Rasio Transmisi Satria FU Injeksi Berubah Total, Semakin Berat. Jika Power Tidak Bertambah, Maka Jangan Harap TopSpeed Naik

transmisi satria fi

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rupanya rasio transmisi satria fi benar-benar baru. Raduksi total yang dihasilkan benar-benar disesuaikan dengan power serta torsi dari engine baru dengan performa yang lebih tinggi. Reduksi ini ini juga dirancangn untuk melawan rivalnya terutama sonic150r.

Seperti yang informasikan oleh blog kondang, tmcblog bahwa reduksi dari engine satria fu injeksi ini benar-benar berubah. Jika dilihat sekilas rasionya semakin close dibandingkan dengan versi kabu. Simak perbandingan gigi transmisi antara satria versi karbu dan injekesi pada tabel berikut 

transmisi satria fi n carbu

Jika dianggap ukuran ban masih sama, mengingat reduksi sudah diperberat, maka topspeednya bisa dihitung. Berikut ini perbandingan topspeed satria versi karbu dan injeksi

komparasi topspeed satria fu karbu vs injeksi

Jika melihat tabel di atas, topspeed nya tidak terlalu banyak pertambahannya. Pada gigi-6 di putaran 11500 rpm, satria fu karbu hanya mencapai topspeed 145,2 kpj sedangkan versi injeksi lebih tinggi yaitu 151,2 kpj.

Nah untuk mengetahui kemungkinan topspeed tersebut bisa dicapai, maka perlu dibandingkan reduksi total dari kedua versi ini.

transmisi satria fi n carbu reduksi total

Ternyata reduksi total semakin kecil, alias semakin berat. Mohon maklum karena reduksi primer dan sekunder turun sangat banyak, sedangkan reduksi gigi transmisi naik sedikit. Dan jika bobot turun dari 106 kg menjadi 104 kg, maka PWR-nya bisa dihitung.

Jika powernya tetap 16 ps

 

PWR 16ps

Terliihat PWR satria injeksi akan turun jika powernya tetap 16 ps. Jadi putaran engine akan semakin lambat naiknya dibandingkan versi karbu. Alias semakin lemot pada gigi rendah.

Akan tetapi jika powernya 18.5 ps seperti rumor bocoran, maka PWR-nya akan sedikit turun di gigi rendah dan sama pada gigi tinggi.

 

PWR 18_5ps

Kalau mau lebih enak (menurut motogokil) cukup naikkan mata gir belakang satu mata, dari 38 menjadi 39. Maka topspeed masih tetap lebih tinggi daripada versi karbu

topspeed satria fu injeksi gear39

Dan akselerasi pada gigi 4-5 dan 6 akan lebih baik dibandingkan satria karbu

PWR 18_5ps gear39

Artinya motor akan lebih mudah menaikkan putaran engine-nya dan lebih mudah mencapai limiter. Dengan demikian topspeed bisa lebih tinggi lagi dibandingkan satria fu karbu. Hal ini akan berbeda dirasakan bagi rider dengan bobot badan yang berbeda, dan di putaran engine yang berbeda (tergantung kurva torsi dan power).

Demikianlah pengaruh rasio transmisi, bobot dan power satria fu tipe karbu dan injeksi, yang bisa motogokil komparasikan. Mohon maaf jika ada kurang dan salahnya, Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

 

 

Advertisements

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan

  1. wah kalo gitu ga nyaman buat trek kota om yg lebih banyak stop n go, tpi lebih enak buat jalan di malam hari dimana jalanan mulai sepi

  2. Efek dari crankshaft diperingan torsinya berkurang reduksinya diperkecil.
    Solusi kurang pas buat mempercepat akselerasi dan deselerasi mesin short stroke.
    Ya masih mending upgrade old fu dong.
    Gimana nih SIS kok downgrade katanya kualitas nomer 1…. Xixixixixixixi

  3. Yg penting bs ledekin mslaz soal speed/aksel, yg katanya mtr ganteng, ganteng tp lemot +ngebul spt b****ng. Harga operpret di thai, klo di indo harga bs dibwh r15 berarti byk yg didowngrade dan bs lbh lemot lg. Y lbh utamain tampilan/baju tp S lbh utamain engine perform. Tp 3S agak susah dibanding Y yg banyak spt H.

  4. Pingback: Suzuki Sudah “Gila”. Motor Berbobot 104 KG Redline-nya 11500 RPM [Part-2] | motorgoodness

  5. Btw bisa pnp gak ya rasio nya bila dipasang ke satria fu karbu? Udah oprekan sih (pe28, borexstroke 65×55.8mm, porting polish, klep udah kyk fu fi 24/22, ff muffler). Mayan kn. Cuma rasio primernya beda jg ya