ganti-oli-bloger

Potensi All New CBR250 Untuk Menaklukkan Ninja 250 dan YZF R25

Diposting pada

cbr250r 2015

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Melihat spesifikasi cbr250 yang diperliihatkan oleh honda jepang, terlihat jelas bahwa reduksi dibuat lebih ringan dari sebelumnya. Hal ini akan menjadikan lebih reposif, sehingga akan mampu meberikan peningkatan akselerasi. Sedangkan power ditingkatkan menjadi 29 pd pada putaran mesin yang lebih tinggi yaitu 9000 rpm (sebelumnya 8000 rpm), hal ini akan memberikan akselerasi pada rpm tinggi. Sehingga dengan ubahan tersebut cbr250 diharapkan mampu memberikan akselerasi yang memuaskan penggunanya baik pada kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

Akan tetapi memang ada yang dikorbankan akibat dari peningkatan akselerasi, yaitu turunnya topspeed. Mari kita perhatikan tabel topspeed cbr250 yang ada dengan yang akan ada (all new cbr250).Topspeed CBR250 2012

topspeed cbr250 2012

Topspeed all new (an) CBR250 2014

topspeed allnew cbr250 2014

Terlihat memang topspeed an cbr250 2014 turun (sedikit), tapi dengan meningkatkan power menjadi 29 ps dan menggeser powerband pada rpm yang lebih tinggi, maka topspeed di sekitar redline dan limiter akan lebih mudah dicapai dibandingkan cbr250 yang lama. Kondisi ini sangat powerfull untuk melawan rr mono, yang memiliki karakter serupa, sedangkan cbr250 diuntungkan dengan power yang lebih besar.

Itulah kondisi standart dari penyaluran daya melaui transmisi. Sedangkan mengenai akselerasi akan bisa digambarkan setelah diketahui grafik torsinya. Untuk sementara kita bisa memprediksi parameter2 penentu performa an cbr250 :

2 power cbr250r 2015 stock

Terlihat masih banyak parameter engine yang bisa dioptimalkan dengan mudah, minimal ada 4 bagian :

1. Peningkatan efisiensi volumetrik, kondisi yang ada masih sangat standar, sehingga bisa ditingkatkan sedikit misalnya sampai 90%. Peningkatan ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu :

  • Mengganti filter ori dengan filter racing
  • Tuning saluran intake, dengan mengatur panjang runner disesuaikan dengan rpm dimana powernya maksimum
  • Mengatur ulang panjang leher knalpot, disesuaikan dengan peletakkan power maks-nya
  • Kalau ada dana lebih bisa pasang noken-as racing, dan bisa dipastikan VE bisa lebih tinggi lagi. Lift cukup lebih tinggi 1 mm dari std, sedangkan overlap harus diperlebar, begitu pula dengan durasinya.

2. Penggeseran posisi power max pada rpm yang lebih tinggi. Jika kita mengacu pada piston speednya maka power mx-nya masih bisa dikerek ke 11500 rpm

piston speed cbr250

Ambil amannya saja, misalnya 11000 rpm, sedikit diatas limiter tapi masih di bawah batas 21 m/s. Untuk menggeser posisi power max adalah dengan melakukan ubahan (1) kemudian dilanjutkan dengan pemrograman ulang ECU. Pada saat pemrograman ulang ECU, ubahan yang ke-3 (seting AFR)  juga bisa sekalian di lakukan yaitu dengan melakukan pengaturan durasi injector untuk menentukan volume bensin yang harus disemprotkan. Mungkin perlu sedikit diboroskan untuk membantu pendinginan mesin sekaligus meningkatkan power hasil pembakaran, menurut ane AFR diseting di sekitar 12.6, karena disitulah powernya maksimum.

3. Peningkatan efisiensi volumetrik, sudah pasti akan memberikan kontribusi dalam meningkatkan CR dinamik-nya. Akan tetapi jika dirasa masih kurang, CR masih bisa ditingkatkan mengimbangi penggunaan pertamax + sampai 11.5. Jika diperlukan ECU harus diprogram ulang timing pengapiannya mengikuti perubahan CR-nya. Pengubahan CR bisa dilakukan dengan  memapas blok silinder atau head-nya, perkiraan ane sekitar 1 mm (perlu perhitungan yang matang). Jika ingin aman sebaiknya menggunakan piston jenong serta mengurangi ketebalan paking di bawah blok atau paking antara silinder dan head.

4. Jika ada dana lebih, bearing crankshaft bisa dihanti dengan tipe high-speed untuk mengurangi rugi2 gesek.

Sekarang setelah melakukan ubahan2 tersebut di atas, mari kita lihat peningkatan daya-nya

power cbr250r 2015 stret performance

Lumayan kan naik 10.5 ps dari sebelumnya 29 ps menjadi 39.55 ps , dengan kondisi ini cbr250 sudah bisa meninggalkan yzf r25 maupun ninja250 standar.

Biaya yang dikeluarkan, lumayan banyak adalah untuk membeli :

  1. Programmable ECU
  2. Injector racing
  3. Leher knalpot (silencernya pake yang ori)
  4. Camshaft racing
  5. Fiter udara racing
  6. Noken as racing
  7. Jika diperlukan, ganti kampas dan per kopling.
  8. Dan jika ingin nafasnya menjadi lebih panjang, reduksi sekunder diperberat.

Sementara sampai disini dulu obrolan dan diskusi kita. Mohon maaf kalau ada yang salah, mohon kepada suhu2 yang lebih faham untuk mengoraksi dan memberi masukannya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.