ganti-oli-bloger

Suzuki Sudah "Gila". Motor Berbobot 104 KG Redline-nya 11500 RPM [Part-2]

Diposting pada

booklet-satria-fu-fi-speedometer

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rupanya suzuki dengan satria fu fi-nya benar-benar ingin membuat para speed lover menahan nafas. Membayangkan performa yang akan dirasakan saat membesut satria fu fi ini, bisa menahan calon konsumen untuk membeli sonic150r ataupun mxking. Dan selain performa yang terukur di mesin dyno (artikel sebelumnya) rupa-rupanya speedometer dari satria fu fi ini juga seakan-akan ingin menegaskan bahwa satria fu fi ini akan menjadi motor paling kencang di kelasnya.

Perhatikan baik-baik speedoemeter suzuki satria fu fi di atas. Fokus kepada redline yang diberikan pada bagian rpm. Jika kurang jelas, coba lihat gambar ini…

satria-fu-fi-speedometer redline

Dengan redline di 11500 rpm dan limiter di 13000 rpm, benar-benar membuat bulu kuduk merinding. Bayangkan power puncak sebesar 18.5 ps pada 10000 rpm, dan dengan bobot yang hanya 104 kg, akan sangat mudah menyentuh 11500 rpm dan bablas ke 13000 rpm. Bandingkan dengan all new cbr150r (k45) dengan power yang hanya 17.1 ps dan bobot 145 kg dapat dengan mudah menyentuh 12000 rpm, apalagi satria fu fi ini.

Dan jika pada putaran engine 13000 mudah dicapai, maka topspeednya bisa mencapai 170 kpj, bener-bener gila !!!

satria-fu-fi-topspeed-gear-rpm std ok

Dengan kecepatan tersebut, satria fu fi setara dengan rgr sss 150 (yang dulu pernah motogokil rasakan). Bedanya rgr agak berat dan roda lumayan besar, sedangkan satria fu fi ini enteng banget (hampir sama dengan honda grand), rodanya sangat kecil jika dibandingkan performanya. Lebih berbahaya dan mematikan daripada satria karbu yang pernah motogokil tulis di sini.

Dan tarikannya akan lebih beringas lagi (meskipun topspeednya akan sedikit turun) dengan menurunkan reduksi sekunder menjadi lebih ringan. Langkah ini bisa dilakukan dengan menaikkan jumlah mata gir belakang 1 atau 2 mata, dari 38 menjadi 39 atau 40 mata gir. Seperti yang pernah motogokil ulas di sini.

Sudahlah…..pusing…mikirin satria fu fi ini, motor bebek kok ganas banget.

Bisa-bisa tewas bin modar nih ridernya, …..semoga saja tidak. Harapannya semakin besar powernya, semakin bertanggung jawab ridernya. Dan semakin waspada dan hati-hati terhadap ancaman kematian dari meningkatnya performa satria fu fi ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB