Nampaknya AHM Sungguh Gemes Dengan Segmen Sport 150, Sang Jendral “CBR150 Lokal” Akan Segera Keluar

sang jendral small

Assalamualaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bulan Februari 2014 kemarin kembali MS (market share) motor sport direbut yamaha (YIMM). Dan “Raja Motor Sport” masih bertahta  di singgasananny, “New Vixion Lightning”. Bisa jadi memang nvl ini masih sangat sakti sehingga susah dilengserkan. Dan sepertinya ahm tidak henti2nya berusaha menggerogoti kewibawaan nvl ini, sehingga meskipun bulan Februari yimm menang, akan tetapi total perolehan masih kalah. Hal ini sangat terkait dengan gempuran dari berbagai arah mata angin, mulai dari yang paling bawah, menengah dan yang paling atas.

Menurut bocoran Kang IWB di blognya, bahwa ahm berniat menurunkan salah satu jendral motor-sportnya yaitu “sport 150 cc full fairing lokal”. Dan jika kita lihat posisinya memang sangat memungkinkan untuk mengisi kekosongan di kelas ini. Kalau kita perhatikan pasukan sport ahm benar2 telah dipersiapkan untuk mengkudeta tahta raja motor sport dari yimm. Menurut terawangan ane berdasarkan performa dan penggunaannya seluruh pasukan motor sport ahm akan memiliki konstelasi seperti ini

konstelasi sport ahm

Jadi melihat konstelasi ini bisa diperkirakan bahwa bentuk, performance, ergonomi dari “Sang Jendral” , cbr150 lokal, adalah murni sport. Apalagi jika memperhatikan sinyalemen bahwa akan ada modifikasi ECU dan penggunaan ban gambot, maka bisa diprediksi bahwa powernya lebih besar dari cb150r. Jika sang jendral difungsikan sebagai penggempur sport high performance kompetitor, kira2 spek enginenya adalah :

  1. Karena pendinginnya liquid, dan ECU sudah diupgrade bisa jadi CR nya minimal 11:1
  2. Limiter nya terletak di 12000 rpm
  3. Karena menggunakan ban lebih besar, maka powernya minimal naik 1.5 hp (mirip seperti kenaikan power old vixion dari 15.09 ps menjadi 16.59 ps).
  4. Power maksimumnya terletak di 10500 rpm

Karakteristik enginenya seperti ini

power cbr150 lokal

Ubahan di ECU sangat sederhana dengan menggesersedikit  waktu pengapian dan durasi penginjeksian, menempatkan power maksimumnya pada 10500 rpm. Sedangkan ubahan lainnya tentunya pada camshaft dan leher kenalpot, ini juga ubahan yang sangat ringan sehingga efisiensi volumetrik naik dari 80% (cb150r) menjadi 85%. Dan power yang dihasilkan dengan spek engine ini mendekati 19 ps, lumayan buat nakut2in yzf r15 v3.0 yang bakalan nongol.

Enaknya dengan mesin generasi cbr150 ini adalah, ahm bisa saja memberi spek yang lebih mumpuni dengan “sedikit” meng-upgrade bagian2 efisiensi volumetrik, putaran mesin saat power maksimum, AFR dan rasio kompresi. Berikut ini ubahan yang bisa dilakukan untuk meng-upgrade power mesin standar (cb150r).

konfigurasi engine cbr 150cc

Demikianlah terawangan performa dari sang jendral cbr150 full fairing lokal ahm. Mengenai bentuknya, seharusnya nggak jauh dari bentuk r15, kapan kita obrolin di artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wr wb.

Advertisements

$where = 0;

38 responses to “Nampaknya AHM Sungguh Gemes Dengan Segmen Sport 150, Sang Jendral “CBR150 Lokal” Akan Segera Keluar

  1. r15 v3 cuma hoax om,noh di blog IWB!

    • itukan di india, belum tentu di Indonesia.
      Mengingat ms motor sport yamaha mulai dihantui kudeta oleh cb150r cs, bukan tidak mungkin yimm akan mengeluarkan r15 v3.0. Karena ubahan nya minim, jadi sangat mungkin untuk diwujudkan

  2. Wooo…. sport berdarah2

  3. Tapi kalo versi lokal powernya lebih gede dari yang cbu, rempong juga tuh 😆

    Gixxer 150 bisa jadi ancaman

    http://lovemotobike.com/2014/03/19/gixxer-150-bermesin-dohc-sepertinya-ahm-dan-yimm-kudu-waspada/

  4. ayo ahm… serang terus….
    cibiar di lokalin kayaknya makin banyak komplenan nih… wkwkwkw

  5. 19 hp maksudnya tenaga PROTOOLL gitu wan..???
    Cb 150 r sang jendral..???
    KUALITAS jendral ember bekas plus mesin rompal maksudnya ya..!!!!
    AHM tukang tipu…!!!!
    Bikin malu cbr thai…!!!
    Payah….”””!!!!

  6. Ki lapo to yo isuk2 wes enek seng ngomel2 ga jelas..

  7. untuk meruntuhkan SOHC Operstroke Yamaha, di perlukan DOHC Overbore nya Honda Global…

    ck ck ck…

    • maklum bro, baru mainan dohc, biasanya ahmkan mainannya juga sohc

      • lha ap ntr jg berlaku sma yimm yg baru maen dohc R25nya mas broh??ktane part cina lho…, yimm kan mainannya sohc, bijimaning tuh kang???hati2 kang statementnya, ntr jilat ndiri loh…
        sbnere yg dikuatirken yimm adalah ahm kluarin 2 produk, cbsf facelift/ gambot edition & cbsf fairing, jika benar maka bisa babak belur jilid sekian kie…

        • 150cc DOHC vs 150cc SOHC so far 11-12 om.
          kalo dikelas 250cc apalg sport bike ya minimal DOHC. seperti CBR or Mono.

          yang di kuasai oleh Yamaha adalah SOHC,sedangkan di kelas 250cc itu DOHC. masa DOHC di lawan SOHC? apalg udah lama bercokol itu Ninja 250.

          semoga paham…

  8. Om gokil motor grand gue turun mesin lagi nih, kampret nh mesin honda, huasyem masak kloter setahun jebol lagi, krna sdh tipis silinderny, block mesin baru bebek grand sohc ini doang silindernya masak 355 rb asem asem..
    Klw dihitung dri dulu beli blok mesin silinder baru gak smpe 1 tahun, terus dikloter smpe skrng 1 th, baret lagi, krna sudah tipis beli harus blok mahalny amit2.. gk jamin awet jga

    • emang apa gejalanya ? kalo ane dulu ngolter pda penggunaan tahun ke-13, km udah balik lagi + 26 ribu km, itu juga gara2 dipinjem saudara keabisan oli. Harusnya kalo barang orsinil kuat bro.
      Setelah dikolter memang kondisinya nggak seperti orsinil, apalagi kolterannya nggak senter, rawan ngobos lagi, alias harus ngolter ulang. Dan setelah ngolter harus direyen seperti motor baru.
      Mending kalo mau murah, minta di sok sama tukang bubutnya(cari yg ok) mungkin biayanya 60-100rb, atau beli silinder yang buat mocin aja dulu sekitar 60rb + ganti ring piston dan piston std = 180 ribu, nggak tau sekarang berapa ??

    • weleh-weleh…., bacot motor semprot diwarung sebelah jebule tumpakane y mung honda grand tah???
      ngesakne mas broh…, apa gak kuat kredit motor sesembahan???pdhal dah tongkrongin blog ngeBC tiap hari….wkkkwkkkk….ora sumbut…… wkkkwkkkk…..

    • Suzuki tornado GS gw turun mesin di tahun ke 13, itu juga karena pernah kehabisan oli. masih oke sampe hampir 6 bulan…

      sekarang gw oprek racing…

  9. jedralnya itu verza om gokil
    🙂

    lagian saya udah gak percaya sama produk ahm, sumpah murahan banget
    buat yg udah beli produk ahm, maaf saya ucapakan selamat tertipu
    🙂

    • emangnya terahir beli produk apa bro ?
      di-share aje disini keluahan dan kejelekan2nya, siapa tahu dibaca AHM trus dilakukan tindakan perbaikan

    • nah loh bilang tertipu ahm eh jebule juga tertipu yim. ketipu kuadrat dong….. Memang kita orang indo ketipu sama tuh 2 pabrikan…. xixixixi. baru nyadar toh.

  10. cb150rr tepatnya…petinggi jendralnya ada lagi CKD nanti..ditunggu ajaa dehh…

  11. dan gixxer mungkin akan bisa merajalela
    jika harga mini (<<2o jt) namun kualitas dan power maxi,.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan