Penggiringan Opini Bahwa Material Sonic150 Adalah Downgrade dari CB150r

Diposting pada

sonic150r-teaser n engine

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ada rumor yang berhembus yang mengabarkan bahwa engine sonic150 “…kemungkinan kekuatan material juga bisa dikurangi..”. Hal ini terkait dengan perbandingan batas redline antara motor sonic150 dan new cb150r yang “katanya” (disinyalir) akan sama yakni mesin 1 silinder 149,16 cc, alias menggunakan engine yang sama yaitu k56. Rumor tersebut berhembus senagai  salah satu jawaban dari pertanyaan mengapa sonic150 dan new cb150r, menggunakan mesin yang sama (k56) tapi redline nya berbeda ? Redline sonic150 9500 rpm sedangkan new cb150r 10000 rpm.

Sebenarnya jawaban tersebut hanya merupakan salah satu dari sejumlah kemungkinan yang menyebabkan perbedaan tersebut. Dan juga sah-sah saja karena jawaban tersebut masih berupa “kemungkinan”, jadi bisa bener dan bisa juga salah. Yang disayangkan banyak pembaca yang tidak mau memahami penjelasan teknik yang diberikan, akan tetapi lebih senang pada “kalimat” yang mengandung black campaign pada pada produk honda ini. Apalagi statement ini berasal dari blog papan atas, maka sesuatu yang masih “kemungkinan” jadilah seperti kenyataan.

Berikut ini opini motogokil terhadap perbedaan redline sonic150 dan new cb150r, yang mungkin agak berbeda…

Perbedaan tersebut bisa saja dilakukan oleh honda dengan berbagai pertimbangan :

  1. Positioning, posisi sonic150 di bawah new cb150r. Dengan berat sonic150r yang lebih ringan tidaklah mungkin diberikan power yang sama. Karena jika powernya sama, maka pwr sonic150 akan lebih besar, yang pada ahirnya menjadikan akselerasi dan topspeed sonic150 lebih tinggi dari new cb150r.
  2. Efisiensi, model ayam jago hanya memiliki tangki dengan kapasitas 4.2 liter sedangkan motor batangan cb150r bisa mencapai 12 liter. Adalah sangat wajar jika sonic150 di tuning lebih rendah power nya agar lebih irit dan tidak terlalu sering ke spbu. Maklum bro, ngisi bensin motor bebek/ayago lebih repot dibandingkan motor batangan. Apalagi yang mau dilawan adalah satria fu yang memiliki keluhan “agak boros”, maka sonic150 mejawab dengan “lebih irit”.
  3. Safety dan handling, dengan tapak ban yang sempit dan bodi yang ringan, memang lebih amannya sonic150 tidak terlalu kencang, karena sangat membahayakan.
  4. Variabel penting penentu besarnya power adalah rpm (Power (kW) = Torque (N.m) x Speed (RPM) / 9.5488). Jadi langkah paling mudah untuk menurunkan power adalah menggeser power puncak ke rpm yang lebih rendah.
  5. Langkah paling mudah melakukan langkah-2 adalah dengan mengubah (menurunkan derajad) overlap antara cam-in dan cam-ex nya, meskipun semua bagian engine sama persis. Kemudian diikuti dengan setting ECU untuk meng-optimalkan titik pengapian dan AFR [lihat artikel ini]
  6. Karena perbedaan redline-nya sangat tipis (hanya 500 rpm), apakah mungkin honda akan melakukan banyak modifikasi untuk membedakan engine k56 untuk sonic150 dan new cb150r ? Padahal dengan 2 ubahan mur-mer tersubut sudah mencukupi , apalagi sampai membedakan kualitas material, sangat tidak efisien.

Dan lagi untuk menyatakan bahwa material engine sonic150 adalah downgrade dari new cb150r, perlu dilakukan beberapa langkah verifikasi yaitu :

  1. Endurance test antara kedua mesin tsb. 2 Mesin dalam kondisi baru (k56 yang diperuntukan bagi sonic150 dan new cb150r) dilakukan tes yang sama persis, dengan beban dan periode tertentu. Kemudian mesin dibongkar dan diukur tingkat keausan komponen masing-masing, kemudian dibandingkan, baru ketahuan part tersebut downgrade atau tidak.
  2. Material test, tentunya hanya bisa dilakukan di laboratorium sehingga diketahui  metalurgi dari part tersebut.
  3. Atau langsung tanya saja ke vendor penyedia part tersebut, downgrade atau tidak.

Sekali lagi ane nyatakan bahwa tidak ada yang salah terhadap “tulisan” yang kemudian menjadi rumor downgrade engine sonic150 ini. Karena dalam tulisan tersebut hanya mengandung dugaan yang diungkapkan sebagai “kemungkinan” tanpa didukung oleh data sedikitpun (hanya mengandalkan tampilan speedometer).

Demikian opini pribadi ane, dengan segala keterbatasan dan kekurangannya ane mohon maaf.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

134 thoughts on “Penggiringan Opini Bahwa Material Sonic150 Adalah Downgrade dari CB150r

  1. Sebenarnya opini tsb jg krn kesalahan ahm snditi saat menelurkan cbsf, terlihat jelas downgrade performa, kualitas dan QC nya dr cbr thai. Bukan mslh impor dan gak nya, mslhnya knp ahm gk bikin part serupa dg thai. Ane sndiri udh pakai subtitusi part dr thai pasca kecelakaan di cbr, dan jelas banget bedanya om.
    ..
    oke lah klo sonic gk mengalami hal yg sama, dan memang seharusnya begitu. Tp gk bisa dipungkiri jg selisih tsb menjadikan dejavu bagi yg apes prnh alami sndiri mcm tmn sy yg injeksi cbsf hrs diganti cz bocor..
    ..
    ane gk gila merk apapun sih, tp lebih berharap produk lokal jngn ngasal, toh yg make kita” jg, di semua merk, utamakan kualitas, jngn hanya bisa ngiklan hiperbolis, tp produk serasa sortiran dr kualitas minimum.
    (just contoh kecil: coba om ambil tisu kasi minyak kayu putih, gosok/bersihkan bagian ekor cbr yg warna merah itu, lalu lakukan hal serupa ke nvl. Coba liat apa yg terjadi. Lalu perhatikan bagian rangka dalam deltabox nvl yg dekat dg arm, dan bandingkan dg rangka cbr) . Ane mau kasi bukti aja om, kedua pabrikan yg ane maksud sdh downgrade di berbagai aspek, ntah apa tujuannya..

    1. kalau untuk kasus yang ente sebutin ya sangat mungkin karena beda negara atau meda merek. banyak faktor yang melatarbelakanginya, kemungkinan besar masalah pricing
      tapi untuk kasus sonic150 ini, sama2 lokal, sama engine nya, bareng lagi. sepertinya agak beda kasusnya

      1. Bukan begitu om, itu just sample krn opini downgrade plng rame bermula dr cbsf dari cbr thai, dan itu gak tanggung” impact nya penjualan cbsf ngempet walopun dilatari nama honda, klo mau dekat lg ya tinggal ganti aja perbandingannya cbr lokal sama cbsf, kasus nya sm macam sonic kn,, tp knp cbsf pny lbh bnyk cidera drpd cbr? Sama” lokal kn? Ane ada bukti otentik, lha wong temen ane sndiri kok yg alami..
        ..
        ane bukan mau bilang sonic itu downgrade, tp ane bilang klo opini yg ada krn blunder nya ahm sndiri, yg kelolosan stdandar QC nya.
        rusak dikit sebuah produk udh jelek nama di masyarakat mengingat persaingan ketat sekali, so klo ahm mau remidi, hrs serius jaga kualitas.
        ane optimis sonic bisa nggebrak fu, cz bnyk kelebihan drpd kekurangannya klo di banding fu..
        tp balik lg klo masalah opini murni tugas ahm sndiri yg bisa netralisir..

        1. Downgrade performa?? Ga salah tuh? Bukan kah cbr lokal performa malah lbh baik dr cbr thai? Setidaknya itu yg prnh saya baca di blog² papan atas macam wak haji tmc dkk…

          bicara downgrade semua merk motor yg ada di indo semua mendowngrade produknya gan,tanpa downgrade yakin ga bakal bisa bersaing kasih harga nya…
          Bahan baku yg makin kesini makin mahal tp pabrikan motor di tuntut kash harga yg tetep murah ya jalan satu² nya downgrade,
          Ente msh beranggapan merk lain ga downgrade? Cb ente jejerin old vixion sama NVL plus skalian NVA, dari old ke nvl naik harga ga seberapa jika di banding perubahan yg total, dari mana cb yamaha bs jual cm beda selisih ga banyak? Trs ente perhtikan pert² dr kedua motor itu,beda jauh kwalitasnya gan,bahkan dr NVL ke NVA pun kwalitas udah ketauan turun nya…

          1. ehh..?? ane bilang cbsf, bkn cbr 😀 ayo baca lg,,
            cbr lokal lbh baik dr cbr thai?
            ane punya cbr lokal wakakkkkkk,,, makanya jngn percaya review blogger kondang, beli dulu!
            ane kasi tau ya,, cbr lokal menang just tarikan awal, sisanya dibabat habis sm cbr thai! gk percaya tanya anak club cbr!
            blogger kondang jg bilang cbr ma r15 performanya mirip, smpe dites dg org yg sama, alat ukur yg sama, track yg sama buat buktikan artikel mereka..
            nyatanya mau smpe berak di celana r15 gak bisa ngejar cbr,, ane dah buktiin sendiri, ngetes sendiri, punya sendiri, gak asal komen!
            ..
            masalah semua merk downgrade, ane udh bilang di bagian terakhir, gak dibaca jg ya?!

          2. ” cbr lokal performa malah lbh baik dr cbr thai? ”

            siapa bilang ? kalau bicara masalah power lokal kalah jauhhh sama thai punya, cuman diakalin menangin tarikan awal aja, sisanya di akalin biar bisa dikatakan lebih baik dari cbr thai, ya handlingnya di bagusin lah, aeodinamikanya di bagusin lah

            kalau topspeed lokal sm import di adu, nanti salah satu menang yg lain ga terima, perdebatan tak berujung juga akhirnya

          3. ada pernyataan resmi dari honda jepang khusus untuk cbr lokal (ane lupa web site nya secara pasti, monggo dicari sendiri)
            kira2 isinya begini : ” untuk cbr150 lokal semua partnya lokal, keculai mesinnya dari jepang”.

          4. Mesin dari jepang?
            Mbok nek ngapusi ojo kelewatan mas.
            Eling mas, jek duwe anak istri sing dipakani hasil kerjamu. Nek hasil ngapusi karo penggiringan opini terus apa yo berkah?
            Tak sawang-sawang, mung blog iki sing paling aneh, koyo cacing kepanasen nek ono sing nyentil merk honda.

          5. Pak dosen.. seingat ane itu produksi awal awal aja yg mesinnya dari jepang. itu kalau ga salah ingat ya ehehe dlu lupa baca dari mana jga cmiiw

    1. Mesin 1PA vixion emang bermasalah tp sama bermasalah lagi suara klotok2 mesin CB yang sering muncul. So honda dan yamaha adalah sama. Mereka keliatan duel aslinya temen sejoli dari jepang.

      1. Sampe sekarang, belum ada kasus cb turun mesin karena klotok2 kan, kecuali ganti camshaft. Ga ada cb mogok gara2 suara klotok2

        Sementara nvl? Mulai dari mesin ambrol kehabisan oli, kampas kopling hancur

        Padahal sebelum muncul, nvl digadang2 sebagai upgrade dari old vixion, hanya karena ban lebar, power nambah
        Kenyataannya, tahu sendirilah kualitas mesin 1pa, kualitas velg kayak gimana, kelistrikan dari full dc jadi ac

        1. Duh, medan bromo dijadiin bahan BC, baik nvl maupun cbsf hancur main kubangan di bromo. Pada akhirnya di gendong mesin gl pro semua.
          Casenya berada di bromo, sama-sama ancur kampas koplingnya.

          Kalo dibeberin banyak kok penyakit cbsf, tp ntar ane di bilang epbeyek.
          – gigi starter rompal
          – housing camshaft tidak presisi
          – seal waterpump mudah jebol.
          – arm patah, meskipun langsung ditarik armnya dengan kode produksi tertentu plus dikasi pocer :v
          – aki gampang tekor.
          – diatas ada yang bilang injektor mudah bocor.
          – rem ngeloyor.

          Masih tutup mata?

          1. Injektor bocor maksudnya gimana bos??bukannya apa2 ya soalnya tetangga saya ada tuh punya cb buat jalan sering mati2 sendiri tiap opergigi kalo gas kecil..ampe pusing dia bawa ke ahass ga sembuh juga.ini bukan bc lo.

  2. Memang gk bnyak sebenarnya cbsf yg bermasalah, tp klo dibandingkan cbr lokal mana yg lbh banyak?
    temen ane smpe iri om, cz cbr ane sehat” sj lha cbsf dia berantakan..
    ..
    so klo nanti sonic ada masalah dikit aja, impact nya langsung ganda, knp?
    cz itu r&d mesin baru yg bawa nama k15g & k65 sekaligus!
    klo ahm masi mau main”, ya silahkan.. Just inget aja, satria & vixion itu masih pegang kekaisaran 150cc!
    Serius mau kudeta, perketat QA & QC nya! Jngn asal masuk standar udh bilang aman, klo perlu naikin standar kualitas nya!
    berapa banyak sih org yg bilang : “Honda sekarang udh gk kayak dulu!” memangnya mereka bilang gitu apa krn gk beli motor honda? Mereka beli, bahkan udh fanatik, itu sebabnya mereka tau perbandingannya, org astrea prima msh nongkrong di rumah..,
    (yamaha jg sama, tp krn ini tntang sonic, jd ane lbh bnyk ngulas honda. Mau tau downgrade nya yamaha? Bawa aja new jupiter z dan nvl ke rmh ane, kebetulan ane ada jupi burhan dan old vixion, silahkan dirasakan bedanya)

      1. ah elah begoo amat fbh

        simple aje yee

        LO MAEN KE KASKUS

        terus LO BUKA THREAD NVL / R15 / CB150R / CBR Lokal

        nah lo liat siapa yg penyakitan lbih banyak

        1. aeeelahhh…
          kaskus apa bedanya sama wordpress.. kloningan kaum ente tuh.. yeee gitu deh banci yg suka ngumpet di pojokan jamban warnet..

  3. seandainya si sonice ini bkan dr merk itu,,,apa akn ada artikel berbau pembelaan kek gini???

    saya rasa smua dh pd tau jawabanya,,, 😛

    ngahahahaaa…

  4. Santai aja pak dosen

    Woles aja toh , fakta lapangan aja belum muncul

    Saya kasitau ya pegang ucapan sy, Sonic dengan spek demikian tak ada ubahnya sama kayak mesin Verza di modif dengan camsaft berbeda. Kita ga usah melakukan pembelaan diri apalagi mengcounter isu pabrikan tertentu. Jelas keliatan fansboy nya ini om dosen

    So sonic = verza modif camsaft

    But well, Dulu saat YIMM belum merilis Spek VVA dalam Nmax, malah justru tanpa data om dosen menuduh Nmax tidak ada VVA bahkan disuruh mimpi. Pas VVA tau2nya ada dalam teknologi Nmax , berasa ketempar muka pak dosen menuh tanpa data.

    Sekarang malah sok suci menyuruh orang jangan menjustifikasi bahwa sonic adalah bukan produk downgrade. Hello.. pak dosen karakter anda berbeda sekali antara pabrik H dan Y .

    Ini yang disebut munafik bukan pak dosen? Mohon pencerahannya ustad gokil

    1. Yang jadi masalah disini adalah antara sonic dan new cb yang beda limiter rpm nya
      Dikatakan sonic adalah downgrade dari new cb, hanya karena beda limiter di spido
      Lah, produk nya aja belum muncul, dah bilang downgrade

      Sama aja membandingkan antara xperia z3 dan z3 compact,
      Mentang2 z3 compact layar nya lebih kecil, baterai lebih kecil, harga lebih murah, apakah z3 compact downgrade dari z3??
      Kenyataannya, buat ng-game lebih mulus z3 compact, baterai lebih awet z3 compact

      Jangan menjustifikasi produk adalah downgrade atau upgrade tanpa mencoba dulu produknya
      Itu maksud artikel ini

      1. isi artikel nya emg bener ky gitu, tp msalah opini msyarakt terbentuk klo spec sm limiter lbh kecil part downgrade itu ada history nya,, itu opini gak asal muncul.
        history nya ya dari komparasi cbr ma cbsf, persis kan beda di limiter tp mesin spek sama, buntutnya masalah yg di alami user beda banget,, cbr sehat” aja lha knp relatif lbh cbsf penyakitan? hayo?!

        1. cbsf penyakitan ..?????
          ente lg giring bebek om… ane pake cbsf.. cuma rante yg boros …kendor terus…!!

    2. he he he
      ente masih inget aja artikel vva, jangan2 enta masih nggak faham dengan artike tersebut ? monggo dibaca lagi
      kalau males buka artikel tersebut, ya sudah ane ringkas aja disini
      mengapa ane bilang ngimpi alias nggak mungkin :
      1. mengacu pada artikel blogger yang dipuja oleh fby, bahwa “inilah” vva yang akan digunakan oleh nmax. yang ternyata vva tersebut peruntukannya untuk head berjenis dohc (mereka sebenarnya (mungkin) nggak tahu) sebelum kasus ini ane tuliskan
      2. mengacu pada spek brosur, bahwa nmax memiliki head berjenis sohc
      maka kombinasi 1 dan 2 adalah tidak mungkin, alias ngimpi

      nmax bisa ber-vva jika :
      1. vva -nya bukan seperti yang dijelaskan oleh para blogger tersebut, atau
      2. head nmax harus berjenis dohc

      dan ternyata benar, ternyata kondisi riil sesuai dengan poin-1, yaitu nmax ber-vva tapi bukan jenis yang dijelaskan (bahkan secara panjang lebar) oleh blogger2 kondang tsb. tetapi ada “paten” baru untuk vva yang digunakan nmax.

      nah kalau dibandingkan dengan kasus ini, jauh sekali bedanya

      kira-kira ane yang munafik, atau ente yang sok pinter ?

      1. whelehhhhhh…..
        yang saya tahu blogger itu cuma menginformasikan kalau nmax pake vva.
        dan memberikan contoh/ilustrasi gambar vva itu seperti apa. blogger itu TIDAK MENGATAKAN BAHWA NMAX MENGGUNAKAN VVA YANG ADA DIGAMBARNYA ITU.
        dan bukankah artikel itu telah anda revisi…?
        dari awalnya “nmax pake vva adalah lamunan yang terlalu tinggi alias ngimpi” menjadi artikel “ngeles” dari artikel sebelum revisi.

          1. ya karena artikel anda itu ngawur…, seperti biasanya…
            hehehe…, apakan anda tidak merasa kalau anda itu seakan di”tampar” bolak balik oleh komentator diartikel tersebut..??

            dan..
            seperti yang saya bilang….
            jika Y, artikel pra launching anda selalu “mengecilkan” kemungkinan produk itu lebih baik dari H, “tidak mungkin ini, tidak mungkin itu”

            sedangkan jika H, artikel pra launching anda semuanya membuai dengan spek2 yang akan sangat tinggi dan superior. salah satu contoh yang terdekat adalah artikel-artikel sonic anda sebelum spek aselinya muncul.
            artikel lainnya banyak…

            bahkan dari cara/gaya penulisan judul artikel anda pun, antara H dan Y itu sangat berbeda.

          2. ngawur mana sama blogger yang menghubungkan vva-dohc dengan nmax-sohc ??
            ane sih nyantai aja, nggak masalah komentator “menampar”, toh komentar mereka belum tentu benar, sama kaya komentar ente

            ane rasa masing2 orang punya gaya penulisan sendiri2, seperti halnya blogger lain yang nggak berani memberi nilai negatif terhadap suatu produk, nggak masalah kan?

            begitu pula dengan komentator, juga punya gaya masing2
            buktinya ente juga punya gaya kan, kalau ane tulis keunggulan yamaha gaya ente begini (senang), kalau ane tulis keunggulan honda gaya ente begitu (geram)

            terus apakah komentar ente ane hapus ? nggak kan ?

      2. satu lagi pak dosen….
        pada umumnya artikel2 anda itu begini:
        antara Y dan H.
        jika Y, anda selalu mengecilkan kemungkinan susuatu yang bagus, apalagi kalau itu lebih bagus/baik dari H.
        jika H, artikel honda sonice sebelum2nya bisa menjadi contoh. artikel anda selalu “berangan2” lebih dari kemungkinan real yang akan ada.

          1. Hehe… ente jangan gitu dong om.. nobita itu kan blo’on gk di fiksinya gk dinyatanya jangan dikasih penjelasan panjang2 wong nobita itu iq nya jongkok..

            Heheheheh

      3. Artikel blogger yang DIPUJA fby?
        Blogger yang itu maksutnye?
        Ada faktanya nggak klo blogger itu DIPUJA fby?

        Klo nggak ada faktanya berarti jatuhnya fitnah Mr dosen.

        Eh…lupa saya. Disini kan dilarang berbeda pendapat. Mr Dosen selalu benar. Dimaklumi saja.

        Hihihihi…

  5. bagimana dgn mx yg menggunakan mesin vixion
    dimana power mx lebih rendah dari vixion
    padahal mesinnya sama???
    mohon koreksinya kalo salah
    ….
    blogger papan atas sekarang didonor oleh atpm
    kadang postingan tergantung pesanan
    wajar!!!

  6. Terlepas dr pro dan kontra! artikel2 disini memang menarik untuk disimak dan dipelajari! komentar2 nya justru lbh mengembangkan isi artikelnya lbh jelas lg! Sip Mr Gokil!

  7. Tumben peduli bgt pak sama celotehan fansboy ampe di bikinin artikel..bukannya ini hal biasa pak setiap ada produk mau rilis pasti fb produk kompetitor nyeloteh seenaknya?istimewa bgt ya pak ini produk sampe di bikin artikel gara2 ada fb nyeloteh 😀 kemarin2 biasa aja deh keknya 😀 i’diluu huwa aqrobu littaqwa 😀

    1. sebenernya bukan masalah peduli atau tidak, tapi cuma sebagai penyeimbang saja, supaya perbloggeran otomotif di Indonesia lebih berwarna
      oh ya ente pendatang baru ya ??
      ane ucapkan terimakasih atas kunjungannya dan juga komen nya
      tapi mengenai “i’diluu huwa aqrobu littaqwa” yang ente tujukan ke ane, apakah sebelumnya ente sudah baca-baca artikel ane yang lainnya terutama tentang https://motogokil.com/2014/07/20/power-r25-versi-produksi-masal-turun-beberapa-variabel-yang-mungkin-dirubah-yimm/

      jangan-jangan perintah “i’diluu huwa aqrobu littaqwa” seharusnya ente terapkan dulu ke diri sendiri sebelum ke orang lain, betul begitu ?

      1. 😀 biasa aja kali pak..ya kalo kata2 itu buat kita semua lah.sya jawa pak ga mudeng apa itu ente.tp ya bagus lah buat penyeimbang para fb 😀 penyeimbang biar ga terpengaruh (yg katanya) penggiringan opini dg opini (lagi) 😀 bukan begitu pak

        1. sebenernya artikel ini juga komen2nya biasa2 saja
          gara2 ente bawa dalil jadinya “nggak” biasa
          kalau ente nggak ngerti karena jawa-nya, jangan2 ente juga nggak ngerti dalil yang ente tulis, kan bahasa arab ???

    2. Sok sok an bawa dalil..urusan motor, bahasan motor sampe kedalil…aneh elo bos..guayamu selangit….

        1. Emang gk ngelarang tp harusnya ente kalo mw komen apalagi sampe bawa2 dalil agama ya minimal harus ngerti dulu apa makna sesungguhnya dari dalil itu , jgn cuman asal comot terus ditaro di forum beginian dasar blo’on luh nyuk..

          Hehehehehe

    3. kalau dalil yg bilang :
      besar murka tuhan kepada orang yg mengucapkan apa apa yang tidak ia lakukan
      (menyuruh untuk begini dan begitu sedang ia sendiri ngga jelas gimana entah melakukannya atau tidak)
      itu lu taruh dimana cung?

        1. masa ga baca respon si om gokil ke elu yg di atas sih
          bagian ini
          -tapi mengenai “i’diluu huwa aqrobu littaqwa” yang ente tujukan ke ane, apakah sebelumnya ente sudah baca-baca artikel ane yang lainnya terutama tentang- dst dst

  8. Yg saya perhatikan bukan downgrade atau upgrade, saya rasa semua motor buatan lokal terutama yamaha n honda ya gitulah,,,yg sy perhatikan knapa komparasi Sonic ma FU kq dg FU yg import bkan dg fu yg lokal ya?? Emang beda ya FU th 2006 dg yg sekarang?? Kan sama2 fu, mngkin ada yg tahu?

  9. yg jengkelin knapa bore stroke plek sma kayak verza 57,3 mm x 57,8 mm mski new cb150 (gue gak setuju dikasih R) sma sonic 150 sdh dohc beda sma verza, jangan2 kruk as yg dpke sma dngn verza, demi teken cost kok smpe segituny, klw agak panjang gitu 57,8 mm lebih tepat klw memang ngejar torsi namanya lebih pantes gen motor enduro atw garuk tanah “crf150” baru cocok bukan cb150r (yg harusnya merupakan versi naked dri cbr 150r, ok lah body agak beda tpi mesin harus sma cbr150r), apa jgan2 ntar new cbr 150r pke mesin ini (klw bore stroke plek verza banyak bakalan kecewa berat, percayalah!!!!)

    1. Motor ayago massal seharusnya memang lebih ke torsi om bukan ke power…

      Jika tidak ya tau sendiri lah resikonya kecuali bila untuk race boleh lah mentingin power juga

  10. Klo ada yang bilang K56A downgrade dari K15G itu pernyataan ngawur dan tak berdasar.. Kebetulan engine yang buat adalah ditempat kerja ane sekarang.. Secara kualitas antara K56A dan K15G itu sama karena spec dan ukuran serta material sama.. Sedangkan CBSF gen-1 antara keluaran awal dengan yang sekarang sudah berbeda.. Desain awal yg camnya klotok-klotok itu sebenarnya malah adopsi spec dari CBR150 thailand, jadi klo ada yg bilang kualitas thailand lebih baik daripada lokal hanyalah sugesti tak berdasar.. Kualitas engine lokal sebenarnya malah lebih bagus dan lebih presisi, berani diadu malahan dengan made in Japan..

      1. Sbenernya mah ada juga jeng spt klotok2 itu kan di cbr thai juga ada tp istilahnya aja yg beda yaitu “suara heli” tp karna cbsf ini adalah ancaman nyata buat penguasa motorsport yamaho ya jadilah kasusnya dibesar-besarkan sama yahomo di blog2 lewat tim divisi bc ala yahomo kek ente..

        Hehehehehee

        1. Hoaaahem… Lu pikir gw ga pernah megang cbr thai lampu semfak? Dibandingin cbsf jauh banget laah unggul mesinnya cuman di kemacetan aja nyiksa.

          Tim bc yamaho hebat2 toh sampe di grup hosticus bisa beli motornya plus kopdar cuman buat nge-bc ngoahahha

      2. bener,temen ane pun punya cbr thai 2011. baru make setaun ada suara gemericik dalam head mesin nya,kaya ada koin dalam mesin nya. mungkin ini yg di sebut klotok klotok saat ini. tp dulu kasus nya ga muncul ke dunia bloger,entah kenapa waktu penyakit ini nular ke cbsf baru dah pada heboh

  11. gue cbsf gen 2 sdh gak ada klotok, mesin saya berani bertaruh klw cb150r (old) performa jauh di atas new cb150 yg square sedikit overstroke ini, yg gen 1 cam shaft holder tinggal ganti maslah selesai

    1. gen 1 juga ga semua..klotok klotok kok..punya ai dah 30000 km, biasa dipake betot betotan gas karena jalan bebas macet alhambdulillah aman jaya mape sekarang…

  12. ahm cuma butuh keseriusan dalam meliris produk yg bener” value buat konsumen…
    ane setuju dgn beberapa komentator laen yg menuntut peningkatan kualitas dan performa yg gak nanggung…

    apalagi motor pake embel” sport, jelas performa adalah segalanya, jgn kaya motor sebelah ngaku sport taunya komuter tulen…

    trus ahm mau ikutan ngibul juga?!?
    ayo dong ahm jangan rusak brand honda yg melegenda ketangguhannya…

  13. Unjuk kebolehan para komentator memang diwarung ini sangat enak dan nambah wawasan biarpun menjelekan sebelah tapi harus ditambah argumen yang dimengerti pembaca semua itulah yang menambah wawasan

  14. Coba para pemirsa dn komentator lihat perbandingan artikel dri pk dosen ini ketika “membela” Sonic150

    Langkah paling mudah melakukan langkah-2 adalah dengan mengubah (menurunkan derajad) overlap antara cam-in dan cam-ex nya, meskipun semua bagian engine sama persis. Kemudian diikuti dengan setting ECU untuk meng-optimalkan titik pengapian dan AFR [lihat artikel ini]
    Karena perbedaan redline-nya sangat tipis (hanya 500 rpm), apakah mungkin honda akan melakukan banyak modifikasi untuk membedakan engine k56 untuk sonic150 dan new cb150r ? Padahal dengan 2 ubahan mur-mer tersubut sudah mencukupi , apalagi sampai membedakan kualitas material, sangat tidak efisien.

    Dan ketika “membela” R25 d artikel : https://motogokil.com/2014/07/20/power-r25-versi-produksi-masal-turun-beberapa-variabel-yang-mungkin-dirubah-yimm/
    Dari perkiraan di atas, dapat diperkirakan terjadi perubahan tuning pada rpm yang lebih rendah diantaranya :

    1.Perubahan profil noken as
    2.Perubahan panjang intake
    3.Perubahan panjang header knalpot
    

    Demikian beberapa variabel yang mungkin dirubah untuk menurunkan power r25, menurut ane semata-mata supaya lebih irit, dengan tetap menjaga powernya di atas kompetitor.

    Lihattt semua ada keganjilan klo utk R25 d simpulkn perubahan jerohan mesin sedangkan utk membela Sonic150 gak ada perubahan jerohan mesin cma mengudah derajad overlap….dah ketahuan kok belang nya artikel2 d sini

    1. Ente tahu nggak seberapa besar perubahan power di r25 ?
      Dan betapa susahnya sang owner melakukan modifikasi agar power kembali seperti di pengujian awal ?
      Kalau nggak tahu, baca artikel tentang itu dulu, baru komen.

    1. Wakakakakkkk,, setuju bro!
      mending kerja keras dulu lah 🙂 biar bisa beli motor kualitas yg gk perlu diperdebatkan, heheee..

  15. whatts???? giring giring opini?kaca…mana kaca…….munaroh mana munaroh… kaca..mana kaca… semut kecil disebrang pulau kepantau…….gajah depan mata ga keliatan mennnnn….kaca mana kaca…..

    paling dibulang setan lagi..trus bawa bawa nama email…wkkwkwkwk kabur aaaaa

    1. Om amadeos, wajar blog bikin penggiringan opini namanya jg blog dilihat sudut subjektif indvidu, tetapi tergantung ciri khas sang bloggernya, beda jika itu wartawan yg seharusnya netral dan objektif TETAPI bnyk yg digunakan penggiringan opini (propaganda) yah tinggal idealisme wartawan itu. Perlu di ingatkan kembali blogger bisa jadi punya pandangan subjektif maupun objektif, beda dgn wartawan yg memang ada kode etik jurnalistik. so itu wajar tinggal netizen aja yh menilai si empunya blogger. CMIIW

  16. Sampe segitunya belain sebuah produk. Jadi sebenernya siapa nih yang bikin penggiringan opini? Wak haji ato pak dosen?

    1. Gak ada..yg ada para fby beropini seenak jidat setelah membaca (tepatnya membaca sepotong2) artikel kang taufik(padahal ga ada tuh kalo di baca secara keseluruhan yg isinya penggiringan opini) yg di anggap pak dosen sbg penggiringan opini lalu di bantah pula dg opini pak dosen lalu di bantah lagi oleh para komentator di sini 😀 bulet toh?? Jadi kesimpulan e perang opini (soalnya produknya aja belum keluar);-D

      1. Ane setuju ama abang ini. Yang ane heran ane gak nemu sedikitpun penggiringan opini dari artikel wak haji, malah yang ada (maaf) penggiringan opini ada di artikel pak dosen di atas. IMHO daripada pak dosen bikin artikel yang banyak mudharatnya macem ini lebih baik bikin artikel teknis sesuai kapasitas pak dosen aja tanpa dibumbui penggiringan opini. Artikel teknis pak dosen macem artikel 2 tak lebih irit n lebih powerfull lebih enak dibaca daripada yang ini( lupa judulnya)

        1. ya tinggal bikin sndiri blog nya,
          pake kemampuan kritismu sbagaimana kamu telah pretend sbagai komentator yg gagah berani nampang di sini, gunakan hal yg sama ketika menulis artikelmu sendiri
          masa compose artikel kaya om gokil ga bisa, tapi giliran mengkritisi karya orang udah kaya yg megang gelar master di mesin, otomotif dan metalurgi sekaligus.
          mencle,.

          1. Ane gak begitu paham teknik mesin dan teman2nya om makanya ane nongkrongin blognya pak dosen. Kalo ane paham ya sudah tentu ane bakal bikin blog sendiri n artikel sendiri. Dan yang perlu ente tau ane cuma ngasih saran ke pak dosen. Pak dosennya aja anteng kenapa agan yang sewot?

    2. simple plan aka pak moto gokil atau anak buahnya?? #opini pribadi xixiix
      dia bgaikan perangko yg slalu stia melekat meng counter serangan dari para comenters…

  17. Behahahahahhaha

    FBYKERE mimpi dohc150

    Apa daya pabrikan nya kagak mampu bikin

    Mampunya 150sohc

    Produk bagus penjualan bagus
    Produk jelek penjualan jelek
    Salam produk mempengaruhi penjualan #fakta

  18. Yaaapp,, sangat disayangkan ketika sebuah “kemungkinan” dikutip tapi malah terkesan ditonjolkan oleh yg mengutip dengan menyebutkan bahwa sumbernya dari blog anu.. Kasian calon konsumen awam yang terpengaruh..

      1. Sebetulnya nggak gitu juga maksud ane kang,, soalnya disini ane ngeliatnya om motogokil bertindak sebagai pihak yg mencoba mengklarifikasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.. Cuma masalahnya nga tersirat di dalam artikel, ini ditujukan untuk mengcounter artikelnya siapa? artikelnya yang mana? Jadi kesannya seolah artikel ini untuk mengcounter artikelnya TMCblog.. Kalo ane sendiri ngeliatnya artikel ini ditujukan kepada blog yang cuma mengutip sebagian “kemungkinan” yang ada di TMCblog,, jadi justru artikel ini menguatkan artikelnya TMCblog, memperjelas “kemungkinan2” yang tidak dibahas secara panjang lebar di TMCblog..

  19. sudah jgn berdebat gk jelas bilang pabrik a gak bisa bikin dohc, atw pabrik b gak bisa dohc palagi dual silinder, inget bro RnD dua2nya sdh di Indo, mau lokalin bikin 10 silinder motor apa juga bisa bro, kritis boleh tpi jgn remehin tpi ternyata atpm tsb adalh kemampuan sebaliknya dri yg diremehkan, dua2nya dalam batas masih baik dn bisa ditolelir kok utk kualitas secara umum utk sport, matik dn bebekny

    1. Jd ente lbh simpati sama pabrikan yg udh (tampak) kerja keras tp gak kasian sama user yg udh (jelas) diremehin dibalik tipu daya standar produksi?
      ..
      ane jg user yg update mslh motor, motor jadul, baru ada tuh di rumah..
      tp lama kelamaan nasib rider indonesia just kaya TKI di luar, nyadar gk ente?
      kita just buruh yg gk dihargai dg produk yg gak mateng, tp di sisi lain harga terus di-up setinggi langit bwt manfaatkan kondisi mental bangsa kita yg semakin konsumtif.

      1. KALO ADA DEMO BURUH BUAT NAIKIN GAJI AGAR TARAF HIDUPNYA MEMBAIK, SEHARUSNYA ADA DEMO RIDER BUAT NAIKIN STANDAR PRODUKSI MOTOR AGAR KEBUTUHAN MOBILITASNYA JUGA SEMAKIN MEMBAIK!
        ..
        daripada gontok”an sesama fansboy, mending dijadiin satu Serikat Rider Indonesia, bikin Hari Rider Nasional.. Ayo demo ke bundaran HI bareng”!

    2. sip, bner banget,
      entah seberapa mutlak kebenaran yg lu sampein an gua sepakat dgn itu
      Tapi gua kok ga pernah liat di jalan RI ada mobil namanya yahaha carry dan yahaha camry
      adanya brio, freed, ertiga, accord , jazz, agya ayla, avanza xenia innova, kijang kapsul,
      satupun ga ad yg make nama yahaha
      yahaha hasu

  20. hahay….
    mana ada HONDA downgrade….
    justru HONDA memeberikan best grade!

    MAU IRIT PAKE HONDA
    MAU PREMIUM READY PAKE HONDA
    MAU MAKIN PANAS MAKIN KENCANG PAKE HONDA
    MAU INVESTASI PAKE HONDA

    KARENA HONDA ADALAH KENYAMANAN

  21. Halooo gokill?

    Haha wak haji ada dosa ape sm ente?

    Haha ampe segitunya…

    Gokil, gue setuju lu mending ulas soal modif2 mesin aje.

    Lu gak ada ape2nye dibanding wak haji, om leo dll. Soalnye jelas, ini aja deh gue kasih 2:
    1. Gk ade pernah tu org bedua ngejelekin / nyerang org lain apalagi sesama blogger
    2. Gk pernah merasa paling benar sendiri
    coba lu pikir deh kil, gaya bahasa lo kalo bales komengtator jg uda keliatan aroganlo, diatas langit ada langit ilmu lo bukan yg paling tinggi juga.

    1. arogan mana sama komentar ente ini ?
      lah ente memang sudah paling bener ? dateng2 langsung main vonis orang lain,

      mereka nggak ada story sama ane, ane sekedar memberi ulasan dari sepotong kalimat di blog tersebut yang menurut ane perlu dijelaskan lebih lanjut
      yang aneh justru komen ente ini…
      memangnya seorang blogger (yang terbesar sekalipun) adalah malaikat yang nggak pernah salah ?
      trus kalau salah, semua orang harus he-eh saja, dan orang lain nggak boleh mengoreksinya ??

      di atas langit masih ada langit…itu betul…berlaku buat ane, juga berlaku buat blogger-blogger tersebut.

      NGGAK ADA YG SEMPURNA, YG SEMPURAN CUMA ALLAH SWT

        1. Ente tau dari mana adil atau tidak ?
          bagaimana dengan bro afika (atau sis ??), apa komen2 ente menunjukkan keadailan ?
          coba baca(cek) ulang semua komen ente di sini dan semua blog lainnya
          ha ha ha
          nggak malu ente ?

  22. kesimpulan yang saya dapat. fby resah akhir akhir ini akan kedatangan sonic.karena secara power dan fitur diatas mx king. jatuhnya ya BC sani sini walau ngumpet diketek fu sekalipun. klo mau diurut di uray fu vs sonic pun masih unggul fu dari fitur sekalipun.ingat sonic punya rangka yang lebih bagus.sehingga akn mantap untuk kec tinggi nantinya.

  23. Memang Gaaaa objektif blog sebelah tuh, barang belum ada sdh bilang : sonic downgrade..busetttt..
    yg ada vn downgrade abis!!!! lohhh?
    nih : vn : mesin bebek ke mesin laki (overstrokr 5 speed, itupun sohc pulaksssss) nah fu : mesin laki ke bebek..aneh tohhhh..dunia mmg kebalik2

  24. Memang Gaaaa objektif blog sebelah tuh, barang belum ada sdh bilang : sonic downgrade..busetttt..
    yg ada vn downgrade abis!!!! lohhh?
    nih : vn : mesin bebek ke mesin laki (overstroke 5 speed, itupun sohc pulaksssss) nah fu : mesin laki ke bebek..aneh tohhhh..dunia mmg kebalik2

  25. Di brosur brp Hp pas sampai ga sesuai juga buat fby ini..kwkwkwkkkkk..kayak gini mah cepat kaya lah jepang…hahahahaahahahaa

  26. Ga objektif blog sebelah tuh, barang belum ada sdh bilang sonic downgrade..yg ada vn downgrade abis!!!! lohhh? nih : vn : mesin bebek ke mesin laki (overstrokr 5 speed, itupun sohc pulaksssss) nah fu : mesin laki ke bebek..aneh tohhhh..dunia mmg kebalik2

  27. wkwkwkk
    ngaca dulu cermin mana cermin
    pak dhosen pak dhosen ane seneng kalau punya dhosen seperti ini

    ane harap besok atpm sering ngajak pak dosen dan jgn lupa dukung jadi RD moto gp …hhhaha

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan