Motor Mati Mendadak, Piston Ceket Tanpa Gejala Kerusakan Sebelumnya. Inilah Salah satu Penyebabnya

00 gir pompa oli pecah 6

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan sampai ke tujuan

Sedang menikmati motor yang pas bagus performanya, tiba-tiba mesin motor mati. Mesin tidak mau nyala sama sekali, MIL ok, tapi indikator oli berkedip. Wah hati-hati jangan-jangan motor telah mengalami gangguan sirkulasi oli sebagai pelumas mesin. Akibat terparah dari gangguan ini, cukup menguras emosi dan juga menguras isi dompet, yaitu ” piston ceket/ngancing”, terjepit oleh boring akibat pelumasan yang kurang baik (lihat gambar judul).

Bagaimana hal ini bisa terjadi ? Pastilah pada sistem pelumasan ada gangguan, tapi di mana ? Mengapa tidak memberikan tanda-tanda terjadinya kerusakan, sehingga mampu diantisipasi sebelum terjadi kerusakan parah ? Nah itu dia yang akan dibahas dalam artikel ini…

Pada umumnya sistem pelumasan engine memiliki beberapa elemen penting, yaitu :

  1. Oli sebagai bahan pelumas
  2. Pompa oli
  3. Saringan oli (strainer dan filter)
  4. Saluran-saluran menuju part yang harus dilumasi

jalur pelumasan nvl

Jika salah satu elemen terganggu bahkan rusak, maka sistem pelumasan akan bekerja kurang optimal, atau bahkan rusak sama sekali. Yang membuat sistem kurang optimal misalnya oli sudah rusak atau filter rusak. Sedangkang yang membuat sistem pelumasan rusak/mati adalah saluran oli buntu, filter buntu, oli kurang dari batas minimum atau pompa oli rusak. Ketika sistem pelumasan rusak/ mati maka, tidak menunggu lama engine akan rusak.

Kerusakan engine akibat sistem pelumasan yang rusak, bisa sangat parah seperti piston ceket (beserta konsekuensinya seperti stang piston patah, crankshaft oleng dan crankcase jebol), camshaft aus dan lain-lain. Nah berikut ini adalah contoh pompa oli yang rusak pada sebuah motor performa tinggi. Bukan pompa olinya yang rusak, akan tetapi gir (plastik) pemutar as/poros pompa oli yang rusak. Bentuk kerusakannya bisa aus, retak, rompal bahkan pecah.

00 gir pompa oli pecah 4 00 gir pompa oli pecah 5

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah kok gir yang sudah didisain sedemikian rupa oleh insinyur mesin pabrikan, bisa sampai pecah seperti ini ? Jawabannya bisa diurut sebagai langkah mencari pemecahan dari masalah ini :

  1. Jawaban paling mudah adalah “cacat produksi”. Jika demikian hanya sebagian kecil saja dari produksi yang jumlahnya ratusan ribu Solisinya adalah ganti dengan gir baru
  2. Ada benda asing yang masuk ke ruang girbok, bisa sengaja dimasukkan, atau pecahan dari logam-logam yang ada di dalam seperti gigi transmisi.
  3. Atau bukan itu akar masalahnya, bisa saja saluran buntu, sehingga beban pompa oli sangat besar, sementara gir harus terus berputar karena mengikuti putaran crankshaft. Maka harus dicari bagian mana yang buntu, bisa saja filter yang buntu, akibat kotoran yang sangat banyak.
  4. Jika ternyata filter oli baru saja ganti, maka pasti ada penyebab lainnya yang menyebabkan filter oli yang baru saja diganti menjadi buntu. Maka kemungkinan besar kampas kopling rontok, yang disebabkan oleh :
    • Akibat beban kerja yang berat
    • Perlakuan yang salah dalam berkendara
    • Aplikasi kampas kopling bukan ori dan lain-lain

Biasanya untuk mengetahui sistem pelumasan baik atau tidak, adalah dengan dipasang alat pengukur tekanan oli pada salah satu bagian dari saluran oli. Jika mencapai tekanan pada range tertentu maka sistem pelumasan baik. Sedangkan jika di luar range tersebut makan sistem pelumasan sedagn terganggu. Prosedur pengukuran tekanan oli mesin biasanya terdiri dari langkah berikut :

  1. Pasang alat ukur pada niple yang tersedia (seperti saluran ke oil cooler, baut head dll)
  2. Panaskan mesin 10 menit (kalau musim dingin 20 menit)
  3. Pada putaran mesin 3000 rpm ukur tekanan oli, tekanan oli dikatakan baik jika berada diantara 200 kPa dan dibawah 600 kPa.

Ini bentuk alatnya

oil pressure gauge

Bagaimana dengan motor bro n sis di rumah ? Apakah ada yang pernah mengalami kasus gir pompa oli rusak. aus atau pecah seperti kejadian di atas ?

Btw kalau motogokil boleh ngasih tebak-tebakan,

Ada yang tahu, oil pump gear yang pecah tersebut milik motor apa  ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

38 responses to “Motor Mati Mendadak, Piston Ceket Tanpa Gejala Kerusakan Sebelumnya. Inilah Salah satu Penyebabnya

  1. amit amit jgn sampai

  2. keknya vixion ya om?

  3. itu yamaha r25 ya pak dosen

  4. pernah ketemu vega r ngancing pistonnya…

    Bersiap kedatangan Airbus A350-900 XWB: http://wp.me/p1eQhG-1xC

  5. wah….. umur masih muda udah rontok gigi pompa oli nya…

  6. Btw kenapa itu ada gear dr plastik Yah? Kenapa ga dr besi/alum mksdna.. Biar ringan?

    http://kobayogas.com/2016/02/05/modifikasi-yamaha-xabre-ketinggian-tenang-ada-lowering-kit-kok/

    • binter merzy aka KZ200 ane dulu sering mampet saluran olinya pak, waktu beli seken tahun 2010 juga udh mampet, diservis kebengkel 2mingguan mampet lagi,l.
      akhirnya ane bongkar sendiri, ternyata pompa oli (bentuk bintang) kemasukan material asing kemungkinan rontokan kampas kopling sehingga ceket.
      dan penyebab paling parah adalah filter olinya ngga dipasang, pantesan kotoran bisa masuk ke pompa oli.
      karena nyari filter aslinya susah, akhirnya pake subsitusi pake kaze klo ngga salah, bentuk filter jaring kasa seperti jempol 😀

    • pake gear plastik tujuan utama emg klo ada kesalahan disistem pompa yg kalah duluan gearnya om, klo gear pake besi/ almu yg hancur nanti malah pompanya lbh bahaya, sisa hancuran bisa nyelip ke part yg bergerak.. berantakan itu mesin… hehehe

  7. Rompal yak.. downgrade kah..

  8. Nunggu yang comment ” ini pasti BC”….

  9. klo ane ngecek sirkulasi oli dari oil cooler, lumayan fungsi bonus oil cooler sebagai indikator, klo oil cooler panas, berarti oli lancar….cmiiw….

  10. busetttt,, motor 250cc 2 cycl pake plastik gear pompa olinya?, C series aja logam… bahhhhh….

  11. klo ane ngeceknya buka penutup klep in nyalain kalo oli muncrat muncrat berarti lancar.. itu bener atau salah om dosen??

  12. r25 tuh, pompa olinya ada di paling bawah crankcase, mungkin gram gram sisa inreyen keangkat lagi.. terus nyumbat, gear rompal..

  13. Dilihat dari blok seher dan kruk as dual cylinder
    Dilihat dari kruk as tidak seperti ninja 250 yg jarak pin big end nya deket
    Siapa lagi mesin twin selain ninja?
    Pastinya R25
    Nggak usah kena gram, kena panas suhu oli sudah bisa jadi getas, apalagi ditambah pelintiran 14.000rpm nya….
    Baiknya diganti aftermarket logam biar nggak ancur mendadak….

  14. Itu kejadian ganti oli selang brp lama? pd km brp om?

  15. ohya, pak dosen..
    abis baca artikel ini tiba2 saya teringat kalo di gear plastik tersebut biasanya ada semacam wadah atau cekungan yg menutup separo gear itu..

    dan ane lgsg teriak, ooooowh…! 😮
    mungkin maksud wadah itu untuk menampung pecahan gear plastik trsebut, biar gak berserakan di mesin..

    #berpikir keras 😀

  16. Pingback: Jeroan Mesin Yamaha R25 Ada Yang Terbuat Dari Plastik - roda2blog

  17. Pingback: AWAS HATI-HATI PEMILIK YAMAHA R25, GIR POMPA OLI TERBUAT DARI PLASTIK MUDAH ROMPAL DAN HARUS BELAH MESIN UNTUK BERESINNYA | RODEX1313

  18. Pingback: Recall Gir Pompa Oli R25 Memang Bagus Untuk Meningkatkan Pelayanan, Tapi… | motorgoodness

  19. r 25 gan

  20. Saya pernah kejadian pulsar 135 ane ceket. Turun mesin ganti pelatuk sama piston. Akarnya gara gara gear oil pump pecah.

  21. gir pompa oli fu sya pecah trus minn

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan