Performa Engine Sonic150 Nanggung, Bagaimana dengan Potensinya ?


mesin cb150r21

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Seperti yang digambarkan pada artikel sebelumnya bahwa power sonic150 sangat dekat dengan satria fu150 (di bawah). Sementara bobotnya lebih berat, wal hasil pwr-nya masih di bawah satria fu.

spec sonic150 vs fu

 

Sepertinya memang menjadi kebiasaan honda selalu kalah power dibandingkan kompetitor (kecuali cs1). Dan kemungkinan besar untuk bersaing dengan satria fu, buka performa engine yang ingin ditampilkan, melainkan unit motor secara keseluruhan, baik performa, handling, fitur maupun style.

Seperti motor honda bergenre sport lainnya, seperti cbr150 dan cbr250r yang mana memilki potensi yang sangat besar untuk di-upgrade performanya, apakah engine k56 (sonic150) juga mampu ungtuk di-upgrade layaknya engine motor-motor sebelumnya ???

Mari kita lihat potensinya ..

Dengan spesifikasi engine berikut, dapat diprediksi variabel apa saja yang mempengaruhi performanya :

  1. Bore = 57.3 mm
  2. Stroke = 57.8 mm
  3. CR = 11.3 :1
  4. Power/rpm = 15.64 ps/9000 rpm

 

 

 

Power Sonic150 std

Ternyata (menurut perhitungan ane) tanggunggnya performa sonic150 adalah karena tujuan efisiensi dan premium ready. Hal ini diketuhui dengan kecilnya variabel Efisiensi volumetrik (VE), yang mana basanya untuk motor normal di seting 85% untuk mencapai power maksimum, sedangkan sonic150 81.7%. Sehingga udara yang masuk ke dalam silinder hanya sekitar 81.7% dari volume silinder, atau sama dengan 121.82 cc. Dan CR dinamiknya hanya mencapai 9.4:1.

Dengan kondisi ini berarti bensin yang dikucurkan menyesuaikan volume udara yang masuk, semakin kecil VE semakin sedikit bensin yang dikucurkan, alias semakin efisien. Sedangkan dengan CR dinamik yang hanya 9.4 : 1 jadi masih bisa minum premium, kalau terpaksa. Sedangkan standarnya harus menggunakan pertamax agar performanya optimum.

premium-pertamax-pertamax-plus-pertamax-racing

 

Dan ketika dilakukan upgrade di sektor intake seperti porting dan polish atau mengganti filter dengan versi racing, untuk meningkatkan VE menjadi 85% (tentunya dengan penyesuaian ECU (kalau tidak bisa di seting, ya harus beli ecu racing) dan knalpot), maka beberapa parameter akan berubah yaitu :

  1. CR dinamik akan naik menjadi 9.8:1, berarti masih bisa minum pertamax.
  2. Dan powernya naik menjadi 16.46 pas, sudah lumayan bisa mendekati pwr satria fu

Apalagi jika penggantian ECU racing dilanjutkan dengan penggeseran power puncak sampai di 10000 rpm (tidak masalah karena piston speed maksimumnya ada di 10900 rpm). Maka kombinasi penggantian ECU dan filter racing akan meningkatkan power sampai 18.29 ps. Sudah cukup untuk melawan satria fu 150

Power Sonic150 upgrade

Yang lebih ekstrim lagi adalah dengan mengganti head+silinder dan piston milik cbr150. Dengan aplikasi silinder+piston cbr150 ini maka volume silinder akan menjadi menjadi 183 cc, sedangkan powernya menjadi 22.46 ps. Ngeri bro pwr (0.197 ps/kg) sudah mendekati pwr new cbr250r.

Demikian ulasan singkat potensi dari sonic150, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

47 responses to “Performa Engine Sonic150 Nanggung, Bagaimana dengan Potensinya ?

  1. itu tabelnya dari perta*inaa keliatannya nipu deh. harusnya antara premium dan pertamax ada pertalite(ron 90). jd kompresi 7:1-9:1 premium. kompresi 9:1-10:1 pertalite. kompresi 10:1-11:1 pertamax. kompresi 11:1-12:1 pertamax plus. kompresi >12:1 pertamax racing.

    • whahaha… sejakan kapan pertamak kompresi 10-11??.. pertamak itu memang buat kompresi 9-10.
      itu udah bner tabelnya.. pertalit cm diatas premium dikit nilai oktannya.. klo ngk salah cm 90

  2. Pertamaxx

  3. mantap om gokil… potensinya ngk semantap mesin CBR ya om..
    krna strokenya kpanjangan dengan CC yg sma2 150…

  4. penggemar speeds

    kalo mX king n FU gmn potensinya mas dosen?

    • tenang bro, mx king potensinya sama, karena yg jadi titik tumpu disitu adalah bore x stroke (brkaitan dengan limit rpm/piston speed), dohc sohc gak ngaruh, tinggal VE dsesuaikan brp, CR brapa, sama item2 kondisi cuaca kayak suhu, kelembaban, dsb.. dr pnglaman, enjin klan fz 150 i ini bs tahan di 12ribu rpm, kl enjin sonic dengan bore x stroke yg baru ini, blm ketahuan bro…

    • semuanya punya potensi dan sudah pernah ane bahas, silahkan buka2 artikel2 lama

  5. Mosok blm test ride hanya berbekal teori kertas buram dah di bil nanggung sich boss?? test dulu ach! ntar dah di test ternyata diluar xptasi gimana?

  6. mikir sek lah

    emangnya tau timing klepnya???? hitungan ngawur jelas iki

  7. mikir sek lah

    mohon fbh, fby atau yang buat blog sekalian kok kayak buta masalah otomorif ya? Power dan torsi maksimal bukan jaminan performa. Tolong dong dipikir biar indonesia g digoblokin terus. Biarpun power dn trsi maksimal lebih kecil kalau distribsi d stiap rpm merata dan selalu mendekati maksimal, bisa saja menang jauh kalau diadu. Hadeh fanboy2 cap tk makanya jgn cm d blog2 n d media indo yg analisanya g pro… Baca jg web intermasional ky motorsport-usa. Kalau disana pasti dicantumkan grafik power n torsi d stiap rpm. ini yang penting bro…

  8. mikir sek lah

    tapi kalau timing klep g dimasukin y g bakal ketemu EV nya bro… itu sama saja ngarang…

  9. yaa kl sonic di upgade sperti pembahasan diatas..trus fu nya maenin 3 pilar(tok).ttp kewalahan to sonic..

    • dengan 3 pilar diatas, power FU naik jdi brp?..
      ente tau??.. klo ngk tau, ngk usah ngarang bakalan ngerepotin sonic…

      • emg kagak diukur pke dyno sih.prnh di fu 2007 dg 3 pilar,150an kpj on speedo ane rasa not bad.btw ente bkn fbh kn…..ntahlah kl ada yg blg ttep lemot tu pake pilar apaan..

      • belom pernah di Dyno, yang jelas cukup kencang untuk ukuran DOHC.

        Ingat, ini Overbore 47mm stroke yang bisa berkitir sampe 13rb rpm, taruh lah di 11rb rpm. bandingkan dengan Sonic yang 57mm, udah masuk 11rb rpm dah kena piston speed. dengan mesin std, gak yakin itu sonic tembus 11rb rpm dengan aman.

        🙂

    • 3 Pilar itu sudah pernah saya aplikasikan diFU saya tp aneh vs old cbr std ttp gk bjaban,,pdhl byk yg bilang dg 3pilar itu bisa asapin old cbr,,trnyata cuma kabar angin..ada yg merasa dg 3 pilar itu sdh sgt kencang, krn tdk tahu tingginya langit cuma baca dan mndengar tp gk tahu knyataan

  10. Yang penting merknya honda wes payu wae….

  11. Yg penting mngkin tampilan Ok, irit, performa cukup, ergonomi, hrga gk bkin kantong bolong….
    Masalah modif untuk performa gk penting, krn motor std sudah diperhitungkan dr brbagai aspek, tdk hanya power gede, top speed saja.

  12. Pengen sih.. tapi udah kepala 3, tunggu cb150 aja buat jalan jauh lebih enak.., sekarang masih setia sama cs1..

  13. banyak pilihan.. pilihan banyak…

  14. Setuju ahm bikin motor ini power pas untuk harian.klo pingin kencang pilih cbr.ini perlu dikampanyekan kepada masyarakat indonesia agar pembibitan jgn lagi dari bebek atau ayago.

  15. bukan fansboy

    Mantap pak dosen ulasannya..ahm bikin sonic kan buat bendung fu,,apa iya performa mesin di bikin inferior di banding fu???pasti ahm bikin semuanya lebih dari fu,baik performa,desain,fitur dll.imho,cmiiw

  16. aneh ya sonic yg ganti piston dan head silinder dari cbr150 bisa nyampe 22 ps, tp cbr150 sendiri yg udah teraplikasi head silinder dan piston cuma bisa 17ps. kenapa honda gk sekalian aja pasangin cbr pakai mesin sonic yg terpasang piston ama head silinder punya cbr, kan jadi gk malu2in tuh cbr.
    jadi kalau papasan dijalan sonicnya bilang ke cbr, masa power gw lebih besar dari elo padahal gw ambil part dari elo. malu2in aja lo tong
    kwekwekwek

  17. Pingback: Penggiringan Opini Bahwa Material Sonic150 Adalah Downgrade dari CB150r | motorgoodness

  18. berarti potensi cb150 ntar mirip mirip ya ? kemungkinan buat event balap honda gabakal ngasi cb dong buat battle, mereka mending nyodorin cbr150 saja kalau buat lomba.. sesuai peruntukan mesinnya, gtu pak dosen ?

    • jika basis engine sama (k56) potensinya juga sama

      • satria euro 3 berapa powernya..??? jgn pake yang euro2

        • lho kenapa? takut kalah ama yg euro 2? masak kalah ama mesin tua?? setau sy ubahan pd satria euro 3 cm pada desain daleman knalpot aja (selain desain body nya). penghubung antara leher knalpot ama silencer nya itu diberi semacam saringan gitu. mesin masih sama aja jg masih karburator.

      • emang kalau pake basis beda, potensinya bakal nyaingin mesin k45 atau cbr thai, dengan stroke dan bore segitu ?

        kalau material mengejar common part , kualitas part +- sepertinya walaupun basisnya beda, daripada buat material sejenis beda kualitas, kan bikin repot aja produksi 2 kali

        imho

  19. motor bebek aja yang cuma 130 cc bisa lebih cepet dari laptimefu. Apalagi sonic…. mantap lah

  20. Pingback: Alternatif Piston Forging Honda CB 150 R / Sonic 150 R (K15G) | Suka Motor

  21. Pingback: Seandainya CB190R Ada, Berapa Powernya ? | motorgoodness

  22. misi min, mau nanya, itu ganti head dan silincer cbr 150 yg seri mana kah min?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan