Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Judul dan gambar artikel yang sangat menarik. Hal ini terkait dengan ramainya jargon “6 detik”, yang saat ini menghangat. Sebenarnya bagi mekanik atau tunner yang menangani kedua motor tersebut, beda 6 detik ini bukan merupakan sesuatu yang aneh, biasa2 saja. Akan tetapi karena beda 6 detik ini terkait dengan 2 merek yang saat ini sedang bersaing memperebutkan pasar motor sport di Tanah Air Indonesia, maka hal ini menjadi menghangat, bahkan memanas. Ditambah lagi dengan dukungan fans masing2, bahkan ada yang mengembangkan jargon “salam 6 detik”, makanya ane jadi tertarik membahas hal ini menjadi sebuah artikel.
Pada artikel sebelumnya, mengenai oprekan baik cb150r maupun r15 (NVL bergigi-6) untuk keperluan OMR, telah ane bahas dalam artikel sendiri2, hal ini untuk menghindari benturan antara fb merek masing2. Jadi masing2 fb pendukung bisa dengan tenang menikmati artikel tsb. Tapi karena ada suatu fakta menarik selain fakta2 yang sudah disampaikan dalam artikel terdahulu, maka ane sepertinya perlu menyampaikan analisis “Mengapa CB150R bisa kalah TELAK 6 detik dibandingkan R15”.
Penyebab kekalahan cb150r dari r15 dalam “OMR” masing di sirkuit sentul adalah, tingkat modifikasi yang berbeda seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya. Selain itu dengan bentuk cb150r hampir std, maka cb150r memiliki beberapa kelemahan (minimal 5, lihat gambar di judul artikel), yaitu;
- Fairing bagian head lamp (1) dan bagian bawah (4) tidak mendukung aerodinamika sehingga koefisien drag-nya besar,
- Pembalap tidak bisa nunduk lebih dalam lagi sehingga menambah nilai koefisien drag, karena terjadi turbulensi udara di belakang punggung pembalap. Dua hal ini sangat berpengaruh dalam pencapaian topspeed, artinya untuk mendapatkan akselerasi dan topspeed yang sama, cb150r membutuhkan power yang lebih besar, untuk menghadapai kerugian2 akibat koefisien drag yg lebih tinggi dari r15.
- Posisi stang tidak mendukung pembalap untuk dapat melibas tikungan dengan cepat.
- Knalpot racing yang aneh ????? Inilah yang terpenting yang mau ane bahas.
Perhatikan gambar2 knalpot yang diaplikasikan pada cb150r baik yang std, racing harian (street performance) dan yang digunakan di OMR.
Perhatikan panjang exhaust header pipe (pipa primer knalpot), yaitu pipa knalpot yang paling dekat dengan mesin sebelum terjadinya pembesaran (yang ane kasih panah warna-warni). Mana yang lebih panjang ?
Ternyata header knalpot racing yang digunakan OMR cb150r lebih panjang dari kanlpot racing cb150r harian bahkan std. Dan ini sangat berpengaruh terhadap performanya, mari kita analisis bersama…
Sesuai dengan formula untuk mendapatkan panjang header
Jika camshaft (noken-as) std, maka panjang knalpot racing cb150r (merek “over”) hanya dipengaruhi oleh “RPM”. Terlihat bahwa rpm berbanding terbalik dengan panjang header, semakin tinggi rpm, header akan semakin pendek. Dengan header knalpot cb150 di OMR yang lebih panjang dari header std, maka engine cb150r OMR “bermain pada rpm yang lebih rendah dari engine std”. Pantesan saja topspeed-nya cuma 145 kpj di lintasan lurus sentul.
Mengapa AHM melakukan ini ? yang mengakibatkan rider cb150r sering di”bully” dengan cemoohan “kalah 6 detik”. Mungkin inilah alasannya :
- Tujuan utama OMR ini adalah untuk pembibitan/pemula, jadi bukan untuk kenceng2an, tetapi untuk mengasah feeliing pembalap pemula
- Terkait dengan tujuan utama no.1, maka “rpm di-setting rendah”, bahkan lebih rendah dari std. Kalo rpm di-setting tinggi (full-race), maka akan sangat berbahaya buat pembalap pemula (tenaganya terlalu besar).
- Jumlah yang disediakan ahm 25 unit (18 untuk race, 7 untuk cadangan). Untuk race diperlukan free practice, qualification dan race, yang nyebabkan motor bekerja keras luar biasa. Jika power berada di rpm tinggi kemungkinan terjadinya kerusakan akan sangat besar, bahkan bisa memperpandek umur 25 motor yang disediakan tsb. Bisa2 race-nya dalam setahun belum jangkep/lengkap, motornya udah protol semua.
- Untuk menggapai topspeed yang “lumayan” para tuner dengan mudah mengoptimalkan torsi di rpm bawah dengan memainkan LSA noken-as (diperlebar). Modif ini sangat mudah karena cb150r sudah dohc, tinggal modif sedikit gigi sentriknya sementara profil camshaftnya dibiarkan std. Kemudian dilanjutkan dengan penggantian gir depan-belakang (memperberat reduksi akhir), tapi hal ini berdampak pada penurunan akselerasi.
Kira2 itulah analisis ane, bisa salah, bisa bener. Tapi ane berharap kalaupun meleset, mudah2an nggak jauh2 amat dari yang sebenernya. Maklum informasi yang diberikan terkait dengan oprekan cb150r OMR sedikit banget.
Jadi para fansboy tidak usah saling mengejek, fansboy yang lain juga nggak perlu minder dan berkecil hati. Mari kita per-erat tali silaturahim, yang akur bro, biar kita damai. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.
enak dibaca dan perlu..
.
ih …waw …selese baca masih podium 2.
disinyalir kecepatan baca gw 6 detik/artikel :p
leres suhu, itu kan cb150R belum cbr150R
http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/12/27/ancaman-untuk-waria-bencong-dalam-islam/
Cb cb d bandingin am vixion, cbr am r15, sya rasa it br bener…. hehehe
wong sama2 orang Indonesia koq ribut
yg tukang ngejek cuma orang2 yg gak cerdas =.=”
salam pengguna garputala
jadi beda 6 detik itu seharusnya tidak perlu diperrmasalahkan ya… udah bedanya banyak banget gitu….
Yg gak fanatik merek tertentu sih pasti mikir dulu pake nalar apa yg jd penyebabnya.
Tapi bagi yg fanatik merek tertentu y ini justru malah menjadi bahan BC 😆
Kayak ulah oknum2 FB semart itu tuh
MANTAB,
jelas bingiiiit….
Percuma mas gokil sampean jelasin sampek berdarah2 para beruk fby ga bakal ngrti
wkowkowkowkowko yang penting sohc superior ( emg ada yaa, ?) menang 6 detik dari teralis karat
kata fb setempat
Lha ini beruknya dah muncul satu ekor
Ngoahahahahaaa
Hrsnya ahm nurunin cb full spek balap di sentul utk menjawab tantangan ymh
Tergantung eventnya bro.
Masak event utk sekedar perkenalan balap motor sport pada bibit2 pembalap muda berusia di bwh 20 tahun dg skill yg masih dasar harus langsung nyemplak motor full spek balap? Bertahap lah mas bro.
Belajar dasarnya dulu.
Ouwh, itu kayak Motor emank buat balap (lengkap pake fairing) dan motor harian yang dipake buat balap (masih blm pake fairing)..
Leres bro..
Liat spek r15 bro , gak jauh beda ama vixion cuma beda 6 gear .
Beda spek woi.
Gearbox ratio beda.
Output power & torsi pun beda.
Gak sesimpel yg ente bilang.
Bodoh. Emangny yamaha cuma jeplak2 doang bkin mtor.
Emng si bapak supra yg msinny itu2 aj cm beda body.
tunggu aja cbr dilokalin ama ngahaem,
yakin deh bakal di turunin yg full spek + bantuan team ART yg gak ada obatnya,
yg 1 paru” bisa ngamplengin yg 2 paru” di IRS lah bijimane yg head to head,
Harusnya anak SMP juga ngerti ini Mas Bro…jadi kalo ada yg masih buta juga ya anggep aja nalarnya belum nyampe, jadi ya jgn marah, justru harusnya kita kasihan dan prihatin.
Memang FBY itu memprihatinkan
So, berarti kemampuan berpikir mereka cuma setara SD donk? atau malah TK? 😆
Kalah ya kalah aja jangn nangis ya
Yang Ane denger sih waktu OMR tu Cibi memang dibiarkan standart kecuali ada ubahan:
1. Knalpot Racing (yg justru mencekik power)
2. Ukuran ban jadi 90/80 dan 120/70
3. Koil Racing
4. Piggy Back
Kalo oprekan R15 sih ane gk tahu tuh…
Sebenarnya yg kurang pas itu ya pihak AHM dalam hal ini menggelar balapan dengan performa nanggung (klo alasan oprek kurang full) tidak terlalu banyak pembaca tau sebatas mana korekan mereka… Rata2 mereka yg baca taunya ya ketinggalan 6 detik dengan R15….
mungkin ahm mau menunjukkan kalo mesin cb150r itu di oprek ringan aja udah naik sekian hp. mungkin 😀
Mungkin juga bro hehehe…. (Nunggu balapan resminya ajah antara R15 vs CBR 150 AHM ) klo pake regulasi kan adil dan enak di tonton…terlepas siapa yg terdepan sebenernya ya ga penting2 banget…
sebenernya ente yg kurang lengkap mengikuti langkah pembibitan ala AHM.
OMR CB150 pesertanya belasan tahun dan memang tujuannya pendidikan bukan championsip.
Untuk di atasnya sudah di salurkan ke Asia talent Cup dimana yg berbakat nanti akan terjun ke moto3.
Alberto Puig mantan manager Pedrosa ditugaskan juga ke Asia Talent Cup.
Pembibitann? kenapa ga pake CBR150 buatan Honda thailand saja Bro?… Bukannya nanggung lha punya motor yg ada bajunya ko ini malah pake motor mentah (istilah tak berbaju aka wudo) terus gimana kelanjutan OMR CB150 yg katanya di dalamnya untuk pembibitan??? Mosok nanem bibit cm sekali doang balap di sirkuit permanen??? Hasil akhirnya mana??? Aku wes takon mbah gugel wae ora ono jawabane je….
Mungkin jg sbgai ajang promosi, cb150r barang baru yg masih butuh banyak promosi untuk meningkatkan penjualan, kl nvl ga perlu promosi lg secara jualan nya sudah luar biasa, siapa tau nanti kl dah ada race 150cc bibit dari omr ini bisa di pake oleh semua atpm yg ikut, semoga saja semua atpm bisa menelurkan pebalap handal dari indonesia
ᅧᅧᅧᅧᅧᅧᅧadaᅧᅧᅧᅧᅧᅧᅧᅧ
halah bro2.. bocah banget kek gini dibahas mulu
Biar bocah2 FBY yg suka ngejek jd pinteran dikit
Maklum lah, mereka kan masih berkelakuan bocah 😆
hahaha ane inget dlu fbh yg ngejek duluan nantangin nvl disentul lha sekarang.dijabanin pke r15 ko g terima pdhl katanya mesinnya sm am pigson huhuhu
Sampe sekarang pun apa NVL pernah nyentul? 😆
YIMM datengin R15 alih2 nurunin NVL utk jabanin CB.
Mesin R15 beda spek dg NVL.
Ente keliru kalo nganggepnya sama.
beautiful explanation..
Miles by miles, inch by inch, seconds by seconds, Win is Win… No matter how you’ll get it. This is the race not test race, so do with your own risk. Race is still Race…..forever…
Emangnya kedua motor tsb ditandingkan dlm satu event race yg sama y??
Kalo cuma mengcompare laptime kedua motor tsb dr dua event yg berbeda dg regulasi yg berbeda jauh, apa bedanya dg sekedar mengcompare data test?
Selama kedua motor tsb belum pernah ditandingkan dlm satu event race yg sama dg regulasi yg sama pula, maka belum bisa disebut RACE.
Yg namanya race (yg diikuti multi brand), itu harus ada regulasi yg sama, di tempat & waktu yg sama pula.
Nyatanya kedua motor tsb belum pernah dipertandingkan head to head secara langsung.
Bro Anonim :
race OMR bukan ajang Championship yg mempertemukan berbagai team maupun pabrikan…jadi apa yg ente katakan tidak sepenuhnya benar tp juga tidak sepenuhnya salah.
1. Tujuan utama OMR ini adalah untuk
pembibitan/pemula, jadi bukan untuk
kenceng2an, tetapi untuk mengasah
feeliing pembalap pemula
2. Terkait dengan tujuan utama no.1, maka
“rpm di-setting rendah”, bahkan lebih
rendah dari std. Kalo rpm di-setting
tinggi (full-race), maka akan sangat
berbahaya buat pembalap pemula
(tenaganya terlalu besar).
———————————————–
bro.. namanya balap y harus kenceng tow.. mengenai felling ya mengikuti.. gmn feelingx bs bgs klo motornya diseting komidi puter.. mgkn dr pihak ahm cm maw balap ‘murah’ bro.. cmiiw
nyang penting berani nyentul..daripada 16 dk on dyno cuma jadi komedi puter di tong setan
buktikan donk.. bebek yg jualannya cuma 18 rb/ bulan, oprekannya bukan main.. lha si komuter yg jualannya dahsyat 45 rb/ bulan, kok diumpetin??
mau taruh dimana muka shincan?? 😆
halah cong.. maksdmu s nvl.. demen bgt y kaummu ngajak balap mtr 5speed.. pdhl R15 tuh basic sama am nvl cm beda d gigi aj.. spec sama msh sohc, tuh mesin pujaanmu udah dohc, 6 speed lg. trus klo maw taw hasilnya silahkan browsing dewe y.. udah bnyk kq sohc 6 speed mecundangi dohc 6 speed.. sering sering belajar y cong biar pinter.
: salam ngakak cong: 😀
ada yg tersindir rupanya..
– Z1 langganan podium indo/motoprix..
– Mio, FU langganan juara drag
– CBSF berani OMR
motor < 25 juta gak berani nyentul, apa bedanya Vixion ama Verza dan Vega??
😆
duh.. gak ngerti jg ni org…
kaummu tuh beraninya balap klo..
1. motor d ksh timbel —-> ninja 250 vs cbr 250
2. persneleng lawan harus 5 speed —-> nvl5speed vs dohc 6 speed.
ya kan…. 😀
masa lawan sohc aj gak berani….
-salam ngakak+guling2-
ngapain nantangin pigson om kl ada r15 yg notabene lbh cocok bwt nyentul dr segi ergonomi jg
@ a
Ente sendiri ngerasa adil gak kalo motor naked vs fairing?
atau sebaliknya :
motor fairing vs motor naked?
“Lebih baik terlambat 6 detik 30 tahun daripada TIDAK NYENTUL sama sekali”
lebih baik terlambat 6 detik daripada ngadu sama kakak, gak berani head to head
Kakak ?
R15 ituvixion versi luar negri mas , spek nya sama , cuman beda 6 gear , ngaku aja DOHC kalah ama SOHC super , gak usah fanatik gitu .
sohc super wokwokwokwokwokwokwokwo sohc kok superrr wkowkowkowkowkowk nguakaak tenan wokwokwokwokwoko
gak mungkin gear nya ditambah 1 spek tetap sama. gak mungkin ! wk,owkowkowkok
Omaigad..
Koq bisa2nya R15 = Vixion?
“spek nya sama , cuman beda 6 gear”
Spek-nya beda woi.
Power & torsi aja gedean R15.
R15 bukanlah Vixion.
Padahal kedua motor tsb TIDAK PERNAH dipertandingkan dalam SATU EVENT.
Gap 6 detik didapat hanya dg compare lap time kedua motor tsb di ajang yg berbeda dg REGULASI yg BERBEDA pula. Kedua event tsb regulasinya berbeda jauh.
Yang kebangetan emang FBY.
Ane ragu mereka paham REGULASI kedua event balap tsb.
6 detik DITELAN MENTAH2, tanpa mau mikir apa yg jd penyebabnya.
Shame 😆
Ane yakin, kalo spek tuning mesin kedua motor tsb sama, meskipun CBSF minus fairing & ergonominya beda, tapi gap laptimenya gak akan sampe 6 detik.
asal jangan balapan di jln raya aja ,motot 150 cc kencengnya kyk apa sie
wah wes rame….
monggo unjukane ben ga panas
mijon….mijon….mijon…akua…akua…akua……dingin……dingin….dingin 😆
motor harga 30 jt , di bandingin ama motor 23 jt , ya jauh lahh , kalo mau imbang tuch bandinginya sama CBR bukan CB150R ,
http://pertamax7.com/2013/12/02/nih-spek-yamaha-r15-di-yamaha-asean-cup-race-2013-ternyata-oprek-head-dan-camshaft-klep-bikin-power-melonjak/
ECU daytona, ngrombak ukuran klep, noken as kompetisi sampai menggunakan material beryllium untuk sitting klep.
streetfire ECU masih std cmn pake piggyback.
sebenernya mereka tu dah pada ngerti, cuman ya bahasa sales tau sendirilah.
Pada pura2 gak ngerti tuh.
Kan biar bisa BC
Ditunggu aja aplikasi tuning cbsf yang bisa tembus 30dk sesuai arahan dari mas iwan.
Jangan ke CBSF, lebih cocok ke CBR150R aja cz pake fairing & ergonomi sasis lebih unggul.
30-32 DK itu full spek utk race, bukan main2.
Bakalan mantab kalo terwujud.
Nah … jempol & suksess buat “MOTOGOKIL” artikelnya informatif ngga berat sebelah kaya blog-blog bayaran …. yg akhirnya di remove oleh admin (sukurin deh).
– Z1 langganan podium indo/motoprix..
– Mio, FU langganan juara drag
– CBSF berani OMR
motor2 second-liner seperti Smash, Kaze, Blade, Supra, MX, gak ketinggalan ikut meramaikan pasar senggol..
motor < 25 juta yg gak berani adu di lintasan ya cemen..
artinya Vixion = Verza = Vega
V-eminim 😆
Satu lagi yg bikin 6 detik.
Throtle bodi dah diperbesar. Lawong nvl pakai tb standar yg lbh kecil dr tb cebong saja bs imbang, apalagi diperbesar.
Ini yg blm ada catatan teknisnya diatas kertas buram.
Diatas kertas burem, tenaga cebong standar bs setara nvl on dyno, tp ada bintang ketjilnya
NB: pakai knalpot racing (silahkan gugling)
mantap pukulan telak 6 dtik Ngoahaha
Ngoahahaha lama2 blog ne jdi EMBEK ha Ngoahahaha slalu mgunggulkan hondut, klo emg tau mesin DOHC TU 250CC ke atas
Elu-nya aja yg subjektif.
Di sini banyak bahas fakta, bukan melebih2kan.
Yg dibahas juga multibrand.
Kalo emang unggul, y itu karena memang mesinnya bagus. Bukan ‘mengunggulkan’.
Soal “DOHC tu 250cc ke atas”, nah tuh ada Aprilia RS4 125 DOHC 125cc. Meskipun 125cc tp kenceng loh itu.
Perluas dulu wawasanmu gih 😆
Jawablah pertanyaan di bawah ini :
1. Motor apakah yg inisialnya “V” yang tidak pernah sekalipun mencicipi lintasan balap?
a. Vixion
b. Verza
c. Vega
d. Vario
e. Semua Benar karena semuanya jenis Komedi Puter
Cb tanya ayok raja imajinasi, muke suempak & muke kuttang ada miss v nya
Lma2 blog ini jdi rumah embekha nyang skit hati ditabokin di wrung Tmc ma iwb Ngoahahaha
bener bro.. senasib dgn si komedi puter, ditabokin mulu
eh ada marwoto Ngoahahaha
admin motore NVL loo…..
kok gk pilih cb dohc superior? malah pilih sohc lemot overstroke…
jawab y min?
Jawaban ane :
1. Udah punya CS1 (karakternya sama dgn cb150), yang mau ane swapt engiine pake cbr150
2. Mau nyobain product yamaha yang paling top, karena produck honda, suzuki, bajaj udah (kawasaki juga belum, nggak ada duitnya)
3. Udah jarang kenceng, jalan rumah-kantor sering macet, cuma sering pake gigi 1 s/d 3 doang. Beli cb 150r, gigi 4,5 dan 6 mubadzir.
klw mau power lebih, high rev asli (batas rpm tinggi), dan emng buat race, saran saya sih klw gk ninja 250 atw R25, klw cbr250 harus oprek sna2 sni buat nyamain keduanya (utk power lho ya)
Konteksnya utk motor 125-150cc bro.
Motor kelas 250cc lain lagi ceritanya.
Artikel pembelaan trhadad cebong boros lemot jiplakan Ngoahahaha
Gak ada yg perlu dibela.
Toh gak ada yg salah ataupun benar koq.
Yg ada tuh pemikiran ente 😆
Kalo kalah ya kalah ja jgn banyak alasan, mana ada embek ha yang mau dikalahkan maunya menang terus Ngoahahaha tengok ja nasib hondut akan seperti NOKIA yang kian terpuruk Ngoahahaha
kalo ngumpet ya ngumpet aja jgn banyak alasan..
@ Salam 6 Detik
Kalah?
Ditandingin dlm satu event race yg sama aja gak pernah tuh. Emang R15 pernah head to head dg CBSF y? 😆
Mabok nih orang
Mungkin adminya perlu lihat ini http://www.s21.postimg.org/ijlid27fr/CBR_150_vs_R15_best_lap.jpg Ngoahaha ga slamanya dohc itu superior lha wong Dohc cuma 150, ee pakde DOHC ASLI tu 250cc NGOAHAHAHA
kok nggak bisa dibuka bro?
Hasil race India CB 150R dan R15 di sirkuit sama
Share web photobucket diblock WP ya admin
Depannya kasih http://
rs747.pbsrc.com/albums/xx119/achmadarif/IMG_20131207_112559.jpg~320×480
rs747.pbsrc.com/albums/xx119/achmadarif/IMG_20131207_113047.jpg~320×480
klw mau adil lagi R15 pke head dohc yamaha wrx 250 stroke dipendekin tpi kkw modif bgini pasti habisnya gak sedikit
adil gk dlm keadaan standart sohc vs dohc, satu kecrotan bensin lebih sdikit, satunya lebih lancar jaya? scra tekno emng dohc itu > dri sohc
yg nmany sohc buat jabanin dohc perlu oprek headnya kan bro admin, peak powernya dlm keadaan standart jga beda satunya 8500 rpm satunya 10000 rpm, stunya tpe akselerasi satunya top speed,
nh klw mau adil dlm suatu balap regulasi nanti (irs) peak power kedua motor harus disamain (minimal mirip2 lah peak power rpm nya) biar adil
wkwkwk
Pak dokter berandai2 R15 ber-head DOHC
Pengen mesin DOHC aja koq repot bener 😆
Logika ente ada benernya juga sih
So, intinya tuh :
SOHC jgn kePEDEan berani melawan DOHC full spek race.
Bisa mencret tuh SOHC
Kalo nekat nglawan ntar malu sendiri loh 😆
Soal letak peak power, pake pertimbangan panjang stroke-nya juga.
Peak power mesin Vixion / R15 kalo disetting pada 10500 RPM y udah mepet bgt tuh dg batas piston speed max-nya (10732 RPM). Inilah kerugian long stroke.
Sedangkan CBSF peak powernya mau diletakkan di 11000, 12000, ataupun 13000 RPM juga gak masalah cz engine speed max-nya sampe 13347 RPM.
Itulah keuntungan short stroke.
klw sma2 oprekan dohc kalah sma sohc ya itu harusnya malu yg pke dohc, klw sebaliknya sohc kalah sma dohc itu wajar
nah satu lagi bila boleh dlm regulasi irs, stroke r15 boleh dipendekin atw mngkin lebih pendek dri cbr 150, stroke down mngkin lebih enak dn fair buat jabaninnya, tpi ktanya sih gak boleh mnurut admin kk gk salah
Kalopun mesin R15 & CBR150R dituning full spek race, dg memakai variabel :
VE 110%
AFR 12
Peak power @ RPM piston speed 21 m/s
hasilnya :
R15 :
Peak power 26,5 HP @ 10732 RPM
CBR 150R :
Peak power 32,9 HP @ 13347 RPM
Jelas terlihat peak power mesin CBR 150R jauh lebih tinggi dr peak power mesin R15.
Bahkan peak power mesin R15 lebih rendah dr Sonic / CS1 yg bisa meraih 27,5 HP @ 13347 RPM.
Yg jadi dasar pembedanya adlh panjang stroke kedua motor tsb. Long stroke jelas punya banyak kerugian utk balap dibanding short stroke.
Kalo stroke R15 dipendekin (stroke down) utk mengejar putaran mesin setinggi mungkin, maka volume silinder mesin ikut berkurang banyak donk bro.
Tidak lagi 150cc, tapi jauh di bwhnya.
Regulasi balap umumnya tdk membolehkan merubah dimensi bore & stroke karena itu karakter dasar yg diciptakan pabrikan.
klw cuma race vixion adalah bro, tpi gak resmi dri irs, tpi D event
http://m.youtube.com/watch?v=861ediMyAME&desktop_uri=%2Fwatch%3Fv%3D861ediMyAME
http://m.youtube.com/watch?v=xf9JRyY2Y9Y&desktop_uri=%2Fwatch%3Fv%3Dxf9JRyY2Y9Y
Belum ada yg reply komen ini.. mungkin kelewat.. jadi ane repost lagi
1. Motor apakah yg inisialnya “V” yang tidak pernah sekalipun mencicipi lintasan balap?
a. VIXION
b. Verza
c. Vega
d. Vario
e. Semua Benar karena semuanya jenis KOMedi pUTER
semua motor mass produk adalah komedi muter bang. masalah model komedi muternya tergantung yg punya. ada yg buat belanja ke pasar, buat jualan, buat turing dst dst……
satu2nya motor buat balapan adalah motor2 di motogp…..bahkan wsbkpun termasuk motor komedi muter.
ha2 lucu, menyingkapi kefanatikan dngn humor
waduh share web, kena jaring melulu sma admin
klw cuma race vixion adalah bro, tpi gak resmi bukan dri irs, tpi D event, depannya ditambahain : http://
m.youtube.com/watch?v=861ediMyAME&desktop_uri=%2Fwatch%3Fv%3D861ediMyAME
m.youtube.com/watch?v=xf9JRyY2Y9Y&desktop_uri=%2Fwatch%3Fv%3Dxf9JRyY2Y9Y
buka ane yang njaring bro, dah otomatis dari wordpress
silahkan saja kalo mau share
monggo yang lain bisa nonton
wah mas iwan, benar’2 cerdas,….ketahuan jga ya, omr kemaren alasan knapa gak boleh ada tunner yg full race,,..
sekali lagi ane bilang, anda benar…….
keep safety riding bro….
ketika analisa ditopang data dan rumusan ilmiah maka kesimpulannya = hasil kajian mendekati kebenaran…
😀
lanjut om gokil sharing ilmunya…
mudah”an ane jd lebih faham soal beginian…
Wajar aja klo oprekannya minim hehe klo oprekannya. Selevel wah jozz bisa2 situasinya mirip moto jipi nih hahaha
skedar opini ane….fby sbenarnya paham soal ini..mmbandingkan yg sbenarnya gk fair antara keduanya…
tjuan mrka cma 1 yaitu bikin mangkel n pegel2 fbh yg masih labil mudah kalap n gampang emosian
d senggol dkit aja muntab gk karuan
liat aja gaya penyadar doktrin peyek qwerty mbah darmo jaos dkk…mrka bgitu santai n lucu
krn mrka tau betul fbh mdah d mainin emosinya
klo ada yg bilang mrk otaknya stingkat sd…percayalah itu hnya trjadi d dunia maya…yg tjuanya bkin kalap para fbh labil emosi
bkanya ane mmbela mrka…lhawong sehari2 mrk jg mencela mtor sya
tp sy anggap guyonan saja..santai wae ini cm dunia maya bro…gk prlu d tanggepi serius
terimaksih masukannya bro
bro2 yang lain boleh nih gunakan masukkan opini bro “RC7” sebagai acuan untuk tidak mudah terprovokasi
Setuju Om…. Merek ga penting…lha tuku yo anggo duit duite dewe…ora di wenei pabrik motor je
“fby sbenarnya paham soal ini..mmbandingkan yg sbenarnya gk fair antara keduanya”
Paham tapi menutup mata & telinga.
Ndableg gak mau tau.
Yg penting ada bahan biar bisa BC produk Honda 😆
ga penting tp ngotot dapet award trending topic dunia maya maupun sos med.
mencla mencle.
wah ente kenal ama mereka yo ?
nunggu cb150r omr modipan head, biar bisa head vs head 😀
Ha…ha…:
Selamat buat Bro IWF…warungnya dah mulai terkontaminasi oleh polusi gas carbon monoksida dari motor para komentator rusuh..
ente bukan ngasih selamat bro
malah nyukurin
Ha..ha..sorry..sorry mas bro…:
Bukannya ane nyukurin…tapi ambil sisi positifnya, artinya Blog IWF sekarang dah sejajar ama2 blog2 otomotif papan atas…gk percaya? Coba deh cek hitsnya berapa sekarang…pasti dah tinggi tuh.
Barometernya bisa dilihat dari ramenya comment maupun seringnya “motocakil” disebut di blog lain.
Inget mas bro “smakin tinggi pohon smakin kuat angin bertiup”…
ya kita syukuri bersama, Alkhamdulillah
mudah2an yang dateng ke sini bisa mendapat manfaat sebesar2nya
meskipun awalnya bikin rusuh, nge-BC dll, mudah2an setelah membaca artikel2 disini (kalo bisa baca semuanya dari awal ane nulis sampe sekarang), setelah itu menjadi sadar, tambah pinter dan tambah mawas diri.
ntr klw yg v-minim disebut/ disajikan fakta minusnya disinyalir FB nyah malah mbakar,
btw ane jg ga abis fikir ttg jargon si new v-minim,
khususnya bagian yg ini : ~ “yang paling cool semakin hot, yang lain nggak bisa ngikutin,”
paling cool >> semakin hot ??? uda kontroversil, gk masuk akal pula, ngeles klw itu bahasa marketing,. kaidah inglish’e ae wis mencla-mencle cuk, disinyalir sprti itulah karakter FB yamaho asli, (dingin iya, panas iya klw berhalanya di sebutin faktanya)
tp kdang sya jg ikut siram bensin looo….heeheeheeee…
ngooAAHHHaaaaeeeMMMMM…
jangan diterusin bro
yang baik justru jadi penengah, supaya suasana jadi adem
meskipun pihak yg kurang brtnggung jawab kadang nulis warung ini sbg kertas buram, tp sy rasa blog ini ga’ sama sekali memiliki kcendrungan memihak ke salah satu FB,
salut & semangat dah buat om Motogokil.com
semoga ttep dikasih kesehatan sama Yang Maha Kuasa utk terus berkarya mnghasilkan tulisan2 bermuatan pencerdasan otomotif,
Aamiin,
terima katas dukungannya bro
Pencerahan.
di indonesia banyak balapan bebek.
skip skip skip
pembibitan pakai motor naked (yg penting bukan bebek, naked pun jadi imho)
berkembang isu, balapan kok bebek
si b menanggapi isu, lo jual gw beli
si b mengadakan event perkenalan balap light sport firing
muncul lap time sentul
ramai dah 6 detik
bagi yg bnar2 tahu otomotive sampai ke akar2nya gk heran samasekali tuh. palagi dah pernah uji tuh cbr150r, R15, nvl, cbsf. msng2 punya klebihan n kkurangannya. jd trgantung motor buat kperluan apa. byk jg cb jadul membully ninja krn mesin dah upgrade gila2an palagi cuma cbr150/R15. gk prlu gegeran. ucapan n perbuatan itu cermin dr hati dan nalar seseorang
Bener wak haji…pada dasarnya kebanyakan para pengunjung warung emang mash buta otomotif (termasuk ane) walau ada juga yg emang dah faham mesin.
Permasalahannya yg gk tau ini yg suka bikin rusuh. Lha ama Wak Haji Asep aja pada gk kenal coba…
Lebih tepatnya antara gak tau & gak mau tau 😀
Yg penting ada bahan biar bisa BC produk AHM
Btw, Om HRS itu wak Haji Asep Hendro ‘AHRS’ beneran y?
leres sanget..
http://bakulkangkungjpr1.com/2013/12/28/penebar-ranjau-paku-yang-tertangkap-itu-pun-akhirnya-dilepas/
Woles ae bro …
😀
Hihii..
Katanya Crypton ente kenceng, koq gak pernah nyentul? 😆
Wkwkwkwkwk….
Balapan kok cari bibit ???
Balapan ya adu kencang …
Motor full spek gitu …
Ayak2 wae!
😀
Kalo gitu Crypton ente yg kencang itu nyentul donk mbah. Sekalian ajak tuh NVL biar berani nyentul 😆
Jangan ngumpet mulu’ di ketek sodaranya yg dr indihe itu
ente paling rajin nyentul nih kayaknya! Ga usah geger boss! Nvl vs cbsf buat gw sama2 bagus! Masing2 punya karakter yang kuat, nvl lbh nyaman handlingnya..! Kalo soal bengis2an power mesin cbsf lbh unggul sedikit! Ga usah mati2an belain produk favorit ente! Ketauan banget ente biker yang baru ngeh sama motor!
wkwkwk
Yg geger kan mbah darmo tuh.
Bukan bermaksud belain produk tertentu, tapi mbok y mikir dulu kalo mau comment. Dikaruniai otak y buat mikir, bukan buat BC 😆
Ane welcome sama merek apapun koq.
Btw, ente rider old vixion y?
Sorry kalo tersungging
Bukan FBY sepertinya gak terima si jagoan DOHC nya #muntahdarah di pukul telak si SOHC
*Gak terima?
ane gak ngerasa gitu koq bro.
Itu mungkin bagi fansboy yg lain 😉
Yg gak terima-an itu kan FBY
*Jagoan DOHC?
ane gak jagoin loh y, cuma kasih tau potensi mesin DOHC CB / CBR150.
*Muntah darah?
Topiknya sebatas motor koq ente lebay gini
Ente lagi mabok oplosan atau gimana? 😆
*Dipukul telak si SOHC?
Emangnya CB udah pernah ditandingkan dg R15 di satu event race dg regulasi yg sama y? 😆
Argumen ente koq gak valid semua bro 😆
ane bukan rider vixion, ane rider motor yang lebih ganas dari cbsf ato vixion, ane masih pake rx king kalo jalan agak sepi, tapi banyakan make scorpio ato tvs apache, lbh reasonable untuk jalanan jakarta sekarang di banding rx king 93 gw! Sesuaikan ama bobot tubuh aja! Pake cbsf ato nvl malah banyak jajan partnya kalo buat gw! Udah mbah darmo jangan di tanggapi dengan emosi, dia ada untuk menghibur yang komen.
OK bro 😉
ternyata fby bukanlah orang yang mampu beli motor sport hanya mampu beli “crypton” wkwokwokwokwoko
jangan menghina begitu bro…
biar bagaimana pun kita yang lagi diskusi disini bersaudara
maklumilah kalau terjadi perbedaan pendapat, itu hal biasa
maklumi juga kalau kita yang ada disini berbeda tingkat pemikirannya
mudah2an setelah diskusi ini, semakin giat belajar, sehingga mencapai pencerahan otomotif
salah satunya ya..dengan cara membaca artikel yang baik2
bukan gitu brow. 😀
selama dugaan ane benar fby fbh itu cuma sales !!
true rider gak bkal seperti itu
fbh juga gitu brow
maaf saya bukan fb dirumah ada 2 merek
Ya memang sangat tidak seimbang buat yang awam juga pasti kena sihir r15 adalah nvl, padahal bukan beda spek kaya langit dan hujan bingung kan jauhhh tapi kaya deket, padahal upgradenya habis beberapa puluh motor nvl baru jangan banggakan orang lain banggalah pada hasil yang kita raih dan banyaklah bersyukur
Wkwkwkwk….
Kalo crypton hi_spit milik ane nyentul
Entar kaum ente ayan berjama,ah …
Masak sohc bisa melesat kayak jet ngamplengi dohc 32 dk
( Daya kodok )
😀
Yasudah sana Crypton ente nyentul.
Biar publik bisa melihat seberapa kencang motor ente & apakah benar bisa ‘ngamplengi’ DOHC 😆
mbah modar darmo…FBY stress nonggol lagi ..itu urusin dulu penjualan YHAMA yg babak belurrr…
y klw boleh stroke dipendekin bore dibesarin y emng cetak ulang, sekalian crank crasenya, nh itu kkw boleh, namanya race psti ada pihak pengen kepentingan mendapat keuntungan dri keadaan standartnya (pihak h) yg sdh stroke nya pendek
mustahil bro
mari kita flashback ke era 80an! Kenapa rx king lbh di sukai ketimbang motor2 2tak yang sejaman? Kuncinya pada handlingnya, mungkin ini yang belum di pahami betul oleh para maniak merk, r15 dari riding position nya aja udah memberikan keuntungan soal handling, lebih pas buat balap, sedangkan cbsf ya harus banyak setting sana sini untuk nyari riding posture yang cocok buat “nyentul”. Komuter kok buat balap! Lbh banyak modalin ubahannya tuh!
Wkwkwkwk…
Omr bukan untuk kenceng2an … ???
Yo mending pakai bletakkk dorr aja !
TupSpit cm 80km/j.
Yg penting kan dpt bibit sembalap karung .
😀
mungkin menurut ahm 145 kpj belum kenceng, jadinya cocok untuk pembibitan
Kalo dipikir2, langkah YIMM mendatangkan R15 yg kemudian ditunning utk balap, seperti upaya utk menciptakan image perusahaan agar terkesan pabrikan ‘speed oriented’.
Tapi kenapa project tuningnya diserahkan ke BRT yg dikenal masyarakat luas sebagai tuner motor Honda? 😆
Apa YIMM gak bisa mentuning sendiri y? (atau melalui rekanannya)
Bos BRT, Tommy Huang punya dealer Honda bernama Star motor. Untungnya BRT baik hati mau mentuning mesin motor Yamaha
Sekarang kalo keadaannya dibalik, mesin CB & CBR150 juga dituning oleh BRT dg spek seperti korekan mesin R15, malah bisa bikin malu R15 (& juga NVL) tuh
Potensi mesin CB & CBR150 yg selama ini belum diketahui masyarakat luas akan terungkap 😀
Woiiii bangun woiiii…..
Team pertamina BRT untuk ARRC dan Indoprix itu motornya merek apa Om? Bukanya pake yamaha jupiter Z? Pernah pake bebek honda di race pertama indoprix tapi motornya ga bisa maximal di sentul kecil….akhirnya pake motor yamaha jupiter Z sampe akhir seri….
Jelasnya Pak Tommy Huang bersyukur banget dapet orderan ngoprek R15 duitnya makin tebal…dan YIMM pun ga perlu ngeluarin duit banyak spt Oprekan Z1 Indoprix….(Dua kompi jepang turun gunung)
Klo YIMM mau ngoprek R15 spt ngoprek Jupiter Z1…bukan 6 detik lagi selisihnya…bisa bisa best lapz CB150 ketinggalan 16 Detik…!!! Ingat YIMM terbukti ga main main klo soal riset…contohnya Jupiter Z1 Indoprix…sekali turun peserta lain yg dah bangkotan keteteran semua… Ga cm pemakai honda yg ngaplo…pemakai jupiter Z juga ngowoh…. ,ngerti ora Son?
Iya ane tau koq. Baca juga reply comment ane ke mbah darmo di bwh.
Comment ane di bwh utk mbah darmo udah jelasin soal BRT yg dulunya konsen ke produk Honda doank, sekarang lebih welcome dg berbagai merek motor.
BRT berdiri sendiri, tdk menginduk pada Astra-Honda.
Makanya sah2 saja tim BRT pake motor selain Honda.
Btw, beneran tuh R15 bisa bikin gap 16 detik dg laptime CB (spek OMR) ?
Laptime R15 tembus 1 menit 48 detik donk?
O.K. ane pegang omongan ente.
Kalo R15 korekan YIMM gak bisa nembus laptime segitu, berarti ente OMDO 😆
Gmana nih si DOHC masak kalah sama SOHC pdahal r15 itu hanya kembaran vixion yang diberi sedikit kelebihan mmpnyai 6 gear .
Udah sma 6 gear , malah cb150r unggul dgn sistem DOHC masih aja kalah
Ente ngerti spek korekannya gak?
Gak sih , gw ngk dukung siapa2 . Tapi gw males aja liat orang yg pake cb150r bangga2in dohc nya .
Seneng bgt gw liat SOHC mukul telak 6 detik di DOHC
woyyy bro kalo gak ngerti gak usah komen.. okeeee ???
thx.
@ tanpanama
Kalo gak ngerti, akan lebih bijak kalo ente mau cari tau & memahami speknya terlebih dahulu sebelum menilai inilah itulah. Kesampingkan sentimen pribadi biar bisa comment obyektif.
wooy! Ga usah di gubris berarti die ga baca artikelnya tau2 nulis komen aje! Gampangnya asal jeplak! Btw kalo ahm mau ngalahin msnya nvl jangan pake cbsf, itu mesin kudu bengis bawanya, baru mau lari, tapi kebanyakan yang gw denger and gw liat cara bawa cbsf malah di samain kaya bawa megapro ato verza, coba ganti mesin yang ga kalah kenceng tapi gampang di bawa!
Wkwkwkwkwk…..
Ente cetek mikirnya ..
Bisnis itu fleksibel ..
Mana ada fulus maka dia ambil ..
Banyak lo produk2 BRT buat yamaha .
😀
Memang benar, toh gak ada policy dr AHM yg melarang BRT.
BRT memang open pada semua merek motor.
Tapi bisa dibilang juga BRT itu in-house tunernya Honda.
Dahulunya konsen pada produk Honda saja.
Nah, kalo mesin CB / CBR150 diserahkan ke BRT utk dituning full spek race seperti spek korekan mesin R15, ini yg menarik utk diketahui hasilnya 😉
Dg menggunakan jasa dr tuner yg sama, dapat menghilangkan variabel pembeda biar hasilnya fair.
karene cb pke dohc harus bawa beban 25kg g om menurut ente ?
Pertanyaan ente melenceng dr topik.
OMR CB gak ada kaitannya dg bawa beban 25kg.
Usaha BC ente gak tepat sasaran 😆
@ bukan FBY
😀
menurut ane, tu cuma strategi AHM aja! Buat mancing yimm! slama ini kan yimm gampang banget kepancing! 😀 klo dah kepancing,,, gebug! 😀
Ah sebenernya sudah pada tau kok, mereka yang BC dah pada tau kalau dari bodi aja dah beda, streamlinenya, oprekannya dlsb…
Tapi kelemahan adalah kelemahan, sesuatu yang sangat mudah untuk diumbar, diangkat, dan dijadikan senjata selama bisa puas, sebenarnya kalau gak diladenin juga bakal bosen sendiri…
Artikel kak Iwan ini bagus menurut gw..tapi pihak yang demen BC akan melihanya sebagai pembenaran semata…
http://kobayogas.com/2013/12/28/sharing-result-memakai-chain-lube-gzox-teflon/
ya …mudah2an yg seneng BC segera insyaf
Hehehe…sulit kak, biarpun mereka gak dibayar, mereka willing to die bela merknya, ini lah hidup, beragam wkwkwkk…
Sudah jadi ketetapannya 😀
ANggap aja artikel ini buat bikin pinter orang2 kek ane kak…
http://kobayogas.com/2013/12/27/test-ride-singkat-mv-agusta-brutale-675/
lo merendah aja ga
perasaan gak ada anak sman12 yang nggak pinter dech, semuanya pinter2
buktinya lo sukses kan..
hahaha amiinn…
definisi sukses beda beda menurut pandangan orang kak…ada yang bilang kalau punya rumah sendiri minimal 120m bisa dibilang sukses, atau jadi manager itu sukses, atau kalau sudah jadi direktur baru bisa dibilang sukses, atau bahkan ternak motor ke IWF ini buat orang laen sukses juga loh kekekek…
balapan ga semata mesin kok.. masih ada sasis n kaki2 yang berperan besar di balapan. lalo balapan cuman mesin superior pastilah dari 2007-2013 ducati juara motogp lebih dari sekali.
jadi menurut gw tetep kalo ngebandingin balapan cuman dari segi mesin sampai kapanpun ga bakal ketemu titik benarnya.
dan isinya memang ada pencerdasan tapi juga melahirkan caci maki macem “motocakil”, “iwan bysonan” dan “trimomok”.
Ane tambahin gan.. Tmc blog, bo**biker, indob****mag, p2* (pilot), *ipan*** terrlaaluuu
om emang blogger paling ilmiah,
ane aja muak kalo baca komeng si FBY vs FBH
mereka pada ngerusuh aja , bikin berat loading blog nya 🙁
Ini 2013 nggak lama lagi 2014, udah nggak begitu superior lagi tuh teknologi dohc konvensional, apalagi kalau cuma diterapkan di kendaraan massal.
SOHC udah modern, makanya nggak kalah sama DOHC konvensional, nah DOHC modern mana ya?
CRZ yang kelasnya diatas mid level aja malah pake SOHC over stroke, tapi bukan sembarang SOHC loh…
btw, CRZ tu produk merk apa ya? 😆
Bandingin SOHC di mobil yg multi silinder jelas beda jauh banget lah dg SOHC di motor yg cuma single silinder.
SOHC di mesin mobil yg multi silinder itu umumnya telah menggunakan teknologi timing klep yg advance.
Sedangkan SOHC di mesin motor yg cuma single silinder, sistem buka tutup klep-nya masih konvensional banget.
Mesin mobil memang umumnya overstroke, agar didapat torsi optimal di RPM rendah.
RPM mesin mobil kan gak setinggi RPM mesin motor.
Kalo analogi ente pake mesin SOHC overstroke mobil Honda CRZ yg jauh lebih advance, tentu gak relevan utk disamakan dg mesin SOHC overstroke NVL.
Bagai langit & bumi bro 😆
FYI :
Mobil Honda CRZ juga pake sistem hybrid.
sungguh aneh mmg pilihan yamaha di kelas semprot batangan 125cc dan 150cc nya. mengundang perdebatan tanpa akhir yg berdarah-darah.
bahkan scorpio pun bukanlah mesin overbore sesungguhnya mengingat panjang stroke yg hanya mampu berkitir di kisaran 10ribuan rpm.
vixion mmg fenomenal sebagai motor batangan 4 tak kedua yimm dimana pabrikan no 1 dunia sdh lama bermain.
oiaa…balap omr cb gmn ni kbar.britanya?
kok adem2 aja
nanya srius ni…tlong d jwb,buat komentator yg paling rajin banget balesi komentar melebihi adminya sendiri
keknya dia tau banyak
Bro RC7 numpang senderan ya Om…
Saya juga lagi nungguin yg pake nickname Bukan FBY xixixixi….. Dah abis dua gelas kopi nich orang lom nongol2 hehe…. (Guyon ajah ya Om)
wkwkwk
Ane secara gak langsung cuma bantuin bro admin utk meluruskan perkara ini yg penyebabnya simpang siur.
Kalian pikir ane orang Honda? 😆
Kalo ane sering jabarin keunggulan produk Honda dr sudut pandang analisis teknis, apakah langsung serta merta ane bisa dibilang Honda-man??
Penilaian yg dangkal banget itu mah 😆
Diluar bicara spek mesin,tujuan utama yimm utk nurunin r15 nyentul TERCAPAI..yaitu sohc therapy (istilah sindiran shock therapy)… Buktinya jd tending topik di ranah blog…ini adl modal bagus utk marketing, produk blm meluncur tapi udah jd perdebatan… Realita skrg mesin 150 operseterok sohc nyentul dpt 1.58 (Makan singkong tapi nyata)…. 150 operberok dohc yg punya potensi ngunggulin sohc “nanti”pasti bisa lbh kenceng lagi (makan roti tapi msh angan2)…ditunggu makan roti nyata nya ….kalo udah nyata,ntar “salam 6 detik”nya akan ilang dg sendirinya kok…. Yg jelas scr spek dohc itu “kudunya” lbh yahud dbnding sohc… Kalo msh imbang ato dibawahnya brarti ada yg didowngrade…diakui apa kaga nyatanya kituh…
Ane tambahin biar klenger : terus kenapa oahem nurunin cbsf utk nyentul,bukan cbr150? Yo jelassss,lha wong yg mau dgenjot jualannya adl cbsf bukan cbr yg udah jelas brg impor. Kebalikannya dg yimm, knp r15 bukan nvl?? Yo jelasssssss… nvl udah raja ms sport,buat apa pethakilan di sentul,lha wong tujuan utama udah kecapai. Sedang r15 lg mau dijuwal…yo pamer dikitlah pake gaya sohc therapy (spt komen ane diatas)… Its all about marketing strategy.. Yg fanboy aja yg kena efeknya,lomba ndlabus2an membela merk masing2….THINK AGAIN dah….
emang kalo dah jadi raja MS ga bisa dilengserkan?? 😆
pola Yamaha sih mudah ditebak.. booming di awal2, melempem di akhir2..Byson.. geger di tahun2 pertama launching.. lama2 melempem krn tergerogoti image “lemot”….ga ada lagi unique value yg tersisa..
NVL? ya tinggal tunggu waktunya.. nyentul, OMR, drag race, bukan soal kalah menang, bukan soal tujuan jangka pendek yg telah tercapai..tapi image building jangka panjang!
Kalo saatnya nanti Cibi & NVL major upgrade, dan sama2 keren,
value/image apa yg membedakan antara keduanya untuk menyongsong sales fight berikutnya??
anda bisa jawab sendiri 😆
R 15 vs cbsf
R15=rider profesional yang dah bangkotan +fairing dan oprek sampe 60%
Cbsf= rider bocah,motor telanjang,+oprek <50%
Jadi dah ketauan lah unggul mana???
Salam 6 Detik on 28/12/2013 at
12:12 pm
Kalo kalah ya kalah ja jgn banyak
alasan, mana ada embek ha yang
mau dikalahkan maunya menang
terus Ngoahahaha tengok ja nasib
hondut akan seperti NOKIA yang kian
terpuruk Ngoahahaha
———+++++——————–
kok tak lihat Yamaha pake R15 ada hiden agenda y bro iwan saat acara yamaha kmrn.
1.Yamaha pngn tau seberapa pingin biker di indo memiliki sport fairing murah,secara honda jual cbr build up yg mahal
2.krn R15 di india sono gak laku(MS 3%),trs mau dijual di indo.dg R15 kan gak perlu riset mesin n model
ne komen di atas kok ane quote knp?jwb nya no 2 itu.waqaqaqq…..
Tenang aza brot….ntar kalo penjualannya terancam kalo pihak yammi pengen mempertahankan penjualan nvl (kalo ga bikin produk baru) mungkin jg ada motor turun race dg embel2 nama nvl…btw semua lomba balap itu ujung2nya jualan kok…
@komediputer…kok sampeyan pengen banget liat nvl nyentul/race??? Yg pengen liat apa sih?? Yg pengen dibuktiin ke khalayak apa sih??? Jangan2 fanboy nih?
itu sebetulnya komen sampah.. khusus buat fb sampah sekelas mbah darmo, peyek, jaos, dan salam2 6 detik dan segenap klonengers yg bertebaran dimana2
pengecualian buat anda (juga bro penyadar doktrin), kita diskusi secara lelaki dan terhormat
Sebenarnya dlm diskusi itu ngga mencari siapa yg menang siapa yg kalah brot…diskusi itu utk memahami pola pikir yg diajak berdiskusi,shg kita jadi “paham”kenapa ada pihak yg berbeda pendapat,dr sudut pandang mana mrka berkomentar…setelah itu…ah sudahlah….
Itu speed dalam satuan MPH .
101,2 MpH = 162,8 KpH
@bukan fby
ane gk nyebut nma ente..tp klo ente ngerasa y bagus itu wkwkwk
btw..gmn omr cb?
*ane nanya srius nih..bkn mo ngeledek…buat siapa aja yg tau…
Kalo ente emang gentle tentu berani sebut nama donk 😆
Tipikal ‘no mention’ itu sih kelakuan umumnya FBY perusuh.
Udah ane bilang kan, ane bukan orang Honda.
Gak semua planning & schedule AHM ane tau.
Ente nanya serius ataupun ngejek juga ane gak tau jawabannya. Pertanyaan ente lebih tepat ditujukan ke manajer motorsport AHM.
Sorry kang. Yg balapan itu aq. Omr tanpa pernah head to head antar merk. Aq pake cb150 tenaga masih banyak blum full. Cuma kalian2 aja yg langsung mbandingkan.! Salam omr
wah warung ane kedatangan racer nih
salam juga bro yuda, terimakasih dah mau mampir
bte ente umurnya berapa bro ?
ane liat yang balapan badannya kecil2, keliatan dari helm-nya yang kegedean.
wakakaka…
si mbah darmo juga salah satu pembalapnya lho.., dan neneknya si peyek juga tuh termasuk salah satunya…, dia malah cuma bula trotle 1/4 doang….
tenaga masih banyak, masih ada 32 dk yang “cbsf gak akan bisa menjangkaunya”.
😆
MOSOK !!!!!!!!!!!!!
@bukan fby
ini dunia abu2..gk perli sewot
klo ente jg jentel…pake nick yg jelas donk!!…nick ente jg karbitan gtu kok..wkwkwkwkkk…
nongol baru akhir2 ini stelah heboh “6detik”..wkwkwkk…
ane yakin sbenere ente itu muka lama…tp entah mengapa…….aahhh..aauuu..aahh…gelap..
wkwkwk
Bagian mana yg nunjukin ane sewot? 😀
Sepertinya ente tuh yg udah kepancing emosi
Yg ane maksud tuh ente kalo comment ditujukannya ke siapa yg jelas dg sebut nama.
Itu baru gentle.
Kalo cara ente berkomen kayak gitu lah y gak beda jauh dg para FBY macam peyek dll.
Ane gak mengkritisi knpa ente pake nickname RC7.
Itu sih hak ente. Toh ane pake nick ini juga hak ane 😉
FYI, ane pake nickname ini udah lama sejak pertama kali jd komentator di blog2 otomotif.
Dr dulu ane sering comment di blognya IWB.
Cuman akhir2 ini aja udah jarang berkunjung ke sana.
Mungkin ente yg baru akhir2 ini aja aktif jd komentator.
So,wajar kalo ente ngira ane nongol baru akhir2 ini doank.
Yg jelas, ane pake nickname ini doank kalo comment, gak gonta ganti bro.
Nickname ane bukan klonengan ataupun karbitan.
sabar bro
dimaklumi aja kalo ada komen2 yang kurang enak dibaca
hehee.. iya bro 😀
pengen nanya om dr td bca coment2na ko aneh2.. pengen tw FBY ap FBH ap… ko maen cela2an.. drmh saya ad 3 merek motor yg terparkir digarasi.. 3 3nya punya +-.. tergantung kegunaanya.. hrusna comentar dengan dinginlah so untungna ap bwt mereka kecuali mereka itu head marketing diperusahaan 2 merek tersebut yg dpet bonus selangit klo targetna tercapai.. pembahasanna menarik untuk di baca danpelajari om motogokil trims bacaana… wasalam…
sama2 za
Malu pada yg punya blog. Om Motogokil yg begitu cerdas-analitis tp harus menampung para follower (baca: pembebek) merk. Kita itu konsumen perperilakulah layaknya konsumen yg cerdas dan kritis bukan malah jadi corong dan bemper produsen. Sekali lagi ingat kita itu KONSUMEN.
Guys…….. Admin sepertinya melupakan data dan fakta bahwa semenjak th.2008 s/d 2011 teman2x komunitas club CBR150R secara konsisten sering bikin gelarran hajat OMR CBR150R, latihan bersama dan tampil di IRS 2011-2012. Buat mesin yang masih berteknologi era 2002 ini beberapa motor yang sudah dimodif dgn karbu PE28 dan CDI BRT di joki sekelas Wawan Hermawan-Tommy Patria-Febrianus Balank-ARie Octane Best time sanggup 1:57 -1:58. Bahkan dimotor CBR150R bore up 180cc milik BMS, infonya Wawan Hermawan bahkan pernah tembus 1:55.
So dengan preparasi yang optimal dan lebih “cerdas” lagi pada CB150R atau CBR150R yang sudah mengadopsi PGM-Fi, rasa2xnya bisa lah…. Walau effort dan biaya bisa tembus hingga 500% lebih berat dan mahal… Contoh andingin harga CDI BRT vs ECU Aracer, belum lagi injector dan komponen EFI lainnya. KESIMPULAN : mesin injeksi lebih MAHAL tapi lebih REASONABLE buat Motorsport, gak ada balap F1 atau Moto GP pk karbu……….. Buat team2x IP dan MP yg masih pk motor techno karbu n CDI. Wake Guys…. bahaya Thailand dan Malaysia dah nyolong start… Jempol buat YIMM di IP buat Yamaha Z-1 nya Sigit PD….. Radikal emang perlu buat Know How…..
masalahnya untuk omr cb150r ubahan yang diizinkan sangat terbatas, jadi peningkatan powernya juga terbatas.
kalo ubahan2 nya sedikit dibebaskan, seperti yang ada di gelaran omr cbr150r, sepertinya ceritanya bisa lain.
btw makasih bro senaponda dah mau mampir di sini, juga masukan dan infonya mantab.
Sami sami mas bro……………….
Kebetulan neh lagi ngeri2x sedap nungguin Regulasi BUNING PP IMI dan JukNis dr INDOPROM soal balap IP Sport 150cc. Biasa kalau lagi mau launch dokument tender kek gini, para Manager Racing pasti getol kasyak kusyuk, sikut sana sikut sini biar regulasi yang diumumkan lbh berpihak kepada spect motornya…. Kaya model IRS Kejurnas 2012-2013…
Skln pingin lihat hasil akhir modifan mesin CBSF/CBR150 nya dr Dept Racing AHM,
wah,,,,kepala sinchan jg masuk sini tow??? xixixi,,,,
ane cuma pingin lihat CBSF vs SINCHAN (kalau berani) si race resmi …
ane juga,.
😀
yang jadi masalah bukan 6 detiknya tetapi…. cb dan r15 memang dah beda speknya….
trus yang bikin pusing kepala…
kenapa yamaha GAK BERANI nurunin new vixion nya di INDOPRIX tetapi malah nurunin siii r15 yang buatan yamaha india itu…
satria fu ja brani turun browww masak voxion nyiut duluan…
ngakunya raja motor sport eee malah mati duluan… kalah sebelum tanding… pulang kerumah ngadu ke kakak…
malu malu gimana gitu…
sorry ya bukan maksud saya menghina merk anda atau pilihan anda tetapi saya ngomong fakta real… bukan cuma omong doang… omong kosong lagi…
salam wong ngerti mesin
sip
maaf ya saya cuma bingung kom si r15 bisa di bilang menang 6 detik? bukanya beda event dan gak tanding langsung head to head ya? kok bisa di bilang menang 6 detik? kalo emang menang 6 detik di tunggu ya di seri 2 IRS . tunjukin kalo emng bisa buat gap 6 detik.
YA SUDAH LAH ITU KAN PASTI PESAN PESAN SPONSOR BOS
intine honda “SENGAJA” mengalah.
cb150 r nya sih harusnya kerodongin dulu aja lawannya r15 si mesin ngegelitik ya cb 100 aja.ckckckc
Coba lawan cbr?
Nvl lawan cs 1 head to head full standard aja nvl kalah
Liat aj d jalan raya
Save Two Strokes hehehe,