Pasar NMAX-150 Memang Gurih, Akankah Honda Ikut Bermain dengan Forza-150 ?

forza vs nmax

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Terus membaiknya pangsa pasar nmax memang menjadi suatu yang fenomenal. Bayangkan, ketika semua skutik yamaha megap-megap dihajar skutik honda, nmax 150 begitu mudahnya mendapatkan pasar. Beberapa blogger kondang menyatakan bahwa ada kemungkinan honda juga akan mencoba bermain di segmen yang ditempati nmax.

Asumsi yang dikembangkan adalah, honda sudah sewajarnya tertarik dengan pangsa pasar nmax 150 ini, dan akan mencoba memainkan perannya dengan menghadirkan forza 150. Hah forza 150, nggak salah ?…..Memang ketika kita melihat bahwa jagoan honda yang semisal nmax 150, yaitu pcx 150 bukan lawan dari nmax 150 (karena memang bukan kelasnya), maka pilihan lainnya mengarah ke forza (150). Tapi menurut motogokil justru ini malah tidak mungkin lagi, karena..jika dilihat dari harganya sangat jauh. Sekarang mari kita lihat posisi skutik semisal nmax 150, di luar negeri sana, yang mana menjadi kiblat nmax 150.

Awalnya sebelum nmax muncul, persaingan antara honda dan yamaha adalah diantara xmax-125 dan pcx-125. Dan kita ketahui bersama bahwa pcx 125 kemudian naik kubikasinya menjadi pcx-150, meskipun demikian pcx-150 level-nya masih di bawah xmax-125. Dan honda kemudian punya gacoan dengan kelas yang lebih eksklusif dari pcx-125 yaitu forza-125 yang setara dengan x-max-125.

forza vs nmax price

Harganya kalau dirupiahkan adalah

forza vs nmax price rp

Kemudian, tahun lalu yamaha ingin membuka segmen pasar skutik baru (premium), tapi tidak mungkin menghadirkan xmax-125 dengan harga yang sangat tinggi. Sementara honda sudah mencoba mengisi (tidak serius) dengan pcx-125 dan pcx-150. Agar skutik premium yamaha menarik perhatian dan terjangkau oleh konsumen, maka yamaha membangun nmax-150, dengan performa di atas pcx-150, tapi harga di bawahnya (saat itu pcx-150 harganya 39.8 juta sedangkan nmax-150 hanya 27.4 juta).

pcx vs nmax price rp

Dengan selisih harga lebih murah 12.4 juta rupiah dan dengan performa yang lebih powerfull, maka larislah nmax-150 bak kacang goreng, smentara pcx-150 sangat kurang laku. Perkembangan pasar nmax-150 memang sangat meyakinkan. Selisih angka penjualan nmax-150 dan pcx-150 sangat jauh, sepanjang januari sampai november pcx hanya laku 3.845 unit, sedangkan nmax laku 104.088 unit untuk pasar lokal dan ekspor. Bedanya 100 ribu-an unit, apa nggak gurih tuh ???

Honda (ahm) tertarik ? Ya pastilah tertarik namanya juga bisnis, dan kemungkinan dalam waktu dekat akan ikut bermain, tapi bukan menurunkan skutik forza atau yang sekelasnya. Karena forza ada di atas xmax, xmax ada di atas pcx dan pcx ada di atas nmax. Jadi dilihat dari level harga jauh banget, jika melawan nmax dangan pcx saja dianggap tidak mungkin, apalagi melawan nmax dengan forza, lebih tidak mungkin lagi.

Jadi menurut terawangan motogokil, ahm akan membangun skutik yang se-level dengan nmax, yang bercirikan sebagai berikut :

  1. Buatan lokal
  2. Modifikasi dari pcx-150,
  3. Bentuknya seperti forza-125 (honda lagi seneng yang lancip-lancip)
  4. Harganya nggak bakalan jauh dari nmax
  5. Namanya bukan forza atau pcx, mungkin spx-150 (spacy exclusive 150 cc)

Sekian dulu ngomongin calon skutik honda lawan nmax-150 yang belum jelas. Artinya artikelnya juga nggak jelas, ha ha ha. Tapi nggak apa-apa buat belajar menerawang taktik perusahaan besar ahm dalam menajag hegemoni raja skutik di Indonesia.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

19 Komentar

  1. yamaha tinggal punya nafas sedikit, bentar lg dihajar honda.
    yamaha dipaksa honda buat cari pasar baru, trus dihantam lg….. sampe kapan akan kuat tahan?

    • Sepakat bro, dari awal saya juga berfikir begitu. Tidak mungkin 150cc hanya jadi skutik model begitu, pasti AHM akan bikin skutik premium dari mesin vario 150cc itu.

  2. Ahm gitu loh, mungkin ingin kuasai ms speda mtor ampe 90%, kalo udah gitu bisa2 gk ada persaingan sehat. Siap siap aja deh kmbali ke era astrea & gl series

  3. Ahaem mah ga usah di tanya kang.. Tiap ada produk kompetitor laris ahaem langsung bikin photocopynya kok wkwkwk
    Indonesia isinya fbh smua

  4. Cuma sales kere yang bilang copy paste. Kalo konsumen malah diuntungkan dgn banyaknya kompetisi antar pabrikan. Standar kualitas produk semakin meningkat, BETUL?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan