Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Sudah banyak blogger yang membahas dan membandingkan antara pendatang baru di kelas sport 250 cc, yaitu YZF R25, dengan motor sekelas yang lebih dahulu eksis. Dan yang sering dibicarakan adalah superioritas r25 dan inferioritas cbr250, yang mana spesifikasi r25 begitu racy sedangkan cbr250 biasa-biasa saja bahkan banyak yang menganggapnya paling jeblok. Asumsi ini “sekilas” memang sesuai dengan spesifikasi di atas kertas/brosur, akan tetapi jika kita lebih teliti, mungkin setelah itu anggapan terhadap inferioritas cbr250 akan berubah.
Bagi seseorang yang terlajur kagum dengan performa r25, bisa saja tidak setuju dengan artikel ini, tidak masalah. Akan tetapi mari kita teliti spek resmi dari semua motor sport 250 cc
Dengan merujuk pada tabel yang sudah di buat nosvelos.com di artikel ini
Jika persaingan dilihat dari performanya di jalan umum, maka akan sangat jelas sekali keunggulan cbr250 diantara rival-rivalnya. Perhatikan spesifikasi yang di kotak kuning.
- Bodi lebih pendek dari r25
- Wheelbase paling pendek, kecuali dibandingkan rr mono
- Ergonomi paling nyaman, apalagi dibandingkan rr mono
- Ground clearence paling rendah
- Bobot paling ringan, kecuali dibandingkan rr mono
- Torsi paling besar dan digapai pada rpm paling rendah
Sepertinya honda merancang cbr250 bukan untuk balapan, tapi untuk sarana transportasi harian, sehingga tampak jelas keunggulan cbr250 dibandingkan rival2nya untuk kebutuhan komuter harian di kota besar yang sering macet dan jalannya pendek-pendek.
Apalagi jika kita mengikuti pernyataan pembesar yimm bahwa motor-motor di kelas ini hanya pantas dimiliki oleh orang-orang sekelas menejer, wajar jika kota besar menjadi domisili dari sebahagian besar mereka. Dan juga sering diterjemahkan orang-orang ini sebagai owner/calon owner motor 250cc adalah orang-orang dewasa yang sudah mapan, kemungkinan besar berumur 30-an tahun ke atas. Cukup cape juga jika mereka harus bermacet ria dengan menggunakan motor sport racing yang membuat punggung agak bungkuk mengendarainya. Silahkan yang sudah berumur mengomentarinya….
Lalu bagaimana jika ditinjau dari performanya di lintasan balap ?
Jika melihat spesifikasi di tabel tersebut, terlihat jika dalam kondisi standard, dilakukan balapan di sentul, jelas cbr250 bisa kalah telak, karena pwr yang paling rendah. Hal ini terkait dengan masih banyak variabel yang belum dioptimalkan, mengingat memang tujuan utama adalah untuk harian, bukan untuk balapan. Jika variabel-variabel ini dioptimalkan setara dengan kompetitor maka tenaganya pun akan setara bahkan lebih (39 hp), lihat speknya di sini. Jika ubahan dilakukan lebih ekstrim lagi, maka power cbr250 bisa mencapai 47 hp, melebih power nsf250 std, lihat artikelnya di sini.
Dan prestasi cbr250 di kejurnas melawan ninja 250, tidak perlu disangsikan lagi. Salah satu yang menunjang prestasi cbr250 di balap resmi kejurnas di sentul adalah kualitas klep standar yang sangat bagus meskipun harus melayani putaran mesin sampai 12300 rpm. Pernyataan ini sempat dipablis oleh bloger kondang om leo di sini, dan mbah dukun di sini. Dengan demikian meskipun tujuan utama dibuatnya cbr250 untuk harian, akan tetapi untuk balap pun cbr250 bisa bersaing.
Apalagi dengan dirilsinya cbr250 2014 dengan banyak ubahan di sisi mesin sesuai informasi otomotifnet, yaitu meliputi crankshaft, piston, per-klep, rocker arm, tensioner, gigi rasio dll, menjadikannya lebih bertenaga dan lebih efisien.
Nah sekarang apakah benar cbr250 inferior dibandingka rival-rival nya ?
Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.
See you in race R25…hihi…
nanti kalo kalah pasti ada alasan barbel lg om…hahaha
Biarin aj..toh masyarakat awam taunya cma hasil race..hehe
siapapun yg menang ndak bkin mtor dirumah makin kencang :p
http://masdaniblog.com/2014/05/23/ngeri-ular-memakan-kura-kura-besar/
Iyaa..sma aj kya suporter bola..teamnya menang bkn brti bkin tmbah jago maen bola toh? Tp mrupakan kebanggan tersendri jika tim favoritnya menang. Bhkan rela mati klo team favnya diejek suporter lain..tau knp alsnya??
karena saya bukan supporter bola? *eh
karena satu hati..
Betul…smw karena sehati…merasa memiliki.. (kta lain dr “cinta”) org kalau sdh cinta mau blg apa??
CBR250 jomblo juara IRS Sentul karena regulasi lebih enteng 25kg dari Ninja250 2silinder.
Tapi kok akhirnya si CBR jomblo jadi penunggu gudang.
Nyusss.
itu namanya cbr250 nggak laku
meskipun bagus, kalo orang nggak seneng, apa mau dipaksa
Halahh kalau dibalik misalnya spek R25 itu merek Honda dan spek CBR itu merek Yamaha, sudah dibully habis-habisan tuh Yamaha dengan spek CBR.
Untuk meminang motor itukan trgantung selera..tujuan..keinginan dan kemampuan..
Euforia itu jg berpengaruh bsar.
klo sy pribadi lbh memilih mnahan diri stidaknya 1semester untuk mmpelajari testemoni user ktika ad product baru.tdk terpengaruh euforia
Efek 1st batch is buggy kah?
betull…, tinggal gimana selera aja…
so konsumen adalah raja (gak pake singa) > jadi bebas2 aja mau beli yang mana… 😆
kawasaki brand yang sering “keok” dibalapan > gak masalah buat ane ambil ninja150rr 2tak (yaa krn cuma kawak yang masih nyediain 2tak)…
btw ninja250 yang kalah di irs aja lebih laku dari cbr250 juara irs…, nahh bebek jupiter z langganan juara balap bebek > tapi malah bebek supra series yang banyak populasinya…
jadi semua ada di tangan konsumen r2 > yang bebas mau pilih mana aja…
Nyimak aja ah…
soalnya ada #034 di atas… 😀
WKkwkwkk….
http://komputermotor.com/2014/05/23/perisai-kawasaki-ninja-250fi-untuk-mempertahankan-tahta-dari-serangan-yamaha-r25/
Papihnya udh bobo lg…ni yg komen anknya.. :p
😀
Vote for CBR 250, inferior hanya di dumay aja, itu juga hanya dari sales dan fby aja yang dari petinggi sampai terendahnya sifat BC nya dah mendarah daging, hi hi hi
Fby emang tukang bc.
Klo Fbh alim semua dul.
Wkwkwkwkwkwkkk
CBR itu maknyus 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/05/23/di-saat-semua-indent-r25-saya-malah-bayar-cash-wew/
Except the horns at the back? 🙂
Klakson di punggung 😛
http://kobayogas.com/2014/05/23/suspensi-monocross-yamaha-r25-cost-effective-or-really-think-forward/
Wk wkkk
kalo sy nggak ragu om sm cbr..wong bebek aja kalo dioprek jg knceng…tp kbnyakan msyarakat beli motor sport yg penting tampilan dulu…juga sngat pintar baca brosur….bukan diteliti secara teknis jg hahaha…mungkin ergonomi jd nmr sekian untuk pertimbangan…bnr nggak om..???
kalo ridernya dah berumur, kayaknya ergonomi penting juga
Ak dah berumur dg??hikss…
naik metic lebih nyaman
CS1 ajlah..sma nyamanya…hihi
ngaku juga ngahahaha…emang CBR hanya untuk yang berumur, maunya yang nyaman…feelnya dataaarrr almost no sensation 😀
http://kobayogas.com/2014/05/23/suspensi-monocross-yamaha-r25-cost-effective-or-really-think-forward/
iya sih om…tp ditmpat sy blitar…populasi ninja lbh
bnyk dibanding cbr…bapak2 jg bnyk yg pake..tp g
pernah buat knceng…cm buat jln deket2 yg penting
gaya…
brartipikiran msyarakat secara umum ttp yg 2 silndr
lebih baik dr 1 Ήέέ •• Ήέέ •• Ήέέ ••…apa mungkin
faktor harga jg brpengaruh ya..??? beda dikit mending
pilih seng suarane iso banter hahaha
Iya sma dsni jg bpak2 bnyaknya ninja..tp yaa cma buat jln2 sore aj.. msh bnyk yg mindsetnya cma buat pamer / pengakuan stts masyarakt aj.
bbs aj sih..toh ssh2 cri duit ktka ad duit lbihan bsa buat nyenengin dri sndri. Lain cerita klo mmksakn diri..
#bljargakidealis
bnr itu om…memanjakan diri sendiri ketika hasil jerih payah udah terkumpul….tp kok knp nggak cbr aja ya….kok yg menyiksa punggung hahaha
Sma kaya wanita yg menyiksa dirinya dgn spatu atau sandal hak tinggi… nah kira2 sperti itu alasanya..
Tampang waria kayak lo klo mo nyaman naik matik cin wkwkwkwkkkkk
Sidekil kumuh tampang waria naik CBR kuning wkwkwkwkkwk
jangan dibiasain main fisik bro (ngecengin kondisi fisik seseorang)
karena kebiasaan itu adalah kebiasaan anak kecil yang kurang akal
ya itu lah bro, rela menyiksa diri demi tampil ok, padahal sampe rumah pd ijetan…xixixiix, salam kawulo alit.
Naah paham…nyuuuuss….wkwkwkwk..
klo IQ rendah gk bs diajak diskusi…yg ad diotak sma kya yg tertuang ditulisan.
teko isi kopi..dituang gak mungkin keluar susu
cuma ngingetin sama fansboy mana aja…
jangan suka nyerang fisik > kalo emang udah tahu tampang fbh / fby dsb…
jangan suka bawa2 sara (suku agama ras n antar golongan)…
jangan suka pelecehan ke istri / keluarga komentator lain (ini yang paling parah)…
kalo mau bakar2an > ini yang gue demen…, tapi hati2 bro > ntar ditunggangi sama antek2 pabrikan…
silahkan dehh > yang mau bela benda mati sejadi2nya…
ngoahahaha…
https://fbcdn-photos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/t1.0-0/10374428_4230557938793_4335662161029291621_n.jpg
Sbenernya klo yg punya warung faham… diskusi yg kondusip..komentator n reader pasti nyaman dan betah berlama2 diwarung..sx2 bakar2an jg boleh..asl sbtas lucu2an n tdk mlampaui koridor
Ngkalou ngintipin facebook fanboy & nyolong gambar fotonya boleh kagak coy?
Sama sama jago bece. Bruakakakak
Bhuahahahaha
Cari sensasi bwa nama #034
Bkal dapet sejuta ide brow..slahkan berkreasi sendiri
@#034
nahh…
cuma heran aja bro kalo ada orang yang mungkin (maaf) fisiknya kurang > tapi dengan pedenya ngecengin orang ganteng… 😛
ngoahahaha… 😆
*baru aja dibilangin kecoaknya nongol tuhh bro… > ladenin dahh bro…
Aku kalo countering parahloh..hahaha..yg kyak begini mau adu BC sma sya bisa nungsep ke tungkel.wkwkekwk…(gaenak sm yg pnya warung)
jangan dilanjutin ngecengin sesama pengunjung
kan dah ane tulis tuh di atas kolom komenter, bahwa kita ini saudara minimal satu aspal, sudah sapatutnya untuk saling menghormati
maklum, pak
biasa smart-smart an.
katanya hal itu buat rame-ramean,
yg penting ngak sara katanya
CBR250 buat harian, di blaye2 tengah malem juga pasti panas kok.
*saksi mata NSR R vs CBR250 n Ninja 250
🙂
Hmmm….
Sekarang udah ga jaman banggain produk CBU, sekarang jamannya produk lokal kualitas global 😛
http://lovemotobike.com/2014/05/22/peserta-inden-yamaha-r25-membludak-bukti-bahwa-calon-konsumen-sekarang-sudah-percaya-produk-lokal-pun-bisa-berkualitas/
berarti tvs dong …..xixixixi
Aku wis gak pernah mikir ndwe motor larang .(cebong streetfire) wis cukup. Aku pengen ndwe mobil ae sing apik 😀 😀
bmw ae kang…
TB ninja cuman 28mmx2… TB R25 32mmx2… berarti jauh lebih boros dibanding ninja dong… Ninja aja 1lt : 20km, R25 mungkin 1lt : 15km dan harus Ron95… Disini CBR dan RRmono paling unggul dengan 1lt : 30km dan cukup Ron92…
pantesan kawasaki ngeluarin motor 1 jantung, udah tahu bakal ada R25 yang superior, dia bikin motor irit…
CBR250 bisa 1 : 50 kata AHM , jadi udah sama kek bebek,
coba cek detik
Cbr 250 fi 1 ltr bs 50 km ??? NMP saya 1 ltr cm dpt 45 km(eco riding 60 km/jam) mas,,,nie yg bohong yg mn nih
iya sih om…tp ditmpat sy blitar…populasi ninja lbh bnyk dibanding cbr…bapak2 jg bnyk yg pake..tp g pernah buat knceng…cm buat jln deket2 yg penting gaya…
brarti pikiran msyarakat secara umum ttp yg 2 silndr lebih baik dr 1 Ήέέ •• Ήέέ •• Ήέέ ••…apa mungkin faktor harga jg brpengaruh ya..??? beda dikit mending pilih seng suarane iso banter hahaha
tp untuk motor itu kan dsesuaikan jg untuk kpentingan apa, jgn2 stelah mminang mnyesal kmudian??
sori om admin, anda gak jawab pertanyaansaya!! gak nyambung komen situ, sya tanya apa, situ jawabnya kemana
satu lagi seandainya wr 250 dijadiin mono fairingny y, itukan kan stroke nya mirip cbr 250 beda dikit, klw wr250 53,6 mm, cbr 250 55 mm, apakah tetep tak bisa bersaing dngn cbr sperti versi situ? di sini sori om ke indepndentnya ditunjukin y
bijak yg jawab ya admin, tpi gpp hak situ kok yg bikin blog
bro reader ini tanya apa ya???
meski dijadikan mono nya yamaha??
tuh harganya skarang aja 80jt lbh,, trus tekno pd headnya lbh bgs, coba bongkar tuh headnya ada berapa klep itu. sekelas wr250x klep dah pakai titanium..trus minumnya prtamax plus..masalah adu speed??? klu cbr std bkn tandingannya, ingin bjaban ya hrs modif byk itupun wr nya std bukan korek..ingat bkn cuma spec mesin saja yg bkin motor super tp material jg hrs super..
yg suruh pke klep titanium siapa om, kn bisa aja buat turunin harga mono nya y gk pke klep titanium, lagian wrx mahal gara2 produksinya di jepun sma eropa jadi mahal
Untuk pengunaan harian di kemacetan kota besar jangan lupa juga panas mesin yang menjalar sampai dikaki rider, penguna harian ninja udah banyak yang mengeluh soal ini, tunggu review R25 masalah ini soalnya yamaha klaim motor ini 250 buat harian apakah lebih nyaman untuk kaki redernya
r25 standart power 36 ps, klw potensi power full spec r25 dong om gokil smpe limitnya, power weight ratio full spec sekalian
alasan yang sama dengan ninja250 yg potensi rpm lebih tinggi dari r25 (stroke ninja lebih pendek dari r25), tapi nyatanya masih belum bisa ngalahin cbr250 di sentul
sori om anda belum menjawab pertanyaannya alias gak nyambung
kan sudah ditulis di dalam artikel, kalau dalam kondisi standar, dipake balapan di sentul, sudah pasti cbr250 kalah telak
tapi kalau buat balapan full spec di sentul, kualitas material akan berbicara, contoh kasus cbr250 vs ninja250, sementara cbr250 masih unggul
bisa jadi nanti ketika r25 ikut main, yang menang r25, jika partnya memang mampu untuk racing
selain itu lintasan mempengaruhi, sentul lintasannya pendek2 dan tikungannya banyak yang low speed,
silahkan dianalisa sendiri motor dengan karakter engine yang seperti apa yang akan berjaya
Artikelnya berimbang joss
http://cahyadip.wordpress.com/2014/05/22/pembelajaran-inden-buat-honda-ahm-dari-r15-dan-r25/
cbr250 melebihi nsf250 ngimpiiiiii buktikan dulu jng teori mulu
sudah tuh, coba lihat spek cbr kejurnas ART
Sebenarnya yg diinginkan om2 fans dua silinder ini adalah potensi full spek setinggi yg didukung parts kualitas tertinggi di muka bumi saat ini tanpa dibatasi oleh regulasi apapun.
Gimana power on cranknya masing2 motor?? Gitu ya??
Trus om dosen, mumpung blog om masih kondusif, komen2 yg maen fisik ato sejenisnya dihapus aja, biar tetep enak bacanya. Om jg dpt pahala. Tp, trserah om sih, usul doank.
org berduit mah bli motor ga terpengaruh sama even balap om, ducati aja yg memble di moto gp jualannya lancar jaya.
cbr itu ga punya faktor x di kelas 250cc.
tapi orang berduit tentunya juga mikir, ngapain beli motor mahal, kalo setelah make badan pegel semua
Ane punya motor bikin pegel om.. Basicnya sih motor nyaman banget. Hobby sih. Bkn buat harian. Dimana enaknya? Enaknya di hati om, puas..
@ariev
gak usah jauh2 ducati om…
kawasaki brand yang sering “keok” dibalapan > gak masalah buat ane ambil ninja150rr 2tak (yaa krn cuma kawak yang masih nyediain 2tak)…
btw ninja250 yang kalah di irs aja lebih laku dari cbr250 juara irs…, nahh bebek jupiter z langganan juara balap bebek > tapi malah bebek supra series yang banyak populasinya…
jadi semua ada di tangan konsumen r2 > yang bebas mau pilih mana aja…
Tuuhhhh dia !!! Seperti yg ane bilang, endingnya ya tetep CBR !!! ______ # apa pun motornya yg di bahas disini yang menang ya CBR… !! Mau 36ps mau 4 silinder ____ # kalo udah ketemu rumus “potensi terpendam” ya ngalamat koit semua vs CBR !!! ________ makin joss aja pak cakil ..
Ngahahaha..CBRmu piye mbah??spek msh kalah sma cryptone??
suudzon aja nih mbah darmo…biar imbang aja
masa menang r25 semua, nggak seru kan ?
ntar lain waktu mbahas potensi terpendam r25, setuju ???
Xixixixixixixixi_____ cuma pesen saja buat semua ___ ” jangan harap kemenangan selain honda disini ” ______ # kalo gak punya skill oret2 kertas buram … *ente maksa akan kena kampleng tabel_tabel togel ___ xixixixixi
lagian fby kesini, suka sakit ati ya haha (mikir dong!) buat saja blog sendiri memuja yamaho mbah
apapun lawannya karena judulnya aja udah CBR ya yg menang CBR lah 😀
hehehehehehhe
Ngekek aja liat artikel pak dosen. Merek sayap akan slalu diunggulkan.
……paling…..kecuali dibanding rr mono.
Hahaha udah paling tapi ada kecualinya,
gak usah ditulis ‘paling’ kelesssss kalo pake kecuali. Scara gk lgsg pengin mengunggulkn tp takut digetok fakta ada yg lbh unggul
hoahaha
kssus cbr vs ninja/ r25 sama dgn vixy vs cb, cuman di sini vixy dibully cb di puji2.
ya begitulah…..
Sak karepmu wae lah pak !! ___ gak bisa terbantahkan ini udah bawaan jabang bayi anda ___ “selain honda dilarang menang” ______ ini motor blm muncul aja udah di bombardir angka2 unik dalam tabel !! Semoga iwata segera mengambil anda buat pengembangan mesin2 joss !!
amiin
Wkwkkkkkkk mbah darmo vs dosen cakil sing akur toh wkwkwk
Sebenarnya mereka dua sejoli 😀
sejatinya mbah darmo iki fans terselubung pak dosen 🙂
aamiiin, semoga doa mbah terkabul pak dosen, jarang loh si mbah ini doanya bagus
Di kelas 150cc; ini lho merk sayap motor powerfull potensi terpendam 32HP, motor sebelah apaan motor sport koq komuter
di kelas 250cc; ini lho motor sport merk sayap yg nyaman untuk komuter, motor merk sebelah ngapain power tinggi tinggi bikin boros doang gk cocok buat perkotaan.
Gitu kan pak dosen…… I see i see. Ngiahahahahuhukuhukuhuk
sesuai peruntukan, lihat saja iklannya
cbr150 / cb150r buat kenceng
cbr250 buat nyatai, goncengan lagi
kaki di kepala dan kepala di kaki….
CB 150cc naked buat kencang-kencangan, tapi CBR 250cc full Fairing buat nyantai….
hadeh…..
yang penting Honda menang wae…….
Astaghfirullahalladzim , istighfar mas gokil istighfar , smg allah mengampuni smua kslhn2 mas gokil,,,saya pmakai nmp aja g gtu2 bngt belain merk mas,,,mdh2an artikel ini d revisi agar lbh jujur dlm menganalisa produk n bs menambah pahala pnulis ny amiiin
CBR250 jomblo juara IRS Sentul karena regulasi lebih enteng 25kg dari Ninja250 2silinder.
Tapi akhirnya si CBR jomblo jadi penunggu gudang.
Nyusss.
Halahh kalau dibalik misalnya spek R25 itu merek Honda dan spek CBR itu merek Yamaha, sudah dibully habis-habisan tuh Yamaha dengan spek CBR.
Gitu aja repot.
ya sudah ente buat artikel aja, untuk kebalikannya
kemarin waktu ane, buatin artikel kedahsyatan performa r25 ente anteng2 aja
sekarang baru dibuatin anrtikel kans cbr250, ente dah gerah bro
fby harus PD bahwa r25 pasti laku, pasti menang, siapapun lawannya
Artikel kertas burem wkwkwkwwwkkkk
mas gokil, setelah ini bikinkan artikel r25 ampuh tak terkalahkan, biar pada seneng, walaupun para fby ndak bisa memiliki 53jt barang lokal? raisin….xixixix…
gak semua fby orng kismin, sma gak semua fbh orng kismin, dua 2nya psti ada jelas yg mampu sekali sma gacoan mereka
mas bro, katakan pada punya duit 53jt, tapi mau/rela ndak beli nih barang? tidak semua orang bisa ngeluarkan duit 53jt hanya untuk beli sepeda motor. coba deh perhatikan gaya bicaranya, heheheh…klo di “analisa di kertas koran yak” jiaaahh…sedikit yg 1/4litre. peace broth…
Wahhh…mantap nih artikelnya pakbro…
Trus kalau sudah lengkap…3 kelas di artikel ini bisa
nggak ya diujudkan ❓
http://nyobamoto.com/2014/05/23/lengkap-sudah-kelas-250cc-untuk-balapan-di-sentul-international-circuit/
bisa saj asalkan pabrikan berani mendukung dan pasti seru
Îчα pakk…
Asal pabrikan mendukung
Dan tentunya jadi saling mempertahankan gengsi
Ah tenane pak….
City bike racing rongatuseket sese mosok kanggo nyante?
Lha koq ada yg varian ABS, klo nyante gak usah rem ABS kelesss, gak guna, mubazir dan gak efisien, ckup rem sendal jepit!! 😉
eh y honda kan terkenal top dlm efisiensi, gk klop dong klo kyk gitu
mbah lemir, santai artinya, enteng/gampang/mudah melibas jalan pendek kota yg padat. dari lamer ke lamer, stop n go. klo C-ABS ane udah merasakan manfaatnya, berguna banget. ngerem ngedadak di lamer aman kok, ndak ngesot…
Suara gak bisa boong… raungan mesin dua silinder…. itu merdu sob….. hehehehe
http://mariodevan.com/2014/05/23/yamaha-r25-tidak-mengaplikasikan-deltabox-ini-ternyata-jawabannya/
bisa diboongin pake speaker
wkwkwk suara knalpot abal-abal
Wkwkwkwk pesen suara fireblade skalian biar dkira moge :p
Artikel’e kobong wakakakaka
ya, seperti biasa
kalo membicarakan kelebihan motor yamaha, semua duduk manis
begitu membicarakan kelebihan honda, banyak yang gerah
sesui ini kang
karena kebiasaan itu adalah kebiasaan anak kecil yang kurang akal,
mereka cuman liat fisik tapi gak liat kelebihan part
padahal kyk pasangan, yg penting hatinya, buat apa cakep diporotin terus, mending biasa tapi bikin luar biasa
wah kangbro komenmu itu memberikan saya pncerahan utk sesuatu yg lain
trimakasih,.
menukil pmilik warung
ya, seperti biasa
kalo membicarakan kelebihan motor yamaha, semua duduk manis
begitu membicarakan kelebihan honda, banyak yang gerah
o o,.. bibit bibit biang perusuh nya ktahuan,.
karakter bawaan orok,.
sepertinya
lau cbr 250 memaksimalkan potensi nya nyampe 100% gmn om…
terus di lawankan dengan ninja 250 mono dan ninja 250 fi juga vs r250…
semua memaksimalkan potensi nyampe 100%…
di buatin artikelnya ya om…
hehehe..
biar tau gmn potensi 100% masing” motor…
semua bisa dihitung potensinya di “kertas buram”
akan tetapi realitanya dilintasan, akan berkata lain, kualitas part berpengaruh besar
kapan2 kita gali semua potensi maksimalnya, ok ?
saya setuju dengan motogokil,
power 2 silinder itu besar, lebih merata di setiap langkah pistonnya hal ini juga yang membuat speed piston lebih cepat digapai dibandingkan mesin satu silinder. bahasa awamnya udah dari sononya begitu../.udah ketetapan….
cuma disayangkan jika power yang besar itu diseting reduksi ratio gear ringan untuk akselerasi doang sehingga boros bbm. hanya karena menggunakan campuran material berspec rendah.
Reblogged this on otoreblog.
Nanti tunggu versi race ny aja Jd ketahuan. Kalau standar pabrik ya udah pasti masih menang yg spek tinggi. Kalau balapan kan beda spek tergantung uang, skill pembalap sama mekanik. Hehe
mas bro, misal aja yak, per n klep ganti racing, bearing daytona, lha cyl head,bandul n engine block apa ada yg jual kelas racing? aku yakin pada pake standard pabrikan, hasilnya rompal duluan ketimbang part racing tersebut.lha pas ini lah kwalitas pabrikan terlihat. pengalaman pribadi nih yak,xixixi…
klw head silinder big valve dngn gas speed yg lebih deras banyak kok yg jual om, dengan cc yg sama, buat motor sport
om reader, cylinder head racing untuk CBr 250 dimana ya yg jual? kasih info dunk…hehehe, yg ori sayang klo di porting,
blom ketemu masbro,. kalo cbr250r plg pesan sama rumah modif moriwaki, atau takegawa. produk takegawa buat cbr250r ketemu slipper clutch dry, bore up kit, piston high compression, sama noken as -> http://www.takegawa.co.jp/products/list.php?category_id=1309
Kalo klep racing ada ketemu merek tokyo mod (klep+per klep titanium punya CRF250x -> http://www.tokyomods.com/honda/99-06%20CRF250%20RX.html#J) tp yah harganya mahal buanget)
smg membantu masbro
hhhmmmm…tankiyu tankiyu…
kalo kenyamanan memang cbr di atas rival..sayangnya, suara merdu 2 silinder dari kompetitor tak bisa dibohongi.. 🙂
siippp
yah gax masalah kan…
coz dulu ketika motor belum brojol yg brojol duluan teori…
terus baru keluar motornya…
kalo pake harian dari pada CBR250 mending pake verza aja, lebih torqy n terikan responsif
Setuju kang..250 dibeli untuk pride. Kalo buat harian mah 150 sohc. Makanya single cyl 250 kurang laku. Dan cbr tuh mahal bgt, potensi diset rendah, jomblo. Kok harganya cuma beda dikit dengan yg double cyl, itu mah parah..
Masyarakat ga bego lah..
itu yg membedakan pemuja penampilan apa penyuka performa…nampol banget tau…;-)
Yaah klo gtu perbandinganya mendingan ambil metic dong..yg harus dipertimbangkan itu adlh level pembelinya…klo mampunya sbatas matic or versa ya mgkn itu plihan trbaik. 1hal yg patut dketahui adlah..ad tipe konsumen alasn membelinya unpredictable..sxlg alsn membeli itu bner2 mslh personal. Gk bsa memaksakan pendpt sndri dgn pndapat konsumen lain..apalgi dgn menjustifikasi knsumen a payah knsumen b jago.
ad jg loh knsumen yg kalo mau bli r25 ckup dgn jual knalpot slh 1 mtornya klo dia mau..tp dia gak mau bli. Ap mau dibilang bego??
@034
kalo pembeli CBR adalah kokay, lha kokay rata2 make nya metik or boil om.
bukan berarti yang pake metik gak punya motor lain dirumah. kalo untuk daily apalg sebagai kuda pekerja, realistis aja, kalo mw torqy verza adalah pilihan terbaik.
ngapain pake CBR250? kalo ke baret di parkiran juga paling nangis n nyesek di dada.
betul?
wakakakak…bangun tidur nih ane…ngoaahhh…betul betul…
verza/nmp basis mesinnya cukup bagus untuk diupgrade spec hi performance kelas 150cc, namun kelas 250 butuh spec dengan kulitas material yang setingkat diatasnya.
setuju saya sama om motogokil…
jadi R25 memang motor buat manajer… yang enggak seharian jalan mulu….
jadi bagi anda yang kerjanya nyales, debt collector, ato surveyor ya mendingan pake NVL ajah deh ato motor yang laen…
sebab kalo pake R25 buat stop and go ya sayang ajah….Resources begitu berlimpah tapi tjuma dipakai jalan dengan speed 20 s/d 60 KPJ saja… kalo orang jawa bilang eman-eman…..
Tapi ya gpp juga sih kalo mo pake harian… namanya juga orang kaya… suka-sukalah…. nanti seperti bini ane… minta VW Golf tjuma dipake ke pasar trus pulang… judulnya sih dipake harian tapi jatuhnya kemahalan…… Hadeeeuhhh….!!!
Om Motogokil, ane masih menunggu artikelnya tentang maximalnya seberapa ketiga motor itu (r25, Ninin, CBR) bisa dioprek dan berapa max speed yang bisa diraih dari maximum oprekan itu (tanpa memperhatikan biaya).
Ane tunggu ya Om Motogokil…..
Masalahnya adalah d silinder jomblonya itu, apa yg akan terjadi jika pk knalpot racing? (bukan buat balapan)
Berisik bisa sampai mecahin kaca tetangga (hiperbola)
tp yg dobel silinder? Adem, meskipun juga keras suaranya tp nikmat.
Toh 32-36ps ga bakal dipake semua…..
kenapa jadi masalah mas bro? pilih yg lembut ya silakan, mo pilih yg beringas ya bagus…
bro gokil emang pandai menyulut api biru…ngahahahaha
http://78deka.wordpress.com/2014/05/23/r25-dan-r15-tonggak-baru-strategi-yamaha/
om gokil…….sampeyan sebenarnya sadar atau pura2 nggak sadar
sampeyan adalah ironi dan kontradiksi………..
Menurut sya lbih ke hypothesis (ha)
itu lah yg membuat hit membengkak…kakakakaak…dadi terkenal kan…daripada warung sebelah, kek pembanter, eh rupanya cerita rumah hantu? pantes aja warung sepi…tatut ada hantunya…kaaaboooor….
saya yakin kita semua akan faham bahwa “power bukanlah segalanya tanpa diimbangi kualitas material yang baik”.
biasa ae to nak,nak, ….kok awakmu sing ngesot,…. serang pribadi orang, nggak diserap ilmu pengetahuannya…. opo kowe wis mbagi ilmu pengetahuan ndek blog iki ???? ambil nilai positifnya ( hikmahnya ).
@76
niki kula sampun biasa mbah mbah……
ya kita ambil ilmunya termasuk juga ilmu lain2nya….
ya…kula tak ngesot wae mbah…..
beyond silent
Blog pak dosen ini tetep gudang ilmu dan ane enjoy banget untuk sinau di sini.. Ane gak ambil hati kalo dah menyangkut opini pribadi beliau soal hnda & ym*ha.. That’s his own preference.. 🙂
Setuju… Ambil ilmunya.
Kenapa klo bahas mtor merk sayap slalu kobong? Krn pak dosen terlalu jomplang dlm penilaian, terlalu mengangungkn itu merk. Bhkn kdg membuat artikel yg kontradiktif dg artikel lain. Sgla macem alesan, teori, potensi etc dkk dll dsb dikluarkan asal itu merk unggul.
Knp saat bahas merk Y atau K atau S atau yg lain adem ayem? Ah smua tau itu cma artikel pemanis biar dibilang netral. Org2 yg berpendidikan jg bsa merasakan pesan2 yg tersirat, tangan berniat nulis A tpi hati adanya B, akhirnya artikel yg muncul a(B).
maap maap mas bro sekalian, bisa aja kok sampean semua me reply dg argument tandingan yg pasti minimal ada analisa n hitungan. ndak perlu ngotot menuduh bahwa si om ini terlalu njomplang ke honda terus. gampang kan… klo gontok gontokan aja sih ane bisa mas…
ndak tau ini kebetulan apa yak? ane pengguna cbr250, maap maap yak CBR 250 free flow AR-1+ power commender v + k&n itu udah ampuh lho. klo dijalan raya, dr lamer ke lamer lumayan bikin repot n250 (tanpa regulasi lho) siapa tau n250 udah oplosan, karena banyak pada di bore-up … di kehidupan nyata pun, tanya deh tukang ojeg, motor paling hebat apa? tanya ke para mekanik AHM, motor paling kuat apa? pasti jawabnya honda? kwkwkkwkwkw…lha wong mekanik yamaha aja pake honda beat kok…jiakwkwkwk…klo tanya ke seles yahama ya pasti jawabannya, ato ndak bayaran..wkwkwkkw…
please cooling down…
anda telah ber buruk sangka….
untuk memahaminya simple aja. menyulap power besar itu mudah. contoh IRS satria fu bisa disulap jd 28ps, cbsf bisa disulap jd 32 ps. tp apakah best lapnya lebih cepat dari kelas bebek underbone 125cc, faktanya ngak kan!!
kelas 250cc ini tentang kualitas material yang digunakan bukan sekedar spec 1 silinder atau 2 silinder apalagi suara. ini mempengaruhi karakter, performa di ajang balap dan efisiensi konsumsi bbm serta kecendrungan masyarakat menggunakan bbm non subsidi pada penggunaan harian.
oprek cbr250
selama itu produk massal masih bisa bersaing kok bro…
di superbike dan supersport, ZX 10R dan 6R motor yang disegani kok bro… kecuali kelas prototipe dimana faktor kekuatan modal untuk riset ngaruh, tapi kan gak semuanya langsung diterapin “sak plek” ke produk massalnya ya….?
ane juga suka klan ninja zx karena powerfull dan cbr karena user friendly (opini dan persepsi ane), sebagai konsumen, ane lebih suka kawasaki dan honda untuk motor jepang…
yoi bro, ane pernah ngobrol ama mekanik motor premium, pas kebetulan ngebahas 600cc, r6 itu hebat kencang tapi susah di kendalikan, klo cbr600 bukan yg paling kencang, tp hendling enak jg ndak bikin pegel tangan.
yg mentingin gaya dan sura pasti milih r25 aama ninin,
yg milih buat sehari-hari ,tapi bisa juga buat balapan cbr 250.
kalu buat sehari-hari tapi duit cekak, pasti milih matic ama 150 cc
padahal motor harian pak dosen NVL Gold lho… heheheh
mancing MD ngoceh iki…kaboooor….siap siap jumatan disik…
Nvl cuma buat topeng pak !! ____ # hatinya ya tetep bersayap !!! ______ # apapun artikelnya, sayap yg terbaik. * maklum aja namanya aja !! 😀
FBh smart pada ngumpul di marih
Vote CBR
Buktikan di kejurnas…
http://anangcozzblog.wordpress.com/2014/05/22/motogp-fim-menaikkan-ukuran-baru-disc-brake-untuk-motogp/
hahahaha….
itu kan kalau CBR full tunning 39 PS lawan Ninja/R25 standar…
lha…, kalau sama2 full tunning..?? piye….??
kalo sama full tuning, secara teori mesin yang rpm-nya bisa paling tinggi, tenaganya paling besar
gmn caranya yah biar blog sayah rame…..hahaha
Update lg om
hahahaha..ntar deh bulan depan…
@ motogokil…
artikel begini nih yang dikomentari mbah darmo sebagai “timbangan soak”
sampeyan ngomongin motor CBR tunning di lintasan balap, 39 hp, tapi sampeyan bandingkan dengan motor standar dari pabrikan lain….
sampeyan tidak menuliskan bahwa jika motor pabrikan lain itu di tunning juga maka CBR akan kembali dipecundangi.
mari berpikir dengan logika sederhana:
JIKA memang CBR 250cc single bisa lebih unggul dari ninja 250cc twin dalam kondisi sama-sama ditunning balap, maka seharusnya regulasi berat 21 kg tidak perlu diberlakukan di IRS…!!!
Untuk apa regulasi “barbel” untuk ninja tersebut diberlakukan jika memang CBR udah lebih unggul…..???
Kenapa Tim Resmi Honda ART mengeluarkan ancaman mundur dari IRS apabila regulasi bobot di ubah????.
balap liar aja bro.o.o adil enak gk ada regulasinya…asal berani aja dg modal yg gde skalian..gk ada yg dkasih beban klu bisa dbikin enteng se enteng2nya..modif mesin sampai kmampuan 200% bhkn lebih, gk pduli sberapa mampu brtahan (durability mesin) yg penting menang.
mgkn yg dimaksud para pengunjung yg sprti ini
adipati nobita marah.
ngak baca komen dgn teliti
“kalau sama2 full tunning?”
“kalo sama full tuning, secara teori mesin yang rpm-nya bisa paling tinggi, tenaganya paling besar”
haha.. nobita missed the point..
contoh “timbangan soak” lagi nih…
sampeyan sudah tahu CBR jomblo kalah dari ninja twin dalam kondisi sama-sama standar, tapi sampeyan memaksakan hasil seri dengan mengatakan “jika ditunning begini-begitu” maka CBR tidak akan kalah lagi, tapi akan menang. 😆
skor-nya memang seri pada posisi seperti itu…,
TAPI “timbangannya soak”,
kenapa..?? karena cuma itu yang sampeyan tuliskan.
sampeyan tidak melengkapi timbangan itu dengan kemungkinan hasilnya jika yang ditunning itu Ninja vs CBR yang standar, dan hasilnya jika keduanya sama-sama di tunning.
bukanya ninja sudah pernah ane bahas potensinya?, coba dicari di artikel2 masa lalu
apakah dalam artikel “potensi ninja” tersebut bro motogokil mengcompare hasilnya dengan cbr standar seperti diartikel ini…? tidak kan..?
saran saya sih, kalau anda membuat artikel tentang sebuah motor spek standar, cukup compare kan dengan motor standar juga, kalau artikelnya tentang motor hasil tunning, comparekan dengan motor lain hasil tunning juga,
jangan karena ini merknya honda hingga membuat anda memaksakan hasil tunningnya anda komparasikan dengan motor standar merk lain agar hasihnya terlihat hebat.
Hal seperti itu membuat timbangan anda makin soak…..
Slow saza bosss !! Ini artikel gak mutu untuk di perdebatkan # kambing picek pun tau kalo artikel ini tersirat miring !! ____# resapi saza apa makna ” dibalik timbangan miring ” ____ anda akan tau jawabanya !! Jadi woles ae … Xixixixixii.
kambing picek pun tau
kalo artikel ini tersirat
miring !!
+++++++++++++++++++
wk.k.k.k ini nih gokil bener Mbah DaGo (baca Darmo Gokil)..masa diri sendiri kq dikatain sendiri..wk.k.k.k
Lho kalimat di artikelnya aneh yah? Banyak kalimat paling…paling…paling…,tapi dibelakangnya ada kalimat kecuali dibandingkan dengan rr mono. Lha ini sebenere motor yang dijadiken artikel bukan yang paling … dong? Padahal bukannya klo mau mbandingin ya cbr250 paling pas disandingkan vs rr mono karena sama-sama 1 silinder. Jadi intinya rr mono nggak dianggep prajurit perang baratayudha motor sport kelas 250cc gitu? Binyun saya hehehehe…
ya karena powernya sdh kalah dari cbr250
tuh kan, timbangan sampeyan makin soak.
anda memaksakan meng compare cbr 250 dengan ninja/r25 yang powernya jauh diatas cbr250, tapi dengan entengnya anda ngomong power ninja mono udah kalah dari cbr, padahal selisihnya cuma 1Ps.
gimana dengan ergonomi ninja mono yg lebih racy dari cbr,lebih lincah, bobot yang lebih ringan, whelbase yg lebih pendek..? bukankah itu potensi untuk mengalahkan cbr?
saya gak lihat, tapi jangan sampai anda juga punya artikel yg “cenderung suudzon” seperti biasanya terhadap hasil tes media lain jika hasilnya merk honda kalah, dalam menanggapi hasil tes m+ yang mengatakan cbr keok dari ninja mono di sentul.
namanya juga nobita, dikit2 mintol doraemon.. ahahaha.. peace om
yg ane paham, klo di balapan itu full tuning atau apalah namanya itu cuma modal awal.. prosesnya, kesesuaian sm joki dan lintasan balap plus manajemen tetek bengek lain (macam ban, regulasi berat, pengereman, suspensi dsb) ambil bagian 75% prestasi (dgn asumsi semua merk sudah full tuned dgn optimal) jd ga usah heran klo prestasi di lapangan sering ga sebanding sm spek pabrik.. jd misal full tuned nya CBR250 di 47 HP, mungkin yg 2cyl bisa tembus 50lebih.. TAPI apa semua pembalap bisa memanage power segede gitu di berbagai lintasan yg ada, apa semua motor bisa optimal di berbagai sirkuit.. mungkin ini ane dpt paham dr RC213nya HRC yg katanya power di bawah M1 tp kok ya bisa enak aja ninggalin M1..
saya tau bro…
ini kan kita membicarakan hitungan bro motogokil yang diatas kertas aja.
yoi bro.. makanya klo CBR bisa jaya di sentul, plus di sokong sm teori om gokil, ya FBH jgn seneng dulu,, beda lintasan beda manajemen printilan dan pembalapnya.. ceritanya bakal beda
sangat disayangkan mas bro, kita taunya cbr juara,,
jempol 10 buat bro nova sonic,,,segahar apapun powernya sampai 200DK pun gk bakal menang jk pembalapnya spt saya.wk.k.k takut kncang !!! jg gk punya skill pembalap..pd kcepatan tg pd saat cornering tenaga dr belakang jd musuh utama ttp sbaliknya jk trek lurus…jgn kncang2 bro..
bagi saya cbr tetep inferior om..
males aj kluarin diut segitu cuma dpt 1 silinder..
klo maw bandingin cbr250 y am ninja250 mono tuh..
R25 y bandingin am N250Fi aj.. itu baru satu kelas..
sentul…. salam barbel aj tuh am oprek injection..
😀
dari awal baca judulnya saya beranggapan pasti ujung2 nya cbr yg didewakan..
dan ternyata …
setelah saya baca artikelnya ternyata saya benar 100%…
om gokil emang bikin gokiiil….
dewa apanya bro
bukanya masih keliatan inferior
waduh kobong neh pak dosen artikelnya… teru sharga CBR yang terbaru turun sampai 46,8 juta. padahal power lebih tinggi dan dual keen eyes… apakah ada part yang dikurangi pak dosen??? atau emang yang dulu AHM jualan CBR250R kemahalan ya .. suwun jawabane 😀
http://nivikoko.com/2014/05/23/harga-cbr250r-hanya-468-juta-versi-standard-537-juta-untuk-abs-lebih-mahal-700-rebu-dari-yamaha-r25-beda-warna-beda-harga/
baguslah jk sharga 46jt tp tahun dpn bisa jd 55jt..brarti rr mono sukses mnekan hrga, shg kompetitor tdk seenaknya pasang harga
berisik lo ah pada!!
cbr 250 itu irit ! nyaman ! cz berbasis mesin dari Supra X 125 !
n cb 150r itu motor paling kenceng! nyaman? ga perlu! apalagi irit ! ga perlu irit2an di cb150r karena cb150r itu DNA motogp!
ngoahahaha
😀 😀
lagi bahas kualitas material CBR bro, jgn bawa2 cbsf dna motogp, engak level…..xixixixi
Tp kan kta fbh begitu wktu cb 150r lahir
Fbh: “sport mana ada yg nyaman, dohc overbore jangan mikirin irit, n sport yg penting topspeed bkn torsi”
Giliran ke sport bneran yg 250cc mlah pd bilang “milih cbr 250 krena torsi, nyaman n iritnya”
Fbh jilat ludah mulu nih
😀 😀
yang suka jilat ludah bukannya temen2 ente tuh..sohc tekno moto gp mana ada cong..? cuma ente dan sembahan ente yg bilang sohc tekno moto gp… ngemeng2 anak baru yimm sdh di training bc lom sama si komeng..?
enak buat touring gak nunduk amat…
hehe
wih mantap bgt 🙂
http://eenendangsarielmuhyiblog.wordpress.com/2014/05/23/mengenal-batik-indramayu/
keren bget ini,,,tpi lebih keren mio bore up…
Super kobong….
http://kobayogas.com/2014/05/23/suspensi-monocross-yamaha-r25-cost-effective-or-really-think-forward/
Tolong dong buatin komparasi R25, Ninja250, CBR250 dgn
EV semua sama 100%
AFR semua sama 14.7
CR semua sama 13:1
piston speed semua sama 21m/s
power max semua sama pada RPM on max piston speed -1000rpm
kira2 siapa yg paling kuat?
nanti yah ane buatin, sebentar lagi
kenyataannya memang material klep dan mesin sangat BAGUS CBR250R dibanding ninja n reog25 tp krn para abg yg nangis2 minta ortu tuk kriditkan motor yg desainya racy ya otomatis CBR250R kalah dlm penjualan.
om roy, mengapa para BC-nger pada pindah dimari?
sangat disayangkan krn CUMA SEDIKIT blog yg memang mumpuni soal pengetahuan mesin spti blognya pak DOSEN ini.
Sampean angkut saja para BC-nger ke warung semula tempat BC-BC-an yaitu iwanbanaran.
Sayang banget klo diskusi sehat gini disebut bc. Jarang2 ane mo baca2 komen klo dah di atas 50an, palagi di warung mas iwan, isinya kebon binatang. Maaf bukan ngejelekin bloggernya tp komen2nya dah g sehat disitu, g tau dah klo sekarang gmn.
Mantab Honda CBR 2020 lebih agresif.
Promo kredit murah dp ringan angsuran ringan
https://mitsubishimobiljakarta.com/mitsubishi-jakarta/
https://mitsubishimobiljakarta.com/mobil/harga-mitsubishi-truk-fuso/