Semoga Yamaha Memperhatikan Kasus "Ngebul" yang Masih Belum Sembuh

vixion clan series

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah mengetahui bahwa m-slaz diproduksi di thailand, tergambar bahwa dari sisi engine akan ada perbaikan. Apalagi harga yang ditawarkan sangat tinggi, lebih tinggi dari r15. Akan tetapi saat melihat dan mendengar video yang di publish di youtube, ternyata untuk engine masih memiliki spesifikasi yang sama dengan penyakit yang sama.

Penyakit yang dimaksud adalah saat engine berputar pada rpm tinggi, pada knalpot menyembur asap putih. Untuk engine yang baru (m-slaz dan r15) dan sehat asap putih terlihat tipis tapi jelas, sedangkan untuk engine yang sudah cukup berumur (nvl) asapnya lebih tebal. Mari simak video knalpot m-slaz, nvl dan r15 berikut ini.

Motogokil jadi prihatin dengan kondisi ini. Karena asap putih tipis yang keluar dari knalpot, kemungkinan besar adalah oli mesin yang terbakar. Sehingga yang menjadi masalah besar bukan asap yang keluar dari knalpot, akan tetapi volume oli mesin yang cepat berkurang. Jika asap keluar karena pembakaran yang tidak sempurna, efek paling merugikan adalah boros bensin, dan ukuran bensin dalam tanki ada indikatornya. Akan tetapi jika oli mesin yang berkurang, tentunya jika lengah bisa berbahaya, mesin bisa ambrol.

Artikel ini terpicu oleh video m-slaz dan r15 yang ngebul dan juga kejadian yang motogokil saksikan sendiri saat di jalan pagi-pagi. Terlihat nvl lansiran tahun 2014, yang melaju dengan kecepatan sedang (jam sibuk, artinya putaran engine pada rpm rendah sampai sedang). Akan tetapi knalpot nvl di depan mengeluarkan asap putih lumayan jelas. Wah jadi was-was karena kebetulan pas lagi pakai nvl juga nih.

Pas sampai di rumah nvl titanium gold ane standar tengah, dan ane geber sampai mentok (limiter bekerja), lho kok nggak ngebul. Tapi kadang (di lain hari) ngebul juga bercampur asap hitam, berarti memang tidak semua nvl ngebul. Sayangnya salah satu obat ngebul paling mujarab, yaitu ring-piston 3c1 sudah tidak dijual di diler. Lalu mengobati knalpot ngebbul asap putih bagaimana ? Apa owner klan vixion nggak boleh ngebut dan harus selalau pelan (rpm di bawah 8000) ?

Mudah-mudahan penyakit ini segera diperhatikan oleh yamaha. Dan para owner bisa mengendarainya dengan hati tenang, saat pelan atau kencang, saat ke kantor atau touring. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

45 responses to “Semoga Yamaha Memperhatikan Kasus "Ngebul" yang Masih Belum Sembuh

  1. Apa mungkin karena teknologi mesinnya masih menggunakan BO-SOHC?

  2. wkwkwkwk… fitur fogging…

    Crossover cakep Chevy Trax: http://wp.me/p1eQhG-1s5

  3. Maklum saja bro nih pabrikan dari dulu kan spesialis 2 tak,dia bikin motor 4 tak cuma ikut ikutan.

  4. Daya tahan Yamaha menghadapi lonjakan USD dan inflasi yg membuat biaya produksi part melonjak, gak sekuat Honda..

    Demi mempertahankan harga, kualitas part Yamaha pun seringkali di-downgrade

  5. Wahahaha fitur ngebul ternyata gak hilang. Semoga YIMM gak budeg…
    Ane ada old vixion 3C1 dirumah sering di geber sampe limiter alhamdulillah aman jaya. No ngebul sampai sekarang km 75.xxx

  6. Jelas nggak diperhatikan sama yimm, kan ngebul dianggap wajar kalo digeber diatas 8000 rpm. Hehe
    Sini dah org yimm yg ngomong gitu suruh liat di rmh saya ada old cb sama old vixy. Mana ada ngebul. Oli juga aman, kurangpun jg dikit dan wajar.

  7. Salah sekali itu wajar, lha ini salah kok massive brkesinambungan,,apa mmg gk bisa bikin liner yg bagus, piston n ring yg bagus, masa kalah sama GL max dgber 10rb rpm gk mslh pdhl lansiran 97 lho

  8. Benar kata kakek….. ternyata lebih mudah up grade body dari pada up grade mesin…

  9. punya ane mx 2008 ngebull kalo di geber….sampe sekarang aman” aja wkwkwkw cuman komstir oblak sering dipake ngehajar lubang feat ban 60/80 dipadukan pelek ori wkwkwkw…..

  10. Heran, masih aja AHM ga anggep motogokil tp masih doyan BC yamaha. Pengen bgt ya om diundang Ahm?

    • ente terlalu sensitif, ini bukan bc
      justru artikel ini membela fby, ingin menanyakan ke yimm, gimana nih nasib owner nvl kayak ane
      ane malah pengen diundang yimm, sekalian mau tanya jika suatu saat nvl ane ngebul, bisa komplen nggak

  11. Wkwkwk padahal pentolannya lulusan PTN anu loh.
    massa kaya gini aja ngak punya solusi. Xixixixixixixi
    Yimm musti Banyak belajar dari insinyur Ahm, SIS dan KMI dong.

  12. Mas, gmn kalau mas juga buat artikel tentang apa saja persoalan yg sering menimpa motor merek lain tidak hanya suzuki atau yamaha? Biar berimbang dan berpihak kepada konsumen, tanpa peduli merek apapun…. tentu sebuah produk ada kekurangan dan kelebihan masing2….. trims

  13. Mudah2an segera di atasi.
    Numpang sharing aplikasi android di Google play Gan
    https://play.google.com/store/search?q=pub%3ARIFEL&c=apps

  14. Setuju deh pak, artikel obat ngebul sincan T_T
    Ternyata ngebul itu nyesek T_T
    Untungnya daku pake fastron diesel, bisa meredam agesifnya tangan kanan

    #saveSincan

  15. 3c1 mulai banyak yg jual lagi kok.. Cuma kayaknya impor sendiri, harganya lumayan jadinya. Googling aja

    • kebetulan saat servis nmax, ane punya niat ganti ring piston. trus ane tanya ke bagian spare part, kata orang diler tsb sekarang semua part yang di diler 1pa, 3c1 sdh nggak nyetok.

  16. Nah begini kalo ngak faham penyebab overheat.
    udah tau kenapa cuma pas 8000rpm ngebul?meskipun pelan <8000rpm tetep haus olie?
    Teorinya belum dapet udah riset macem2 /coba2in macem2 olie, oli diesel, oli gardan, pake nano energizer, ganti ring 3CI dll….. Xixixixixixixi

  17. pengin ngadu antara bpk Motogokil sama bpk Pengamat jagoan mana ya ilmu permotorannya? Ahaha

  18. Apa mungkin dinding silindernya bisa baret akibat dari ring piston ?

  19. penyebab overheat krn backpressure gas buang. Solusinya kurangi backpressurenya.
    Ganti pipa header knalpot desainnya bertingkat pake pipa ukuran diameter dalam 24mm.
    panjangnya ditest sampai dapet mentok Limiter & naiknya rpm hrs cepat (15cm-40cm). Nah Kalo udah dapet panjang yg ideal. Trus disambung lagi ke leher pipa knalpot & silincer standarnya.
    Buktikan trik ini, insyaallah ngak ngebul lagi, oli berkurang tp masih batas wajar coz durasinya nokennya masih standar 268°.
    Kelebihannya torsi bisa dikail lbh besar dirpm bawah, akselerasi bisa lbh cepat dan dirpm atas biarkan licinnya DiAsil silinder bekerja….. Xixixixixixixi

  20. ente malang kan om, masih jual di beres yamaha galunggung. harga 3c1 110rb. ane bln kmrn beli disana. klo gak salah waktu itu liat ada, 4 kotak ring 3c1

  21. Njmx ane jg ngebul tipis tau dari pembakaran yg tidak sempurna atau apalah …tapi oli yg di mesin tidak berkurang banyak…ane biasa ganti oli 2 bulan sekali. paling oli berkurang sekitar 50cc soalnya botol oli bekas masih penuh.

  22. namanya juga buatan manusia, tak ada yang sempurna

  23. artikel kekurangan honda mana?

  24. Pingback: Salah Faham. R15 Berhasil Merajai Sentul di IRS, “Hanya” Dengan Piston Seharga Rp. 550 Ribu | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan