Bener Kan !!! Engine MX King Adalah Versi Downgrade dari Engine NVL. Tapi Justru Owner MX King Harus Bersyukur. Lho???

Diposting pada

NVL n MX King

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Di awal kemunculan mx king, sempat ane bahas dalam beberapa artikel mengenai power nya yang lebih kecil dari nvl, padahal engine nya sangat mirip alias identik. Dalam artikel tersebut, ane prediksi bahwa penurunan power mx king karena efisiensi volumetrik dibuat lebih rendah dibandingkan nvl. Jika di nvl 85% maka di mx king cukup 80% saja. Kemudian di artikel selanjutnya, ane mensinyalir kuat bahwa penurunan efisiensi volumetrik ini disebabkan oleh downgarde performa camshaftnya.

Nah, hari ini ane mendapatkan kabar dari artikel kenthoetboreup yang mewartakan kepada kita semua, info yang bersumber dari tabloid m+, bahwa memang profil camshaft mx king dan nvl berbeda. Mari kita lihat perbedaannya beserta pengaruhnya terhadap performanya

cam mxking vx nvl diff

Perbedaan karakter performanya adalah :

  1. Power nvl lebih besar dari mx king
  2. Torsi nvl lebih besar dari mx king
  3. Torsi maksimum mx king pada rpm lebih rendah daripada nvl

Dan perbedaan performa tersebut, ternyata memang secara signifikan disebabkan oleh perbedaan profil camshaft/noken as keduanya. Berikut perbedaan keduanya berikut pengaruhnya terhadap peforma.

  1. Durasi camshaft nvl lebih lebar (4), begitu juga dengan lift/bukaan klep yang lebih tinggi (5) dibandingkan mx king. Dari perbedaan ini dipastikan efisiensi volumetrik nvl lebih besar dibandingkan mx king, maka pantas saja jika power nvl lebih besar daripada mx king. Sesuai dengan perbedaan performa (1 dan 2)
  2. Overlap antara cam-in dan cam-ex milik nvl lebih lebar dibandingkan mx king. Hal ini mengakibatkan torsi maksimum  nvl terletak pada rpm yang lebih tinggi dibandingkan mx king. Sesuai dengan posisi torsi maksimum nya, mx king di 7000 rpm sedangkan nvl di 7500 rpm (3). Dan hal ini memang cukup beralasan karena mx king memang diperuntukkan sebagai moped yang akan sering digunakan di jalan perkotaan yang padat, sedangkan nvl ada kemungkinan akan digunakan untuk jalan lengang dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Jadi jika owner mx king merasa tidak puas dengan performa standarnya, maka bisa mengadopsi camshaft dengan karakter seperti milik nvl. Semoga saja bisa PnP, sehingga semakin mudah meningkatkan performa mx king, seperti sebagian yang pernah ane tulis di artikel terdahulu. Jika memang demikian maka di sisi ini saja bisa membuat calon pembeli tertarik untuk meminang mx king, dengan harapan dapat di upgrade power engine nya setara nvl, jadi owner mx king harus bersyukur dengan keadaan ini.

Ya sudahlah, dimaklumi saja, motor keluaran terbaru memang seringkali lebih menjanjikan dibandingkan pendahulunya. Owner R15 dan NVL jangan sewot, jika di jalan antar kota dilibas dengan mudahnya oleh mx king. Barangkali ia sudah menggunakan camshaft nvl, sehingga powernya mencapai 16.59 ps, sedangkan bobotnya cuma 116 kg, jadi wajar saja karena pwr nya paling jawara.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

36 thoughts on “Bener Kan !!! Engine MX King Adalah Versi Downgrade dari Engine NVL. Tapi Justru Owner MX King Harus Bersyukur. Lho???

  1. terserah ente menyebutnya apa om, yg pasti baik mx maupun nvl n bahkan r15 hanya versi penyesuaian dari r125 yg tidak DIKERJAKAN DENGAN SUNGGUH SUNGGUH alias BUKAN PERFORMANCE ORIENTED, knapa? salah satu cluenya = piston 52mm dgn klep in 2x 19,5 mm out 2x 17mm, cukup memadaikah buat perfomance dgn piston 54mm atau bahkan 57mm?
    silahkan jawab sendiri, toh ente yg lebih master buat urusan kertas buram 🙂

      1. ngapain pasang kem nvl klu ngejar irit om?
        sutandar ting tong baru irit om hehehe..
        fyi kit 60mm-66mm laris keras lho om buat mesin type ini, pabrikan yg bikin jg banyak, brt salah satunya 🙂

          1. makanya ane tanya, ngapain pake kem nvl klu ngejar irit om?
            kalo om bilang total luas klep, emang yg ane bilang paling atas tadi apaan yak?
            :Peace: ah om.. mending tidur dari pada cape ngetik heheh..

        1. xixixi sampeyan ini kok ya lucu lho,
          generasi astrea cub, CB, GL, CBR, dari taun ke taun yg tetap seperti itu, ndak mungkin generasi gl di migrasi masuk ke klan nya cbr. nanti ngiri dung generasi nya astrea kok ndak di tarik ke trah nya RCV …ndak mikir…

  2. kalau old vixi vs nvl gmn lek??kok perbedaan power nya lmyn jauh.bahkan old vixi klh power dibanding mxking….tolong dibahas ya lek??trims.

  3. Assalamualaikum, dari parts cataloque YGP, noken as NVL berkode 3C1-E2170-00 mulai dari vixion lawas sampai R15 mggunakan noken as ini.

    setelah noken as selesai, lalu ke na/voor

  4. Well spek cam dpt aja om? Itu patokan derajat bukaan 1mm ya bari dihitung. btw spek cam nvl ditaro cbr150 lokal dahsyat tuh.. soalnya secara honda overlap biasanya 0-10 derajat aja. Ada data spek cam standar cbr150lokal om?

  5. Jangan lupa, overlap besar juga bikin mesin gampang panas, perlu pendinginan extra terutama saat jalanan macet apalagi disiang hari. Salah satunya dengan setting basah. Kalo buat race ya monggo.
    Jangan lupa torsi juga mesti besar biar kuat mengkompresi ruang bakar, kalo torsi & reduksi kecil gimana?….Xixixixixixixi
    Ada 2 pakem camshalf, overlap besar dan tanpa overlap.
    Kalo ane sih jelas pilih tanpa overlap tp spek overbore power udah besar dari sananya, ecu/cdi unlimiter, sejenis sliper clutch, pengapian maju mundur, akselerasi rpm rendah-tinggi dan deselerasi beda2 mirip SSG lah….. Xixixixixixixi

  6. rasane onok sing kurang…..
    gak cuma profil camnya aja koyoke lho cak….
    maping ECU mesti kudu nyesuain…. 😀

  7. semoga pak dosen….fu juga bakal kena kepret klo penyemplak king udah upgrade noken nvl.juozzxz artikel nya

  8. ane udh ganti noken ass vixion 3c1 di mxking. Plug&Play, ganti di bengkel yamaha, garansi kagak hangus kayaknya, toh itu jg yamaha parts. CO tdk diseting, krn system closeLoop sdh menyesuaikan diri. hasilnya, tarikan bawah ngeden, kagak enak. tarikan atas yaaah… nambah dikit lah, kalo bisa dikata nggak kerasa. kesimpulan: mau balikin lagi ke noken ass standarnya 2PV. tarikan lbh nampol ….. efek jambak lbh kerasa. Kira2 kenapa ya??

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan