Spesifikasi Satria 150 FI Dipersiapkan Untuk Balapan

satria 150 FI

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sempat gempar dengan bocoran spesifikasi satria fi yang overkill, yaitu mengenai rasio kompresi yang mecapai 13.5 dan peak power di 13000 rpm (kemudian direvisi menjadi 11.5 dan 13000 rpm adalah limiter). Akan tetapi ketika diadu dengan rivalnya, ternyata satria fi memang unggul, akan tetapi tidak terlalu jauh. Bisa jadi salah satu keunggulannya adalah karena bobot yang ringan, bukan karena power yang lebih besar.

Sesungguhnya jika menilik bocoran konfigurasi fisik dari engine nya (jika benar), maka engine satria fi memang dibangun untuk persiapan balap, alias basis spesifikasinya sudah full race. Akan tetapi sengaja performanya dicekik lewat desain diameter header knalpot yang kecil (lihat gambar di atas) dan profil camshaft yang diperuntukan untuk daily use. Motogokil mengatakan demikian berdasarkan beberapa alasan yaitu :

  1. Desain porting (sudut klep lebih sempit), diameter payung klep in dan ex yang lebih lebar (in 24 mm, ex 21 mm) serta diameter throttle body yang jauh lebih besar dibanding kompetitor yaitu 32 mm, menjadikan satria fi nantinya mampu memiliki air flow maksimum yang setara dengan spesifikasi full race. Silahkan dibandingkan dengan spesifikasi satria fu karbbu yang digunakan untuk balapan tingkat nasional.
  2. Sudut klep in dan ex yang sempit, stroke yang pendek, serta posisi limiter yang tinggi 13000 rpm, menjadikannya siap untuk dioprek untuk melayani power besar di putaran tinggi
  3.  Water jacket yang lebih luas menyelubungi silinder dikombinasikan dengan volume radiator yang lebih besar, menjadikannya mampu untuk mengamankan engine saat bekerja pada power yang jauh lebih besar dibandingkan rival-rivalnya.
  4. Pin piston yang lebih ringan serta ring piston yang lebih tipis, akan mampu mengurangi kerugian gesek di putaran tinggi.

Artinya dari poin-poin di atas, suzuki sudah mempersiapkan satria fi untuk “dengan mudah” di-upgrade,  pada variabel-variabel penentu performa yaitu efisiensi volumetrik (VE), rasio kompresi (CR) dan putaran engine (RPM). Sehingga untuk meningkatkan powernya tinggal oprek sedikit saja dan tidak perlu mahal. Menurut perkiraan motogokil yang perlu di-oprek sedikit adalah :

  1. Knalpot, untuk mengimbangi pembuangan dengan airflow intake yang besar
  2. Injector, untuk mendapatkan AFR yang diinginkan mengimbangi VE yang jauh lebih besar dari standar
  3. Sedikit modifikasi di sektor camshaft.
  4. Transmisi, yaitu pada bagian per kopling dan kampas kopling, untuk menyalurkan dengan baik power yang meningkat drastis
  5. Per klep, untuk melayani putaran tinggi, agar tidak floating yang bisa mengakibatkan kebocoran kompresi dan tabrakan antar klep, atau antara klep dengan piston.

Itulah gambaran potensi satria fi sesuai dengan bocoran yang ada. Semoga saja spesifikasi resminya sesuai dengan bocoran. Jika memang demikian, sepertinya layak ditunggu bagi rider yang speed freak, mengingat potensinya yang begitu besar.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

13 Komentar

  1. The new comer pasti harus lebih baik,.. diluar itu semua sy mau nanya nih om dosen, untuk jenis motor FI (fuel injection) apakah benar hanya bisa ditangani oleh bengkel besar saja? krn kita tahu semakin hari bengkel2 suzuki byk mulai tutup… Kalau saja bisa ditangani oleh bengel2 kecil, tentunya membuat calon buyer lega… trims.

  2. Sesungguhnya jika menilik bocoran konfigurasi fisik dari engine nya (jika benar), maka engine satria fi memang dibangun untuk persiapan balap, alias basis spesifikasinya sudah full race.

    ini juga dikerjeken ymh,

    honda ahm ngak pernah u/ produk massalnya

  3. suzuki roda 2…g deh…..!!!
    kualitasny jelek…shogun 110 kebo kualitas mesin joss bingit(byk part buatan thai)..setelah buatan indo hancur minah…
    satria cbu kualitas jempol(thai punya)..setelah buatan indo hancur jelek kualitasnya…
    ga lg2 beli suzuki indo….

    pengalaman!!!
    walopun sebenarnya honda a#m jg jelek tp msh lebih mendingan!!
    bagusnya mesin honda indo jmn masih pt federal motor!!

  4. kerasa banget kualitas mesin motor2 buatan thailand dibanding buatan indo!!
    mesin halus enak dipakai bertenaga…buatan indo kasar lemot…ga th kenapa??
    apa memang standarnya kualitasny berbeda???
    klo dilihat2 byk mtr buatan thailand di ekspor eropa..apa ini yg membedakan???

  5. ngirit kualitas dan bahan kali bro,,coba kita nengok ke belakang ,,waktu dulu tahun 1997 ane mau beli honda grand saja harus jual sapi dua besar besar,,jika di bandingkan dengan jaman sekarang sapi dua harganya bisa 25 jta ,,bsa dapat cb 150 r..jadi kesimpulanya motor jaman dulu sama sekarang kualitasnya sudah jauh beda.

  6. Jika Cbr stroke 47,2mm torsinya 13nm seharusnya satria fu stroke 48,8mm torsinya 13,5-14nm/8000rpm.
    Penggunaan pipa leher knalpot diameter kecil (kalo ngak salah lihat 24mm) sangat penting untuk mengail torsi putaran bawah serta mengurangi backpressure gas buang, mirip corn torque. trik ini juga digunakan pd knalpot cbr150r lokal, R15, n250, blitz 110R dll. tp pendek sktr 20an cm.
    Kalo knalpot freeflow mesin 150cc yg pipa lehernya besar 26-28mm, berisik doang, akselerasinya lemot, topspeednya memble…. Xixixixixixixi

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sedaap…Mudahnya Meng-Upgrade Performa Suzuki Satria FU-FI. Selanjutnya Bagaimana ??? | motorgoodness
  2. Adu Kuat Motor Pabrik di Road Race Kejurda Jatim, Satria FU 150 Fi Jawara. | motorgoodness
  3. Upgrade Power GSX R150 dengan SARP Full System Exhaust, Mudah dan Tidak Menggugurkan Garansi. Kok Bisa Ya ??? | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan