[KKK] Kejeblos Lubang di Jalan

kejeblos

Assalamu’alaikum wr wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai tujuan

Melihat banyaknya lubang2 yang muncul setelah banjir di jakarta, jadi teringat jaman smp dulu. Waktu itu ane dan 3 orang teman mencoba pengalaman jalan kaki dari tempat renang youth center (otista) ke pondok bambu (rumah teman). Waktu kita menyusuri jalan sekitar kebon nanas, yang sedikit banjir akibat ujan deras yang baru saja terjadi.

Tiba2 .. jlebbb, ane dah masuk bolongan yang tertutup air (nggak keliatan). Kedalaman setinggi dada, untungnya arus bawah tidak deras, kalo deras, bisa tewas ane. Temen2 ane di depan nggak ada yang tahu, daripada malu, cepet aja ane naik dengan badan sedikit perih akibat lecet2.

07 banjir se perut[Ilustrasi]

Ternyata kejadian seperti itu masih terjadi sampai sekarang. Kalo yang ane alami di pinggir jalan, yang sekarang terjadi kadang di tengah jalan. Perhatikan beberapa kejadian yang mungkin juga sering kita saksikan di sekitar kita.

00 kejeblos

01 kejeblos

08 kejeblos

Memang salah satu penyebab kerusakan jalan adalah air, baik kerusakan di bagian atas maupun dari bagian dalam. Kira2 mekanismenya seperti ini

06 sinkhole formed2

Atau seperti ini

05 sinkhole formed

Oleh karena itu, mungkin ada beberapa bagian jalan yang “belum ambles”, tapi memberikan tanda2 akan ambles, dan sebaiknya kita menghindarinya. Penampakan jalan yang mengindikasikan akan ambles seperti tampak pada gambar ini.

09 tanda ambles

13 tanda ambles

14 tanda ambles

Jika kita mengabaikannya, mungkin kalau lagi apes, kita bisa terperosok ke jalan yang tiba2 ambles karena terkena bobot kendaraan kita. Seperti ini

Tapi yang namanya tanah ambles bukan cuma di jalan,  bisa di mana saja, bahkan di dalam museum sekalipun. Ini kayaknya baru saja kejadian di musium nasional corvett kentucky US.

national-corvette-museum

Pelajaran yang bisa diambil adalah :

  1. Tetap waspada di perjalanan apalagi ketika kita melalui jalan yang asing, tidak kita kenal sebelumnya
  2. Jika terjadi kondisi hujan lebat, banjir dan gempa, harus lebih waspada lagi
  3. Perhatikan tanda2 yang sudah diberikan oleh masyarakat, bahwa ada beberapa bagian jalan yang memberikan indikasi ambles.

Kisah Kecelakaan Ku [KKK] yang lain ada di artikel2 ini : 1, 2

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

10 responses to “[KKK] Kejeblos Lubang di Jalan

  1. Tp kalo betonisasi gimana masbro. Bukanya lbih kuat karena ada tulang2nya.

  2. truck sampe njengking gitu….

  3. ceeeesssss…..sayang banget tu corvette yang di musium…..

    fbh dan fby mana tau matius ngomongin apa….

    cessss….apa gak gila tuh????

  4. I do not even understand how I stopped up right here, however I believed this publish was once good.

    I don’t know who you’re but definitely you
    are going to a well-known blogger in the event you aren’t
    already. Cheers!

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan