp jg efisiensi..
    So dohc yg dkembangkan pd new cb,sonic n supra150 (pke rocker arm) itu mengejar sudut yg kecil antar klep in n ex pd bore yg kecil..
    Dharapkan dgn profil kubah n kepala piston bentukan dr sudut yg kecil td performa n efisiensi bisa maksimal..
    Trbukti kn performanya mmg cukup ok!
    Istilah dohc wala2 ataupun dohc asli cuma penggiringan opini aja..
    Masa klo qt bicara sohc aja suruh smart mengetahui fungsinya..
    Tp qt juga harus smart juga dong fungsi dohc ala satria fi n dohc ncb series. Beda laaah..
    Jgn bawa2 sentul lah. Itu ga bisa djadikan tolak ukur..

  13. capek pikiran, debat yg bedanya jga gak siknifikan sohc dan dohc. ini cuma persaingan merk pabrikan aja ala smack down hehehe

    misalkan 2 mesin DOHC 4 klep dan SOHC 4 klep memiliki parameter yang semuanya sama ukuran sperti bore x stroke, con-rod length to stroke, profil camshaft, size in/ex klep, size & panjang in/ex port, size & panjang plenum/runners, size & panjang sistim exhaust, size throttle body, bentuk ruang bakar, bentuk piston, rasio kompresi statik dan seterusnya. kemudian di tetapkan putaran ke dua mesin di 8500 rpm, maka power puncak ke dua mesin SOHC & DOHC tersebut akan sangat mirip.

    yg DOHC mungkin akan sedikit ada tambahan power dg bentuk busi yg ditengah. yg SOHC akan sedikit lebih besar torsi di rpm bawah tengahnya karena friksi yg lebih sedikit dg satu camshaft. jdi ya berimbang aja.

  14. Konsep SOHC DOHC itu jelas, SOHC membebankan hanya 1 camsaft untuk mengatur valve yang secara otomatis beban kerjanya besar. DOHC membebankan 2 camsaft untuk mengatur valve, yg secara otomatis lebih ringan beban kerjanya.
    Suatu kemustahilan SOHC dipaksa di RPM sangat Tinggi / Racing, itu sudah melawan konsep diatas.

    Tapi bisakah Konsep SOHC untuk Racing / RPM Tinggi? jawabanya bisa, material harus sgt kuat, Contohnya : Special Engine Spec CRFR menggunakan SOHC Unicam. Bahkan sekelas DOHC MOTOGP material harus Titanium, bmgna jika SOHC??

    • On stock Dohc honda cuma 16ps vs Sohc yamaha 16ps perbedaan antara keduanya cuma dibedakan 0, sekian tapi dengan jumlah chamshat 2pcs vs 1pc power 11 12…malah sekarang dua2nya sama2 overstroke….jelas terlihat yg dohc honda menyesuaikan permintaan pasar yang kebanyakan diperkotaan yg stop and go tidak terlalu membutuhkan rpm atas.

      Kalau masalah siapa yg kencang kan udah ada wadahnya kejurnas 150 yg membawa nama bengkel dan pembalap pro masing2 dan bendera pabrikan…Malah ahm dengan tim ART pake OCB dohc overbore dan tim suzuki lewat FU karbu juga sudah lebih lama riset tapi lawan mx king yang baru tahun 2015 lahir mx king bisa langsung juara kejurnas150. Benar kata om Leopold motor itu dilihat satu kesatuan mx king juara bukan hanya karena mesin sohcnya kuat gebuk 29hp tapi karena material mesin bagus dan rangkanya yg enak ditekuk sirkuit kecil maupun sentul besar..coba bandingkan sonic tim kawahara dohc overstroke baru gebuk 24hp saja pada ambroll alias DNF.
      Lihat R15 berani loh ikutan kejurnas 150 sentul besar walau lawan batangan, ayam jago dan bebek, tapi R15 selau bisa rebut pdium race 1 dan race 2. Dan kenyataanya yg ngaku DNA motogp cbr150 k45 pake dohc overbore cuma beraninya main OMR di alun alun pembatas karung goni..

      So don’t judge bahwa sohc 4 klep yamaha itu inferior

  15. Hanya orang orang pekok yang takut kelaparan yang selalu berdebat masalah dohc atau sohc,
    padahal tujuanya sama buat memutar roda belakang supaya motor bisa lari.
    ,
    ,
    ,GITU AJA KOK RIBUT
    ,
    ,dasar koplak
    ,
    ,
    ,kekekekek

  16. Artikel diatas terlihat ketakutannya dan kegalauan Tim Swat AHM yang ternyata masih sulit untuk menjungkalkan Nama Besar Vixion sebagai raja sport sehingga selalu menghembuskan bahwa DOHC AHM itu superior kenyataanya sudah ditambah 1 chamsaft tetap on Stock maupun on Dyno hasinya DOHC AHM cuma beda 0, sekian dari SOHC 4 klep YIMM.

    Terbalik kenyataannya saat kejurnas150cc (Sentul Besar ) terbukti DOHC AHM tidak sesuperior seperti yang dibanyangkan yang DOHC Overbore (OCB) maupun yang terbaru DOHC Overstrokenya (Sonic) tidak bisa menggunguli SOHC yang cuma 5 speed di MX KINg dan di Sport Fairingnya yang sudah 6 speed di R15.

    Kenyataan itu memang pahit

  17. ia deh motor honda paling wow..
    biar yang punya blog seneng …

  18. slama cc kecil dohc ma sohc ga ngaruh bnyak.. buktinya lihat aja di FB msh banyak yg ngaku2 menang lawan si itu dan si ini.. tpi karakter overbore dan overstrok ga bisa bohong hihi

  19. “Jadi power besar pada rpm tinggi bukan ” hanya” disebabkan oleh pengaplikasian DOHC, tapi lebih merupakan kombinasi antara dohc dengan karakter engine yang oberbore.”
    Itu saya kutip dari artikel motogokil.com dan linknya ada pada paragraf ketiga

    “Dan jika menghendaki power di rpm tinggi silahkan di-oprek potensi sudah disediakan pada head dohc”
    Maksud di oprek disini seperti apa? Bukankah karakter engine yang sekarang bukan overbore?

    • karakternya tetap mirip overstroke (vixion)
      tapi jika ingin menggeser power ke rpm agak ke atas, maka head k56 telah menyediakan kemudahan, yaitu :
      1. Saluran intake sudah mendekati downdraft, tinggal di tune diameternya
      2. Sudut klep sudah in/ex sudah sukup sempit, tinggal diperbesar diameter klepnya, dan siap bermain di rpm tinggi
      3. Camshaft sudah double tinggal bermain di gigi sentriknya (lebih fleksibel) dibandingkan sohc.
      menurut ane, jika dipentokin main di rpm atas, k56 masih sedikit lebih unggul dibandingkan vixion (karena stroke lebih pendek). Tapi kalau lawan satria fu 150 fi kemungkinan besar akan kalah semua.

  20. Ouuwww….begitu ya pak dosen?
    Jadi untuk bikin kenceng mesin dohc operstruk kata kuncinya itu adalah :
    – TINGGAL ditune…blablabla
    – TINGGAL diperbesar…blablabla
    – TINGGAL…tinggal…tinggal…dan tinggal…
    – banyak amet tinggal-tinggalnya ngoahahahaha

    any kuesyen?

    • he he he
      terserah ane lah kaliimatnya, kalau nggak suka ya silahkan ente bersabar
      any question ?

    • awas… jangan sampai TINGGAL…… akhirnya tinggal meleduk….. gak kuat ladenin panas n tekanan hasil pembakaran BBM yang dah diluar standard…

      menurut saya, klan vixi n NCB skrg bkn dibuat utk speed, tp buat keseimbangan antara easy riding, efisiensi n keawetan… kalo speed silakan meke Old CBR, wis juoss…

      kalo mau power, tuh ada ninja 150 2T…

      Oh ya mas dosen, kira2 kalo dibuat perbandingan power vs efisiensi, bgmn perbandingan konsumsi BBM antara Ninja 150 2T berpower 30 PS standar, dibndingkan dg motor 4T
      150cc masa kini yg ditune habis-habisan sampe dpt 30 PS juga, apakah yg 4T oprekan tetap ebih irit….???

  21. @c70 ada kok om 200cc 4T SOHC yg juara.. nohh punya temen ane gl mesin tiger rangka ijo
    ekekekekekekekek

  22. AH CAPEE DEEEEH….MAU KIAMAT KEK BAGAIMANAUPUN JUGA MOTOR HONDA ADALAH DEWA NGGA ADA CACATNYA!!!

  23. ah….MAHADEWA Blog itu mah cuman dua Motogoookill dan Indoboker….
    mbok ya bijaksana dikit kalo mau bikin hits, gak semuanya pembaca blog Anda itu mau menelan mentah2 atau sebaliknya?
    mungkin motor yang Anda bUlly banyak orang menggantungkan hajat hidupnya….
    ingat arti Assalamu’alaikum wR wB di awal tulisan Anda??

    • Ezz…zluuuubbbhhh

    • bro m16 ente sudah baca artikelnya apa belum ?
      kalau meu mem bully motogokil silahkan saja, tapi harus dengan alasan yang benar
      memangnya ada di artikel ini merek yang di bully ?
      sepertinya ada belum baca artikel, atau salah faham dgn isi artikel, akibat fanatik terhadap merek tertentu yang berlebihan

      bukannya sudah ane buatin tuh artikel sebelumnya,
      makanya sebelum komen sangat penting untuk ” iqro’ “,

      • Iqro’nya dh nyampe ini belum om
        ‘LAA TAK BUDU RABBANA LAM YARAH “..
        Gk nyambung yo ben yo om.pisss

        • Artinya : Aku tidak akan menyembah Allah bila aku tidak melihatnya lebih dahulu.

          Jangan terlalu pd dengan diri sendiri, lha Nabi Musa AS saja tidak sanggup, apalagi kita. Rosululloh SAW sendiri tidak melihat Allah SWT ketika isro’ miroj.
          hadis dari Abu Dzar, beliau pernah bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, apakah Nabi melihat Allah ketika isra mi’raj? Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Ada cahaya, bagaimana aku melihat-Nya.” Dalam riwayat lain, “Aku melihat cahaya.” (HR. Muslim 178, Turmudzi 3282, Ahmad 21392, dan yang lainnya).

          Jika dihubungkan dengan diskusi kita di motogokil ini (otomotif), mungkin bisa dikiaskan. Belum mau percaya jika belum belah mesin.
          tapi berapa persen kometator yang ngerti motor
          dari yang ngerti tersebut, berapa persen yang bisa nyervis sendiri motornya
          dari yang mampu nyervis sendiri, berapa persen yang bisa belah mesin,
          kalaupun dibelahin mesinnya oleh mekanik, berapa persen yang tahu dengan part2 dan sistem kerjanya
          kalaupun part2 tersebut dijelaskan, berapa persen yang faham dengan baik
          kalaupun sudah faham, berapa persen yang mampu mengoptimalkan part2 tersebut

          Silahkan disimpulkan sendiri, siapa blogger, komentator yang sampai dalam tingkatan-tingkatan tersebut

  24. kalo liat dohc nya cb sh sbnrnya apa yang bisa di bagusin dari dohcnya??

  25. Udah maklum aja yg dulu jualansohc opercrut udah tergerogoti marketnya.gak ada lagi sejarah oenjuslan 40 ribuan.kini udah 11 12 dgn cb.di jln saja vicion udah minder ketemu ncb. Fakta.

  26. “Maka dibuatlah suatu engine yang panjang stroke mirip dengan engine vixion. Yang disempurnakan dengan disematkan cylinder head dohc (yang mirip cbr250) yang mampu melayani rpm tinggi. Dan engine itulah yang sakarang ada di sonic150r dan new cb150r, yaitu k56.”

    kayaknya kontra pada suatu masa deh om gokil……….

    kelas 150cc……………penggunaan harian……………..

    honda mendamaikan? kayaknya lebih tepat mengeruhkan suasana demi sebuah keuntungan (ya iyalah!! namanya juga jualan)

    ntar lagi mungkin vva nmax sama honda dijawab dengan forsa dohc yang lebih top performa disemua sisi (dohc 150cc honda= semua kelebihan sohc+dohc)

  27. Weleh, pantesan ada petinggi yang bereaksi ( meskipun saia ga’ setuju juga sih ) karena produk yang dihasilkan perusahaan-nya belum keluar aja udah di bully, dulu VVA trus ada spakbor miring lah, power disunat-lah, usd separoh harga motor-lah ,pilihan nama yang buruk-lah bla…bla..bla
    Lah yang buat artikel disanggah aja jg bereaksi koq, pidihil ini cm artikel ga’ berhubungan sama perut #geleng2xnyekelsirah
    Walaupun sebenarnya manusiawi juga sih
    Cermin mana cermin…..

    • namanya ngobrol dan diskusi ya wajar bro saling menyanggah dan adu argumen
      yang penting santun

      kalau nggak mau diomongin dan nggak boleh ditanggapin dan nggak boleh disanggah, mending ke hutan saja nikmati performa sendiri

  28. sudah sudah,
    nanti kalau gini terus bisa bisa para tukang vcd bajakan diusir sama yg punya pasar,

    sbnernya ane jadi penasaran,
    lebih awet mana singga sana blogger secara kolektif yg mbakar terus dengan tampuk posisi pak starwars
    wkwkwk,.

    makin kojel kojel saja,
    si bapak -menolak lupa yg sudah menonton -starwars hasil sewa dari -tukang vcd bajakan

    utak atik gathuk

  29. om gokil, menurut ane..
    honda blunder bikin mesin over stroke DOHC, dengan langkah 57, torsi emang dapet, tpi power yaa segitu2 aja.. mending honda bkin engine strok 50-55 plus DOHC rocker arm, jtohnya kan overbore engine. torsi terkoreksi, tapi power jauh terkoreksi. mengenai rocker arm ane ngl masalah, krna kalo ngomongin balap, tu CBR 250 pke rocker arm, merajei AARC kemrin. R25, ninja 250 KO smua..
    jadi kesimpulannya, honda msti riset mesin yg balance untuk maksimalin DOHC nya..

    • sepertinya tujuan utama honda menciptakan ncb150r hanya untuk menjatuhkan nva saja, bukan untuk balapan dll
      sedangkan sonic150r dan suprax150r hanya sebagai varitas turunan saja, iseng-iseng

      • kalo niatnya cuma itu, maka jujur saya sangat kecewa karna nnti vixion berbenah, dan powernya di atas dohc honda, maka honda pasti revisi engine lgi.. jdi jtohnya honda buat engine tu nanggung blasss..
        bri 1-2 thun m, kluar vixion bru pke vva, honda revisi engine lgi.. revisi lgi, nanggung lagi..
        jdi gni om gokil, sekarang potensi engine DOHc itu dlam keadaan standar dapet power brpa, misal 20 DK, yudah bikin 1 engine dgn power 20 DK, tpi long lasting.. ngk pa2, star up dri 17 dk dlu, tpi next revisi enginenya bsa smpe 20 dk tnpa ada prubahan total engine. lah kalo gni kan semuanya udh mentok.. over stroke slamanya ngk kan punya power gede dlam kondisi standar..

      • Jadi om nanti kalau New cbr150r pakai mesin turunan ncb dan sonic ini gmana dong? Saya harap tidak pakai mesin ini deh

        • ane juga nggak setuju kalau new cbr150r nanti pakai engine k56.
          Kecuali honda bisa membuktikan bahwa jika digeber sampai 13000 rpm (race), tidak terjadi kerusakan pada piston, ring piston dan silinder
          itu berarti teknologi yang dibenamkan pada k56 benar2 jos, mampu menggantikan engine k15

    • bahasa kasarnya:
      lihat-lihat kondisi dan peruntukanya……..

      bahasalah yang menjadikanya berbeda………..
      jualan om jualan

      ayo jualan…..!!

    • Ente nonton ARRC kah atau ASBUN yang dipake CBR300 dan Yang Juara Ninja250 padahal udah dikasih pemberat 10 kg untuk mesin 2 silinder. R25 awal seri belum kompetitif motor masih baru lahir, riset masih terbatas dan memakai pembalap yang kalah pengalaman, tapi di 3 seri terakhir sudah unjuk gigi banyak R25 yang sudah didepan sikut2-an sampe finish, malah di losail race 1 dan race 2 CBR 300 dikentutuin R25 gi garis finish dan saat itu Ninja250 juaranya pula..

      • @Bobi.
        mo 250 mo 300 itu mesin 1 slinder rocker arm, dan bsa bkin 2 slinder krepotan di sirkuit ngadepinnya..
        mau dia ada barbel berapa ton pun itu dh ranahnya regulasi.. kalo lo merasa pinter, sana bikin balapan sendiri pake regulasi lo sendiri, ngk usah debat kusir masalah regulasi disni.
        gw fokus DOHC rocker arm bisa di maksimalkan potensinya kalo desain bore and strokenya balance antara power ama torsi..
        overbore, tapi torsi juga ngk kalah2 amat.. yg penting potensi mesin bisa di maksimalkan tanpa harus ada perubahan besar desain mesin.

    • @moge
      Setuju gan,,, kurangnya cb itu body, bukan mesin.. liat tuh cbr vs r15, cbr yg lebih laris.
      Harusnya ncb tetap pakai mesin lamanya yg over bore, biar sensasinya berbeda dgn vixion.

      • Setuju gan.. mending ngahaem kasi bore x stroke 150ccnya jdi 59mm x 54,5mm.. torsi nampol tpi power atas tetep yahud
        Trus kasi power 18hp di rpm 10000 dn limiter taro di11500rpm

        Boros dikit gapapa (misal 37km/l) asal powernya bkin puas

  30. Motorsport Division

    Suka lucu baca komenan dan bullyan yang ditunjukan Insinyur insinyur ini kepada bloger bloger, suka banyak Insinyur Engineering bergelar Prof. dadakan wkwkwk. Padahal racing sama daily use beda ranahnya. Padahal yang harusnya dipertanyakan sederhana. Kalau SOHC sudah SUPERIOR kenapa ada DOHC?
    Dan juga padahal merekan pula yang diuntungkan dengan banyaknya pilihan dan karakter.
    Ingat, Racing itu beda ceritanya, gak semudah yang dipikirkan.

  31. yang bikin ane ga abis pikir itu, kok bisa ncb yang power lebih besar dari nva, bobot juga lebih berat, tapi hasilnya lebih irit dari nva

    iti baru teknologi
    new fu boleh kencang, tapi kalo hasilnya lebih boros ya mekanik pinggir jalan aja bisa bikin

    • Ini baru komen cerdas yang menghargai teknologi.gak kayak fby munafik dulu menjelek jelekan oldcb krn overbore tenaga bawah kurang,giliran dikasih ncb irit dapat,tenaga dpt malah bela belain olcb.

    • mekanik pinggir jalan pun bs bikin kenceng semua motor

      tp durabilitas gmn? perawatan jauh lbh ekstra.

      mau bagaimanapun tetep beda lah motor yg dr lahir udah didesain tenaga badak, part nya pun sudah disesuaikan dengzn tenaga badak tersebut

      motor kenceng lebih boros pun wajar.

  32. yang bikin ane ga abis pikir itu, kok bisa ncb yang power lebih besar dari nva, bobot juga lebih berat, tapi hasilnya lebih irit dari nva iti baru teknologi new fu boleh kencang, tapi kalo hasilnya lebih boros ya mekanik pinggir jalan aja bisa bikin

    Lah ncb kan sma kek vixi sma” sohc overstroke power 11 12 kok…. klo fu fi spek brosur 18,49hp sport yg fbh banggakan spek brosur cma 16 koma wkwk
    Mau irit ngontel aja gannnn

    • Lah ncb kan sma kek vixi sma” sohc overstroke power 11 12 kok…. klo fu fi spek brosur 18,49hp sport yg fbh banggakan spek brosur cma 16 koma wkwk
      Mau irit ngontel aja gannnn

      wat de hel????
      jadi ternyata ncb sohc ya?
      baru tau ane..
      hahaha

  33. banyak emak-emak yg ngejelekin ente di blog triatmonyong om

  34. Mas bro kayaknya sebelum ngeblog harusnya anda pahami kata2 om leo di bawah ini. Biar yg anda tulis bermanfaat dunia akhirat.

    Belum mengerti itu wajar. Namanya kita manusia selalu belajar.
    Belum mengerti tapi sombong itu yang menyesatkan. Apalagi kalau kemudian menyesatkan orang lain.Apalagi kalau karena alasan material

  35. jadi DOHC cebong itu bukan untuk BALAP ya???

    pantesan aja sering MELEDUK bruakakakakak

    • screen shot bro komennya…
      BUKAN UNTUK BALAP CUMAN BUAT NJATUHIN NVA…
      HEHEHEH, DAH KETAHUAN SIH POTENSINYA BAKAL DI KILL SAMA TURUNANNYA SATRIA FU!!!!!
      kasian amat yah insinyur HONDA cape2 buat motor CB kalo muaranya buat njatuhin NVA,,,,,???nelen mentah2 tagline-nya sich..performa sang penakluk..wakakakakaka
      mesin turunan Vixi aja masih bisa mangap di kejurnas…nah ini????bukan buat balap toch….bisa2 diblacklist sama petinggih NgoHAEM nih…bukan buat balap!!!!!!!!!!!!!!
      btw motogokil udah tau artinya Assalamualaikum Wr WB??

      • logikanya sangat mudah sekali, kecuali bagi orang-orang yang keras kepala
        semua pabrikan akan mengoptimalkan (ingat optimal bukan maksimal) semua variabel dalam membangun motor, dan inilah variabelnya :
        1. Kegunaanya
        2. Peformanya
        3. Kekuatan materialnya
        4. Fitur-fiturnya
        5. Harganya dan lain-lain

        Variabel-variabel ini akan di-setting naik-turun, untuk mendapatkan produk/motor yang optimal. Maka tidak akan mungkin sebuah motor sport harga murah (misalnya : seharga 25 juta) akan memiliki fitur melimpah, material kelas wahid, performa maksimum, kemudian hanya digunakan untuk keperluan harian kerja rumah-kantor. Makanya semua variabel tsb akan di-set “secukupnya” karena penggunaannya juga secukupnya (daily use), dengan biaya produksi kalau bisa semurah mungkin.

        Ahirnya bisa disimpulkan perusahaan motor perlu untung, karyawan perlu gaji, dan motor harus terjangkau supaya laku, konsumen perlu motor yang cukup performanya, lingkungan perlu sehat (emisi rendah)

        Jadi kalau mau menjadikan motor harian menjadi motor balap performa tinggi, maka biaya yang dikeluarkan akan mencapai 10-20 x lipat harga motor, dengan penggantian part yang hampir semuanya.

        Bagi pengamat permotoran lawas tentunya masih ingat bahwa motor jupiterZ miliki tim doni tata, tidak dilepas walaupun ditawar 200 juta. Kira-kira apa isi dari motor jupiterZ doni tata sehingga nilainya lebih dari 200 juta ???

  36. Masih rame aja ya.

  37. Motor std???
    Sohc,.dohc???
    Gk pduli yg 600cc, 250cc aplg cuma 150cc ttp aja lemot.
    Pingin kencang? Beli motor kencang..
    Klu cuma beli motor kencang kakek nenek jg bisa

  38. hahaha. Fby pada dungu. Mo NCB power 30 hp. Ya mudah saja. Siapkan duit . Kayak itu tuh. Pigson yang pake titanium sana sini buat jungkalin overbore. Ekekeke

    cukup ganti silinder ceramic klep titanium piston lapis titanium . Klep in ex besar. Cam lapis titanium. Stang seher forge . Sebenere pihak honda ma gampang buat lakuin itu. Cuma males aja. Beda ama yamaho. Kalang kabut karena MS makin cupet. Jalan satu2nya ya harus menang di balapan biar biaa buat iklan. Walapun boong. Ekekek

    Taruh power di 13rb. Mentokin limit di 14500. Hahahha.

    • Kasih tau tim ART nya honda..biar mereka tau cara buat mesin balap..jadi gk malu maluin..motor balap kok meleduk mulu..hihihi..

  39. Orang juga tau lah.
    Sohc sebelah paling canggih lah, meski kompresinya 10,7:1, durasi overlapnya besar, silinder pressure tinggi, material DiAsil silinder lebih tahan panas & tetep licin, meskipun haus olie dan boros bbm wajarlah coz paling kenceng dibalapan. Versi standard pabrik euro3 biasa saja.

    Real dohc satunya paling joss udah scem silinder keunggulannya tetep licin meski suhu tinggi, power harus besar kalo enggak mubazir scem-nya.
    Suzuki upgrade paling akhir wajar disetting lbh kencang saat test dgn produk kompetitor disentul, mainset harus paling kenceng dong.
    Katanya produk sebelah ngak boleh kenceng, ngak boleh dioprek²….. Xixixixixixixi

    Ya ngak begitu juga kali bro, membangun mindset ngak boleh culas, bisnis harus adil, biar konsumen yg menentukan.

    ane cuma bilang performanya 11-12 lah.
    Salam stroke 53,5mm, tormax rider….. Xixixixixixixi

  40. Banyak yg pada sok tau, sok pintar, beli mah kaga. Ngomongin oprek ini itu, balapan yg ono balapan yg anu, sama sekali gak ngaruh ke real konsumen. Berapa persen sih pembeli vixion atau cb150r yg ngerti mesin? Boro-boro ngoprek, mau ngencengin rante yg kendor aja masih ke bengkel kok. Sepele bagi yg ngerti, kalo yg awam?
    Jadi debat sohc dohc ini memang debat yg gak berguna. Konsumen mah kalo suka ya beli. tinggal pintar-pintarnya sales aja ngerayu jualan biar laku.
    Imho, cmiiw

  41. Motorsport Division

    Kayanya bro (PENGAMAT) terlalu Freak dengan Yamaha sepertinya, dan ingat Yamaha tak akan jadi apa apa tanpa Toyota. Jadi inget ada permintaan ada produksi, ada konsumen ada produsen. Kalo konsumennya minta asal mampu beli pasti dikasih. Kalo Valve Ti , Cylinder AluSil, Pneumatic Valve, Camless, Bla bla bla bla kalo sumberdayanya memadai kenapa enggak? kalo konsumennya mampu beli dan pasarnya banyak kenapa enggak?. Cylinder DiASil diminumin Mineral Based Lubricant ya ngebul, percuma canggih kalo gak mampu rawatnya. Emangnya pabrikan punya situ? Kalo pun ada permintaan tapi gak sesuai sama ranah penjualan yang diinginkan piye?. Kalo pabrikan fokus ke race dan driving pleasure, liat Pagani Automobili S.p.A, Ferrari, Apa mereka mau produksi LCGC? kira kira begitulah.

  42. tetep nungguin pengen liat ada yg jilat ludah hahaha :v

    https://m.bukalapak.com/p/elektronik/lain-lain-208/8wzoy-jual-led-hpl-10w?from=list-product

    harganya gila2an luxeon 10watt cuman 8rb /biji gk salah tulis lhooo

  43. sohc vs dohc…
    mungkin perlu ditest hinazuma lawan mono…
    wkwkwk….

  44. ane bukan pecinta sohc maupun dohc.. tapi overbore lover never die till hi revs 😀

  45. lah ninja mono stroke nya 63 pake dohc,.
    cimw,.

  46. walhasil winner sohc dan dohc draw untuk kategori motor standard. yg nge hit ya pk motogokil

    pointnya bangun pabrik otomotif jga bukan baru kemaren sore, jdi sdh bnyk trial n error. yg mesin sohc bukan berarti inferior dri dohc dan sebaliknya jga begitu.

    misalkan utk aplikasi motor jalan raya ada bermacam variable yg menjdi pertimbangan insinyur mesin, designer dan marketing pabrik klau nantinya dijual ke publik. gak selalu mengejar performa di putaran atas, tapi tekor di torsi tengah dan bawah yg kurang cocok utk daily driver atau pemakaian sehari-hari.

    mesin sohc pun klau dibuat secara spesial bisa aja naik ke zona putaran tinggi misakan 15000 rpm atau lebih. tapi siapa yg mau pakai sampai kesitu di jalan raya? yg kisaran penggunaan rpm di 6500-8500 rpm. parts harus pakai yg kualitas highend. harga jdi lebih mahal, prod cost naik. dan makin tinggi putaran mesin makin besar friksi dan panas yg dihasilkan, dg itu mesin akan lebih pendek masa kerjanya.

    mesin khususon utk balap lebih pilih dohc krena berbagai pertimbangan.misalkan timing gear yg terpisah bisa lebih mudah di adjust waktu buka/tutup klep nya. posisi busi di tengah sedikit lebih menambah efisiensi di ruang bakar katanya, walaupun kecil pengaruhnya. namanya utk balap faktor yg dapat menaikkan performa mesin dan kecepatan, pasti dilakukan walaupun sekecil apapun. dohc & sohc selebihnya akan sama performanya kalu memang parameter nya sama semua krena hasil efisiensi volumteriknya pun hampir sama. dan apa semua pemilik motor dohc semuanya do-it your self? tuning timing gear sendiri utk atur performa motor

    jdi gak perlu dipusingkan dg perbedaan yg gak siknifikan.

    selamat menjalankan sholat jumat

  47. ane cuman bilang selamat ya..blog nya rame 95 komentar…
    ngah..ngah…ngah

  48. ga usah kebanyakan bacot !!!
    mending 2 motor diadu balapan selama 8 jam,motor diambil secara random dari dealer,gimana YIMM dan AHM brani kagak ?

  49. Sarjana TEKNIK MESIN DADAKAN pada bermunculan (padahal cm hasil googling……kkkkkkkk)
    Intinya sih pada ga terima ada mesin DOHC yang ternyata irit dan kencangnya ngalahin SOHC di kelas yang sama.
    Ada yg bilang DOHC mleduk lah, nanggung lah, town square lah, dikamplengi di sirkuit lah……
    Persaingan itu emang keras masBro! Ga cukup dengan modal BC doang! Pantesan inovasinya mandeg.

  50. gak usah banyak cingcong honda aja cari makannya dari motor sohc,,
    beda dengan kawasaki

  51. dengan kata lain, dohc overstorke honda adalah gimmick cerdas honda dalam jualan…cmiiw…

  52. Klau saya mahh kang mau sohc mau dohc klau seneng ama tampang terus mesin’a bandel merk apapun pasti ane beli dari jaman shogun 110R new vegaR trs honda beat dan skrg sonic naik tahta dikit 🙂 jd apapun yg fans boy fans boy banggain terhdp satu merk saya udah tau smw kelemahan mesin motor dari Y,H,S maupun kelebihan’a inti’a mahh masyarakat awam pda umum’a kaya saya ini bkn mslh geber motor atau motor merk anu juara indoprix gk ngaruh jmn krg mahh yg penting motor nyaman aman mesin kagak cepet rusak harga jual tinggi pelayanan dn suku cadang memadai klau gk percaya riset keseluruh org indonesia 1 : 10 apa yg di minati konsumen pda umum’a silahkan ane jamin apa yg ane sebut di atas akan menjadi salasatu’a slm kenal si kampung pk dosen.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan